Apa Itu Web Scraping: Pengertian & Teknik-teknik yang Digunakan

Sumber: www.freepik.com

Web scraping adalah proses ekstraksi data dari halaman web secara otomatis. Pelajari apa itu web scraping di artikel kami berikut ini. Kami akan memberikan penjelasan selengkapnya untuk Anda. 

Web scraping dapat menjadi cara terbaik ketika ingin mengumpulkan data website Anda untuk dianalisis. Proses ini dapat dimanfaatkan untuk mengumpulkan data pelanggan sehingga lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari hackernoon.com, terdapat 10 bidang industri yang membutuhkan keterampilan ini, yaitu Computer Software (22%), Layanan dan Teknologi Informasi (21%), Layanan Keuangan (12%); Internet (11%), Pemasaran dan Periklanan (5%); Keamanan Komputer & Jaringan (3%), Asuransi (2%), Perbankan (2%), Konsultasi Manajemen (2%), dan Media Online (2%).

Sebagian orang saat ini mungkin masih mengumpulkan data secara manual yaitu dengan menyalin satu persatu data yang ada di website. Namun jika website yang Anda kelola adalah situs berukuran besar dengan jumlah ribuan data, tentu pekerjaan tersebut akan memakan waktu yang sangat lama. Untungnya, saat ini ada teknologi bernama web scraping yang dapat menyederhanakan proses tersebut.

Baca Juga: Cari Jasa Pembuatan Website Toko Online? Hubungi LOGIQUE!

Apa Itu Web Scarping?

Web scraping adalah proses untuk mengekstraksi informasi dan data di dalam website secara otomatis kemudian menyimpannya dengan format yang diinginkan mulai dari teks, gambar, tabel, dan informasi lainnya. Setelah itu, data yang diinginkan diekstraksi dan disimpan dalam format yang lebih terstruktur, seperti CSV, Excel, atau database.

Web scraping dapat membantu Anda untuk mengekstrak berbagai jenis data yang Anda inginkan. Biasanya web scraping dilakukan menggunakan web scraper, bot, web spider, atau web crawler.

Proses web scraping dapat berguna dalam berbagai hal, seperti pengumpulan data untuk analisis bisnis, penelitian pasar, pemantauan harga, pemantauan media sosial, pengumpulan konten, dan banyak lagi. Namun, penting untuk diingat bahwa saat melakukan proses ini, Anda harus tetap mematuhi aturan dan kebijakan yang berlaku, serta menghormati hak cipta dan privasi pengguna situs web yang Anda akses. Selain itu, beberapa web mungkin melarang atau membatasi akses ke data mereka melalui web scraping, sehingga penting untuk memperhatikan etika dan hukum terkait penggunaan web scraping.

Web scraping adalah proses untuk mengekstraksi informasi dan data di dalam website secara otomatis kemudian menyimpannya dengan format yang diinginkan. Anda dapat menyimpan data dalam format teks, CSV, atau JSON. Web scraping dapat membantu Anda untuk mengekstrak berbagai jenis data yang Anda inginkan. Biasanya proses ini dilakukan menggunakan web scraper, bot, web spider, atau web crawler.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Website Perusahaan Profesional 2024

Teknik Web Scraping

Beberapa contoh jenis-jenis teknik otomatisasi pada web scraping adalah sebagai berikut:

1. HTML Parsing

HTML parsing adalah salah satu teknik yang sering digunakan dalam proses parsing atau penguraian data. Teknik ini dilakukan menggunakan Javascript dan menargetkan halaman HTML linear atau nested. Teknik ini dapat mengekstraksi data dengan cepat dan mudah. Beberapa data yang Anda dapat seperti tulisan, link, screen, dan lain-lain.

2. DOM Parsing

DOM atau Document Object Model menentukan gaya, struktur serta konten yang terkandung dalam file XML. Teknik DOM parsing biasanya digunakan ketika Anda ingin mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai struktur halaman website. Anda dapat menggunakan DOM parser untuk mengumpulkan node yang berisi informasi dan mengekstrak data di dalamnya menggunakan sebuah alat seperti XPath.

3. Google Sheets

Google sheet sebenarnya dapat digunakan sebagai alat web scraping dasar. Anda dapat menggunakan formula khusus untuk mengekstrak data dari halaman web, kemudian mengimpornya langsung ke dalam Google sheet. Beberapa formula sheet yang dapat digunakan untuk web scraping di Google Sheet adalah ImportXML, ImportHTML, ImportFEED, dan ImportDATA.

4. XPath Parsing

XPath parsing adalah bahasa kueri yang digunakan untuk menavigasi dan memilih node dalam dokumen XML. Dengan menggunakan ekspresi XPath, Anda dapat secara spesifik menentukan elemen mana yang ingin Anda ekstrak dari dokumen. Teknik ini berguna ketika Anda perlu mengekstrak data dari struktur hierarkis yang kompleks.

5. Text Pattern Matching

Text Pattern Matching adalah teknik yang menggunakan perintah grep di UNIX dan bisa dijalankan dengan bahasa pemrograman populer seperti Perl atau Python. Teknik ini berguna untuk menemukan pola tertentu di dalam teks.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknik web scraping menggunakan berbagai alat dan layanan yang tersedia online. Untuk menguasainya, Anda tidak perlu tahu semua teknik ini. Anda bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit.

Beberapa teknik-teknik otomatisasi pada web scraping juga bisa menggunakan limeproxies, cURL, Wget, HTTrack, Import.io, Node.js, dan masih banyak lagi. Untuk proses scraping, biasanya digunakan browser tanpa antarmuka (headless browser) seperti PhantomJS, Slimmer.js, dan CasperJS.

Apa Kegunaan Web Scraping?

Sebelumnya kami telah menjelaskan apa itu web scraping, sekarang kini saatnya Anda memahami kegunaannya. Web scraping adalah teknik yang digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Pengumpulan Data: Digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber online. Data ini dapat digunakan untuk riset, analisis pasar, pemantauan harga, perencanaan bisnis, dan banyak lagi.
  • Agregasi Konten: Memungkinkan pengumpulan konten dari berbagai sumber untuk membuat agregator berita, direktori, atau platform konten lainnya. Ini membantu dalam menyediakan informasi terkini dan terkumpul dalam satu tempat.
  • Penelitian dan Riset: Proses ini sering digunakan dalam penelitian akademik dan riset untuk mengumpulkan data yang relevan. Ini dapat meliputi data sosial, data ekonomi, data ilmiah, atau informasi lain yang diperlukan untuk melakukan penelitian atau menganalisis tren.
  • Monitoring Perubahan: Digunakan untuk memantau perubahan pada halaman web tertentu. Misalnya, perusahaan dapat melakukan web scraping pada situs e-commerce untuk memonitor perubahan harga produk dan persediaan.
  • Pembelajaran Mesin: Proses ini juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk melatih model pembelajaran mesin. Data yang diambil dari berbagai sumber dapat digunakan untuk pelatihan, pengujian, atau evaluasi model.
  • Pengambilan Informasi: Dapat digunakan untuk mengambil informasi tertentu dari situs web, seperti kontak bisnis, alamat, ulasan pelanggan, atau data lainnya yang berguna dari perspektif bisnis.

Layanan LOGIQUE Digital Indonesia

LOGIQUE Digital Indonesia adalah konsultan IT berpengalaman di Indonesia. Kami menawarkan berbagai layanan di bidang teknologi mulai dari pengembangan aplikasi, digital marketing, jasa pembuatan website Jakarta dan lain-lain. Kami memiliki beragam solusi untuk mengoptimalkan bisnis Anda di era digital seperti sekarang ini. Silakan hubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut.

Related Posts