7 Tips SEO Website Rental Mobil untuk Tingkatkan Peringkat Website

Sumber: www.freepik.com

Ada banyak teknik SEO website rental mobil yang perlu dilakukan untuk membuat website Anda menjadi lebih unggul dari para kompetitor. Silakan pelajari selengkapnya mengenai teknik-teknik SEO tersebut pada artikel berikut.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini para pemilik bisnis rental mobil terus berlomba-lomba untuk bisa menghadirkan online presence (kehadiran online) dengan baik. Hal ini dilakukan karena sebagian besar pelanggan akan mencari informasi mengenai  layanan rental mobil secara online melalui  search engine machine Google.

Jika Anda merupakan pemilik bisnis rental mobil, maka salah satu cara yang bisa ANda lakukan untuk meningkatkan online presence adalah dengan menggunakan optimasi SEO. Melalui cara ini, kinerja website Anda akan dioptimalkan sehingga website dapat ditampilkan di peringkat tertinggi pada hasil pencarian Google. Dengan demikian, ketika user atau pelanggan mencari info mengenai layanan rental mobil di Google, maka website Anda akan lebih mudah dijangkau oleh pelanggan potensial. 

Sebelum kami jelaskan apa saja teknik SEO yang bisa diaplikasikan untuk website rental mobil, ada baiknya jika Anda memahami apa itu SEO terlebih dahulu.

Apa yang Dimaksud dengan SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yaitu suatu proses untuk mengoptimalkan situs website agar website tersebut dapat ditampilkan di peringkat tertinggi saat users melakukan pencarian di dalam mesin pencari. Secara garis besar proses SEO dilakukan agar website Anda dapat memiliki visibilitas yang baik di Google. Dengan demikian, website akan lebih mudah ditemukan sehingga layanan atau produk yang Anda jual melalui website tersebut dapat dikenal oleh lebih banyak orang.

Baca Juga: Interview (JBA): Standardisasi dan DX dalam industri lelang mobil.

7 Tips SEO Website Rental Mobil

Berikut adalah beberapa tips SEO website rental mobil yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat di halaman Google.

1. Pastikan keamanan website

Perlu Anda ketahui, keamanan website merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat website. Pada tahun 2014, Google mengumumkan bahwa website yang tidak memiliki SSL certificates (Secure Sockets Layer) akan dianggap sebagai website yang tidak aman.

Saat domain bersertifikasi SSL, URL website Anda akan berubah menjadi HTTPS dan terdapat ikon gembok di sebelah address bar. Dengan menggunakan HTTPS, komunikasi browser ke server dan server ke server akan dienkripsi sehingga data yang dikirim akan menjadi lebih aman.

Oleh karena itu, jika URL website rental mobil Anda masih belum menggunakan HTTPS, maka Anda perlu untuk segera untuk mengaktifkan SSL certificates.

2. Pastikan website mobile friendly

Web mobile friendly adalah website yang dapat bekerja dengan baik di berbagai perangkat mobile. Dengan demikian, pengguna dapat membaca dan melihat konten web dengan lebih mudah tanpa harus mengetuk dan memperbesar layar. Mengingat saat ini sebagian besar pengguna mengakses Google melalui perangkat seluler seperti smartphone, maka website yang mobile friendly juga perlu diperhatikan saat ingin mengoptimasi website bisnis Anda.

Google selalu berusaha untuk memberikan user experience yang baik untuk seluruh penggunaannya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Google akan lebih memprioritaskan untuk menampilkan website dengan desain mobile friendly pada hasil penelusuran.

3. Tingkatkan site speed

Tips SEO website rental mobil selanjutnya adalah meningkatkan site speed. Google tidak ingin merekomendasikan situs web yang dapat memberikan pengalaman buruk untuk penggunaannya. Oleh karena itu, site speed juga penting untuk diperhatikan saat melakukan proses optimasi SEO karena dapat mempengaruhi user experience.

Seperti yang sudah kita ketahui, website yang bekerja dengan lambat tidak akan memberikan user experience yang baik. Saat website memiliki page yang speed yang buruk maka pengguna akan meninggalkan halaman web Anda. 

Jadi, pastikan website rental mobil Anda memiliki site speed yang baik. Anda dapat memastikannya menggunakan tool yang sudah disediakan oleh Google bernama PageSpeed Insight. Tool ini juga akan memberikan beragam rekomendasi solusi untuk meningkatkan kecepatan web Anda.

4. Gunakan keyword yang relevan

Saat Anda membuat konten website, Anda perlu memastikan bahwa konten tersebut menggunakan keyword yang tepat dan relevan dengan layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh untuk bisnis rental mobil, Anda bisa menggunakan untuk menggunakan keyword berikut:

  • rental mobil
  • sewa mobil lepas kunci
  • rental mobil lepas kunci
  • dan lain-lain

Jika bisnis Anda memiliki target market di area lokal, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan keyword yang lebih spesifik. Contohnya seperti sewa mobil Jakarta, rental mobil Jakarta Selatan, atau yang lain. Selain memilih keyword yang tepat, penempatan keyword juga perlu Anda perhatikan. Dalam proses optimasi SEO website rental mobil, keyword yang sudah Anda targetkan dapat ditempatkan di dalam page title, meta description, heading, gambar, serta di dalam teks konten yang akan Anda buat. 

5. Sediakan blog di dalam website

Halaman blog dapat dikatakan sebagai fitur penting untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung website. Selain itu, blog juga akan membantu proses optimasi SEO website rental mobil Anda. Berikut adalah beberapa alasannya:

  • Menyediakan konten yang fresh

Google tidak ingin memberikan informasi yang sudah usang kepada para penggunanya. Dengan menyediakan blog yang selalu Anda update maka website dapat menyediakan konten yang fresh.

  • Blog dapat meningkatkan lama waktu pengguna di dalam website

Google mengutamakan website yang memiliki user experience yang baik. Blog dapat membuat waktu pengguna di halaman website menjadi lebih lama sehingga akan dianggap sebagai website yang mampu memenuhi kebutuhan user.

  • Memberi peluang untuk membuat internal link

Dengan menyediakan blog, Anda bisa membuat artikel yang berisi internal link untuk mengarahkan suatu halaman ke halaman yang lain. Melalui internal link tersebut, Google dapat menemukan, mengindeks, dan memahami semua halaman di situs Anda.

6. Dapatkan backlink berkualitas

Backlink dikenal juga sebagai inbound link yaitu tautan yang berasal dari situs website eksternal yang mengarah ke halaman website Anda. Agar website rental mobil yang Anda miliki mampu mendapat peringkat yang tinggi maka Anda harus berusaha untuk mendapatkan backlink dari website yang berkualitas dan relevan dengan bisnis Anda.

Hal ini penting untuk dilakukan karena Google menilai bahwa website yang memiliki banyak backlink berkualitas merupakan website yang kredibel atau dipercaya banyak penggunanya. Meskipun demikian, perlu Anda ingat bahwa Google dapat memberikan hukuman pada website yang melakukan manipulasi pada algoritmanya. Contohnya  seperti dengan membeli backlink atau menggunakan program untuk membuat link otomatis. Jadi, Anda harus bisa mendapatkan backlink secara natural.

7. Sediakan struktur website yang baik

Tips SEO lain yang harus Anda perhatikan adalah menyediakan struktur website Anda yang baik terutama jika website tersebut baru saja Anda launching. Struktur website yang baik dapat memudahkan Google untuk melakukan proses crawling dan indexing.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki struktur situs website adalah dengan menyediakan sitemap yang berisi semua halaman penting yang perlu diketahui oleh mesin pencari Google. Sitemap akan membantu crawler Google untuk bisa menavigasi situs website, menemukan konten baru, dan mengindeks halaman website. Selain itu, untuk menyediakan struktur website yang baik Anda juga perlu membuat URL website dan breadcrumbs yang jelas serta sesuai dengan hierarki website. 

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing Otomotif untuk Meningkatkan Penjualan

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui, bisnis rental mobil saat ini memang menjadi salah satu bisnis yang cukup kompetitif dan Anda bisa menemukan begitu banyak perusahaan yang menyediakan layanan sewa mobil Jakarta. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin kalah saing dengan kompetitor maka Anda harus bisa  memanfaatkan teknologi untuk memenangkan persaingan bisnis.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan proses optimasi SEO website rental mobil agar website yang Anda miliki menjadi lebih menonjol daripada kompetitor. Dengan cara ini, Anda bisa meraih lebih banyak keuntungan.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan proses optimasi SEO pada web rental mobil Anda, silakan hubungi Tim LOGIQUE. Kami memiliki SEO specialist profesional dan berpengalaman dalam meningkatkan kinerja website yang bergerak pada bidang industri otomotif atau rental mobil. Silakan klik di sini untuk mendapatkan detail informasi mengenai jasa SEO kami. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts