Cara Membuat Website Sekolah, Ini Langkah-langkahnya!

Sumber: www.freepik.com

Cara membuat website yang mudah bisa dilakukan dengan memanfaatkan WordPress. Silakan simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana langkah-langkahnya.

Sekolah-sekolah saat ini membutuhkan website profesional untuk mendukung kegiatan akademik dan memberikan informasi yang lengkap bagi para siswa, orangtua, dan masyarakat. Selain itu, website yang menarik dan informatif dapat membangun citra positif sekolah serta meningkatkan visibilitas dan reputasinya di mata masyarakat. Hal ini penting untuk menarik minat calon murid dan orang tua.

Jika Anda saat ini berencana untuk mengembangkan website sekolah, kami memiliki panduannya untuk Anda. Perlu diingat bahwa membuat website sekolah bisa dilakukan dengan memanfaatkan CMS  atau membangunnya dari awal. Namun pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara membuat website sekolah menggunakan CMS WordPress.

Cara Membuat Website Sekolah: Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan

1. Domain 

Nama domain adalah alamat website Anda di internet, seperti www.websitesekolah.com. Ada dua jenis domain yang bisa Anda gunakan untuk membuat website sekolah yaitu domain gratis dan domain berbayar. Contoh domain gratis yang bisa digunakan seperti .wordpress.com namun domain ini kurang mencerminkan identitas sekolah secara profesional.

Untuk domain berbayar, Anda dapat menggunakan domain khusus untuk sekolah yaitu .sch.id. Namun perlu diketahui bahwa penggunakan domain ini membutuhkan beberapa dokumen seperti:

  • Scan KTP penanggung jawab
  • Surat permohonan domain dari Kepala Sekolah
  • Surat kuasa dari Kepala Sekolah kepada penanggung jawab untuk pendaftaran nama domain website.

Setelah Anda menentukan nama domain website sekolah yang akan digunakan, Anda perlu mendaftarkannya. Di Indonesia, saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan layanan pendaftaran domain (domain registrar). Anda dapat memilih salah satu perusahaan tersebut untuk membantu proses pendaftaran domain name untuk website sekolah Anda.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Domain yang Perlu Anda Ketahui

2. Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang menyediakan ruang server untuk menyimpan semua file dan data website Anda sehingga dapat diakses secara online. Hosting yang andal memastikan website dapat diakses dengan cepat dan aman. Untuk menjaga kinerja web Anda, pilihlah penyedia web hosting yang tepercaya.

3. SSL Certificate

SSL (Secure Sockets Layer) Certificate adalah protokol keamanan yang mengenkripsi data antara server dan pengguna, memberikan keamanan tambahan dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap website Anda. Untuk mendapatkannya, saat ini sudah ada banyak penyedia hosting yang menawarkan SSL Certificate gratis saat Anda membeli paket hostingnya.

4. Data Pendukung

Data pendukung mencakup semua konten yang akan dimasukkan ke dalam website, seperti teks, gambar, video, dan dokumen. Konten ini harus informatif, menarik, dan relevan untuk pengunjung website.

Baca Juga: Apa Itu Website: Sejarah, Pengertian, Jenis & Cara Membuatnya

Cara Membuat Website Sekolah: Langkah-langkah yang Perlu Dilakukan

1. Instal WordPress

Setelah mempersiapkan domain dan web hosting, langkah selanjutnya adalah menginstal platform WordPress pada akun hosting Anda. Jika Anda memilih layanan hosting dengan fasilitas auto-install WordPress, proses pemasangannya akan menjadi lebih mudah.

Perlu diketahui bahwa masing-masing penyedia hosting dapat memiliki tahapan yang sedikit berbeda dalam menginstal WordPress. Namun, sebagian besar menggunakan standar panel kontrol cPanel, sehingga prosedurnya relatif serupa.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menginstal WordPress:

  • Masuk ke panel kontrol cPanel pada akun hosting Anda.
  • Cari dan buka menu auto-installer, seperti Softaculous.
  • Pilih opsi untuk menginstal WordPress, lalu ikuti petunjuk yang muncul.
  • Pada tahap pengaturan, Anda akan diminta untuk menentukan domain yang akan digunakan, serta mengisi informasi dasar lainnya.
  • Jika Anda mengalami kendala selama proses instalasi, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan teknis penyedia hosting Anda. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda menyelesaikan proses penginstalan WordPress.

2. Ganti tampilan website sekolah 

Cara membuat website sekolah agar terlihat menarik adalah dengan memilih tema yang sesuai. Jadi setelah Anda menginstal WordPress, langkah selanjutnya adalah memilih tema yang dapat membuat tampilan website Anda lebih menarik. WordPress menyediakan berbagai macam tema yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan identitas sekolah.

Berikut langkah-langkah untuk memasang tema WordPress gratis:

  • Masuk ke dashboard WordPress Anda. Caranya adalah dengan mengetikkan nama domain website dan tambahan /wp-admin. Contohnya seperti www.websitesekolah.sch.id/wp-admin.
  • Arahkan kursor ke menu Appearance, lalu klik Themes.
  • Pada halaman tema, klik tombol Add New.
  • Cari dan telusuri tema-tema yang tersedia, lalu pilih yang sesuai. Anda juga bisa mencari tema dengan memasukkan keyword “school” agar lebih mudah.
  • Klik tombol Install pada tema yang dipilih. Setelah beberapa saat, tombol Activate akan muncul. Klik tombol tersebut untuk mengaktifkan tema.

3. Tambahkan konten di halaman website sekolah

Cara membuat website sekolah yang menarik adalah dengan menyediakan konten yang informatif. WordPress menawarkan dua jenis konten utama yang dapat Anda gunakan untuk membuat website sekolah, yaitu Pages dan Posts.

A. Pages (Halaman)

Pages adalah halaman website yang bersifat statis, seperti “Beranda”, ””Tentang Kami”, “Kontak”, “Kebijakan Privasi”, dan lain-lain. Berikut langkah-langkah untuk menambahkan halaman baru:

  • Buka menu Pages di area admin WordPress, lalu klik Add New.
  • Isi judul halaman sesuai dengan yang Anda inginkan, misalnya “Beranda”.
  • Masukkan konten halaman berupa teks, gambar, atau video.
  • Klik Publish untuk menerbitkan halaman tersebut di website sekolah Anda.

B. Posts (Artikel)

Posts adalah konten yang akan ditampilkan di bagian blog website. Anda dapat menggunakannya untuk berbagi artikel, berita, atau informasi terbaru seputar sekolah. Konten di bagian blog akan ditampilkan secara terbalik, dengan postingan terbaru di bagian atas.

  • Buka menu Posts di area admin WordPress, lalu klik Add New.
  • Buat konten artikel atau berita yang ingin Anda posting.
  • Klik Publish untuk menerbitkan artikel tersebut di website sekolah Anda.

Dengan mengatur Pages dan Posts dengan baik, Anda dapat membangun website sekolah yang informatif dan menarik bagi pengunjung.

4. Mengatur urutan halaman

Kemungkinan halaman-halaman di website sekolah Anda tidak memiliki urutan yang tepat. Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik menu Pages di bagian kiri.
  • Cari halaman yang ingin Anda ubah urutannya, lalu klik tombol Edit.
  • Perhatikan panel pengaturan di sebelah kanan layar Anda.
  • Klik tab Page Attributes.
  • Di kolom Order, ubah angka sesuai dengan urutan yang Anda inginkan.
  • Lakukan langkah yang sama untuk mengubah urutan halaman lainnya.

Dengan mengatur urutan halaman menggunakan fitur Page Attributes, Anda dapat memastikan struktur navigasi website sekolah Anda menjadi lebih terorganisir dan mudah diakses oleh pengunjung.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Website Perusahaan Profesional 2024

5. Tambahkan fitur di website sekolah

Setelah memahami cara membuat website sekolah menggunakan WordPress, Anda dapat menggunakan konfigurasi tambahan untuk meningkatkan performa situs web Anda. Salah satu caranya adalah dengan menginstal plugin WordPress.

Plugin WordPress adalah perangkat lunak yang berisi sekelompok fungsi yang dapat ditambahkan ke dalam situs WordPress Anda. Plugin ini dapat memperluas fungsionalitas baru ke situs web WordPress seperti menampilkan formulir atau fitur pembayaran.

Dengan menginstal plugin yang sesuai, Anda dapat dengan mudah menambahkan berbagai fitur dan meningkatkan pengalaman pengguna di website sekolah. Berikut langkah-langkah untuk menginstal plugin WordPress:

  • Login ke dashboard WordPress Anda.
  • Arahkan kursor ke menu Plugins, lalu klik Add New.
  • Cari plugin yang Anda butuhkan, atau Anda dapat menggunakan kata kunci untuk mencarinya.
  • Setelah menemukan plugin yang sesuai, klik tombol Install Now.
  • Tunggu proses instalasi selesai, lalu klik Activate untuk mengaktifkan plugin tersebut.

Baca Juga: 8 Plugin WordPress untuk Meningkatkan Performa WordPress Anda

6. Lakukan optimasi pada website sekolah

Salah satu aspek penting dalam mengoptimasi website sekolah adalah melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization). Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website di mesin pencari, sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon siswa, orang tua, dan masyarakat umum. Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya, Anda bisa memanfaatkan jasa SEO dari LOGIQUE.

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

Jasa Pembuatan Website Sekolah – LOGIQUE

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai cara membuat website sekolah. Jika Anda kesulitan dan membutuhkan bantuan secara komprehensif, Anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan website sekolah dari LOGIQUE.

Di era digital saat ini, memiliki website sekolah bukan hanya tentang mengikuti tren, tetapi juga tentang memberikan kemudahan akses informasi bagi siswa, orang tua, staf, dan masyarakat. Website sekolah yang profesional dan fungsional dapat:

  • Memberikan kesan yang baik dan profesional kepada calon siswa dan orang tua.
  • Menyediakan informasi yang mudah diakses mulai dari kalender akademik, jadwal pelajaran, pengumuman penting, dan lain-lain.
  • Memfasilitasi komunikasi antara sekolah, siswa, dan orang tua melalui fitur seperti forum, blog, dan pengumuman online.

Mengapa Memilih Jasa Pembuatan Website Sekolah dari LOGIQUE?

LOGIQUE menyediakan jasa pembuatan website sekolah yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan institusi pendidikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memilih LOGIQUE:

  • Desain profesional dan responsif serta dapat disesuaikan dengan citra sekolah.
  • Memiliki beragam fitur sesuai kebutuhan sekolah.
  • Jika Anda tidak dapat membuat konten untuk web sekolah, kami juga dapat membantu menyediakannya. Anda cukup menyerahkan materi untuk kami olah kembali. 
  • Website dapat dilengkapi dengan Sistem Manajemen Konten (CMS) yang mudah digunakan sehingga pihak sekolah dapat mengelola konten secara mandiri.
  • Memiliki sistem keamanan yang baik.
  • Kami juga menyediakan layanan dukungan dan pemeliharaan agar website sekolah Anda tetap berfungsi optimal.

Jangan ragu untuk menghubungi LOGIQUE jika Anda membutuhkan jasa pembuatan website sekolah. Kami adalah perusahaan penyedia jasa pembuatan website di Jakarta yang siap membantu mewujudkan website profesional dan fungsional untuk mendukung kegiatan dan promosi sekolah Anda. Silakan hubungi kami sekarang!

Related Posts