LOGIQUECASE STUDY
case study logique
case study logique
case study logique

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Yamaha Corporation adalah perusahaan multinasional dan konglomerat dari Jepang yang dibangun oleh Torakusu Yamaha pada 1887. Dalam perjalannya bisnisnya, pada tahun 1955 di bawah pimpinan Genichi Kawakami, Yamaha Corporation membentuk divisi pabrikan sepeda motor bernama Yamaha Motor Co,.Ltd. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sendiri berperan sebagai produsen sepeda motor sekaligus suku cadang sepeda motor Yamaha di Indonesia.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, produk-produk Yamaha memang terkenal memiliki kualitas yang sangat baik. Bahkan, sejak pertama perusahaan ini dikembangkan, Yamaha Motor sudah mampu menunjukkan keunggulannya. Motor pertama yang mereka kembangkan yaitu YA-1 mampu memperoleh kemenangan pada ajang balap yang diadakan di Fuji dan Assen.

Dengan tagline "Semakin di Depan", masyarakat di Indonesia juga sudah sangat familiar dan mempercayai kinerja sepeda motor dari Yamaha. Tidak heran jika banyak produk-produk Yamaha Motor yang mampu merajai penjualan di pasar Indonesia seperti Nmax, Mio, Vixion, dan masih banyak lagi.

case study logique
case study logique

Latar Belakang

Sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang manufaktur komponen untuk industri sepeda motor Yamaha, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selalu berupaya untuk bisa memberikan yang terbaik untuk para pelanggannya. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah dengan mengembangkan website dengan sistem undian berhadiah di dalamnya.

Yamaha sendiri saat ini memiliki produk berupa oli mesin yang dikembangkan secara khusus untuk sepeda motor. Di setiap botol oli tersebut terdapat QR Code untuk mendapatkan hadiah langsung, undian berhadiah, atau poin mekanik. Selain itu, website juga dapat digunakan untuk mengecek keaslian oli tersebut. Oleh karena itu, website harus memiliki sistem keamanan yang baik.

Sebelum launching dan digunakan oleh para pelanggan, YIMM bekerjasama dengan LOGIQUE DIGITAL INDONESIA untuk melakukan penetration testing pada website dengan sistem undian berhadiah tersebut. Pengujian keamanan ini dilakukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kerentanan sistem sehingga perusahaan mampu menghindari insiden penipuan/kecurangan/peretasan sistem yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

case study logique
case study logique
case study logique

Tantangan Bisnis

Seperti kita ketahui, Yamaha merupakan perusahaan multinasional yang sudah memiliki banyak pelanggan di berbagai wilayah di dunia. Menjaga kepercayaan konsumen menjadi tantangan bisnis yang perlu mereka perhatikan secara serius karena kepercayaan konsumen menjadi inti dari keberhasilan penjualan sepeda motor atau suku cadang Yamaha.

Ketika Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memutuskan untuk menyediakan website dengan sistem undian berhadiah, mereka menyadari bahwa kecerobohan dalam operasi undian dapat menghancurkan upaya bertahun-tahun dalam membangun basis pelanggan yang kuat. Regulasi dan sistem undian perlu dibangun dengan mekanisme serta sistem keamanan yang kuat untuk menjamin bahwa data para pelanggan dapat terlindungi dengan baik.

Selain itu, sistem juga harus terhindar dari berbagai kerentanan keamanan yang dapat membuat data pelanggan dimanipulasi oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itulah penetration testing diperlukan sehingga perusahaan dapat mendeteksi sedini mungkin kerentanan keamanan pada sistem yang dapat merugikan bisnis ataupun pelanggan.


case study logique
case study logique

Solusi Penetration Testing Website dari Yamaha

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mempercayakan proses pengujian keamanan dilakukan oleh tim LOGIQUE DIGITAL INDONESIA. Dalam melakukan penetration testing, LOGIQUE memilih untuk menggunakan dua strategi pengujian sehingga dapat memastikan bahwa sistem website benar-benar aman digunakan.

Strategi yang pertama adalah Black Box dimana pengujian keamanan dilakukan tanpa berbekal informasi apapun dari Yamaha. Strategi ini digunakan untuk mengetahui apakah sistem website memiliki celah keamanan yang dapat dieksploitasi dari luar oleh penyerang.

Mengingat bahwa perusahaan kontraktor ingin terus mencapai produktivitas maksimum setiap harinya, maka proses inspeksi secara menyeluruh tidak memungkinkan untuk dilakukan secara manual. Oleh karena itu, sistem inspeksi digital yang praktis untuk digunakan sangat dibutuhkan oleh perusahaan kontraktor. Dengan adanya sistem ini, proses inspeksi alat berat diharapkan dapat dilakukan sesegera mungkin setelah peralatan kembali dari lokasi kerja.

Kemudian LOGIQUE juga melakukan penetration testing dengan strategi Grey Box yaitu pengujian keamanan sistem website dimana penguji akan memposisikan diri sebagai pengguna. Dengan strategi ini, LOGIQUE ingin memastikan apakah website dengan sistem undian berhadiah dari Yamaha sudah memiliki sistem keamanan yang kuat ketika diakses oleh para pengguna.

case study logique
case study logique

Hasil yang Diperoleh

Dari penetration testing yang dilakukan oleh tim LOGIQUE DIGITAL INDONESIA, website dapat disediakan dengan sistem keamanan informasi dan data yang lebih kuat. LOGIQUE membantu memastikan bahwa website dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing terbebas dari kerentanan keamanan. Dengan demikian, perusahaan dapat terhindar dari berbagai jenis serangan keamanan yang dilakukan oleh para attacker yang berusaha memperoleh akses tidak sah.

Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing merasa puas dengan layanan penetration testing yang dilakukan oleh LOGIQUE DIGITAL INDONESIA. Melalui layanan penetration testing ini, Yamaha dapat menyediakan website dengan sistem undian berhadiah yang aman dan mampu terhindar dari insiden kecurangan/peretasan sistem yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan demikian, website dapat digunakan dengan aman oleh pihak perusahaan maupun pelanggan.

Untuk informasi selengkapnya terkait layanan ini silakan kunjungi Layanan Penetration Testing LOGIQUE .

case study logique
case study logique

Studi Kasus Lainnya

TENTANG LOGIQUE

LOGIQUE adalah Web Developer di Jakarta yang menyediakan aneka jasa pembuatan website termasuk desain web, pembuatan aplikasi, pemasaran digital, pengembangan sistem berbasis web, dan jasa SEO. Kami memberikan dukungan pembuatan website atau sistem berbasis web serta pengelolaannya di Jakarta, Indonesia dan di mancanegara seperti di Jepang. Selain jasa yang berhubungan dengan website, kami juga menyediakan layanan desain dan percetakan untuk profil perusahaan, katalog, brosur, dll.