Cara Membuat Marketplace Mobil Bekas: Hal yang Perlu Anda Perhatikan

Sumber: www.freepik.com

Jika Anda sedang berencana untuk mengembangkan marketplace mobil bekas, silakan simak artikel kami berikut ini. Kami akan memberikan penjelasan sekaligus panduan untuk bisa mengembangkan marketplace yang berkualitas.

Marketplace mobil bekas adalah platform online yang memungkinkan beberapa penjual untuk menawarkan mobil bekas yang mereka miliki kepada konsumen melalui satu platform yang sama. Jadi, marketplace tidak menjual produk secara langsung, melainkan hanya memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Selain itu, pada umumnya marketplace juga akan mengambil komisi dari setiap transaksi yang terjadi di platformnya.

Pada dasarnya, platform ini dikembangkan agar pengguna bisa mencari mobil bekas yang dijual oleh individu atau dealer mobil secara lebih praktis. Mereka bisa  melihat informasi dan spesifikasi mobil, menawar harga, dan melakukan transaksi pembelian atau penjualan mobil secara online.

Bagaimana Minat Pengguna Terhadap Marketplace Mobil Bekas?

Jika Anda adalah pemilik bisnis jual beli mobil bekas, maka memiliki marketplace bisa menguntungkan bagi Anda. Ini merupakan cara untuk memudahkan proses transaksi jual beli mobil sehingga jumlah pembelian bisa semakin meningkat.

Di sisi lain, saat ini minat pengguna terhadap marketplace mobil bekas terus meningkat seiring dengan pertumbuhan teknologi digital dan pergeseran perilaku konsumen dalam berbelanja. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya minat pengguna terhadap marketplace mobil bekas saat ini yaitu:

  • Tersedianya kemudahan akses untuk menjual dan membeli mobil bekas
  • Marketplace menyediakan banyak pilihan mobil bekas
  • Harga mobil diinformasikan secara transparan
  • Proses pembelian dan penjualan mobil lebih praktis karena dapat dilakukan secara online
  • Adanya perlindungan bagi pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi online

Baca Juga: Vehicle Inspection App: Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Cara Membuat Marketplace Mobil Bekas: Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan

Untuk mulai mengembangkan platform marketplace mobil bekas, mungkin akan lebih efisien jika Anda membuat web marketplace yang mobile friendly terlebih dahulu daripada langsung membuat aplikasi seluler. Membuat situs web dengan semua fungsionalitas yang diperlukan akan lebih cepat dan lebih murah. Selanjutnya, ketika marketplace yang Anda kembangkan dapat berjalan dengan baik, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengembangkan aplikasi iOS dan Android. 

Nah, untuk mengembangkan marketplace mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

1. Memahami target audience Anda

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat website marketplace mobil bekas adalah memahami siapa target audience Anda. Untuk mengetahuinya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti melakukan analisis demografi dari calon konsumen mobil bekas yaitu usia, jenis kelamin, status sosial ekonomi, pendidikan, lokasi, dan jenis pekerjaan. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk menentukan jenis mobil bekas yang paling diminati dan menyesuaikan fitur dan tampilan website dengan preferensi mereka. LOGIQUE sendiri dalam memberikan jasa pembuatan website akan menyediakan konsultan profesional yang bisa membantu memberikan saran-saran terbaik agar Anda bisa mengembangkan website sesuai dengan target audience Anda. 

2. Perhatikan keamanan marketplace mobil bekas

Seperti yang kita ketahui, untuk membeli mobil bekas maka pembeli akan mengeluarkan dana dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, marketplace harus bisa menyediakan sistem transaksi yang aman. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

  • Pastikan website marketplace mobil bekas menggunakan SSL atau Secure Sockets Layer
  • Gunakan sistem pembayaran online yang terpercaya
  • Pastikan bahwa data pengguna yang tersimpan di web marketplace mobil bekas dilindungi dengan baik.
  • Menyediakan sistem penilaian dan ulasan dari pengguna untuk membantu menilai kepercayaan pada pembeli dan penjual
  • Pastikan bahwa pengguna baik penjual atau pembeli telah melewati proses verifikasi identitas yang ketat
  • Menggunakan jasa keamanan siber yang dapat memantau setiap kerentanan keamanan agar sistem tidak disusupi oleh akses yang tidak sah.

3. Monetisasi

Untuk monetisasi marketplace mobil bekas Anda, terdapat beberapa opsi yang bisa dilakukan. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Biaya transaksi

Anda dapat mengenakan biaya transaksi kepada penjual atau pembeli untuk setiap mobil bekas yang dijual melalui website marketplace Anda. Biaya ini dapat dikenakan dalam bentuk persentase dari harga jual mobil atau dalam bentuk biaya tetap per transaksi.

  • Biaya Berlangganan

Anda dapat menawarkan paket berlangganan kepada dealer mobil atau individu yang ingin menjual mobil bekas mereka di website Anda. Paket berlangganan ini dapat anda tawarkan dengan memberikan fasilitas tambahan seperti fitur promosi atau pemasaran yang lebih luas.

4. Fitur dan fungsionalitas

Marketplace harus menyediakan fitur atau fungsionalitas yang dapat memudahkan penjual dan pembeli saat melakukan transaksi. Berikut adalah fitur yang perlu disediakan:

  • Sign-up/Sign-in

Untuk bisa bertransaksi di marketplace, pengguna diharuskan untuk mendaftarkan datanya (sign-up) terlebih dahulu. Selanjutnya dengan credential yang dimiliki, pengguna bisa masuk ke dalam website (sign-in) dan mengakses layanan atau fungsionalitas yang tersedia. 

  • Verification

Marketplace mobil bekas akan mengelola dana dalam jumlah yang besar. Jadi, transaksi hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang sudah terverifikasi. Untuk proses verifikasi ini, Anda dapat meminta pengguna untuk memberikan beberapa informasi seperti nama lengkap, alamat tempat tinggal, email, nomor telepon foto selfie, nomor KTP atau kartu identitas lainnya, dan nomor rekening bank.

  • Profile

Fitur ini menampilkan nama, foto, informasi kontak, riwayat penjualan, dan ulasan pelanggan.

  • Search dan filter

Ini adalah salah satu fitur terpenting di marketplace mobil bekas. Seperti yang kita ketahui, pelanggan memiliki ribuan kriteria ketika memilih mobil bekas. Oleh karena itu, fungsi pemfilteran dan pencarian yang lengkap sangat diperlukan untuk membantu memproses data dalam jumlah besar sehingga hasil yang paling relevan bisa lebih mudah ditemukan. Beberapa filter yang perlu dipersiapkan seperti range harga, lokasi, merek mobil, warna, tahun produksi, dan lain-lain.

  • Price calculator

Fitur ini memungkinkan penjual dan pembeli menghitung perkiraan harga jual mobil mereka.

  • Car history check

Saat membeli mobil bekas, konsumen ingin mengetahui kondisi dan riwayat kendaraan yang mereka inginkan. Jika Anda berencana untuk memulai dealer mobil bekas secara online, biarkan pelanggan Anda bisa memeriksa riwayat mobil dengan kode VIN untuk mengetahui nomor pemilik, melihat riwayat kecelakaan mobil, pemeliharaan mobil, dll.

  • Chat

Fitur chat bisa Anda sediakan untuk memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli.

  • Payment

Perangkat lunak apa pun yang berurusan dengan uang pelanggan, kartu kredit, dan riwayat kredit harus berfungsi 100% dengan benar. Kami merekomendasikan untuk mengintegrasikan payment gateway yang aman dan andal dan juga mengawasi peraturan undang-undang mengatur transaksi online.

  • Legal check

Pembeli mobil bekas harus memastikan bahwa kendaraan yang akan dibelinya memiliki dokumen legal yang lengkap dan sah, seperti surat tanda nomor kendaraan (STNK), BPKB, faktur pembelian, dan lain-lain. Dengan fitur ini, marketplace mobil bekas dapat membantu pembeli untuk memeriksa legalitas kendaraan yang ditawarkan oleh penjual.

Baca Juga: Keunggulan Aplikasi BASTK JBA dalam Lelang Kendaraan Online

Membutuhkan Bantuan untuk Mengembangkan Website Marketplace Mobil Bekas? Hubungi LOGIQUE!

Untuk membuat situs marketplace mobil bekas, Anda memerlukan tim pengembang yang lengkap meliputi:

  • Project manager
  • UI/UX designer
  • Frontend developer
  • Backend developer
  • Software Quality Assurance Specialist

LOGIQUE dapat menyediakan tim lengkap yang akan membantu proses pengembangan marketplace Anda. Selain itu, kami juga memiliki tim pemasaran digital yang akan membantu agar marketplace Anda bisa menarik lebih banyak kunjungan.

Perlu Anda ketahui, saat ini kami sudah mengembangkan dan mengelola website serta aplikasi untuk perusahaan-perusahaan di bidang otomotif yang beroperasi di Indonesia. Oleh karena itu, kami memiliki pemahaman yang baik akan kondisi pasar di Indonesia.

Silakan hubungi kami atau klik Jasa Pembuatan Sistem Website. Kami akan dengan senang hati membantu Anda!

Related Posts