Mengenal Apa Itu Blog dan Fungsinya untuk Pemasaran Bisnis

Sumber: www.freepik.com

Apa itu blog? Blog adalah sebuah situs web atau halaman web yang berisi artikel, atau posting-an yang diperbarui secara berkala. Pelajari pengertian blog dan fungsi blog bagi bisnis ataupun pemasaran di sini.

Menggunakan blog sebagai bagian dari strategi pemasaran adalah salah satu cara efektif untuk menjangkau calon pelanggan. Jadi, jika bisnis Anda saat ini tidak memiliki blog, maka Anda mungkin perlu mempertimbangkannya.

Perlu diketahui bahwa perusahaan yang memiliki blog menghasilkan rata-rata 67% lebih banyak prospek setiap bulannya dibandingkan perusahaan yang tidak memiliki blog (Sumber: www.demandmetric.com). Selain itu, memanfaatkan blog adalah strategi pemasaran konten ketiga yang paling umum dilakukan (Sumber: www.hubspot.com). 

Nah, apabila Anda tertarik untuk menggunakan strategi pemasaran ini, pada artikel berikut kami akan menjelaskan apa itu blog. Kami juga akan menginformasikan beragam fungsi blog baik untuk pemasaran bisnis.

Apa Itu Blog?

Jadi, apa itu blog? Blog adalah sebuah platform atau situs web yang digunakan untuk mempublikasikan konten dalam bentuk artikel atau posting-an secara berkala. Konten blog biasanya disusun dalam urutan kronologis terbalik, di mana artikel terbaru muncul paling atas. Blog dapat mencakup berbagai topik, mulai dari opini pribadi, berita, panduan, hingga ulasan produk.

Secara umum, blog memungkinkan perusahaan untuk berbagi informasi, ide, hingga pesan pemasaran dengan audiens yang lebih luas melalui internet. Oleh karena itu, blog sering kali digunakan sebagai bagian dari strategi pemasaran digital.

Perlu digaris bawahi bahwa blog dan website (statis) adalah dua hal yang berbeda. Meskipun demikian, blog dapat menjadi bagian dari situs web. Para pemilik bisnis biasanya akan menyediakan halaman khusus untuk blog di website mereka. Melalui blog ini, mereka dapat berbagi informasi kepada pelanggannya.

Agar Anda bisa lebih memahami apa itu blog, berikut adalah beberapa karakteristik umum yang dimilikinya:

  • Kronologi terbalik: Artikel di blog disusun berdasarkan tanggal publikasi, dengan yang terbaru berada di atas.
  • Konten diperbarui secara berkala: Blog sering diperbarui dengan artikel baru untuk menjaga keterlibatan audiens.
  • Interaksi dengan pembaca: Blog biasanya memiliki fitur komentar yang memungkinkan pembaca untuk berinteraksi dengan penulis (perusahaan) dan pembaca lainnya.
  • Kategori dan tag: Artikel di blog biasanya diorganisir dalam kategori atau ditandai dengan tag untuk memudahkan navigasi dan pencarian konten.

Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan 8 Langkah Mudah. Cek di Sini!

Sejarah Perkembangan Blog

Setelah Anda memahami apa itu blog, mari kita pelajari perkembangannya.

1. Awal mula blog

  • 1994 – 1997: Blog pertama kali muncul di pertengahan 1990-an. Pada tahun 1994, Justin Hall, seorang mahasiswa Swarthmore College, mulai menulis blog pribadinya yang disebut “Links.net.” Meskipun tidak disebut blog pada saat itu, namun situs dipercayai sebagai contoh awal dari apa yang kita kenal sebagai blog saat ini.
  • 1997: Istilah “weblog” pertama kali digunakan oleh Jorn Barger, seorang penulis blog “Robot Wisdom.” Istilah ini berasal dari kata “web” dan “log,” yang berarti catatan atau jurnal yang dipublikasikan di web.

2. Perkembangan awal

  • 1999: Tahun yang penting bagi perkembangan blog. Peter Merholz mempersingkat istilah “weblog” menjadi “blog”. Platform blogging paling populer pada tahap awal ini adalah LiveJournal dan sekarang dikenal sebagai Blogger.

3. Tahun 2000-an

Blog mulai mendapatkan popularitas di kalangan masyarakat umum dan media. Pada periode ini (tahun 2003), WordPress menjadi salah satu platform blogging paling populer. WordPress menawarkan kemudahan penggunaan dan fleksibilitas, yang membantu mendorong pertumbuhan blog secara lebih luas. Program periklanan AdSense juga diluncurkan, sehingga memungkinkan para blogger untuk mulai menghasilkan uang.

Baca Juga: Pengertian Bisnis Online dan Contohnya, Ini Penjelasannya

Fungsi Blog Bagi Bisnis dan Pemasaran 

1. Meningkatkan visibilitas online

Fungsi blog yang pertama adalah untuk meningkatkan visibilitas online suatu perusahaan atau merek. Dengan secara konsisten mempublikasikan konten yang relevan, berkualitas, dan bermanfaat, blog memberikan kesempatan bagi bisnis untuk muncul di hasil pencarian mesin pencari.

Selain itu, blog juga membantu dalam membangun kehadiran online yang kuat. Dengan menyajikan konten yang menarik dan informatif, bisnis dapat menarik perhatian calon pelanggan dan menarik mereka untuk mengunjungi situs web mereka. Dengan lalu lintas yang lebih tinggi ke situs web, peluang untuk interaksi, konversi, dan penjualan meningkat.

2. Membantu mendapatkan web traffic

Bagaimana orang-orang menemukan web Anda? Jika mereka belum pernah mendengar tentang bisnis Anda sebelumnya, mereka tentu tidak akan langsung mengunjungi website Anda begitu saja.

Untuk mendatangkan traffic, perusahaan bisa memanfaatkan konten di media sosial. Tapi konten yang dibagikan harus menarik, bukan hanya sekedar daftar produk. Iklan berbayar juga efektif, namun perlu diingat bahwa Anda harus mengeluarkan biaya di awal dan traffic tersebut akan hilang saat Anda berhenti membayar. Email marketing pun hanya menjangkau orang-orang yang sudah berlangganan newsletter Anda.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan blog. Dengan membuat artikel blog yang menarik, relevan, dan dioptimasi dengan keyword tertentu, visibilitas website akan meningkat di hasil pencarian Google. Hal ini pada akhirnya bisa menjadi cara organik yang membuat orang-orang menemukan dan mengakses website Anda.

Semakin banyak konten blog yang Anda buat, semakin besar peluang website Anda untuk mendapatkan traffic yang lebih tinggi. Traffic yang tinggi ini dapat membantu meningkatkan konversi dan penjualan produk atau jasa Anda.

3. Digunakan sebagai konten media sosial

Media sosial merupakan salah satu platform untuk menjangkau audiens baru dan menarik perhatian mereka. Tapi, apa yang akan Anda posting? Faktanya, sebagian besar postingan bisnis di media sosial adalah tautan ke konten blog.

Mengapa? Karena konten blog jauh lebih mudah untuk dibagikan dan dipromosikan dibandingkan halaman produk. Setiap artikel blog menjadi kesempatan untuk dibagikan sebagai tautan di Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan platform lainnya, bahkan bisa dibagikan lebih dari sekali.

Dengan blog, Anda tidak perlu pusing memikirkan ide konten untuk media sosial. Artikel blog yang menarik dan informatif bisa menjadi sumber konten berharga yang bisa Anda bagikan di berbagai platform media sosial.

4. Membangun kredibilitas dan kepercayaan

Fungsi blog juga untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan pada bisnis Anda. Dengan menyajikan konten yang informatif, edukatif, dan berkualitas tinggi dalam blog, bisnis dapat menunjukkan keahlian dan pengetahuan mereka dalam industri atau bidang tertentu. Artikel yang menggali topik dengan mendalam, memberikan panduan praktis, atau menawarkan wawasan unik akan memperkuat kesan bahwa bisnis tersebut adalah otoritas dalam bidangnya. Hal ini penting untuk meningkatkan reputasi bisnis di industri Anda.

5. Membantu optimasi SEO

Blog sangat berfungsi untuk membantu proses optimasi SEO. Blog memungkinkan website untuk bisa memiliki konten baru dan segar. Selain itu, setiap artikel blog yang diterbitkan adalah halaman baru yang dapat diindeks oleh mesin pencari. Semakin banyak halaman yang diindeks, semakin besar peluang situs web untuk muncul di hasil pencarian, yang dapat meningkatkan visibilitas dan lalu lintas organik. Konten blog yang berkualitas tinggi dan informatif juga akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak backlink.

Baca Juga: Fungsi Blog untuk SEO : Mengapa Website Membutuhkannya ?

Itu dia penjelasan yang dapat kami berikan mengenai apa itu blog. Dari penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa fungsi blog sangat beragam. Keberadaan platform ini bisa membantu bisnis untuk mendapatkan berbagai manfaat.

Jika bisnis Anda tertarik untuk mengembangkan website dengan blog berkualitas, silakan hubungi LOGIQUE. Kami adalah perusahaan pengembang web & aplikasi yang juga menyediakan jasa konsultan digital marketing di Jakarta.

Jadi, selain dapat mengembangkan website profesional, kami juga dapat membantu bisnis Anda agar bisa terus berkembang dengan berbagai strategi pemasaran digital. Kami bisa membantu melakukan strategi SEO, iklan berbayar, hingga pembuatan konten website/blog.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami

Related Posts