Aspek pemasaran adalah setiap komponen dan faktor yang menjadi bahan pertimbangan dalam disiplin pemasaran. Didalamnya melibatkan berbagai elemen dan strategi bisnis yang digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau layanan kepada target audiens yang telah ditetapkan. Aspek-aspek ini sangat penting untuk menganalisa, memahami, dan merencanakan sehingga implementasi kampanye pemasaran dapat berjalan dengan sukses.
Aspek pemasaran mengacu pada berbagai elemen yang harus dipertimbangkan dan dikelola dalam upaya memasarkan produk atau layanan kepada target audiens yang telah ditetapkan. Setidaknya terdapat 5 aspek pemasaran utama yang perlu diperhatikan agar strategi atau kampanye pemasaran yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Table of Contents
Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Untuk Bisnis Anda
4 Aspek Pemasaran yang Penting untuk Diketahui Sebelum Memulai Usaha
1. Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan pada karakteristik umum seperti usia, jenis kelamin, lokasi geografis, hingga perilaku konsumen. Atau dengan kata lain terbagi dalam kategori demografis, psikografis, dan kelas sosial (Socioeconimic Status / SES). Segmentasi pasar sangat membantu sebuah bisnis untuk dapat lebih baik dalam menargetkan pesan yang ingin mereka sampaikan. Sehingga, pesan utama dapat sampai kepada kelompok yang lebih tepat dan tidak terlalu meluas. Dengan melakukan segmentasi pasar, strategi pemasaran akan berjalan dengan lebih efektif dan efisien sehingga sebuah perusahaan dapat meraih laba maksimum dalam bisnis yang dijalankannya.
2. Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan (Demand Forcasting)
Selanjutnya, analisis pasar atau market analysis merupakan hal yang cukup penting untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan preferensi pelanggan. Selain dapat membuat aktivitas pemasaran menjadi semakin tepat sasaran, analisis pasar juga dapat lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi yang akan disampaikan kepada konsumen.
Adapun peramalan permintaan atau demand forcasting merupakan upaya untuk memprediksi tingkat permintaan produk atau layanan yang diharapkan akan terealisasi untuk jangka waktu tertentu pada masa yang akan datang. Peramalan permintaan yaitu dengan menganalisis data historis dari aktivitas penjualan sebelumnya.
3. Analisis Pesaing (Competitor Analysis)
Kemudian, aspek pemasaran selanjutnya adalah analisis pesaing atau competitor analysis menjadi salah satu aspek pemasaran yang juga memiliki peran cukup signifikan. Aspek pemasaran yang satu ini dapat menjadi dasar untuk menentukan posisi produk (positioning) kita dalam suatu pasar. Pesaing yang dimaksud adalah perusahaan atau pelaku bisnis yang memproduksi atau memasarkan barang dan jasa yang serupa atau tidak jauh berbeda pada kategori tertentu. Merancang strategi pemasaran dengan mengenali pesaing potensial dan pesaing secara umum berdasarkan kekuatan serta kelemahan yang dimiliki dapat sangat . Dengan melakukan hal ini, Anda juga bisa melakukan identifikasi terhadap peluang, dan ancaman terhadap bisnis Anda.
Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk untuk Meningkatkan Penjualan Anda
4. Promosi
Promosi juga menjadi aspek pemasaran yang tidak kalah penting. Didalamnya terdapat berbagai strategi dan teknik pemasaran yang digunakan dalam bisnis atau upaya dari produsen untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, Anda dapat memberikan informasi secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasif. Anda dapat melakukan iklan, personal selling atau pun cara-cara promosi lain.
Bentuk dan Cara Promosi
– Menawarkan potongan harga atau penawaran khusus pada produk atau layanan untuk menarik pelanggan agar melakukan pembelian.
– Memberi pelanggan kupon atau kode voucher yang dapat mereka tukarkan dengan diskon atau item gratis.
– Penawaran dengan waktu terbatas. Menciptakan rasa urgensi dengan mempromosikan kesepakatan dalam waktu terbatas, mendorong pelanggan untuk bertindak cepat.
– Program loyalitas, dengan tujuan mempertahankan pelanggan tetap dengan pemberian diskon, poin reward hingga akses eksklusif ke penawaran khusus.
– Kontes dan giveaway, yaitu dengan menjalankan aktivitas promosi di mana pelanggan dapat berpartisipasi untuk memenangkan hadiah atau menerima produk gratis.
– Bundling atau menjual beberapa produk atau layanan secara bersamaan dalam satu paket dengan harga lebih murah dibandingkan dengan membelinya satu per satu.
Secara garis besar, promosi dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, menghabiskan kelebihan persediaan, menarik pelanggan baru, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Promodi sendiri merupakan aspek pemasaran yang sangat umum digunakan dan efektif dalam dunia pemasaran dan penjualan.
Digital Marketing
Di era digital saat ini jangan lupa untuk memaksimalkan, bahkan mengutamakan promosi secara online atau melalui media internet sebagai prioritas, yang populer dengan istilah Digital Marketing. Langkah awal untuk memaksimalkan promosi secara online salah satunya adalah dengan memiliki sebuah website sebagai sarana informasi maupun katalog dari produk atau jasa yang akan dipasarkan.
