Pengertian Bisnis Online dan Contohnya, Ini Penjelasannya

Sumber: www.freepik.com

Pengertian bisnis online adalah suatu kegiatan bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui internet. Pelajari pengertian dan contoh bisnis online di sini!

Bisnis online adalah salah satu model bisnis yang saat ini semakin populer dan diminati oleh banyak pelaku usaha. Salah satu alasannya adalah karena bisnis ini lebih mudah untuk menjangkau pelanggan di berbagai lokasi geografis. Dengan adanya platform e-commerce dan website yang dapat diakses oleh siapa saja dengan koneksi internet, bisnis online memungkinkan para pengusaha untuk menjual produk atau menyediakan jasa kepada pelanggan di seluruh dunia. Hal ini membuka peluang baru untuk ekspansi bisnis dan peningkatan pendapatan.

Memahami pengertian bisnis online dan mengetahui contoh-contohnya akan membantu kita memahami lebih jauh mengenai potensi dan peluang yang dapat diraih melalui model bisnis digital ini. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Pengertian Bisnis Online

Pengertian bisnis online adalah segala bentuk aktivitas bisnis yang dilakukan melalui media internet. Ini mencakup berbagai macam kegiatan seperti penjualan produk atau jasa, pemasaran, layanan pelanggan, serta transaksi keuangan yang semuanya dijalankan secara digital. Berbeda dengan bisnis tradisional yang bertransaksi secara langsung, bisnis online memungkinkan penjual dan pembeli untuk berinteraksi dan melakukan transaksi secara online, tanpa terikat oleh batasan geografis.

Baca Juga: Mengembangkan Aplikasi Jual Beli Mobil, Cek Panduannya di Sini!

Karakteristik Utama Bisnis Online

Agar Anda dapat lebih memahami pengertian bisnis online, berikut karakteristik atau ciri-ciri bisnis ini.

1. Berbasis internet

Bisnis online dijalankan melalui situs web, aplikasi, atau platform digital lainnya yang dapat diakses melalui internet. Transaksi, komunikasi, dan interaksi dengan pelanggan juga dilakukan secara online dengan adanya koneksi internet.

2. Jangkauan luas

Bisnis online dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dari mana saja, selama ada koneksi internet. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens global tanpa batasan geografis.

3. Efisiensi operasional

Memulai bisnis online umumnya membutuhkan modal awal yang lebih kecil dibandingkan bisnis tradisional. Anda tidak perlu menyewa toko fisik, membeli banyak inventori, atau mempekerjakan banyak karyawan. Biaya operasional bisnis online dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda hanya perlu membayar biaya hosting website, domain, platform online, dan biaya pemasaran.

4. Skalabilitas tinggi

Skalabilitas bisnis online dapat dengan mudah dibesarkan dan dikembangkan tanpa memerlukan investasi besar. Anda dapat menambahkan produk baru, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan tanpa perlu menambah infrastruktur fisik.

5. Personalisasi dan analitik

Bisnis online dapat memanfaatkan data pelanggan untuk memberikan pengalaman yang lebih personal. Selain itu, bisnis juga bisa memanfaatkan tools analitik untuk memahami perilaku pelanggan dan mengoptimalkan strategi bisnisnya. Hal ini memungkinkan pengusaha untuk memberikan pengalaman yang lebih relevan bagi setiap pelanggan.

6. Transaksi digital

Selama terhubung dengan koneksi internet, pelanggan dapat melakukan transaksi dengan bisnis online melalui perangkat digital mereka. Bisnis juga dapat menawarkan berbagai metode transaksi pembayaran, seperti kartu kredit, transfer bank, dan dompet digital.

7. Operasi 24/7

Salah satu karakteristik utama dari bisnis online adalah kemampuannya untuk beroperasi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tanpa henti. Platform bisnis online Anda baik itu website ataupun aplikasi dapat diakses kapan saja oleh pelanggan. Ini berarti toko online atau layanan digital Anda selalu terbuka untuk pelanggan, terlepas dari waktu dan zona waktu mereka.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Website Perusahaan Profesional 2024

Contoh Bisnis Online

Bisnis online adalah bisnis yang menawarkan berbagai peluang menarik bagi siapa saja. Dengan modal kecil dan memanfaatkan teknologi digital, Anda dapat membangun bisnis online yang menguntungkan dan menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa contoh bisnis online yang populer:

1. E-Commerce 

E-commerce adalah bisnis online yang menjual produk atau layanan langsung kepada konsumen melalui situs web atau aplikasi. Ini bisa berupa toko online yang dimiliki dan dioperasikan oleh satu perusahaan. Selain itu, pada umumnya pemilik situs e-commerce akan memiliki kontrol penuh atas situs web, branding, pengalaman pengguna, dan kebijakan penjualan. Beberapa contoh bisnis online yang dijalankan melalui web e-commerce seperti www.nike.com, www.apple.com, www.sephora.com, www.zalora.co.id, dan lain-lain.

2. Marketplace

Marketplace adalah platform bisnis online yang memungkinkan banyak penjual untuk menawarkan produk mereka kepada pembeli. Platform ini menyediakan tempat dan layanan untuk melakukan transaksi tetapi tidak memiliki inventaris sendiri. Jika Anda belum bisa melakukan pembuatan web e-commerce sendiri, Anda juga bisa menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan platform marketplace. Beberapa contoh bisnis online ini seperti Tokopedia, Shopee, atau Lazada.

3. Subscription services

Subscription services atau layanan berlangganan adalah model bisnis di mana pelanggan membayar biaya berlangganan secara berkala untuk mendapatkan akses terhadap produk atau layanan tertentu selama periode waktu yang ditentukan, biasanya bulanan atau tahunan. Dalam konteks bisnis online, layanan berlangganan seringkali disampaikan melalui platform digital dan diakses oleh pelanggan melalui internet. Ini memungkinkan bisnis untuk menjangkau pelanggan secara global. Contoh bisnis online dengan model subscription services seperti Netflix, Spotify, dan Disney+. 

4. Kursus online

Kursus online adalah program pendidikan yang disampaikan secara digital melalui internet. Melalui kursus ini, siswa dapat belajar secara fleksibel dan mandiri dari mana saja dan kapan saja. Materi kursus online sendiri bisa sangat beragam mulai dari keterampilan teknis seperti pemrograman dan desain grafis, hingga topik akademis seperti matematika. 

Kursus online juga termasuk contoh bisnis online. Banyak platform pendidikan online menawarkan kursus online sebagai bagian dari model bisnis mereka. Beberapa contoh platform kursus online yang populer seperti Udemy dan Ruang Guru.

Baca Juga: Kenali 4 Aspek Pemasaran Penting dalam Usaha dan Bisnis

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai pengertian bisnis online dan contoh-contohnya. Secara garis besar, bisnis online adalah bentuk kegiatan ekonomi yang dilakukan secara digital melalui internet. Melalui platform online, baik itu berupa toko online, marketplace, atau layanan digital, pelaku bisnis dapat menjual produk atau layanan mereka kepada konsumen dengan efisien dan mudah diakses dari mana saja.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis online dan membutuhkan platform digital untuk menjalankannya, Anda bisa menghubungi LOGIQUE. Kami adalah perusahaan penyedia jasa pembuatan website di Jakarta, namun kami dapat melayani pengembangan web untuk bisnis di kota lainnya. Selain itu, kami juga menawarkan solusi berupa jasa pembuatan aplikasi mobile untuk pengembangan aplikasi Android, iOs, ataupun Hybrid. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, silakan hubungi tim LOGIQUE. Kami akan dengan senang hati membantu transformasi digital untuk bisnis Anda. 

Related Posts