CRM Software Custom, Mengapa Bisnis Mengembangkannya?

Sumber: www.freepik.com

CRM software adalah platform yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola dan memelihara hubungan dengan pelanggannya. Simak artikel berikut untuk mengetahui mengapa bisnis perlu mengembangkannya.

Pernahkan Anda merasa frustasi karena melihat pelanggan Anda harus berpindah dari satu staf ke staf yang lain untuk mendapatkan bantuan, dan akhirnya meninggalkan ulasan negatif? Kejadian seperti ini tidak hanya menurunkan reputasi bisnis Anda, tetapi juga menunjukkan inefisiensi dalam operasi bisnis internal.

Jika bisnis Anda sering menghadapi masalah koordinasi internal yang serupa, solusinya adalah menggunakan CRM software custom. Dengan menggunakan perangkat lunak CRM, Anda dapat mengatur dan mengelola informasi pelanggan dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan staf di berbagai departemen untuk memiliki akses yang mudah dan terorganisir terhadap informasi pelanggan, sehingga mereka dapat memberikan pelayanan yang konsisten dan komprehensif.

Agar Anda bisa memahaminya dengan lebih jelas, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan CRM software. 

Apa yang Dimaksud dengan CRM software?

CRM atau Customer Relationship Management adalah sebuah perangkat lunak bisnis yang membantu Anda mengelola data pelanggan dengan lebih efisien. Dengan integrasi CRM yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengelola layanan pelanggan, informasi kontak, peluang penjualan, dan lainnya. Dalam jangka panjang, manajemen yang efisien ini akan membantu menyederhanakan operasi bisnis dan meningkatkan pelayanan Anda dengan mudah.

Perlu dipahami bahwa untuk memanfaatkan solusi ini, Anda dapat memilih untuk menggunakan CRM software yang telah tersedia atau mengembangkannya sendiri. Untuk menentukannya, tentu Anda perlu melihat kebutuhan dan anggaran bisnis Anda.

Baca Juga: Customer Relationship Management: Pengertian CRM, Fungsi, & Jenisnya

Mengapa Anda Harus Mengembangkan CRM Software Custom?

Memilih CRM software yang tepat bisa menjadi tugas yang rumit, terlebih jika Anda memiliki kebutuhan bisnis yang unik. Selain itu, solusi yang tersedia di pasaran mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, atau mungkin terlalu mahal dan rumit untuk digunakan. Di sinilah CRM software custom hadir sebagai solusi yang ideal.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memilih CRM custom untuk bisnis Anda:

1. Didesain khusus untuk kebutuhan Anda

CRM custom dapat dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan dan proses bisnis Anda yang unik. Ini berarti Anda hanya akan mendapatkan fitur yang Anda perlukan, dan Anda tidak perlu membayar untuk fitur yang tidak Anda gunakan.

Dalam proses pengembangan CRM custom, Anda akan bekerja sama dengan pengembang perangkat lunak untuk menentukan kebutuhan bisnis dan merancang solusi yang sesuai. Pengembang akan memahami alur kerja bisnis Anda, kebutuhan pelaporan, manajemen kontak, penjualan, dan layanan pelanggan, serta integrasi dengan sistem lain yang Anda gunakan. Dengan demikian, CRM software yang digunakan dapat disesuaikan dengan persyaratan khusus bisnis Anda sehingga bisa memberikan solusi yang optimal untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas tim.

2.  Integrasi mudah

CRM custom mudah diintegrasikan dengan sistem dan perangkat lunak yang digunakan bisnis Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengelola semua data dan proses bisnis di satu tempat sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana CRM custom dapat diintegrasikan:

  • ERP: CRM custom dapat diintegrasikan dengan sistem ERP yang Anda miliki untuk mengelola data pelanggan, pesanan, dan inventaris di satu tempat. Ini dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
  • Sistem akuntansi: CRM custom dapat diintegrasikan dengan sistem akuntansi Anda untuk melacak pembayaran dan faktur. Ini dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas keuangan Anda dan membuat proses akuntansi lebih efisien.
  • Platform email marketing: CRM custom dapat diintegrasikan dengan platform email marketing untuk mengirim email yang ditargetkan dan dipersonalisasi ke pelanggan Anda. Ini dapat membantu meningkatkan tingkat konversi dan retensi pelanggan.

Baca Juga: Cari Jasa Pembuatan Website Toko Online? Hubungi LOGIQUE!

3. Wawasan bisnis yang lebih baik

Solusi CRM custom memungkinkan Anda mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan departemen dalam satu platform. Selain itu, Anda juga dapat menentukan jenis data yang ingin Anda analisis dan mengatur parameter analisis sesuai kebutuhan bisnis. Dengan demikian, Anda bisa mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan dengan lebih efektif, sehingga Anda dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang kebutuhan dan perilaku mereka.

4. User friendly

CRM custom dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan penggunanya. Hal ini memungkinkan sistem bisa digunakan dan dioperasikan lebih mudah oleh tim Anda baik itu pengelola bisnis, staf penjualan, atau tim layanan pelanggan

Selain itu, CRM custom memungkinkan penyesuaian yang sesuai dengan peran dan tanggung jawab pengguna. Anda dapat mengatur hak akses dan izin untuk setiap pengguna, membatasi akses ke data sensitif, dan menyesuaikan tampilan serta fungsi sistem berdasarkan peran atau departemen. Dengan cara ini, pengguna hanya melihat informasi yang relevan dan memiliki akses ke fitur yang mereka butuhkan sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

5. Fitur canggih

CRM custom dapat dilengkapi dengan fitur canggih yang tidak tersedia di solusi CRM off-the-shelf siap pakai. Dengan memiliki solusi custom, Anda bisa mengintegrasikannya dengan sistem lain, membuat pelaporan dan analisis data yang canggih, atau otomatisasi proses.

Di sisi lain, karena CRM custom dibuat khusus untuk bisnis Anda, maka sistem ini akan lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan oleh tim Anda. Jika terjadi masalah, tim support CRM akan lebih mudah untuk memahami dan mendiagnosis akar permasalahannya. Hal ini karena mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang sistem yang mereka kembangkan.

Baca Juga: Biaya Pembuatan Website Perusahaan Profesional 2024

Fitur CRM Software Custom yang Sebaiknya Dikembangkan

Berikut beberapa fitur yang bisa Anda pertimbangkan saat mengembangkan CRM software:

  • Manajemen Kontak: Menyimpan informasi kontak pelanggan, mengkategorikan kontak, melacak interaksi, dan mengelola prospek.
  • Penjualan: Melacak pipeline penjualan, mengelola prospek dan peluang penjualan, mengirim penawaran, memantau kemajuan penjualan, dan menganalisis data penjualan.
  • Layanan pelanggan: Melacak masalah dan permintaan pelanggan, menyediakan layanan melalui berbagai saluran, menganalisis data, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Otomasi: Mengotomatiskan tugas manual seperti mengirim email pengingat atau follow-up, mengalokasikan prospek ke tim penjualan secara otomatis, dll.
  • Integrasi: Mengintegrasikan CRM dengan sistem lain seperti ERP, akuntansi, dan platform email marketing untuk mempermudah akses data dan meningkatkan efisiensi.
  • Pelaporan dan analisis: Menghasilkan laporan dan analisis data tentang penjualan, layanan pelanggan, dan kinerja tim untuk mendapatkan wawasan bisnis dan membuat keputusan yang lebih baik.
  • Keamanan: perlindungan pada data pelanggan dengan enkripsi dan kontrol akses yang ketat untuk memastikan keamanan dan privasi data.

Perlu dipahami bahwa beberapa fitur CRM di atas hanyalah contoh. Jadi, Anda dapat memilih mengembangkan fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan CRM software, silakan hubungi LOGIQUE. Kami menyediakan jasa pengembangan CRM yang profesional dan disesuaikan dengan kebutuhan unik bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa memiliki sistem yang benar-benar Anda butuhkan.

Selain menyediakan layanan pembuatan sistem CRM, kami juga memiliki jasa pembuatan website, aplikasi, dan lain-lain. Apabila Anda mencari mitra terbaik untuk mentransformasikan  proses bisnis Anda ke arah digital, kami siap membantu. Hubungi LOGIQUE untuk penjelasan lebih lanjut. 

Feradhita NKD
Feradhita NKD

https://www.logique.co.id/blog/author/feradhita/

Hai! Saya adalah content writer berpengalaman dengan minat mendalam di dunia teknologi. Saya senang menjelajahi tren terbaru di dunia IT, pentest, keamanan siber, dan menerjemahkan informasi teknis menjadi tulisan yang menarik. Dengan fokus pada kebutuhan audiens dan penggunaan bahasa sederhana, saya berusaha menyajikan informasi kompleks dengan cara yang mudah dipahami.