7 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Secara Efektif

Sumber: www.freepik.com

Ada beberapa cara meningkatkan engagement Instagram yang bisa Anda coba. Silakan ikuti tips-tips yang kami sediakan di artikel berikut.

Seperti yang kita ketahui, saat ini Instagram tidak hanya digunakan untuk berbagi foto dan video, namun juga dapat dimanfaatkan untuk membangun bisnis dan menjalin hubungan dengan audiens. Namun dengan begitu banyak konten yang bersaing untuk mendapatkan perhatian, bagaimana cara meningkatkan engagement Instagram? Pada artikel ini, kami akan mengulas beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.

Apa Itu Engagement Instagram?

Engagement Instagram adalah interaksi dan keterlibatan pengguna dengan konten yang diposting di platform Instagram. Ini mencakup berbagai tindakan yang dilakukan oleh pengguna, contohnya seperti menyukai (like), mengomentari (comment), berbagi (share), menyimpan (save), dan mengirim direct message terkait konten tersebut. Nah, untuk rumus menghitung engagement rate sendiri adalah dengan menjumlah total like, comment, dan save, kemudian dibagi dengan jumlah pengikut yang Anda miliki, dikalikan dengan 100%. 

Tingkat engagement yang tinggi menunjukkan bahwa konten Anda berhasil menarik perhatian dan membangun koneksi dengan audiens Anda. Hal ini penting bagi bisnis karena tingkat engagement yang tinggi dapat meningkatkan visibilitas, memperluas jangkauan, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Namun jika Anda memiliki tingkat engagement yang rendah, maka Anda bisa menerapkan beberapa strategi yang akan kami berikan berikut.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Website Perusahaan Profesional 2024

Cara Meningkatkan Engagement Rate Instagram

1. Berinteraksi dengan audiens melalui stiker Instagram stories

Salah satu cara meningkatkan engagement Instagram yang cukup efektif adalah dengan memanfaatkan stiker stories. Ada beberapa striker yang bisa Anda gunakan yaitu poll, question, dan quiz. Nah, untuk mendorong audiens agar mau terlibat atau berinteraksi, Anda bisa menggunakan sticker questions. Dengan menggunakan stiker ini Anda bisa menciptakan interaksi yang berkelanjutkan. 

Sebagai contoh, Anda dapat mengajukan pertanyaan menarik terkait topik atau konten yang Anda bagikan, lalu mengundang audiens untuk memberikan tanggapan atau pendapat mereka. Anda juga dapat memanfaatkan stiker ini untuk mengadakan sesi tanya jawab dengan audiens tentang produk/layanan yang Anda jual, kemudian Anda bisa menjawabnya secara langsung melalui stories.

2. Bagikan konten humor

Cara lain yang efektif untuk meningkatkan engagement di Instagram adalah dengan berbagi konten humor atau meme. Humor memiliki daya tarik yang kuat dan dapat membuat orang tertawa atau tersenyum. Dengan membagikan konten yang menghibur, Anda dapat menarik perhatian audiens dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk berinteraksi dengan konten Anda.

Mengapa konten humor atau meme efektif? Alasan pertama adalah karena bisa menciptakan ikatan emosional dengan audiens. Ketika seseorang tertawa atau senang melihat konten Anda, mereka cenderung merasa lebih dekat dengan Anda dan cenderung terdorong untuk berinteraksi dengan konten tersebut.

Kedua, konten humor atau meme seringkali dibagikan kembali oleh audiens. Jika audiens menemukan konten Anda lucu atau menghibur, mereka ingin membagikannya dengan teman-teman mereka. Hal ini pada akhirnya dapat membantu meningkatkan eksposur konten dan membawa lebih banyak orang untuk mengunjungi profil Anda.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa konten humor atau meme harus tetap relevan dengan audiens dan merek Anda. Pastikan konten tersebut sesuai dengan nilai-nilai dan kepribadian merek Anda. Selain itu, perhatikan juga sensitivitas dan batasan-batasan tertentu agar tidak menyakiti atau menyinggung siapa pun.

3. Bagikan reel Instagram

Reel Instagram menjadi salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement. Reels adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek dengan durasi 15 hingga 60 detik, yang dapat dihiasi dengan musik, efek, teks, dan banyak lagi. Fitur ini telah menjadi sangat populer dan telah membuka peluang baru bagi pengguna untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Untuk meningkatkan engagement dengan Reels, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Pertama, pastikan untuk membuat konten yang menarik dan relevan dengan audiens Anda. Buat video yang informatif, menghibur, atau menginspirasi. Gunakan musik yang populer atau sedang tren untuk menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan mengikuti tren terkini.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menggunakan caption yang menarik dan mengundang audiens untuk berinteraksi. Ajukan pertanyaan, minta pendapat, atau ajak mereka untuk melakukan tantangan terkait konten Anda. Ini akan mendorong audiens untuk memberikan komentar, suka, atau berbagi Reels Anda.

4. Bagikan quotes

Penggunaan quotes atau kutipan juga dapat meningkatkan engagement di Instagram. Ketika Anda membagikan kutipan yang positif, menginspirasi, atau relevan dengan audiens maka audiens cenderung akan memberikan like atau membagikan kembali konten tersebut. 

Berikut adalah beberapa cara menggunakan quotes untuk meningkatkan engagement di Instagram:

  • Memilih kutipan yang relevan: Pilih kutipan yang sesuai dengan niche atau industri Anda, serta yang sesuai dengan nilai-nilai dan kepribadian merek Anda.
  • Pastikan kutipan tersebut memiliki keterkaitan dengan audiens Anda sehingga mereka merasa terhubung dengan konten yang Anda bagikan.
  • Desain visual yang menarik: Buat desain visual yang menarik untuk mempresentasikan kutipan Anda. Gunakan font yang sesuai, warna yang menarik, dan elemen visual yang sesuai dengan estetika merek Anda. Desain yang menarik akan membuat konten Anda lebih menonjol dan lebih mungkin untuk dibagikan oleh audiens.
  • Caption yang mengundang interaksi: Gunakan caption yang mengundang audiens untuk berinteraksi. Ajukan pertanyaan terkait kutipan, minta pendapat mereka, atau undang mereka untuk berbagi pengalaman terkait dengan kutipan tersebut. Ini akan mendorong audiens untuk memberikan komentar dan berpartisipasi dalam diskusi.

5. Bagikan informasi yang berguna melalui postingan carousel

Postingan carousel memiliki potensi untuk meningkatkan engagement di Instagram. Fitur ini memungkinkan Anda untuk bisa membagikan beberapa gambar atau video dalam satu postingan yang bisa di-swipe oleh pengguna

Selain itu, postingan carousel sering kali muncul di feed pengguna lebih dari sekali, sehingga memberikan kesempatan yang lebih besar bagi audiens untuk memberikan like, comment, atau share ke audiens yang lain. Dengan demikian, peluang engagement bisa meningkat dua kali lipat atau bahkan lebih.

Baca Juga: Apa Itu Copywriting? Pengertian & Formula yang Digunakan

6. Gunakan call to action (CTA) di setiap caption

Salah satu strategi untuk mendapatkan lebih banyak keterlibatan di Instagram adalah dengan menyertakan ajakan bertindak (CTA), terutama dalam bentuk pertanyaan melalui caption Anda. Selain itu, Anda juga dapat meminta saran, rekomendasi, atau jenis konten apa yang ingin dilihat oleh audiens Anda.

Cara lain untuk mendorong keterlibatan melalui CTA adalah dengan mendorong audiens untuk mengklik tautan di bio Instagram Anda. Karena link tidak dapat disertakan dalam postingan feed Instagram, maka Anda bisa menampilkannya melalui bio profil Instagram. Melalui link tersebut, Anda bisa mengarahkan audiens ke halaman web, toko online/e-commerce, YouTube, atau yang lain.

7. Bagikan giveaway

Mengadakan giveaway merupakan cara efektif meningkatkan engagement di Instagram. Siapa yang tidak ingin mendapatkan barang gratis? Itulah alasannya, mengapa berbagi hadiah di media sosial sangat berdampak dalam membangun keterlibatan dengan merek Anda.

Meskipun demikian, penting untuk merencanakan kontes giveaway dengan strategi yang jelas. Rancang aturan yang sesuai dengan tujuan Anda yaitu meningkatkan engagement. Selain itu, pastikan juga bahwa hadiah yang ditawarkan relevan dengan bisnis Anda, menarik, dan cukup berharga sehingga mendorong orang untuk turut berpartisipasi.

Baca Juga: 7 Contoh Copywriting Menarik yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Meningkatkan engagement Instagram adalah hal penting bagi bisnis yang ingin memperluas jangkauan dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggannya. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang efektif, mulai dari menggunakan CTA dalam caption, mengarahkan audiens untuk mengklik tautan di bio, hingga mengadakan giveaway yang menarik, semua langkah ini dapat membantu Anda memperkuat keterlibatan dengan pelanggan Anda. 

Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk menjalankan strategi pemasaran digital yang baik, Anda bisa berkonsultasi dengan tim LOGIQUE. Kami menyediakan jasa digital marketing yang komprehensif untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di era digital. Hubungi kami segera

Related Posts