bg video

-- Yoshi, CEO / Founder

Tolong beritahu saya tentang LOGIQUE. Apa yang dilakukan LOGIQUE?

LOGIQUE adalah perusahaan yang menyediakan layanan digital marketing secara menyeluruh di Indonesia. Kami menyediakan beragam pelayanan, mulai dari pengembangan situs web sebagai tujuan dari semua kegiatan pemasaran digital, hingga pengembangan sistem manajemen konversi (formulir aplikasi, e-commerce, dan aplikasi mobile), SEO, manajemen media sosial, dan digital marketing di berbagai platform. Kantor LOGIQUE sendiri berlokasi di Jakarta dan Yogyakarta. Ada juga staf yang bekerja remote di Bandung, Bogor, dan Jember. Hingga April 2019, LOGIQUE telah memiliki total 45 anggota tim. Terima kasih kepada klien dan mitra kami, kami berhasil mengembangkan dan memperluas bisnis kami. Kami telah bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar Indonesia seperti Pertamina, Sinarmas, dan Triputra Group. Selain menyediakan jasa, kami juga mengembangkan produk IT kami sendiri. Untuk itulah, kami membutuhkan lebih banyak orang berbakat untuk bergabung.

Pak Yoshitsugu, Anda orang Jepang, ‘kan? Mengapa Anda datang dan mendirikan LOGIQUE di Indonesia?

Pertama kali saya datang ke Indonesia itu tahun 2012, dan mungkin saya digiring oleh Tuhan (haha)? Saya memulai bisnis pertama saya di Jepang sebelum usia 30 tahun. Saya membangun 3 perusahaan, dan karena semuanya berjalan baik, saya berhasil menjualnya kepada investor lain. Saat saya 35 tahun, saya memiliki kesempatan untuk datang ke Jakarta sembari mencari tantangan baru di negara-negara Asia yang sedang berkembang. Di hari-hari pertama, rasanya seperti takdir menyuruh saya harus berada di sini untuk waktu yang lama. Saya juga sudah mengecek kota-kota lainnya di Asia, tetapi saya merasa Jakarta adalah tempat yang tepat untuk saya. Tahun 2012, saya melihat Jakarta masih belum terorganisir dan berkembang dengan baik. Menurut saya, itulah yang menjadikannya tempat dengan banyak kesulitan. Hidup di Jakarta sebagai warga asing itu sulit, belum lagi berbisnis. Tapi tantangan itulah yang menyalakan api dalam diri saya. Saya juga berpengalaman melakukan bisnis di Kuala Lumpur, Malaysia, tetapi saya paling suka Indonesia. Indonesia adalah tempat terbaik bagi saya.

Seseorang mungkin merasa tidak nyaman bekerja di LOGIQUE karena LOGIQUE merupakan PMA (perusahaan asing). Apa yang ingin Anda sampaikan kepada mereka?

Mungkin iya, untuk beberapa orang. Saya tahu orang-orang Indonesia memiliki kesan baik dan buruk terhadap perusahaan Jepang. Mungkin kesan buruknya mereka tidak suka dengan budaya seperti kesadaran yang terlalu tinggi untuk selalu tepat waktu atau kebiasaan- kebiasaan lainnya yang dinilai tidak berarti. Sebenarnya, saya juga tidak suka tradisi lama yang tidak masuk akal di Jepang (haha). Ketika saya mulai bekerja di tahun 1999, kami memiliki banyak kebiasaan yang tidak masuk akal seperti: 100 staf harus berdiri lebih dari 30 menit mendengarkan pidato yang tidak berarti pada pertemuan pagi, atau mengedarkan MOM kepada banyak orang untuk ditandatangani (bahkan tidak ada yang mau membaca isinya). Itu terlalu tidak masuk akal bagi saya. Saya benci mengikuti kebiasaan yang tidak masuk akal seperti itu. Jadi, saya mengerti mengapa orang-orang Indonesia tidak suka bekerja dengan cara khas Jepang atau bekerja untuk perusahaan yang sangat mirip dengan Jepang. Ada banyak perusahaan Jepang yang mengevaluasi para staf yang tepat waktu datang ke kantor padahal kinerja staf tersebut tidak lebih baik ketimbang staf yang terlambat ke kantor. Tapi, saya berbeda. LOGIQUE tidak memiliki perusahaan induk. LOGIQUE adalah perusahaan independen yang didirikan di Indonesia. Saya tahu kami melakukan bisnis di Indonesia, jadi saya tidak akan pernah memaksa staf saya untuk bekerja dengan cara Jepang yang tidak masuk akal. Jadi, jangan khawatir dan coba lihatlah sendiri budaya kerja kami di LOGIQUE.

