Cara Menggunakan LinkedIn untuk Bisnis (Tips untuk Pemula)

Sumber: www.pixabay.com

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara menggunakan LinkedIn untuk bisnis. Jika Anda masih asing dengan LinkedIn, artikel berikut dapat menjadi panduan untuk Anda.

LinkedIn merupakan platform media sosial yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau target audiens profesional. Orang-orang pada umumnya menggunakan platform ini untuk mencari pekerjaan, terhubung dengan para profesional pada bidang yang mereka tekuni, serta mempelajari berbagai hal untuk kemajuan karir. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika LinkedIn Anda pergunakan untuk mengembangkan bisnis. Berikut kami sediakan cara menggunakan LinkedIn untuk Anda.

Apa Itu LinkedIn?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, LinkedIn adalah platform media sosial untuk para profesional atau komunitas bisnis. Melalui platform ini, orang-orang dapat mencari pekerjaan, terhubung dengan orang-orang penting yang bekerja untuk berbagai bidang industri, memperoleh informasi untuk perkembangan karir, dan masih banyak lagi. 

Cara Menggunakan LinkedIn untuk Bisnis

Langkah 1: Membuat akun / profil di LinkedIn

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun di LinkedIn. Berikut cara membuat profil di LinkedIn :

  • Buka LinkedIn dan daftarkan nama, alamat email, serta kata sandi yang akan dipergunakan.
  • Pilih gambar profil Anda. Sebaiknya Anda menggunakan gambar profil yang terlihat profesional.
  • Tambahkan gambar banner yang berada di belakang foto profil Anda.
  • Isi pekerjaan / posisi Anda di perusahaan.
  • Terakhir, tambahkan riwayat pekerjaan, pendidikan, dan keterampilan inti yang Anda miliki.

Langkah 2: Buat halaman LinkedIn perusahaan

Setelah Anda memiliki akun di LinkedIn, maka saat ini Anda sudah bisa membuat halaman perusahaan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka LinkedIn home screen
  • Klik ikon “Kerja” pada sudut kanan atas.
  • Scroll ke bawa dan pilih “Buat Halaman Perusahaan”.
  • Pilih kategori bisnis yang paling sesuai untuk perusahaan Ana.
  • Isi data atau informasi yang dibutuhkan oleh LinkedIn dan unggah logo / profil perusahaan.

Langkah 3: Bangun jaringan perusahaan

Selanjutnya, Anda dapat mulai membangun jaringan. Di Linkedin, Anda memiliki opsi untuk membangun jaringan yaitu “Terhubung” dan “Ikuti”. Ketika Anda “terhubung” artinya ada hubungan dua arah yang akan terjalin sehingga kedua belah pihak dapat saling melihat konten yang dibagikan. Sedangkan “ikuti” artinya Anda dapat  mengetahui semua aktivitas orang atau bisnis yang Anda ikuti tanpa terhubung  langsung.

Dalam membangun jaringan, Anda dapat mengikuti atau terhubung dengan bisnis lain yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti pebisnis, influencer, tokoh, atau orang-orang penting yang memiliki banyak pengalaman terkait dengan pengembangan bisnis. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh banyak ilmu yang berguna untuk mengembangkan bisnis Anda sendiri.

cara menggunakan linkedin 1
Sumber: www.pixabay.com/QuinceCreative

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Facebook Fan Page Untuk Bisnis Anda

Langkah 4: Buat konten yang menarik

Sama seperti media sosial yang lain, untuk menjangkau target audiens, maka halaman perusahaan perlu menyediakan berbagai konten yang menarik seperti tips, informasi, video lucu, gambar atau yang lain.

LOGIQUE sendiri sering berbagai tips melalui akun LinkedIn. Sebagai perusahaan profesional di bidang IT, melalui halaman LinkedIn-nya, LOGIQUE dapat berbagi info terkait teknologi seperti cara membuat web toko online berikut ini.

Selain itu, untuk menjangkau target audiens yang luas, LOGIQUE juga sering berbagai informasi global yang berguna untuk banyak orang. Contohnya seperti informasi terkait tempat vaksinasi di wilayah Jakarta.

Langkah 5: Konsisten untuk memposting konten

Tips penting yang perlu Anda ingat dalam mengelola akun LinkedIn adalah konsistensi. Selain harus konsisten dan rutin memposting konten, Anda juga harus konsisten dengan gaya bahasa yang digunakan, pesan pemasaran yang disampaikan, serta cara Anda terlibat dengan pelanggan.

Langkah 6: Berinteraksi dengan followers atau pengguna LinkedIn

Cara menggunakan LinkedIn untuk mengenalkan bisnis Anda adalah dengan berinteraksi atau terlibat di dalam komunitas. Ketika Anda telah berbagi beragam konten, Anda dapat mulai menjalin percakapan dengan merespon pertanyaan atau meminta audiens untuk berbagi pendapat mereka terkait konten yang sedang Anda ulas. 

Apabila halaman perusahaan Anda cukup interaktif maka halaman perusahaan Anda akan memiliki engagement atau keterlibatan yang baik. Dengan demikian, perusahaan akan memiliki kesempatan untuk dikenal luas serta brand awareness yang lebih tinggi. 

Baca Juga: Cara Membuat Instagram Shopping untuk Toko Online Anda

Kesimpulan

Cara menggunakan LinkedIn sebenarnya tidak jauh berbeda dengan media sosial yang lain. Saat ini, selain digunakan sebagai platform untuk mengembangkan karir, LinkedIn juga dipergunakan oleh para pemilik bisnis untuk mengelola online presence perusahaannya. Dengan hadir di halaman LinkedIn, perusahaan dapat menjangkau target market audience profesional.

Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk mengelola akun media sosial perusahaan Anda, silakan hubungi LOGIQUE. Kami memiliki layanan digital marketing yang mampu mengelola dan memaintain akun media sosial perusahaan Anda. Selain itu, kami juga memiliki jasa SEO untuk meningkatkan online presence website perusahaan Anda di halaman mesin pencari Google. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts