Mengenal Peran dan Tanggung Jawab Tech Recruiter di Perusahaan IT

Sumber: www.freepik.com

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, kebutuhan akan Tech Recruiter (Technical Recruiter) menjadi semakin dibutuhkan. Pada umumnya, perusahaan akan mencari Tech Recruiter yang sudah berpengalaman. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika perusahaan mau menerima kandidat yang belum berpengalaman di bidang IT namun tertarik untuk menjadi seorang Tech Recruiter.

Para Tech Recruiter memiliki peran yang sangat penting di sebuah perusahaan terlebih jika perusahaan tersebut bergerak di bidang IT. Mereka akan bertanggung jawab untuk mencari kandidat dengan berbagai keahlian di bidang IT sesuai dengan permintaan perusahaan atau manajer projek.

APLIKASI ABSENSI ONLINE

Mereka akan memposting info lowongan kerja seperti lowongan web developer dan programmer serta bertanggung jawab pada proses recruitment yang akan dijalankan.  Selain itu, mereka juga akan melakukan tugas-tugas HR pada umumnya.

Agar Anda bisa lebih memahami tugas-tugas dari Tech Recruiter silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Definisi Tech Recruiter

Tech Recruiter adalah sebuah profesi dimana tanggung jawab utamanya adalah mencari talenta dengan berbagai keahlian di bidang teknologi seperti Software Developer, Business Analyst, System Analyst, Project Manager, dan lain-lain.

Sebenarnya, untuk menjadi seorang Tech Recruiter Anda tidak harus memiliki background technical. Namun perlu diingat bahwa jika Anda tertarik dengan profesi ini maka Anda harus mau terus belajar dan mengeksplorasi informasi terkait dunia IT yang berkembang saat ini. Anda juga harus memahami berbagai posisi IT yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk bisa menjadi Tech Recruiter yang handal.  

Selain itu, Tech Recruiter juga harus memahami tugas-tugas HRD. Hal ini dibutuhkan karena pada umumnya, profesi ini juga juga akan bertanggung jawab untuk mengerjakan proses onboarding, employee relation, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Tips Membuat CV yang Baik untuk Menarik Perhatian Perekrut

Tugas Utama dan Tanggung Jawab Tech Recruiter

Untuk menemukan kandidat berbakat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, Tech Recruiter memiliki beragam tugas yang perlu dilakukan. Beberapa tugas dan tanggung jawab tersebut seperti: 

1. Berkolaborasi dengan IT technical manager dan team leader

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Tech Recruiter bertanggung jawab untuk menemukan kandidat berbakat untuk mengisi posisi yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan. Tugas ini tidak sesederhana memposting info lowongan kerja karena Tech Recruiter juga perlu berkolaborasi dengan Technical Manager dan Team leader. 

Mereka akan mempelajari secara mendetail mengenai posisi yang akan dicari serta kriteria seperti apa yang dibutuhkan oleh user. Mereka juga perlu berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan dan melihat anggaran yang tersedia.

2. Membuat detail job description dan requirement

Setelah berdiskusi dengan Technical Manager, Team Leader, atau dengan pemangku kepentingan yang lain, maka Tech Recruiter akan membuat detail job description dan requirement dari profesi yang akan dicari. Mereka akan membuat deskripsi terkait tanggung jawab pekerjaan, persyaratan yang dibutuhkan, dan range gaji dari posisi-posisi yang akan dicari. 

Setelah itu, Tech Recruiter akan kembali berkoordinasi dengan pihak manajemen untuk memastikan bahwa budget hiring sudah sesuai dengan anggaran yang tersedia.

3. Mulai mencari kandidat yang cocok

Langkah selanjutnya, Tech Recruiter akan mulai membuat iklan lowongan kerja di berbagai job portal dan social media. Mereka juga bisa membagikan informasi lowongan pekerjaan tersebut di komunitas IT dan secara aktif mencari passive talent di berbagai platform.

 4. Bertanggung jawab di proses recruitment

Setelah memposting lowongan kerja, perusahaan akan mendapatkan banyak lamaran. Pada tahap ini, Tech Recruiter bertanggung jawab untuk mengelola proses recruitment dengan baik.

Mereka akan menyaring CV kandidat, melakukan proses wawancara dengan kandidat terpilih, mengirimkan technical test, mengatur jadwal interview dengan user, serta mengelola tahap offering sampai proses onboarding.

 5. Mengembangkan strategi perekrutan

Tech Recruiter juga dituntut untuk membuat strategi perekrutan yang menarik. Secara garis besar, strategi perekrutan adalah rencana yang menjabarkan tindakan untuk bisa merekrut kandidat berkualitas serta mampu mempekerjakan dan mempertahankan talenta terbaik di perusahaan. Beberapa contoh strategi tersebut seperti employer branding, aktif di social media, dan membuat talent pool yang mudah di akses oleh recruiter serta kandidat.

Baca Juga: Tugas dan Kualifikasi SEO Specialist yang Dibutuhkan di Perusahaan

Di LOGIQUE sendiri, saat ini kami menyediakan talent pool yang bekerja secara efektif untuk mendapatkan kandidat, serta langsung terkoneksi dari website perusahaan. Talent pool tersebut bernama Sugoi Saiyo.

Sugoi Saiyo merupakan hiring platform untuk internal perusahaan yang dapat mempermudah recruiter dalam menjaring kandidat berkualitas. Jadi, saat kandidat tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan, maka mereka tidak perlu mengirim CV melalui email. Kandidat cukup mengakses dan melamar lowongan pekerjaan secara langsung melalui platform Sugoi Saiyo ini.

Saat ini LOGIQUE juga sedang membuka beragam lowongan kerja IT, beberapa diantaranya seperti lowongan Front End Developer, Java Developer, .Net Developer, DevOps Engineer, dan masih banyak lagi. Kami juga membuka lowongan untuk posisi HR Recruitment. Jika Anda tertarik untuk bergabung bersama LOGIQUE atau mengenal seseorang yang berbakat di bidang tersebut, silakan apply lowongan yang kami sediakan melalui Sugoi Saiyo.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai info lowongan kerja ini, silakan kunjungi atau klik Halaman Karir LOGIQUE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts