LOGIQUECASE STUDY
case study logique

Proses Pengembangan Microsite RDD Zurich Topas Life (ZTL)

case study logique
case study logique

Zurich Topas Life (ZTL) telah memberikan kepercayaan kepada Logique Digital Indonesia untuk mengembangkan channel pemasaran digital yang mereka butuhkan berupa Microsite Referral Digital Direct (RDD) dengan fitur PWA / Progressive Web App. Selain menjadi lebih kompetitif di era digital saat ini, proses pemasaran produk-produk asuransi ZTL pun menjadi lebih efektif dan tepat sasaran sehingga mampu memberikan solusi yang tepat untuk setiap nasabahnya.

Zurich Topas Life

Zurich Topas Life (ZTL) merupakan bagian dari Zurich Group yang memperluas bisnisnya di industri asuransi jiwa Indonesia sejak November 2010. Sebagian besar saham ZTL dimiliki oleh Zurich Insurance Company Ltd. dan sebagian lagi dimiliki oleh PT Mayapada Prasetya Prakarsa sebagai mitra lokal.

ZTL memiliki mitra bank berkualitas dan didukung oleh tenaga konsultan profesional yang mengerti dan memahami kebutuhan setiap nasabah. Melalui tenaga konsultan yang dimiliki, ZTL dipastikan mampu memberikan solusi yang tepat sesuai kebutuhan setiap individu pada setiap masa kehidupannya melalui produk perlindungan dan perencanaan keuangan yang komprehensif.

Bernaung dibawah Zurich Group yang memiliki kekuatan keuangan yang solid serta para ahli global di dunia asuransi, ZTL berkomitmen untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia bagi para nasabah, karyawan, pemegang saham dan mitra bisnis.

PT Zurich Topas Life (ZTL) sendiri merupakan perusahaan asuransi jiwa yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

case study logique
case study logique

Latar Belakang

Zurich Topas Life (ZTL) berkomitmen untuk semakin memperkuat eksistensi di pasar asuransi jiwa Indonesia dan meningkatkan layanannya guna memberikan yang terbaik bagi setiap nasabahnya. Hal tersebut direalisasikan dengan menjalankan strategi multi-distribusi yang mampu menyediakan beragam pilihan produk asuransi sesuai kebutuhan tiap-tiap segmen nasabah yang membutuhkan.

Guna menunjang komitmen tersebut, ZTL juga mulai menjalankan proses transformasi digital agar mampu memperluas jangkauan pemasaran produk yang dimiliki dengan lebih efektif dan tepat sasaran. Hal tersebut diimplementasikan melalui pengembangan channel digital berupa Microsite RDD yang user friendly, informatif dan komprehensif. Melalui proses digitalisasi ini, ZTL yakin mampu bersaing dengan lebih baik terhadap para kompetitor yang terlebih dahulu telah memaksimalkan channel digital sebagai media pemasaran mereka.

LOGIQUE menjadi pilihan utama dan dipercaya sebagai mitra ZTL dalam proses transformasi digital yang dijalankan. Selain memiliki tenaga ahli yang berkompeten, profesional dan disiplin di bidangnya masing-masing, LOGIQUE juga memiliki pengalaman dan telah berhasil mengembangkan proyek serupa dengan sukses.

case study logique
case study logique

Pain Point

Proses pemasaran produk Asuransi ZTL sebelumnya hanya dilakukan secara konvensional, sehingga dinilai masih kurang maksimal. Baik dari sisi perusahaan, yakni dalam proses pencapaian target yang telah ditetapkan, maupun dari sisi calon nasabah, dimana proses pendaftaran dan pembelian produk asuransi yang ditawarkan belum cukup efisien.

Oleh karena itu, guna mendapatkan hasil yang optimal dengan proses yang jauh lebih efektif dan efisien, ZTL memutuskan untuk mengembangkan channel digital sebagai pendukung. Alhasil, melalui channel digital yang dikembangkan, proses pendaftaran dan pembelian asuransi pun menjadi jauh lebih sederhana dan mudah, sehingga nasabah dapat membeli produk asuransi yang mereka butuhkan bahkan tanpa adanya bantuan dari agen sekalipun.


case study logique
case study logique

Pengembangan dan Teknologi

Setelah memahami setiap kebutuhan dan keinginan yang disampaikan Zurich Topas Life, LOGIQUE mulai melakukan proses pengembangan microsite RDD yang dimaksud. Adapun prosesnya dimulai dari tahap perencanaan dan budgeting, analisa kebutuhan dan target audience, perancangan, pengembangan, hingga pengujian.

Teknologi yang Digunakan

Guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan, pengembangan Microsite RDD ZTL ini didukung oleh fitur dan teknologi pengembangan website terkini dan terupdate. Daftar fitur dan teknologi yang digunakan dalam proses pengembangan ini antara lain, seperti fitur PWA / Progressive Web Apps, Database SQL Server, Node JS, React JS dan teknologi terupdate lainnya.

Durasi Waktu Pengembangan

Proses pengembangan Microsite RDD yang dilakukan LOGIQUE mulai dari tahap perencanaan, pengujian hingga maintenance, membutuhkan waktu yang relatif cepat, yaitu sekitar 5 bulan.

Seluruh proses pengembangan microsite dapat dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan berkat metode agile development yang diterapkan oleh LOGIQUE. Disamping itu, profesionalitas dan kemampuan yang mumpuni dari masing-masing anggota team yang terlibat dalam proyek ini pun sangat menentukan keberhasilan yang telah dicapai.

Hasil Microsite RDD Zurich

Microsite RDD yang telah dikembangkan mampu membantu Zurich Topas Life (ZTL) untuk menjangkau target audience yang diinginkan. Dengan kata lain, proses pemasaran dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien sesuai dengan yang diharapkan. Informasi untuk setiap produk asuransi pun dapat disampaikan secara terbuka dan komprehensif, sehingga calon nasabah dapat dengan mudah memahami dan memilih jenis produk asuransi yang mereka butuhkan.

Melalui microsite yang telah dikembangan ini pula, ZTL mampu memberikan kemudahan bagi pihak ketiga yang berminat untuk kerjasama dan me-rebranding produknya dengan identitas mereka. Sebagai contoh, saat ini telah terjalin kerjasama dengan Bank BTN, dimana staff dari Bank BTN dapat menjadi channel penjualan atau agen pemasaran asuransi jiwa dari Zurich.


case study logique

Studi Kasus Lainnya

TENTANG LOGIQUE

LOGIQUE adalah Web Developer di Jakarta yang menyediakan aneka jasa pembuatan website termasuk desain web, pembuatan aplikasi, pemasaran digital, pengembangan sistem berbasis web, dan jasa SEO. Kami memberikan dukungan pembuatan website atau sistem berbasis web serta pengelolaannya di Jakarta, Indonesia dan di mancanegara seperti di Jepang. Selain jasa yang berhubungan dengan website, kami juga menyediakan layanan desain dan percetakan untuk profil perusahaan, katalog, brosur, dll.