7+ Rekomendasi Antivirus Terbaik yang Bisa Anda Gunakan

Sumber: www.freepik.com

Cari antivirus terbaik? Berikut kami sediakan beberapa rekomendasi software antivirus yang bisa Anda gunakan untuk melindungi perangkat Anda.

Seiring dengan semakin banyaknya aktivitas yang Anda lakukan melalui perangkat komputer, keberadaan antivirus menjadi semakin dibutuhkan. Alat ini dapat membantu memberikan perlindungan dari berbagai jenis virus komputer yang mengancam keamanan data penting Anda.  

Pada dasarnya, virus komputer adalah jenis kode atau program jahat yang ditulis untuk mengubah cara komputer beroperasi dan dirancang untuk dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lain. Virus komputer ini beroperasi dengan cara menyisipkan atau melampirkan dirinya ke program atau dokumen sah untuk mengeksekusi kode jahat di dalamnya. Jika perangkat komputer Anda terkena virus komputer ini, maka virus dapat menyebabkan efek yang tidak terduga seperti merusak sistem software di dalamnya atau menghancurkan data.

Agar Anda bisa terhindar dari hal tersebut, maka Anda membutuhkan software antivirus. Antivirus adalah sejenis perangkat lunak yang digunakan untuk mencegah, memindai, mendeteksi, dan menghapus virus dari komputer. Setelah diinstal, sebagian besar perangkat lunak antivirus akan berjalan secara otomatis di latar belakang untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus komputer secara real time.

Rekomendasi Antivirus Terbaik yang Dapat Anda Gunakan

  1. Bitdefender

Rekomendasi antivirus terbaik yang pertama adalah Bitdefender. Software ini dapat berjalan di perangkat Windows, Mac, Android, dan iOS. Perusahaan Bitdefender sendiri berdiri pada tahun 2001 di Rumania dengan menawarkan produk berupa perangkat lunak antivirus sebagai solusi keamanan cyber kepada perusahaan kecil, menengah, besar, bahkan untuk pemerintah.

Bitdefender menawarkan beberapa paket perlindungan yang dapat menjaga keamanan perangkat komputer dari berbagai serangan malware seperti virus, spyware, adware, dan ransomware. Selain itu, antivirus ini juga dapat melindungi Anda dari serangan phishing ataupun spam. 

Kelebihan lain yang dimiliki Bitdefender adalah adanya fitur perlindungan privasi. Perangkat lunak ini dapat memantau aplikasi mana saja yang mengakses webcam atau mikrofon perangkat Anda, firewall untuk mencegah peretas membajak koneksi internet, anti-tracking untuk menjaga kerahasiaan data browsing, dan masih banyak lagi.

2. Kaspersky

Kaspersky juga menjadi salah satu antivirus terbaik yang dapat digunakan oleh perangkat Windows, Mac, Android, dan iOS. Perusahaan Kaspersky Lab adalah salah satu perusahaan keamanan siber swasta terbesar di dunia. Tidak heran jika software antivirus ini bisa memberikan perlindungan yang cukup kuat untuk perangkat Anda.

Kaspersky dapat secara efektif mengidentifikasi, memblokir, dan menghilangkan ancaman serangan tanpa memengaruhi kinerja sistem yang Anda gunakan. Beberapa fitur yang mereka unggulan adalah pemindai virus, anti ransomware, serta  fitur untuk mencegah infeksi cryptomining drive-by. Selain itu, antivirus Kaspersky Lab juga relatif murah dan dapat digunakan untuk 10 perangkat.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Anti Ransomware untuk Melindungi Perangkat Anda

3. Webroot

Webroot berjalan di perangkat Windows, Mac,dan Android. Semua paket yang disediakan oleh Webroot memberikan kemampuan perlindungan untuk berbagai jenis malware, seperti virus, ransomware, phishing, keylogger, dan spyware. Webroot juga menyediakan firewall, network protection monitor, serta keamanan webcam.

Selain menawarkan kemampuan untuk melindungi perangkat dari ancaman cyber, Webroot ini juga sangat ringan untuk digunakan. Proses instalasinya dapat dilakukan dengan mudah bahkan hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

4. Norton

Antivirus terbaik selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Norton. Software antivirus ini dapat berjalan di perangkat Windows, Mac, Android, dan juga iOS. Norton menawarkan beberapa pilihan paket yang bisa Anda pilih yaitu paket 360 Standard, 360 Deluxe, 360 with LifeLock Select, 360 with LifeLock Advantage, dan 360 with LifeLock Ultimate Plus. Masing-masing dari paket tersebut menawarkan kemampuan dan fitur yang berbeda. Selain itu, Norton juga menjual Norton Secure VPN secara terpisah.

Software antivirus Norton dapat bekerja dengan baik dan menawarkan sejumlah keunggulan daripada kompetitornya. Salah satunya adalah adanya perlindungan ekstensif terhadap pencurian identitas.

5. McAfee

McAfee adalah antivirus yang memberikan layanan VPN dan layanan perlindungan pencurian identitas dengan harga paket yang terjangkau. Software antivirus ini dapat berjalan di perangkat Windows, Mac, iOS, dan juga Android. Selain itu, McAfee juga sangat ringan sehingga tidak akan memakan banyak sumber daya di perangkat yang Anda gunakan. McAfee sudah ada sejak tahun 80-an dan termasuk salah satu antivirus terbaik karena dapat mengidentifikasi, memblokir, atau menghilangkan malware dan ancaman lainnya secara efektif.

6. Avast Premium Security

Avast menawarkan empat paket antivirus yaitu Avast Free Antivirus, Avast Premium Security, Avast Ultimate Security, dan Avast Omni. Keempat paket tersebut menawarkan fitur masing-masing yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Meskipun demikian, semua paket antivirus yang ditawarkan menyediakan berbagai perlindungan. Selain itu, pada paket Avast Ultimate Security juga tersedia dengan layanan  VPN serta fitur anti-tracking. 

7. ESET

ESET (Essential Security against Evolving Threats) memiliki reputasi sebagai salah satu software antivirus yang bekerja dengan baik di pasaran. Meskipun antivirus ini tidak begitu dikenal seperti Norton, McAfee ataupun Kaspersky namun perlu Anda ketahui bawah ESET cukup populer dan memiliki cukup banyak pengguna di berbagai dunia.

Dengan menggunakan ESET, perangkat Anda dapat terlindung dari serangan malware, phishing, ransomware, serta ancaman cyber lain. Selain itu, ESET juga dilengkapi dengan berbagai fitur salah satunya adalah fitur yang dapat membantu untuk mengawasi siapa yang masuk ke router WiFi Anda. 

8. Trend Micro

Trend Micro dapat digunakan di perangkat Windows, Mac, Android, dan juga iOs. Software antivirus ini dinilai memiliki kemampuan yang cukup baik dengan harga yang terjangkau. Selain itu, software ini juga dapat digunakan oleh 10 perangkat.

Fitur yang mereka unggulkan bernama child safety tools dan Pay Guard yang dapat melindungi Anda dari serangan cyber saat melakukan transaksi perbankan atau belanja online. Meskipun demikian, Trend Micro ini tidak memiliki fitur perlindungan dari ancaman pencurian identitas  di dalamnya.

Baca Juga: 9 Cara Mencegah Cyber Crime Agar Tidak Terjadi di Perusahaan Anda  

Kesimpulan

Saat ini ada beragam pilihan antivirus terbaik di pasaran. Pastikan bahwa antivirus yang akan Anda gunakan memiliki kemampuan yang baik dalam melindungi perangkat dari berbagai ancaman cyber. Selain itu, software antivirus juga harus memiliki user interface yang mudah dioperasikan. 

Perlu Anda ketahui seiring dengan semakin banyaknya pengguna media online, serangan cyber juga akan terus meningkat. Meskipun saat ini ada begitu banyak antivirus terbaik namun para pengguna internet harus tetap waspada dan berhati-hati saat berselancar di dunia maya.

Bagi para pemilik bisnis yang ingin melindungi infrastruktur ataupun website perusahaan dari serangan cyber, Anda juga dapat bekerjasama dengan tim IT security LOGIQUE. Kami dapat melakukan penetration testing untuk memastikan bahwa sistem Anda benar-benar aman dan terhindar dari berbagai jenis serangan malware mulai dari virus, trojan, atau ransomware.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts