Mengenal Apa Itu IT Outsourcing dan Keuntungannya bagi Perusahaan

Sumber: www.freepik.com

Apa itu IT outsourcing? Sebagian besar orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “outsourcing”, namun apa yang dimaksud dengan IT outsourcing? Jika Anda belum familiar dengan istilah tersebut, silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Layanan outsourcing saat ini menjadi strategi bisnis yang diminati oleh banyak perusahaan. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, perusahaan dapat terus bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat. 

APLIKASI ABSENSI ONLINE

Perlu Anda tahu, sebelumnya layanan outsourcing ini hanya diperuntukkan secara terbatas bagi perusahaan multinasional besar. Namun sekarang, perusahaan dengan berbagai jenis ukuran dapat memanfaatkan layanan outsourcing tersebut. Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini telah hadir layanan bernama IT outsourcing yang dapat membantu perusahaan-perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tenaga IT profesional. Nah, jika Anda belum mengetahui apa itu IT outsourcing, berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda. 

Apa Itu IT Outsourcing?

Pertama-tama, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian outsourcing. Menurut cio.com, outsourcing adalah praktik bisnis di mana layanan atau fungsi pekerjaan akan diserahkan kepada pihak ketiga. Penting untuk diketahui, bahwa praktik outsourcing ini legal dan aman di Indonesia.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memakai layanan outsourcing, bahkan di dunia IT terdapat jasa IT Outsourcing yang fokus menyediakan external IT resource sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Dengan kata lain, IT outsourcing adalah praktik penggunaan sumber daya IT eksternal untuk mendukung kinerja suatu perusahaan.

Layanan dari IT outsourcing tersebut, biasanya akan mencakup beberapa hal, seperti:

  • pengembangan aplikasi/perangkat lunak
  • pengembangan web/hosting
  • IT Infrastruktur
  • pengembangan database
  • technical support

Keuntungan Menggunakan Jasa IT Outsourcing

Dengan menggunakan layanan IT outsourcing, banyak manfaat yang bisa diperoleh perusahaan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Tidak perlu mengeluarkan biaya pelatihan

Perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pelatihan untuk karyawan outsourcing. Hal ini dapat terwujud karena tenaga IT yang disediakan oleh vendor atau penyedia jasa outsourcing adalah tenaga kerja IT yang sudah siap bekerja dan sesuai dengan kebutuhan proyek perusahaan.

2. Menghemat biaya dan beban rekrutmen

Perusahaan tidak perlu repot-repot melakukan semua proses rekrutmen yang panjang karena hal itu menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan IT outsourcing. Dengan demikian, perusahaan dapat menghemat biaya pengeluaran untuk proses rekrutmen. 

3.Terbaginya risiko usaha

Tenaga IT yang disediakan akan dikelola dan menjadi tanggung jawab dari penyedia jasa outsourcing. Oleh sebab itu, perusahaan dapat meminimalisir biaya yang berkaitan dengan kekaryawanan.

4. Lebih fokus pada pengelolaan dan pengembangan bisnis atau proyek

Memanfaatkan layanan IT outsourcing juga dapat mengeliminasi beban rekrutmen serta beban pelatihan. Dengan demikian, perusahaan bisa lebih fokus terhadap pengembangan bisnis ataupun pengelolaan proyek secara lebih optimal.

Baca Juga: Apa Itu HRIS? Pengertian HRIS dan Peran Pentingnya di Perusahaan

Kesulitan dan Kendala yang Dialami Perusahaan saat Merekrut Tenaga IT

Setelah Anda mengetahui apa itu IT outsourcing dan keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan saat menggunakannya, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa banyak perusahaan mau memanfaatkan layanan tersebut. Salah satu jawabannya adalah karena perusahaan umumnya akan mengalami beberapa kesulitan atau kendala saat mencari tenaga IT profesional seperti berikut:

1. Perusahaan hanya membutuhkan tenaga IT untuk jangka pendek

Perusahaan biasanya akan membutuhkan tenaga IT untuk mengerjakan proyek digital dengan jangka yang pendek atau bersifat sementara. Setelah proyeknya selesai, maka perusahaan tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga IT lagi. Di sisi lain, penyedia layanan it outsourcing dapat menawarkan solusi berupa kontrak kerja jangka pendek mulai dari 3 bulan.

2. Proses rekrutmen yang panjang dan memakan banyak waktu

Perusahaan sering kali kesulitan saat harus mencari tenaga IT yang sesuai dengan kebutuhan proyek. Terlebih jika perusahaan tersebut tidak memiliki engineer atau technical person yang dapat melakukan evaluasi atau penilaian terhadap keterampilan teknis kandidat. 

Selain itu, proses seleksi atau rekrutmen juga umumnya memakan waktu yang cukup panjang karena perusahaan perlu melakukan penilaian teknis yang tepat seperti coding test/case study dan interview teknis. Namun dengan menggunakan layanan IT outsourcing, perusahaan dapat lebih menghemat banyak waktu untuk menemukan tenaga IT yang paling kompeten.

3. Tren teknologi terus berubah dengan cepat

Ketika perusahaan menggunakan tenaga IT sendiri (internal), perusahaan perlu memastikan bahwa seluruh tenaga IT tersebut memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Mengingat tren teknologi terus berkembang dan berubah dengan cepat, maka perusahaan perlu menyediakan banyak biaya pelatihan untuk seluruh tenaga IT yang dimilikinya. Namun saat perusahaan menggunakan tenaga IT eksternal dari vendor, maka perusahaan tidak perlu melakukan pelatihan karena vendor yang akan melakukannya.

4. Proses administrasi memakan banyak waktu

Saat menggunakan tenaga IT internal, ada banyak proses administrasi yang perlu dilakukan. Beberapa diantaranya seperti penggajian, asuransi, dan lain sebagainya. Hal ini tentu memakan banyak waktu terlebih jika perusahaan memiliki tenaga IT dalam skala yang besar. Sebagai solusinya, perusahaan dapat menggunakan layanan IT outsourcing sehingga proses administrasi akan dibantu oleh pihak vendor atau penyedia layanan.

Baca Juga: Mengenal Peran dan Tanggung Jawab Tech Recruiter di Perusahaan IT

Kesimpulan

Melihat kebutuhan IT resource yang semakin meningkat, banyak perusahaan yang merasa kesulitan untuk mendapatkan tenaga IT yang sesuai. Oleh karena itulah, jasa IT outsourcing hadir sebagai solusi bagi perusahaan yang membutuhkan IT resource yang cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Jika Anda sedang mencari vendor jasa IT outsourcing berpengalaman, LOGIQUE saat ini mempunyai business unit bernama KAZOKKU yang dapat membantu Anda. KAZOKKU adalah perusahaan penyediaan layanan IT outsourcing yang mampu memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja ahli untuk proyek IT Anda. 

Sebagai penyedia layanan IT outsourcing profesional, KAZOKKU memiliki keunggulan tersendiri karena sejak pertama kali didirikan, perusahaan ini sudah fokus memberikan layanan solusi IT. Selain itu, KAZOKKU juga mendapat dukungan dari Logique Digital Indonesia sebagai perusahaan teknologi yang kompeten di Indonesia.

Keunggulan layanan IT outsourcing KAZOKKU:

1. Perusahaan berbasis teknologi

Sebagai perusahaan yang sudah lama bergelut di dunia IT, KAZOKKU sudah terbiasa dan memiliki standar khusus dalam melakukan rekrutmen dan seleksi terhadap tenaga IT yang kami butuhkan untuk mengerjakan berbagai proyek digital. KAZOKKU juga didukung oleh tenaga IT (engineer) yang kompeten dalam melakukan technical assessment dalam menilai keterampilan (skill set) yang dimiliki kandidat dan yang dibutuhkan di proyek Anda.

2. Database yang terspesialisasi di bidang IT

Kami memiliki 50.000 database dari berbagai posisi IT, mulai dari junior hingga managerial level seperti backend developer, frontend developer, QA engineer, devops engineer, project manager, UI/UX Designer, dan lain sebagainya

Dengan spesialisasi, pengalaman di dunia IT, serta didukung dengan database yang jumlahnya lebih dari 50.000, KAZOKKU optimis dapat menjadi partner yang tepat dalam memenuhi kebutuhan tenaga IT perusahaan Anda. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan IT outsourcing KAZOKKu silakan klik di sini.

Untuk para IT jobseeker yang tertarik untuk mengerjakan project based, saat ini klien KAZOKKU juga sedang buka lowongan untuk beberapa posisi yaitu:

  • Frontend react.js 
  • Java developer
  • C# .net developer
  • Backend developer node.js
  • QA Engineer

Apabila Anda merasa sesuai dengan posisi yang kami butuhkan di atas, silakan kirim lamaran Anda melalui link berikut Sugoi Saiyo. Jika Anda memiliki kendala saat mengirim lamaran atau membutuhkan info lebih lanjut mengenai info lowongan di atas, silakan hubungi kami melalui WhatsApp (0822-6056-7856)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts