Syarat & Cara Daftar AdSense Youtube untuk Menghasilkan Uang

Sumber: www.pixabay.com

Bagaimana cara daftar AdSense Youtube untuk menghasilkan uang? Anda bisa mendapat penghasilan dengan menjadi content creator di Youtube. Meskipun demikian, Anda harus memiliki YouTube AdSense untuk bisa monetisasi channel Youtube Anda. 

Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satu cara yang saat ini sedang diminati oleh banyak orang adalah dengan menjadi content creator Youtube atau lebih dikenal dengan istilah Youtuber.

Pada umumnya, para content creator tersebut akan membuat berbagai video menarik dan mengaktifkan iklan AdSense di video mereka. Dengan cara inilah, Youtuber atau content creator di Youtube bisa memperoleh pendapatan dari iklan yang terpasang. 

Meskipun demikian perlu Anda ketahui bahwa tidak semua content creator di Youtube bisa memperoleh uang dari video yang mereka buat. Youtube sendiri telah menentukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika content creator tersebut ingin melakukan monetisasi channelnya dengan AdSense. 

Jika Anda tertarik untuk mencari penghasilan melalui Youtube dan ingin mengetahui bagaimana cara daftar AdSense Youtube silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Apa Itu AdSense Youtube?

AdSense Youtube adalah salah satu bagian dari jaringan Google AdSense yang dipergunakan untuk menempatkan iklan di saluran Youtube. Jaringan iklan Google dapat menghubungkan para pengiklan dengan para content creator Youtube yang ingin monetisasi channel mereka sehingga AdSense di Youtube dapat membawa keuntungan untuk kedua belah pihak. 

AdSense Youtube juga dapat dikatakan sebagai cara gratis dan sederhana untuk menghasilkan uang dengan menempatkan iklan di platform Youtube Anda. Ketika Anda sudah tergabung dengan YouTube Partner Program (YPP) dan memenuhi persyaratan yang ditentukan, maka Anda dapat mengaktifkan monetisasi untuk pemasangan Youtube AdSense. Dengan cara inilah, Anda bisa memperoleh penghasilan dari setiap iklan yang ditayangkan di dalam video Youtube Anda.

Pada umumnya, iklan yang ditampilkan pada AdSense Youtube akan dipilih secara otomatis. Sistem akan menilai video berdasarkan konteks konten seperti metadata video. Selain itu, sebelum iklan ditempatkan di dalam video, sistem juga akan menilai apakah konten video tersebut ramah untuk pengiklan serta sesuai dengan persyaratan atau tidak. Setelah Anda memahami apa itu AdSense, berikut penjelasan untuk syarat dan cara daftar AdSense Youtube untuk Anda. 

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Promosi Bisnis Anda

Syarat yang Harus Dipenuhi Sebelum Daftar Google AdSense

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar AdSense Youtube dan mendapatkan penghasilan dari platform tersebut, Anda harus membangun audiens terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda harus secara konsisten menyediakan beragam video yang mampu menarik banyak audiens. Selain itu, ketika membuat konten video Anda juga perlu memperhatikan Youtube Community Guideline.

Setelah konten dan audiens Anda siap, maka langkah selanjutnya untuk menghasilkan uang dari Youtube adalah bergabung dengan YouTube Partner Program (YYP) yang memungkinkan Anda untuk memonetisasi video-video Youtube yang sudah dibuat. Untuk bergabung dengan YPP, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu:

1. Pastikan channel Anda mengikuti pedoman dan kebijakan Youtube

Untuk bergabung dengan YPP, Anda akan melalui serangkaian proses peninjauan oleh tim Youtube. Salah satu pemeriksaan tersebut dilakukan untuk melihat apakah channel Youtube Anda memenuhi kebijakan dan pedoman yang ditentukan. Youtube secara rutin akan memeriksa video-video Anda, jadi pastikan Anda untuk selalu update dengan pedoman dan kebijakan dari pihak Youtube.

2. Mengaktifkan 2 Step Verification untuk akun Google Anda

Mengaktifkan 2 step verification diperlukan untuk melindungi akun Google Anda. Jika Anda tidak melakukannya, maka proses untuk bergabung dengan YPP akan terhambat.  Untuk melakukan aktivasi ini silakan klik di sini.

3. Memiliki total 1000 subscriber dan 4000 jam tayang yang valid

Persyaratan ini ditetapkan untuk membantu pihak Youtube dalam meninjau channel Anda. Dengan memiliki 1000 subscriber dengan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir, Youtube dapat melihat apakah channel Anda sesuai dengan pedoman dan kebijakan yang mereka tentukan. 

cara daftar adsense youtube 1
Sumber: www.pixabay.com/TymonOziemblewski

Baca Juga: Mengenal Peran Penting Key Opinion Leader dalam Pemasaran

Cara Daftar AdSense Youtube

Setelah Anda memastikan bahwa seluruh persyaratan terpenuhi, maka Anda sudah bisa mendaftarkan akun channel ke AdSense Youtube. Berikut adalah cara daftar AdSense Youtube:

1. Bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP)

Pada bagian sebelumnya, kami telah menginformasikan beberapa persyaratan agar pengajuan untuk bisa bergabung dengan YPP dapat diterima oleh pihak Google. Jadi, jika channel Anda sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan, Anda bisa mencoba mengajukan permintaan untuk bergabung dengan YPP. Berikut langkah-langkahnya:

  • Sign in ke akun YouTube Anda.
  • Di bagian atas kanan layar, silakan klik gambar profil Anda dan klik YouTube Studio.
  • Setelah halaman Youtube Studio terbuka, pilih opsi monetization yang terdapat pada menu sebelah kiri layar.
  • Di halaman monetization, pemilik channel Youtube yang masih di bawah ambang persyaratan akan memperoleh pemberitahuan pada layar bahwa mereka belum memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir. Anda dapat menekan tombol “notify me when I’m eligible” agar Youtube dapat memberitahu ketika channel Anda sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan. 

Apabila pemilik channel Youtube sudah memenuhi ambang persyaratan, maka pada halaman monetization ini mereka dapat menekan tombol “Start” pada menu Review Partner Program terms.

  • Setelah Anda menyetujui persyaratan, Youtube kemudian akan menandai langkah ini dengan tanda “Done” berwarna hijau.

2. Menghubungkan Youtube Anda dengan AdSense

Untuk mendapatkan pembayaran dari iklan, maka akun Youtube Anda harus terhubung dengan 1 akun AdSense. Setelah akun Anda bergabung dengan YPP, Anda akan diarahkan untuk menghubungkan akun Youtube dengan AdSense. Cara untuk menghubungkan adalah dengan menekan “Start” pada menu “Sign up for Google AdSense”.

Namun apabila saat ini Anda belum memiliki akun AdSense untuk dihubungkan, Anda dapat membuatkan terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk yang telah disediakan. Perlu Anda ketahui, saat menghubungkan channel YouTube Anda ke akun AdSense, maka jangan buat akun AdSense baru melalui www.AdSense.com. Jika Anda melakukannya, maka permintaan Anda dapat ditolak. Sebagai gantinya, ikuti petunjuk yang sudah tersedia pada halaman Youtube Anda. 

Setelah proses ini selesai, Youtube akan memberi tanda “Done” berwarna hijau pada menu “Sign up for Google AdSense”

3. Dapatkan tinjauan

Cara daftar AdSense Youtube yang selanjutnya adalah menunggu tinjauan dari Youtube. Jadi, setelah Anda selesai melakukan proses pengajuan YPP dan menghubungkan channel Youtube ke AdSense maka channel Youtube Anda akan secara otomatis masuk ke dalam antrean untuk ditinjau oleh tim Youtube. Anda dapat memeriksa status pendaftaran Youtube AdSense dengan membuka halaman monetisasi Youtube Anda. 

Saat permintaan sudah diterima, pada halaman monetisasi tersebut Anda akan memperoleh informasi bahwa Anda sudah bisa mengatur preferensi iklan dan melakukan monetisasi pada daftar video yang sudah dibuat sebelumnya. Namun jika permintaan Anda belum diterima , Youtube akan menginformasikan bahwa channel Youtube Anda belum memenuhi pedoman dan kebijakan. Anda dapat mencoba mengajukan pendaftaran kembali dalam 30 hari ke depan. 

Cara Mengaktifkan Iklan untuk Video Youtube

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara daftar AdSense Youtube dan berhasil bergabung dengan YouTube Partner Program, maka langkah selanjutnya adalah melakukan monetisasi pada konten video yang sudah Anda buat. Berikut adalah langkah yang diperlukan untuk mengaktifkan iklan untuk multiple video yang sudah Anda miliki agar iklan dapat tampil di dalamnya.

  • Masuk ke akun Youtube Anda.
  • Buka Youtube Studio.
  • Klik opsi content pada menu bagian kiri layar.
  • Pilih video-video yang ingin Anda monetisasi
  • Klik menu edit drop down yang tersedia di atas datar video Anda, kemudian klik Monetization.
  • Klik “on” pada menu drop down monetization.
  • Selanjutnya klik “Update videos”.

Jenis-jenis Konten yang Dapat Anda Monetisasi di Youtube

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara daftar AdSense Youtube, Anda perlu memahami jenis-jenis konten yang dapat dimonetisasi untuk menghasilkan uang. Youtube sendiri menginformasikan bahwa ketika membuat sebuah konten, Anda harus memiliki semua hak atas penggunaan berbagai elemen di dalamnya baik itu elemen visual dan audio. Selain itu, Anda juga harus memiliki izin jika ingin menggunakan audio atau visual yang dibuat oleh orang lain.

Beberapa jenis konten video yang dapat Anda monetisasi seperti:

  • daily vlog yaitu video yang merekam kegiatan Anda sehari-hari.
  • video DIY atau Do It Yourself yaitu video yang memberikan penjelasan, panduan, atau cara untuk membuat sesuatu seperti membuat perkakas rumah tangga, membuat masker, sarung bantal, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.
  • video tutorial yaitu video pembelajaran yang biasanya dipandu oleh seseorang yang ahli pada bidang tertentu. 

Selain ketiga jenis konten di atas, Anda juga bisa membuat konten musik atau film yang original. 

Baca Juga: 3 Jenis Iklan di Youtube ( Youtube Ads) yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Itu dia informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara daftar AdSense Youtube. Perlu Anda ketahui, YouTube Partner Program akan terus berkembang. Jadi, agar Anda bisa terus menggunakannya untuk monetisasi Youtube, maka Anda harus selalu up to date dengan persyaratan yang berlaku di dalamnya. Selain itu, perlu Anda tahu, bahwa Youtube dapat menonaktifkan monetisasi channel apabila Anda tidak memposting video selama kurang lebih 6 bulan lamanya. Oleh karena itu, sebagai content creator Youtube Anda harus bisa terus berpikir kreatif untuk menghasilkan konten-konten video yang menarik bagi audiens.

Apabila saat ini Anda memiliki bisnis dan membutuhkan bantuan untuk melakukan digital marketing, silakan hubungi tim LOGIQUE. Kami sangat berpengalaman dalam menjalankan berbagasi strategi pemasaran digital mulai dari Google Ads, Social Media Marketing, serta SEO. Kami akan memberikan beragam solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Jika Anda tertarik dengan layanan kami, silakan hubungi tim LOGIQUE atau klik jasa digital marketing kami. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts