Kenali Ciri-ciri Penipuan Email Geek Squad, Jangan Tertipu!

Sumber: www.freepik.com

Penipuan email Geek Squad menjadi salah satu modus yang digunakan oleh para peretas untuk mengelabui korbannya. Dengan menggunakan nama Geek Squad yang dikenal luas sebagai penyedia layanan tepercaya untuk perangkat elektronik, para pelaku berusaha memancing penerima email untuk memberikan informasi pribadi atau melakukan pembayaran yang tidak seharusnya. 

Dalam artikel ini, kita akan mengenali ciri-ciri penipuan email Geek Squad sehingga Anda dapat lebih waspada dan tidak tertipu oleh jebakan siber ini. Mari simak lebih lanjut bagaimana melindungi diri dari serangan phishing yang semakin beragam.

Apa Itu Penipuan Email Geek Squad?

Perlu Anda pahami bahwa penipuan email Geek Squad adalah salah satu bentuk serangan phishing. Dalam menjalankan serangan ini,  pelaku akan berpura-pura menjadi karyawan Geek Squad dan mengirimkan email palsu kepada korban dengan tujuan untuk mendapatkan informasi sensitif.

Penipuan Geek Squad ini akan membuat email mereka terlihat asli dengan menggunakan informasi palsu, meniru data penagihan, faktur, tanggal perpanjangan, dan detail lainnya. Pelaku juga akan mendorong korbannya untuk mengeklik tautan berbahaya atau mengunduh file yang sudah terinfeksi.

Dikutip dari cybernews.com, pesan email palsu yang dikirimkan ke korban akan berbunyi seperti berikut:

Dear User,

Your Subscription with GEEK SQUAD will Renew Today and $359.99 is about to be Debited from your account by Today. The Debited Amount will be reflected within the next 24. In case of any further clarifications or block the auto-renewal service please reach out Customer Help Center.

Description Quantity Unit Price Total Geek Squad Best Buy Service (One Year Subscription)

Subtotal $359.99

Sales Tax $0.00

Total $359.99

If you didn’t authorize this Charge, you have 24 Hrs. To cancel & get an instant refund of your annual subscription, please contact our customer care.

Baca Juga: Apa Itu Simulasi Phishing? Solusi Keamanan Siber dari LOGIQUE

Ciri-ciri Penipuan Email Geek Squad

1. Alamat Email Pengirim Mencurigakan 

Periksa alamat email pengirim dengan cermat. Penipu sering kali menggunakan alamat email yang mirip dengan alamat email resmi Geek Squad, tetapi ada sedikit perbedaan atau karakter aneh yang menunjukkan bahwa itu bukan dari sumber yang sebenarnya. Pada umumnya, email menggunakan domain yang mirip tetapi tidak sama dengan domain resmi perusahaan.

Jika Anda merasa ragu, jangan ragu untuk mengonfirmasi keaslian email tersebut langsung dengan perusahaan resmi. Namun ingat, gunakan nomor telepon atau alamat email yang diperoleh dari situs web resmi mereka, bukan yang tercantum dalam email yang Anda curigai.

2. Terdapat Tautan atau Lampiran yang Mencurigakan

Anda patut mencurigai email yang meminta atau mendesak Anda untuk segera mengklik tautan atau mengunduh lampiran di dalamnya. Penipuan sering kali menyematkan tautan yang mengarah ke situs web palsu atau mengandung malware. Jangan klik tautan apa pun dalam email semacam ini.

3. Pendekatan yang Tidak Personal

Salah satu hal kecil yang perlu diperhatikan adalah cara Anda disapa dalam email tersebut. Apakah mereka memanggil Anda dengan nama Anda secara langsung, atau apakah Anda hanya melihat sapaan umum seperti “Nyonya/Tuan yang terhormat”? Jika Anda hanya disapa dengan sapaan umum, ini bisa menjadi pertanda bahaya. Email phishing sering kali tidak memuat nama penerima secara langsung karena pesan tersebut dikirim secara massal dan tidak personal. 

Untuk memastikannya, jika Anda pernah menerima email dari Geek Squad (asli) sebelumnya, bandingkan sapaan yang digunakan dalam email tersebut dengan sapaan yang digunakan dalam email yang Anda curigai. Jika sapaannya berbeda, itu mungkin pertanda bahwa email tersebut adalah penipuan.

4. Transaksi Mencurigakan

Salah satu indikator penting dari email phishing adalah transaksi yang ditampilkan dalam email tersebut. Periksa dengan cermat apakah mata uang transaksi sesuai dengan mata uang yang Anda gunakan untuk memesan layanan. Jika Anda biasanya melakukan transaksi dalam Rupiah tetapi email tersebut menampilkan transaksi dalam Dolar atau mata uang asing lainnya, maka kemungkinan besar itu adalah penipuan.

5. Kesalahan Penulisan

Email phishing sering kali mengandung kesalahan tata bahasa, ejaan yang buruk, atau frasa yang tidak biasa. Perusahaan resmi biasanya menggunakan bahasa yang profesional dan bebas dari kesalahan yang mencurigakan.

Baca Juga: Dampak Serangan Siber terhadap Reputasi Bisnis & Kepercayaan Investor

Bagaimana Melaporkan Email Palsu Geek Squad?

Jika Anda menerima email phishing yang mengatasnamakan Geek Squad, penting untuk melaporkannya guna mencegah upaya penipuan di masa mendatang. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Laporkan ke Penyedia Email Anda

Laporkan email tersebut ke penyedia email Anda terlebih dahulu. Biasanya Anda dapat menemukan tombol “Laporkan Spam” atau “Laporkan Phishing” (atau sejenisnya) di opsi pada email yang diterima. Dengan cara ini, penyedia layanan email dapat memfilter email semacam itu untuk Anda dan pengguna lain di masa mendatang.

2. Hubungi Layanan Pelanggan Geek Squad Asli

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi layanan pelanggan Geek Squad resmi dan memberitahu mereka tentang upaya phishing tersebut. Mereka dapat mengambil tindakan untuk memberi tahu pengguna lain tentang penipuan Geek Squad, sehingga dapat mencegah lebih banyak pengguna menjadi korban penipuan ini.

Baca Juga: Kasus Kebocoran Data di Indonesia Masih Marak, Perusahaan Wajib Taati UU PDP!

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menerima Penipuan Email Geek Squad 

1. Jangan Klik Link Apa Pun

Ini adalah langkah terpenting. Link dalam email penipuan bisa membawa Anda ke situs web berbahaya yang dapat mencuri informasi pribadi Anda atau menginfeksi perangkat Anda dengan malware.

2. Laporkan Email Tersebut

Seperti yang sudah kami jelaskan, laporkan email tersebut ke penyedia layanan email dan pihak Geek Squad resmi. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

3. Blokir Pengirim

Langkah berikutnya adalah memblokir pengirim. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari email lain dari mereka di masa mendatang.

4. Hapus Permanen Email Tersebut

Hapus email penipuan tersebut secara permanen. Jangan biarkan email penipuan ada di folder email, meskipun di folder sampah. 

LOGIQUE Menyediakan Solusi Simulasi Phishing untuk Meningkatkan Awareness

Email phishing merupakan salah satu ancaman keamanan yang sangat berbahaya, baik bagi individu maupun bisnis. Serangan ini memanfaatkan rekayasa sosial untuk menipu korban agar menyerahkan informasi sensitif atau melakukan tindakan yang merugikan.

Dampak dari serangan phishing dapat sangat serius, mulai dari pencurian identitas, pembobolan akun, hingga kerugian finansial yang besar. Bagi bisnis, serangan phishing juga dapat merusak reputasi dan menimbulkan kerugian operasional.

Untuk membantu menghadapi ancaman ini, LOGIQUE menyediakan jasa simulasi phishing yang dapat meningkatkan awareness karyawan terhadap email penipuan. Melalui layanan ini, LOGIQUE dapat:

  • Mengirimkan email phishing tiruan kepada karyawan untuk menguji tingkat kewaspadaan mereka.
  • Memberikan pelatihan dan edukasi tentang email phishing yang harus diwaspadai.
  • Menganalisis hasil simulasi dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan ketahanan organisasi.

Dengan solusi simulasi phishing dari LOGIQUE, bisnis Anda dapat mempersiapkan karyawan untuk menghadapi serangan phishing yang semakin canggih. Hal ini membantu meningkatkan budaya keamanan digital dan melindungi organisasi dari potensi kerugian akibat email penipuan.

Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan hubungi LOGIQUE. Kami menyediakan jasa keamanan siber yang andal dan tepercaya!