7 Contoh Desain Website Kreatif dan Menarik, Cek di Sini!

Sumber: www.freepik.com

Apakah Anda sedang mencari contoh desain website yang kreatif? Kami memiliki referensinya untuk Anda. Simak informasinya di artikel berikut ini.

Jika Anda saat ini memutuskan untuk menggunakan jasa pembuatan website, ada baiknya untuk mulai mencari referensi contoh desain website yang menarik. Hal ini penting karena website yang dirancang dengan baik tak hanya berfungsi sebagai platform untuk menyampaikan informasi, tetapi juga bisa menjadi cerminan identitas dan nilai Anda.

Selain itu, desain website yang menarik juga mampu memikat perhatian, meningkatkan engagement, dan mendorong mereka untuk menjelajahi lebih dalam. Nah, bagi Anda yang berkecimpung di industri kreatif, kami telah merangkum beberapa contoh desain website inspiratif yang bisa Anda jadikan acuan.

Contoh Desain Website Kreatif

1. The Fan Engagement

Website The Fan Engagement memiliki desain yang sangat kreatif. Website ini menggunakan animasi yang halus dan memanfaatkan scroll vertikal dan horizontal dengan snap section sehingga sangat menyenangkan dan interaktif bagi pengguna.

Layout pada website The Fan Engagement menggunakan seluruh layar untuk menciptakan pengalaman yang lebih imersif. Contoh desain website seperti ini ideal digunakan untuk storytelling, landing page marketing, atau untuk menampilkan halaman dengan visual yang cantik. Website “The Fan Engagement” menggunakan komponen JavaScript fullPage.js untuk menampilkan desainnya. 

2. FPP Shopping

Contoh desain website yang kreatif juga bisa Anda temukan pada FPP Shopping yaitu agen pemasaran yang berfokus pada pembeli. Website ini menawarkan pengalaman yang sangat kreatif dan unik. Dengan menggunakan desain grafis 3D, animasi, dan desain warna-warni, website ini dapat menuntut interaktivitas yang tinggi dengan para pengguna. Anda dapat menavigasi website ini melalui menu hamburger fullscreen yang berubah bentuk. Desain kreatif ini menggunakan beberapa library tingkat lanjut seperti WebGL.

3. Nathan Gao

Nathan Gao juga bisa menjadi contoh desain website kreatif. Halaman website menggunakan beberapa tren desain untuk menciptakan portofolio yang mengesankan. Website menggunakan  grafik 3D yang menarik sebagai latar belakang utama yang berubah saat Anda menggulir halaman.

Selain itu, meskipun website ini memiliki desain yang kreatif namun pengguna bisa dengan mudah mengetahui apa solusi yang ditawarkan melalui website ini. Desain website kreatif ini dibangun menggunakan fullPage.js, yaitu library JavaScript yang memungkinkan Anda untuk membuat website dengan scrolling horizontal dan vertikal yang memukau.

4. Forward

Situs web kreatif tidak selalu identik dengan warna-warni dan animasi yang ramai. Bagi sebagian orang, desain minimalis dengan nuansa monokrom justru lebih menarik dan berkesan. Nah, Anda bisa menemukan contohnya pada website ini. Pada website Forward kita dapat melihat desain yang dirancang dengan gaya datar dan minimalis namun tetap stylish.

5. Helixes

Helixes adalah contoh desain website yang sederhana namun tetap kreatif. Website ini menampilkan elemen-elemen yang berbeda saat Anda menggulir halaman. Website juga memiliki kursor yang bisa menampilkan video di lokasi dimana kursor tersebut diarahkan. Secara keseluruhan, website kreatif ini menunjukkan cara menciptakan desain secara seimbang antara gambar, video, dan tipografi.

Baca Juga: Cara Menggunakan Canva untuk Pembuatan Desain PPT, CV, dll

6. Jin Xia Art

Ada banyak cara untuk menampilkan gambar atau grafik di halaman web. Salah satu cara yang semakin populer untuk membuat tata letak responsif dan kompleks adalah dengan menggunakan sistem CSS Grid atau Flexbox. Cara ini sangat cocok ketika Anda memiliki banyak gambar yang ingin ditampilkan.

Desain kreatif dari situs web Jin Xia memberikan nuansa yang sangat teratur. Situs ini penuh warna, mudah dijelajahi, dan pasti menginspirasi.

Meskipun menggunakan desain dan tata letak minimalis, situs web ini tetap kreatif dan mengesankan dengan sistem grid-nya untuk menampilkan gambar. Animasi halus juga digunakan saat menggulir halaman website.

7. Gastronomical

Website perusahaan wafel ini menggunakan desain kreatif yang berani dan mencolok.Visual yang terang dan kuat membuat seluruh pengalaman menjelajah website terasa seru dan mengundang pengguna untuk mengetahui lebih lanjut.

Tipografi yang digunakan sederhana, namun dengan font besar untuk menyampaikan pesan. Pemilihan warna dilakukan secara tepat serta digabungkan dengan animasi menarik sehingga membuat beragam elemen terlihat mencolok saat Anda menggulir halaman.

Saat Anda mengunjungi situs web ini, Anda akan melihat animasi dan gambar berkualitas tinggi untuk memamerkan sejumlah produk. Jumlah teks yang digunakan cukup minimalis namun gambar-gambar disediakan dalam ukuran besar sehingga dapat menyampaikan pesan sendiri. 

Baca Juga: Biaya Pembuatan Website Perusahaan Profesional 2024

Contoh Desain Website yang Harus Dihindari

Desain website dapat didesain sekreatif mungkin untuk menarik pengguna. Penggunaan elemen visual yang menarik, tipografi yang unik, dan animasi yang interaktif dapat memberikan kesan pertama yang positif dan membuat pengguna ingin menjelajahi website lebih lanjut.

Namun, dalam pengembangan desain website, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari, yaitu:

1. Navigasi yang membingungkan

Pengguna harus dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari di website Anda. Pastikan navigasi website Anda jelas dan mudah dipahami.

2. Font yang sulit dibaca

Menggunakan jenis font yang sulit dibaca atau terlalu kecil dapat membuat pengguna kesulitan membaca konten situs Anda. Pilihlah font yang mudah dibaca dan pastikan ukurannya cukup besar agar nyaman bagi pengguna.

3. Animasi berlebihan

Meskipun animasi dapat menambahkan elemen menarik pada situs, penggunaan animasi yang berlebihan atau mengganggu dapat mengalihkan perhatian pengunjung dan memperlambat waktu muat situs. Jadi, gunakan animasi dengan bijaksana dan untuk tujuan yang jelas.

4. Penggunaan warna yang berlebihan atau tidak cocok

Warna yang berlebihan atau tidak cocok secara visual dapat mengganggu pengalaman pengguna dan membuat situs terlihat tidak profesional. Pilihlah palet warna yang konsisten dan sesuai dengan branding perusahaan Anda.

5. Kurangnya responsivitas

Desain website yang tidak responsif atau tidak disesuaikan dengan berbagai perangkat dan ukuran layar, dapat mengakibatkan tampilan yang tidak sesuai. Hal ini bisa menciptakan pengalaman pengguna yang buruk. Oleh karena itu, pastikan situs Anda responsif dan bekerja optimal di berbagai perangkat.

6. Kecepatan loading yang lambat

Pengguna tidak mau mengunjungi website dengan waktu loading yang lama. Jadi, pastikan desain website Anda tetap dapat ditampilkan dengan kecepatan loading yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa contoh desain website kreatif. Jika Anda saat ini membutuhkan bantuan untuk merancang desain website sekaligus mengembangkannya, Anda bisa berkonsultasi dengan LOGIQUE. Kami menyediakan jasa pembuatan website profesional yang dapat disesuaikan dengan tujuan bisnis. Selain itu, kami juga memiliki jasa SEO sehingga website Anda memiliki visibilitas yang lebih baik di halaman mesin pencari Google.

Hubungi kami segera, tim LOGIQUE akan selalu siap membantu!

Related Posts