Bisakah Anda memberi tahu kami tentang rencana masa depan LOGIQUE?

Saya sangat bersyukur atas pencapaian kami sejauh ini. Saya harap kami dapat terus selalu tumbuh tanpa henti. Kami tidak bisa sebaik ini tanpa bantuan dan kontribusi staf kami, jadi saya ingin memberikan keuntungan kembali kepada mereka sebanyak mungkin. Supaya dapat berkembang jauh lebih baik, kami butuh staf yang lebih termotivasi untuk bisa menduduki level manajemen di masa depan. Ketika perusahaan semakin besar, akan ada lebih banyak posisi penting yang harus diisi. Saya akan memberikan banyak peluang besar dan posisi tinggi kepada staf yang berkontribusi untuk pertumbuhan LOGIQUE sebagai rasa terima kasih. Tentu saja staf baru juga memiliki kesempatan yang sama.

Sekarang saya ingin bertanya tentang rekrutmen di LOGIQUE. Orang seperti apa yang ideal untuk LOGIQUE?

Keragaman itu penting. Saya menerima staf dari bermacam-macam latar, asalkan mereka memiliki profesionalisme. Mampu berpikir dan bertindak secara logis juga penting untuk bisa bekerja di LOGIQUE. Jika Anda adalah staf senior, hasil kerja Anda yang kami evaluasi. Anda dapat bekerja dengan bebas selama hasil kerja Anda bagus. Berbeda dengan staf junior, kami tidak mengevaluasi mereka hanya dengan hasil kerja mereka, tapi kami juga mempertimbangkan semangat yang mereka tuang pada pekerjaan mereka. Jika hasil kerja Anda tidak baik, sikap serta perilaku Anda juga tidak baik, rasanya menyulitkan sekali. Jika Anda berada di situasi sulit, kami akan membantu Anda mengatasinya semampu kami. Namun, LOGIQUE bukan tempat untuk orang-orang yang egois atau yang tidak berjuang untuk menyelesaikan situasi sulit dengan banyak alasan. Kami paham, terkadang setiap orang menghadapi waktu yang sulit. Namun, pada saat itu seseorang dapat berpikir logis, menemukan cara mengatasinya dan maju dengan kemauan yang kuat. Saya suka orang yang memiliki mentalitas seperti itu.

Menurut Anda apa manfaat bekerja di LOGIQUE?

Kami punya aturan internal yang sangat logis dan masuk akal. Jika Anda orang yang berorientasi pada pertumbuhan, kami memberikan kesempatan dan bonus sebanyak mungkin untuk Anda. Jika Anda perlu waktu, Anda bisa bekerja dengan kecepatan Anda sendiri. Aturan internal kami menetapkan, jika Anda melakukan pekerjaan dengan sangat baik, Anda akan mendapatkan hak istimewa berupa kerja remote, serta bonus yang bisa diberikan kapan saja. Anda juga dapat memperoleh manfaat dari perawatan kesehatan seperti asuransi jiwa dan pemeriksaan medis gratis. Beberapa staf ada yang kerja remote karena mereka ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan anak-anak mereka. Sebagian lainnya juga bekerja paruh waktu agar tetap bisa menghadiri sekolah malam. Saya pikir LOGIQUE benar-benar tipe yang berlawanan dari perusahaan yang memaksa karyawan untuk sama-sama mengikuti aturan yang mengikat. Kami masih berusaha memperbarui dan meningkatkan aturan internal kami sehingga setiap staf dengan kebutuhannya masing-masing dapat tetap bekerja dengan nyaman dan dengan kinerja yang maksimal. Saya percaya LOGIQUE adalah tempat kerja yang menguntungkan dan ideal untuk orang- orang yang berorientasi pada pertumbuhan yang tinggi. Terlalu muda, tidak berpengalaman, dan hal-hal seperti itu tidak menghalangi LOGIQUE untuk memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan potensi Anda.

Apa yang ingin Anda sampaikan kepada kandidat?

Jika Anda merasa bisa melakukan yang terbaik untuk LOGIQUE, hubungi kami kapan saja. Saya benar-benar berharap dapat bekerja sama dengan Anda!