SEO | Website Maintenance
PT. Balai Lelang Astra Nara Jaya atau AUKSI adalah sebuah perusahaan lelang swasta yang menjual barang bergerak yaitu mobil atau motor dengan sistem lelang yang terbuka untuk umum. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dan membuka lelang perdananya di bulan April tahun 2013 dengan branding MPM Lelang. Meskipun begitu, setelah berjalan selama beberapa tahun, perusahaan pada akhirnya memutuskan untuk melakukan re-branding dengan nama AUKSI pada bulan September 2019.
Dalam menawarkan jasa lelang kendaraannya, AUKSI menyediakan sistem lelang yang dapat diikuti oleh individu ataupun perusahaan, serta memungkinkan untuk pembelian kendaraan secara satuan. Tidak hanya itu saja, AUKSI juga membuka layanan titip jual bagi para pelanggannya yang ingin menitipkan kendaraan untuk dilelang.
Dengan beragam layanan dan kemudahaan transaksi lelang, sampai saat ini jumlah pelanggan atau peserta lelang di AUKSI terus mengalami peningkatan. Ditambah hadirnya sistem lelang online yang tersedia, AUKSI tidak hanya bisa menjangkau target marketnya di daerah Jabodetabek saja, namun juga di daerah lain. Bahkan dengan banyaknya jumlah peminat lelang, beberapa waktu yang lalu AUKSI memutuskan untuk memperluas jangkauan operasionalnya ke wilayah Jawa Tengah dengan membuka pool baru di kota Semarang. Selain untuk memudahkan para pelanggannya yang berada di area Jawa Tengah, langkah ini juga diambil sebagai salah satu strategi untuk bisa menjadi pemain utama dalam bisnis lelang kendaraan yang terpercaya di Indonesia.
AUKSI dinilai sebagai perusahaan yang adaptif dengan tren digital. Perusahaan lelang ini sangat memahami bahwa di era modern seperti saat ini pemanfaatan teknologi sangat dibutuhkan untuk bisa menjangkau target market yang lebih luas lagi. Oleh karena itulah, untuk menjaga kepercayaan pelanggan, meningkatkan kemudahan pelanggan dalam memperoleh informasi, serta untuk memasarkan layanannya maka AUKSI memilih untuk bekerja sama dengan LOGIQUE untuk melakukan strategi pemasaran digital yaitu menggunakan jasa SEO.
Untuk meningkatkan ranking dan visibilitas website lelang AUKSI di halaman pencarian Google, LOGIQUE melakukan strategi optimalisasi mesin pencari baik dari sisi technical, on page, ataupun offpage. Proses optimasi ini dilakukan secara komprehensif dan terstruktur sehingga website tidak hanya mendapat nilai yang tinggi dari mesin pencari Google namun juga bisa memberikan user experience yang baik untuk pelanggan.
Berikut adalah beberapa strategi pengoptimalan mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO) yang kami lakukan untuk website AUKSI:
Melalui strategi SEO yang tepat dan terencana, LOGIQUE berhasil meningkatkan kualitas dan visibilitas website AUKSI pada mesin pencari Google. LOGIQUE juga mampu meningkatkan peringkat website dan kunjungan organik melalui target kata kunci utama seperti Lelang Mobil, Lelang Mobil Online, Lelang Mobil Jakarta dan kata kunci lain yang telah ditautkan ke halaman beranda, list lelang, jadwal lelang serta halaman lain yang relevan.
Berikut adalah hasil diperoleh website AUKSI setelah proses optimasi SEO.
User
New User
Sessions
Keywords
Faktor penting dalam proses optimasi untuk meningkatkan kualitas website adalah dengan memahami produk/layanan yang ditawarkan serta mengetahui target audience yang tepat, sehingga penyajian informasi dapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh user. Selain itu, proses optimasi juga harus memperhatikan perkembangan terbaru terkait mesin pencari sehingga website dapat dikembangkan sesuai dengan panduan yang disarankan oleh mesin pencari itu sendiri. Dengan demikian, website dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan posisi terbaik pada mesin pencari dengan visibilitas / peringkat yang lebih tinggi.