Guna menghasilkan website yang baik dan profesional, jangan ragu untuk menggunakan jasa pembuatan website yang telah terbukti rekam jejak dan pengalamannya. Logique Digital Indonesia sebagai salah satu perusahaan IT yang telah berpengalaman, dapat menjadi pilihan dalam kebutuhan kampanye digital yang dibutuhkan saat ini. Selain berpengalaman, Logique Digital Indonesia yang didukung pula oleh tenaga profesional yang memiliki keahlian terbaik dibidangnya masing-masing.
Adapun langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memperkuat proses promosi online adalah dengan menggunakan strategi optimasi seperti Search Engine Marketing atau Sosial Media Marketing. Kedua strategi digital marketing tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis melalui kampanye berbayar atau Pay Per Click (PPC) seperti Google Ads, IG & Facebook Ads, Tiktok Ads dan lain sebagainya. Alternatif lain yang dapat digunakan untuk memperkuat promosi online juga dapat melalui proses optimasi organik pada mesin pencarian atau Search Engine Optimization (SEO).
Saat ini, Digital marketing sendiri telah menjadi strategi pemasaran utama yang digunakan oleh sebagian besar pelaku bisnis. Dan telah terbukti dapat menjadi pendukung promosi / kampanye pemasaran yang dijalankan dengan sangat efektif dan efisien.
Aspek Pemasaran Tambahan : Distribusi dan After Sales
Selain keempat aspek di atas, Distribusi dan After Sales Service (layanan purna jual) menjadi hal yang tak kalah penting dalam sebuah strategi pemasaran.
Distribusi
Proses distribusi yang terencana merupakan kunci keberhasilan dalam ketersediaan produk atau jasa di tengah-tengah calon konsumen yang membutuhkan. Jaringan distribusi yang dikelola dengan baik tentu akan memberikan kelancaran dan kemudahan dalam perpindahan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Selain itu, distribusi yang lancar tentu akan memberikan efisiensi yang maksimal dalam menekan biaya yang dibutuhkan.
After Sales Service
Adapun after sales atau strategi purna jual mengacu pada pendekatan dan rencana yang diterapkan dalam sebuah bisnis untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan setelah produk atau layanan terjual.
Berikut adalah beberapa strategi dan konsep utama terkait layanan purna jual.
Dukungan Pelanggan : Memberikan dukungan pelanggan yang efisien dan responsif sangat penting. Hal ini mencakup menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah, dan menawarkan bantuan teknis bila diperlukan.
Garansi dan Pengembalian : Kebijakan garansi yang jelas dan proses pengembalian yang tidak merepotkan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap suatu produk.
Pemeliharaan dan Servis : Menawarkan pemeliharaan dan servis rutin untuk produk dapat memperpanjang umur produk dan memastikan produk terus berkinerja terbaik.
Program Loyalitas: Menerapkan program loyalitas dapat mendorong bisnis yang berulang. Hadiah, diskon, dan penawaran eksklusif dapat menarik bagi pelanggan.
Umpan Balik dan Survei: Mengumpulkan umpan balik dari pelanggan memungkinkan bisnis mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan membuat penyesuaian yang diperlukan.
Personalisasi: Menyesuaikan layanan purna jual dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan individu dapat membuat pelanggan merasa dihargai.
Berbagi Pengetahuan: Menyediakan sumber daya, seperti panduan pengguna, panduan online, dan tutorial video, dapat membantu pelanggan memaksimalkan pembelian mereka.
Membangun Komunitas: Menciptakan komunitas tempat pelanggan dapat terhubung, berbagi pengalaman, dan mencari saran dapat menumbuhkan rasa memiliki dan loyalitas merek.
Tindak Lanjut: Menindaklanjuti pelanggan setelah pembelian untuk memastikan kepuasan dan mengatasi masalah apa pun adalah pendekatan proaktif.
Analisis Data: Memanfaatkan analisis data untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan dapat menginformasikan strategi purna jual. Tahapan ini sangat erat kaitannya dengan aspek peramalan permintaan (demand forecasting) guna memahami dengan baik karakteristik konsumen. Dimana data yang dihasilkan dapat digunakan untuk menuesuaikan dan meningkatkan mutu produk sesuai dengan permintaan dimasa yang akan datang.
Dengan menerapkan strategi purna jual yang efektif, bisnis tidak hanya dapat memuaskan pelanggan namun juga membina hubungan jangka panjang, yang dapat menghasilkan peningkatan penjualan, rujukan, dan advokasi merek.
Itulah aspek marketing yang penting untuk Anda ketahui sebelum memulai membuka bisnis. Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pemasaran, jangan ragu untuk menghubungi Kami. Logique dapat memberikan Anda saran strategis mengenai marketing dengan cara yang modern menggunakan teknologi IT. Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasa kami, silahkan hubungi kami melalui email di info@logique.co.id atau melalui web www.logique.co.id