Concept & Campaign Producer | Cooperation with Donation Platform ( BenihBaik) | Content Making | Instagram Digital Campaign
JCB Indonesia, perusahaan merek pembayaran global terkemuka asal Jepang, merupakan satu-satunya penerbit dan pengakuisisi kartu kredit asal Jepang. JCB meluncurkan bisnis kartunya di Jepang pada 1961 dan melakukan ekspansi ke seluruh dunia pada 1981.
Kartu JCB sekarang diterbitkan terutama di negara wilayah Asia, dengan lebih dari 140 juta anggota kartu. Salah satu strategi pertumbuhan internasional, JCB adalah dengan membentuk aliansi dengan ratusan bank dan lembaga keuangan terkemuka di dunia untuk meningkatkan cakupan merchant dan basis anggota kartu.
Di Indonesia, JCB telah menerbitkan kartu kredit melalui enam partner bank terbesar, BCA, BNI, CIMB Niaga, Bank Mandiri, dan Maybank Indonesia, yang menawarkan berbagai keuntungan dan layanan lintas negara khususnya di Jepang.
Situasi pandemi di Indonesia membuat JCB Indonesia, menyalurkan bantuan dana pendidikan senilai Rp50 Juta dalam program bertajuk “JCB Peduli Anak - Semua Bisa Belajar”. Program ini memiliki misi untuk memfasilitasi akses pendidikan berkualitas yang merata.
Untuk mewujudkan program ini , JCB bekerjasama dengan LOGIQUE untuk menjadi konseptor, perencana campaign digital marketing dan perantara dengan platform donasi BenihBaik.
JCB memilih LOGIQUE untuk membantu proses pembuatan konsep dan koordinasi dengan donasi platform serta proses pemasaran program JCB Peduli Anak di akun JCB Indonesia melalui digital advertisement atau iklan digital.
Langkah yang dilakukan LOGIQUE adalah dengan merancang konsep donasi JCB Indonesia dan melakukan koordinasi serta kerjasama dengan donasi platform yang dapat memberikan pelayanan yang diinginkan oleh JCB Indonesia. Selain itu LOGIQUE merancang juga pemasaran program donasi yang sesuai dengan melakukan analisa mengenai audience JCB di media sosialnya untuk mendapatkan target audience atau potential customer JCB yang berkualitas untuk memberikan brand awareness JCB kedepannya.
Berikut adalah strategi yang kami jalankan:
Program JCB Peduli Anak yang dipersiapkan sejak Oktober 2021, dapat terlaksana dengan baik dan matang di akhir November 2021, tepatnya tanggal 25 November yang dilakukan secara offline. LOGIQUE berhasil menjalankan iklan digital pada platform Instagram dengan relevansi yang tinggi ditautkan pada instagram JCB Indonesia.
Dari strategi iklan JCB Indonesia berhasil memberikan peningkatan signifikan sebagai berikut:
Reach
Engagement
Impressions
Bekerja sama dengan donation platform sebagai bagian dari CSR campaign perusahaan merupakan salah satu cara yang tepat untuk perusahaan berkontribusi pada masyarakat. LOGIQUE berhasil menerapkan strategi pemasaran perusahaan yang menggabungkan antara pemasaran digital perusahaan untuk brand awareness melalui iklan dengan membuat konsep program CSR melalui donation platform. Dengan ini, JCB Indonesia dapat memperoleh keuntungan pemasaran dan kegiatan CSR yang lebih banyak dari sebelumnya.