10 Tren Teknologi 2024 yang Harus Anda Ketahui

Sumber: www.freepik.com

Pada artikel berikut kami akan menginformasikan tren teknologi 2024. Perusahaan riset dan konsultan teknologi terkemuka yaitu Gartner telah merilis tren teknologi strategis teratas. Tren-tren ini diperkirakan akan memengaruhi banyak keputusan dan strategi di bidang bisnis, teknologi, dan transformasi digital. 

Seperti yang kita ketahui, kehadiran teknologi telah mengubah cara kita hidup dan bekerja. Perusahaan yang berhasil memanfaatkan teknologi dengan baik juga dapat memperoleh berbagai keuntungan contohnya seperti peningkatan efisiensi operasional bisnis, kualitas layanan yang lebih tinggi, kemampuan analisis yang lebih baik, dan lain-lain. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik perusahaan untuk terus mengikuti tren teknologi yang sedang berkembang sehingga dapat tetap kompetitif di pasar yang terus berubah.  

Agar Anda memiliki gambaran tentang perkembangan teknologi di tahun depan, pada artikel berikut kami akan menginformasikan tren teknologi 2024 teratas yang telah diprediksikan oleh Gartner. Berkut penjelasannya untuk Anda.

Tren Teknologi 2024

1. AI Trust, Risk and Security Management (AI TRiSM)

AI TRiSM adalah singkatan dari AI Trust, Risk, and Security Management. Ini merupakan kerangka kerja yang mendukung tata kelola model AI, keadilan, keandalan, ketangguhan, transparansi, dan perlindungan data dengan menggabungkan deteksi anomali konten, perlindungan data, keamanan aplikasi, manajemen model, dan ketahanan terhadap serangan adversarial.

Dengan menerapkan pendekatan AI TRiSM, terjadi peningkatan presisi dan konsistensi model kecerdasan buatan. Ini berarti bahwa model-model tersebut dapat memberikan hasil yang lebih akurat dan konsisten dalam berbagai situasi atau kondisi. Selain itu, pendekatan ini juga menghasilkan pengendalian bias yang lebih tinggi dalam pengambilan keputusan. Artinya, model AI menjadi lebih mampu mengurangi atau menghilangkan bias yang mungkin muncul dalam proses pengambilan keputusan, sehingga keputusan yang dihasilkan menjadi lebih akurat. Selain itu, pada tahun 2026, perusahaan yang menerapkan kontrol TRiSM pada aplikasi AI kemungkinan akan meningkatkan akurasi pengambilan keputusan mereka dengan menghilangkan 80% informasi yang salah dan tidak sah.

2. Continuous threat exposure management

Continuous Threat Exposure Management (CTEM) adalah pendekatan yang pragmatis dan sistematis dalam meningkatkan keamanan siber. CTEM tidak hanya fokus pada mengidentifikasi ancaman, tetapi juga mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya. Pendekatan ini mencakup beberapa proses yaitu penentuan cakupan, penemuan, prioritisasi (mengidentifikasi ancaman yang paling penting), validasi, dan mobilisasi (mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melawan ancaman atau meminimalkan dampaknya).

Baca Juga: Pentingnya Continuous Security Monitoring bagi Perusahaan

3. Sustainable technology

Sustainable technology dapat membantu memenuhi peningkatan environmental, social and governmental (ESG) yang mendukung keseimbangan ekologis jangka panjang dan hak asasi manusia. Gartner memperkirakan bahwa semakin banyak perusahaan akan memilih teknologi yang dapat membantu mendorong keberlanjutan dalam industri mereka dan akan menjadi prioritas bagi bisnis serta para pemangku kepentingan.

4. Platform engineering

Tren teknologi 2024 dan tahun-tahun ke depan selanjutnya adalah platform engineering. Platform engineering adalah praktik yang dapat membantu pengembang untuk mengembangkan aplikasi dengan lebih cepat dan efisien. Praktik ini dilakukan dengan menyediakan kemampuan layanan mandiri dan operasi infrastruktur otomatis. Ini menjadi tren karena dapat meningkatkan efisiensi para pengembang perangkat lunak serta dapat mempercepat pengiriman value atau manfaat bagi para pelanggan. 

5. AI-augmented development

Teknologi AI canggih, seperti generative AI dan machine learning menjadi semakin penting dalam proses pengembangan, pengujian, serta pengiriman aplikasi dan platform. Menurut Gartner, pada tahun 2028 sekitar 75% software engineer perusahaan akan menggunakan AI coding assistant.

AI-augmented development tool memungkinkan Anda untuk menerjemahkan kode lama ke bahasa yang lebih modern, memungkinkan transformasi dari desain ke kode, serta dapat meningkatkan kemampuan pengujian aplikasi. Selain itu, tool ini juga dapat meningkatkan produktivitas pengembang dan memungkinkan tim pengembangan untuk bisa mengatasi peningkatan permintaan untuk pengembangan perangkat lunak penting bagi bisnis.

6. Industry cloud platform

Industry cloud platform adalah solusi cloud yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan unik dari suatu industri tertentu. Tujuan dari penggunaan Industry cloud platform adalah untuk menangani outcome bisnis dengan menggabungkan layanan dasar SaaS (Software as a Service), PaaS (Platform as a Service), dan IaaS (Infrastructure as a Service) dengan kemampuan komposabel. Pada tahun 2027, diprediksikan akan ada lebih dari 50% perusahaan yang kemungkinan besar menggunakan industry cloud platform untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi pelaksanaan proyek atau rencana bisnis. 

7. Intelligent application

Tren teknologi 2024 berikutnya adalah penggunaan intelligent application. Perlu diketahui bahwa intelligent application adalah aplikasi cerdas yang dapat beradaptasi untuk merespons secara tepat dan mandiri guna meningkatkan atau mengotomatisasi pekerjaan dengan lebih baik. Intelegensi atau kecerdasan dalam aplikasi ini dihasilkan oleh berbagai layanan berbasis AI seperti machine learning, vector stores dan connected data.

8. Democratized generative AI-augmented

Secara sederhana, democratized generative AI-augmented mengacu pada aksesibilitas dan penerapan teknologi AI generatif secara luas. Artinya, teknologi tersebut tersedia bagi banyak pengguna, termasuk mereka yang tidak memiliki latar belakang teknis yang mendalam atau sumber daya yang besar. 

Democratized generative AI-augmented juga akan menjadi salah satu tren teknologi karena ketersediaan AI generatif yang luas dapat mendemokratisasi akses ke beragam informasi dan keterampilan. Sumber informasi yang luas memungkinkan perusahaan untuk bisa meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan bisnis. Gartner sendiri memperkirakan bahwa pada tahun 2026, terdapat lebih dari 80% perusahaan yang akan menggunakan API AI generatif, model dan/atau menerapkan aplikasi berkemampuan AI generatif di lingkungan produksinya.

9. Augmented connected workforce

Augmented connected workforce merujuk pada strategi yang melibatkan pemanfaatan teknologi cerdas untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja tenaga kerja manusia. Dalam konteks ini, “augmented” (ditingkatkan) mengindikasikan bahwa teknologi cerdas digunakan untuk meningkatkan kapabilitas dan efisiensi kerja manusia, bukan menggantikannya. Strategi ini dapat mengoptimalkan kinerja manusia dan dapat mengatasi masalah kompleks melalui otomasi cerdas.

10. Machine customer

Tren selanjutnya adalah machine customer di mana perusahaan akan mampu “menciptakan” pelanggannya sendiri. Machine customer adalah entitas non-manusia, seperti mesin atau robot, yang dapat secara mandiri bernegosiasi dan membeli barang dan jasa.

Baca Juga: Apa Itu Penetration Testing dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Bagaimana Cara Perusahaan Menghadapi Tren Teknologi 2024 yang Terus Berkembang?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk menghadapi tren teknologi yang terus berkembang:

  1. Melakukan riset dan pengembangan: Perusahaan perlu melakukan riset dan analisis untuk memahami tren teknologi yang sedang berkembang. Dengan demikian, bisnis dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk bisa memanfaatkannya.
  2. Investasi dalam teknologi: Perusahaan perlu berinvestasi dalam teknologi untuk mendukung operasinya. Investasi ini dapat mencakup pengembangan infrastruktur teknologi, pelatihan karyawan, atau integrasi teknologi baru.
  3. Bekerja sama dengan mitra: Jalin kemitraan dengan perusahaan teknologi yang bergerak di sektor-sektor inovatif. Kemitraan ini dapat memberikan akses ke teknologi terkini serta dapat menciptakan kolaborasi untuk mengembangkan solusi yang lebih inovatif.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan transformasi digital, Anda dapat menghubungi LOGIQUE. Kami adalah perusahaan pengembang sistem & aplikasi berbasis Web maupun Mobile dengan profesionalitas tinggi. Kami dapat membantu mengembangkan website perusahaan, e-commerce, aplikasi seluler, pemasaran digital, hingga melakukan audit untuk menilai keamanan siber pada sistem yang Anda kembangkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, hubungi tim LOGIQUE segera. Kami akan selalu siap membantu Anda.

Related Posts