Biaya Pembuatan Website Perusahaan Profesional 2024

Sumber: www.freepik.com

Harga atau biaya pembuatan website bisa sangat bervariasi tergantung berbagai faktor seperti tingkat kompleksitas, ukuran proyek, fungsionalitas tambahan, desain, dan lain-lain. Jika Anda saat ini sedang berencana untuk mengembangkan website perusahaan yang profesional, silakan simak penjelasan kami terkait harga pembuatan website berikut ini sehingga Anda bisa mempersiapkan berapa dana yang perlu disediakan.

Di era digital, sebagian besar orang mencari informasi, produk, dan layanan secara online. Dengan memiliki situs web, tentu perusahaan bisa memiliki online presence sehingga memungkinkan mereka ditemukan oleh para calon pelanggan dari seluruh dunia. 

Website memang menjadi alat pemasaran yang kuat. Dengan mengembangkan website perusahaan yang profesional, Anda bisa mempromosikan produk/layanan, memberikan informasi, hingga membangun kepercayaan pelanggan. Banyak pelaku bisnis telah memahami hal tersebut, sehingga tidak mengherankan jika mereka memilih untuk mengembangkan situs web perusahaan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa pembuatan website, Anda perlu memahami bahwa biaya pembuatan website perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Biaya Pembuatan Website

1. Jenis website

Jenis situs web yang ingin dibangun sangat memengaruhi harga. Sebagai contoh, situs web e-commerce dengan fitur transaksi online dan pengelolaan inventaris akan membutuhkan biaya pengembangan yang lebih mahal daripada blog pribadi atau website sederhana. 

2. Desain website

Tingkat kustomisasi desain juga dapat memengaruhi harga. Desain yang sangat unik dan kompleks akan memerlukan waktu pengembangan lebih lama, sehingga akan meningkatkan biaya pengembangan dibandingkan dengan desain yang lebih sederhana.

3. Fungsionalitas tambahan

Pengembangan fungsionalitas tambahan memerlukan banyak waktu, upaya, dan keahlian dari web developer untuk mengimplementasikannya. Selain itu, fungsionalitas tambahan seperti sistem manajemen konten (CMS), formulir interaktif, chatbot, integrasi dengan payment gateway, dan lainnya membutuhkan pengkodean khusus, pengujian yang cermat, serta pengoptimalan untuk memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

4. Pemeliharaan (maintenance website)

Setiap website memerlukan pemeliharaan rutin untuk memastikan bahwa semua elemen berfungsi dengan baik dan aman. Pemeliharaan dapat mencakup pembaruan perangkat lunak, penanganan bug, dan peningkatan keamanan. Nah, usaha dan tenaga yang perlu dikeluarkan dalam proses maintenance ini akan tentu dapat memengaruhi biaya pembuatan website. 

6. Optimasi SEO

Optimasi SEO merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di halaman mesin pencari seperti Google. Proses optimasi ini akan melibatkan beragam strategi mulai dari audit website, analisis target audience, analisis kompetitor, pemilihan kata kunci, pembuatan konten, dan lain-lain. Oleh karena itu, penggunaan jasa SEO juga bisa berdampak pada harga pembuatan website Anda.

7. Keamanan website

Keamanan situs web dengan SSL (Secure Sockets Layer) adalah aspek penting. Selain itu, untuk melindungi situs web dari ancaman online, mungkin diperlukan langkah-langkah keamanan tambahan. 

Baca Juga: Aplikasi Lelang Mobil: Hal-hal yang Perlu Anda Pahami Sebelum Mengembangkannya

Biaya Pembuatan Website Perusahaan di LOGIQUE

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, biaya pembuatan website perusahaan bisa berbeda-beda tergantung cakupan pekerjaan yang diperlukan. Agar Anda bisa memiliki gambaran tentang dana yang perlu dipersiapkan, silakan simak informasi di bawah ini. Kami telah merancang lima opsi paket layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam pembuatan website. Meskipun cakupan pekerjaan disesuaikan opsi paket yang Anda pilih, namun kami berkomitmen untuk menjalankan setiap proyek dengan sebaik mungkin.

1. Agile Development dengan Skema Flat-rate

Pengembangan website yang menggabungkan metodologi pengembangan Agile. Selain itu biaya yang dikenakan menggunakan model tarif tetap (flat-rate).

Biaya pembuatan website: sekitar Rp 12,5 Juta 

Masa kontrak: 3 bulan (minimal)

Lingkup pekerjaan mencakup:

  • Proses penelitian dan perencanaan
  • Konsultasi dengan tim
  • Pengembangan desain, HTML coding, penerapan SEO, DevOps
  • Memeriksa keamanan website melalui penetration testing dan memperbaiki kerentanan keamanan yang ditemukan
  • Menganalisis kinerja website dan menyusun laporan terkait
  • Menulis serta mengupdate konten website
  • Melaksanakan pemasaran digital, termasuk mengelola iklan digital, media sosial, dan kolaborasi dengan KOL.

2. Opsi Produksi Cepat

Pengembangan website atau landing page sederhana. Paket ini cocok untuk pengembangan website statis.

Biaya pembuatan website: sekitar Rp 20 juta – 40 juta 

Masa produksi: kurang lebih 1 bulan

Lingkup pekerjaan mencakup:

  • Proses penelitian dan perencanaan
  • Konsultasi dengan tim
  • Pengembangan desain, HTML coding, penerapan SEO, QA, Deployment
  • Pengembangan hingga 5 halaman website

3. Opsi Produksi Standar

Pengembangan website layanan atau website perusahaan standar. Opsi ini sesuai untuk pengembangan website dengan skala menengah.

Biaya pembuatan website: sekitar Rp 40 juta – 80 juta

Masa produksi: sekitar 1 hingga 2,5 bulan

Lingkup pekerjaan mencakup:

  • Proses penelitian dan perencanaan
  • Konsultasi dengan tim
  • Pengembangan desain, HTML Coding, penerapan SEO, QA, Deployment
  • Implementasi dan integrasi dengan CMS (WordPress atau CMS yang dibuat secara khusus dari awal)

4. Opsi Produksi Skala Besar

Pengembangan website layanan atau website perusahaan berskala besar. Opsi ini sesuai untuk pengembangan web perusahaan atau web layanan yang mengelola pengguna berskala besar.

Biaya pembuatan website: sekitar Rp 80 juta – 200 juta 

Masa produksi: sekitar 2,5 – 4 Bulan

Lingkup pekerjaan mencakup:

  • Proses penelitian dan perencanaan
  • Konsultasi dengan tim
  • Pengembangan desain, HTML Coding, penerapan SEO, QA, Deployment
  • Menerapkan atau mengembangkan sistem manajemen konten (CMS) dengan menggunakan framework dan integrasi PHP.
  • Menghubungkan dengan layanan web lain atau sistem internal klien melalui (Application Programming Interface (API).
  • Mendesain dan menyiapkan Server Cloud

5. Opsi Produksi Strategis

Pengembangan website dengan konsep yang sangat matang dan terperinci untuk menghasilkan konversi tingkat tinggi. Opsi ini sesuai untuk pembuatan web E-Commerce, Marketplace, atau web CRM.

Biaya pembuatan website: sekitar Rp 200 juta – 500 juta

Masa produksi: sekitar 3 – 5 Bulan

Lingkup pekerjaan mencakup:

  • Melakukan penelitian, analisis, dan perencanaan.
  • Konsultasi dengan tim
  • Pengembangan desain, HTML Coding, penerapan SEO, QA, Deployment
  • Penerapan atau pengembangan CMS dengan memanfaatkan framework dan integrasi dengan PHP.
  • Menghubungkan dengan layanan web lain atau sistem internal klien melalui penggunaan Application Programming Interface (API).
  • Menyusun dan menyiapkan infrastruktur server berbasis cloud.
  • Pembuatan isi konten, termasuk gambar, teks, dan pengeditan video.

Note: Untuk detail biaya pembuatan website di LOGIQUE, Anda juga bisa mengunjungi halaman layanan kami atau klik Harga Pembuatan Website.

Alur Pemesanan Website

Setelah Anda memahami estimasi biaya pembuatan website perusahaan, berikut ini adalah alur pemesanan layanan pengembangan website:

1. Hubungi kami

Pertama, silakan hubungi kami terlebih dahulu. Tim kami akan selalu siap sedia untuk membantu Anda. Selain itu, untuk memberikan pelayanan yang terbaik, silakan informasikan kepada kami gambaran umum tentang kebutuhan pengembangan website Anda.

2. Perencanaan / pengajuan proposal 

Setelah kami memahami kebutuhan Anda, kami akan mengajukan proposal. Di dalam proposal ini, kami akan merinci rencana pembuatan website seperti ruang lingkup proyek, perkiraan biaya pembuatan website, dan waktu yang dibutuhkan untuk pengembangannya.

3. Tanda tangan kerja sama

Jika Anda setuju dengan penawaran kami, langkah selanjutnya adalah menandatangani kontrak dan melakukan pembayaran uang muka sebesar 50% dari total harga pembuatan website/biaya proyek yang telah disepakati. Setelah pembayaran ini diterima, tim kami akan segera memulai proses pembuatan situs web untuk bisnis Anda.

 4. Konfirmasi rencana

Proses pengembangan situs web dimulai dengan mengonfirmasi rincian struktur situs web dan persyaratan secara menyeluruh. Langkah ini penting untuk memastikan tidak ada detil yang terlewat. Kami juga akan menunjukkan rancangan awal situs web melalui gambaran bentuk dasar (wireframe) untuk mendapatkan persetujuan Anda sebelum memulai tahap desain.

Baca Juga: 8 Hal Ini Perlu Anda Perhatikan Ketika Membuat Website E-Commerce

5. Pembuatan desain

Tim kami akan membuat desain halaman utama berdasarkan referensi yang Anda berikan. Kami akan memberikan beberapa opsi desain dan mengadaptasinya sesuai dengan umpan balik Anda. Kami akan memperhatikan tampilan pengguna (UI) maupun pengalaman pengguna (UX) dalam proses pembuatan desain untuk memastikan hasil yang memuaskan.

6. Pemrograman dan implementasi

Desain yang disetujui akan diubah menjadi halaman-halaman situs web dengan mengaplikasikan clean code yaitu kode pemrograman yang ditulis dengan format yang terstruktur dan rapi. Pengembangan fungsionalitas sesuai dengan ruang lingkup proyek juga akan mulai dilaksanakan, termasuk manajemen konten (CMS), penerapan teknik optimasi mesin pencari (SEO), serta penerapan standar keamanan website.

7. Pengujian & verifikasi

Setiap kami menyelesaikan pengembangan suatu fitur, kami akan melakukan tes yang disesuaikan dengan lingkup yang ada. Kami akan memastikan tampilan desain telah sesuai, tidak ada kesalahan sintaks HTML, website sepenuhnya telah mobile-friendly, setiap halaman dapat dimuat dengan cepat, serta penerapan SEO telah dilakukan secara efektif. 

8. Peluncuran website

Setelah melalui pengujian menyeluruh, situs web siap untuk diluncurkan. Kami akan melakukan pengaturan lebih lanjut untuk fitur pengelolaan situs web, memastikan kesiapan situs web dalam pemantauan dan analisis pengunjung.

9. Maintenance

Kami menyadari bahwa setiap situs web memerlukan manajemen berkelanjutan agar berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, LOGIQUE menyediakan berbagai layanan pemeliharaan situs web yang Anda butuhkan.

Demikian info terkait harga bikin website. Dalam menghadapi era digital yang terus berkembang, memiliki situs web yang efektif dan responsif bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan dasar untuk bisnis dan perusahaan. Proses pengembangan situs web melibatkan langkah-langkah yang kompleks dan melibatkan kolaborasi yang erat antara klien dan pengembang.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan website yang berfungsi optimal atau memiliki pertanyaan terkait harga pembuatan website perusahaan, silakan hubungi LOGIQUE. Tim kami akan dengan senang hati membantu dan melayani Anda. 

Related Posts