Vehicle Inspection App: Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Sumber: www.freepik.com

Vehicle inspection app adalah aplikasi yang dipergunakan untuk melakukan inspeksi kendaraan secara efisien dan akurat. Aplikasi ini akan sangat dibutuhkan jika bisnis Anda mengelola banyak armada kendaraan. Silakan simak penjelasan mengenai apa itu vehicle inspection app di artikel kami berikut.

Perusahan-perusahaan yang menyediakan kendaraan bermotor baik untuk mengangkut penumpang ataupun barang memiliki tanggung jawab untuk bisa menyediakan sarana transportasi yang aman. Itulah sebabnya mengapa pengemudi kendaraan secara rutin melengkapi Driver Vehicle Inspection Reports untuk mengidentifikasi masalah kendaraan secara jelas. Dengan cara ini, perusahaan bisa segera mengambil tindakan perbaikan ketika masalah ditemukan.

Sebelumnya, laporan inspeksi hanya tersedia dalam bentuk formulir kertas. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini telah hadir vehicle inspection app yang bisa secara efektif dan efisien membantu proses inspeksi kendaraan.

Jika Anda saat ini memiliki bisnis yang mengelola kendaraan dalam jumlah yang besar, maka aplikasi ini merupakan solusi untuk proses inspeksi yang lebih cepat. Berikut kami sajikan penjelasan selengkapnya mengenai aplikasi ini untuk Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Vehicle Inspection App?

Vehicle inspection app adalah aplikasi seluler yang dirancang untuk membantu pengguna dalam melakukan inspeksi kendaraan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen dan sistem kendaraan, mulai dari sistem rem, ban, lampu, hingga mesin, kemudian mencatat hasilnya secara elektronik menggunakan perangkat seluler. 

Melalui vehicle inspection app ini, pengguna juga bisa mendokumentasikan masalah apa pun yang mereka temukan dengan cara mengambil foto ataupun video. Informasi tersebut selanjutnya dapat dibagikan dengan anggota tim lain, badan pengawas atau kepada pelanggan. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa beberapa vehicle inspection app juga menawarkan fitur seperti pembuatan laporan otomatis dan pelaporan real-time yang bisa digunakan oleh pengguna untuk membuat keputusan tentang kebutuhan pemeliharaan dan perbaikan kendaraan dengan tepat.

Pada umumnya, aplikasi inspeksi kendaraan ini akan dipergunakan oleh manajer armada, perusahaan persewaan mobil, dan dealer mobil untuk mengidentifikasi potensi masalah, memastikan bahwa kendaraan telah mematuhi persyaratan peraturan, serta untuk meningkatkan kinerja kendaraan secara keseluruhan. Sistem inspeksi ini juga tersedia dalam bentuk digital sehingga pemeriksaan kendaraan dapat dilakukan secara lebih efisien.

Baca Juga: Website Lelang: Alasan Mengapa Balai Lelang Perlu Mengembangkannya

Fitur-fitur Vehicle Inspection App

Saat ini sudah ada banyak vehicle inspection app sehingga fitur-fitur yang tersedia di dalamnya dapat berbeda. Meskipun demikian, pada umumnya fitur vehicle inspection app adalah sebagai berikut:

1. Daftar Periksa Inspeksi

Aplikasi memiliki fitur daftar periksa inspeksi yang dapat disesuaikan untuk memeriksa kendaraan secara menyeluruh dan mencatat hasilnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat memastikan bahwa semua bagian kendaraan telah diperiksa.

2. Pengambilan Foto dan Video

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa mengambil foto dan video kendaraan yang sedang diperiksa. Jadi, ketika ada kerusakan atau masalah apa pun yang ditemukan selama pemeriksaan maka pengguna bisa menyertakan gambar dan video untuk memberikan penjelasan dengan lebih jelas.

3. Tanda Tangan Digital

Fitur tanda tangan digital memungkinkan pengguna untuk menandatangani pemeriksaan secara elektronik. Dengan adanya tanda tangan digital ini, maka laporan inspeksi akan memiliki catatan yang jelas tentang siapa yang telah melakukan pemeriksaan. Selain itu, fitur ini juga membantu merampingkan proses pemeriksaan dengan meniadakan kebutuhan dokumentasi berbasis kertas atau prosedur penandatanganan secara manual.

4. VIN Scanning

VIN Scanning adalah fitur untuk memindai Vehicle Identification Number (VIN) atau nomor rangka kendaraan. Biasanya nomor rangka mobil berjumlah 17 yang terdiri atas gabungan huruf dan angka. Angka yang tertera merupakan kode internasional untuk mengidentifikasi kendaraan. Nah,  fitur VIN scanning memiliki kemampuan untuk memindai VIN dan secara otomatis mengisi merek kendaraan, model, tahun, dan detail penting lainnya.

5. Pembuatan Laporan Otomatis

Aplikasi dapat menghasilkan laporan komprehensif yang merangkum hasil pemeriksaan secara otomatis. Laporan yang tersedia dapat menyoroti setiap masalah yang ditemukan selama pemeriksaan dengan jelas.

6. Pelaporan Real-time

Fitur pelaporan real-time dalam vehicle inspection app memungkinkan pengguna untuk bisa melihat hasil pemeriksaan dalam waktu nyata. Hal ini dapat membantu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi proses inspeksi sehingga  perusahaan dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan cepat untuk menjaga kendaraan mereka tetap aman dan dalam kondisi optimal.

7. Kemampuan Offline

Vehicle inspection app juga memiliki kemampuan untuk bekerja tanpa koneksi internet. Dengan demikian, inspeksi kendaraan tetap bisa dilakukan  di area dengan konektivitas yang buruk sekalipun.

8. Analitik dan Wawasan

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk menganalisis data inspeksi dan memberikan wawasan tentang performa armada kendaraan secara keseluruhan. Dengan memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dan rekomendasi perbaikan berdasarkan data, fitur ini dapat membantu mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, mengurangi downtime, dan memastikan bahwa kendaraan yang mereka gunakan dalam kondisi aman, andal, dan optimal.

9. Integrasi

Aplikasi harus dapat terintegrasi dengan sistem perangkat lunak lain yang digunakan oleh perusahaan, contohnya seperti fleet management systems. Kemampuan aplikasi untuk dapat diintegrasikan dengan fleet management system dapat membantu merampingkan proses pemeriksaan dengan mengotomatiskan transfer data antara aplikasi. Selain itu, dengan menggabungkan data pemeriksaan dengan data dari fleet management system maka pengguna dapat memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang kinerja armadanya. 

Manfaat Penggunaan Vehicle Inspection App

Ada banyak manfaat dari penggunaan vehicle inspection app. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan keselamatan: dengan melakukan pemeriksaan kendaraan secara teratur menggunakan aplikasi, maka potensi masalah keselamatan dapat diidentifikasi dan segera diatasi sehingga mengurangi risiko kecelakaan.
  2. Perawatan kendaraan yang lebih baik: vehicle inspection app dapat membantu bisnis mengidentifikasi kebutuhan perawatan dan menjadwalkan perbaikan secara proaktif sehingga dapat memperpanjang masa pakai kendaraan.
  3. Kepatuhan pada peraturan: banyak industri yang harus mematuhi peraturan ketat terkait keselamatan atau emisi kendaraan. Vehicle inspection app dapat membantu memastikan bahwa kendaraan yang dipergunakan tetap mematuhi peraturan tersebut dan mencegah perusahaan terkena denda atau penalti yang mahal.

 

Baca Juga: Aplikasi Lelang Online: Teknologi, Cara Kerja, dan Fitur-fiturnya

Kesimpulan

Secara garis besar, vehicle inspection app atau aplikasi inspeksi kendaraan adalah aplikasi yang dipergunakan untuk memeriksa dan memantau kondisi kendaraan. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur sehingga pemeriksaan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien. Selain itu, penggunaan vehicle inspection app juga memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan mulai dari memperpanjang masa pakai kendaraan, menjaga kepatuhan pada peraturan yang berlaku, hingga menjaga performa kendaraan agar bisa selalu optimal. Pada akhirnya, penggunaan vehicle inspection app juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan karena kendaraan yang Anda sediakan memiliki kinerja yang baik. 

Jika perusahaan Anda mengelola banyak kendaraan, seperti perusahaan rental mobil, perusahaan logistik, atau dealer maka vehicle inspection app adalah aplikasi yang Anda butuhkan. LOGIQUE dapat membantu mengembangkan aplikasi tersebut untuk perusahaan Anda. Kami sudah memiliki banyak pengalaman dalam pengembangan aplikasi inspeksi kendaraan seperti milik JBA, Caroline, dan lain-lain. 

Silakan kunjungi halaman Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan ini. Anda juga bisa menghubungi Tim LOGIQUE untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.  

Related Posts