Cara Membuat Web Toko Online dengan Plugin WordPress Woocommerce

Sumber: www.freepik.com

Pada artikel berikut ini, kami akan menginformasikan bagaimana cara membuat web toko online dengan plugin wordpress Woocommerce. Sampai saat ini, Woocommerce masih menjadi plugin e-commerce populer di WordPress yang memudahkan banyak pemilik bisnis untuk mengelola toko onlinenya. 

Banyak pemilik bisnis yang mencoba mencari cara membuat web toko online seiring dengan semakin meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja secara online. Saat ini, berbelanja melalui platform digital memang dinilai lebih praktis. Sistem tersebut, tidak hanya memudahkan pembeli namun juga penjual. Dengan mengetahui bagaimana cara membuat web toko online, penjual tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membangun toko fisik agar bisnisnya dapat beroperasi.

Sebelum kami menginformasikan cara membuat web toko online, kami akan menjelaskan secara singkat mengenai plugin Woocommerce terlebih dahulu.

layanan logique

Apa yang Dimaksud dengan Plugin Woocommerce?

Woocommerce pada dasarnya adalah plugin WordPress berbasis open source yang dapat dipergunakan untuk membuat website toko online. Woocommerce juga dapat dikatakan sebagai CMS e-commerce yang customizable. Dengan Woocommerce, Anda dapat menambahkan berbagai fitur untuk meningkatkan fungsionalitas WordPress sehingga website dapat berjalan seperti toko online atau web ecommerce pada umumnya. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Woocommerce merupakan plugin untuk WordPress. Jadi, sebelum Anda membuat web toko online maka Anda perlu mempersiapkan web WordPress terlebih dahulu. Jika saat ini Anda belum memiliki web WordPress, silakan baca artikel kami berikut ini untuk membantu proses pembuatan web WordPress Anda:

Tips dan Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat toko online?

Pada dasarnya, Woocommerce dan WordPress adalah open-source software yang gratis untuk digunakan. Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk meluncurkan sebuah web toko online terdapat beberapa biaya yang perlu dikeluarkan.

Meskipun demikian, Woocommerce adalah plugin WordPress yang customizable. Artinya, Anda memiliki kendali dalam hal biaya untuk pembuatan web toko online. Selain itu, perlu Anda ingat, untuk menjalankan sebuah situs website Anda juga akan membutuhkan biaya lain seperti untuk hosting ataupun domain.

Baca Juga: 8 Hal Ini Perlu Anda Perhatikan Ketika Membuat Website E-Commerce

Cara Membuat Web Toko Online dengan Woocommerce

Pada artikel Tips dan Cara Membuat Website Menggunakan WordPress kami telah mengulas bagaimana cara membuat website dengan WordPress. Secara garis besar, langkah-langkah yang diperlukan adalah:

  1. Tentukan domain name untuk situs web Anda.
  2. Daftarkan nama domain dan web hosting Anda ke domain registrar/ perusahaan yang memberikan layanan untuk pendaftaran domain di Indonesia.
  3. Install WordPress di akun hosting Anda.
  4. Pilih tema web WordPress Anda.
  5. Sediakan content website.
  6. Instal WordPress plugin. Untuk membuat web toko online, maka Anda perlu meng install Woocommerce pada tahap ini.

Setelah website WordPress Anda siap, maka cara membuat web toko online yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menginstal dan mengatur plugin Woocommerce. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

Langkah 1: Instal Woocommerce

Anda dapat mengunduh Woocommerce dari repositori WordPress dan menguploadnya ke dalam website. Untuk cara yang lebih mudah, Anda dapat menginstalnya langsung dari halaman WordPress. 

Pertama, Anda harus login terlebih dahulu ke halaman WordPress dan buka halaman dashboard. Di halaman tersebut, silakan buka menu Plugins > Add New.

Pada kolom pencarian, silakan ketik “Woocommerce”. Jika plugin tersebut sudah Anda temukan, klik “Install Now”. Perlu Anda perhatikan, pilih plugin author yang terdaftar sebagai “Automattic”. Setelah Woocommerce terinstall, klik tombol “Activate” untuk mengaktifkannya.

Pada tahap ini, Woocommerce sudah aktif dan berjalan di WordPress Anda.

Langkah 2: Akses Setup Wizard

Cara membuat web toko online yang selanjutnya adalah melakukan pengaturan Wizard. Meskipun pengaturan ini opsional, namun kami menyarankan Anda untuk melakukannya agar bisa mengkonfigurasi beberapa pengaturan utama.

Untuk melakukan pengaturan ini, silakan klik tombol “Run the Setup Wizard” yang ada pada halaman dashboard WordPress Anda. Namun jika Anda tidak menemukannya, silakan buka dari menu plugin Woocommerce > Help > Setup Wizard > Let’s go!

Pada halaman ini, Woocommerce meminta Anda untuk mengisi beberapa informasi dasar tentang toko online Anda (store setup) seperti alamat, mata uang yang digunakan, serta jenis produk yang Anda jual. Perlu Anda ingat, pengaturan Wizard ini sewaktu-waktu dapat Anda ubah jika diperlukan. Untuk tahapan kali ini, Anda dapat melanjutkan mengisi data/informasi dengan memilih tombol “Let’s go”.

Langkah 3:  Pilih Metode Pembayaran Toko Online (Payment)

Setelah Anda membuat pengaturan toko atau store setup, maka langkah selanjutnya adalah membuat pengaturan untuk metode pembayaran (payment) yang akan dipergunakan oleh web Anda. Pengaturan ini merupakan langkah kedua pada halaman Wizard setup.

Pada pengaturan payment ini, Anda dapat memutuskan metode pembayaran apa yang akan Anda aktifkan. Secara default, Anda dapat menggunakan Stripe, PayPal, serta pembayaran offline seperti melalui cek atau uang tunai.  Jadi, silakan pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, dan Woocommerce akan mempersiapkan pengaturan tersebut untuk Anda.

Langkah 4: Konfigurasi opsi pengiriman produk (Shipping)

Cara membuat web toko online selanjutnya adalah memilih metode pembayaran dan Anda akan diarahkan pada halaman pengaturan pengiriman atau shipping. Di sini, Anda dapat memutuskan berapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan oleh pelanggan Anda untuk pengiriman. Anda juga dapat menetapkan satu tarif untuk zona atau lokasi pilihan dan tarif berbeda lainnya untuk pelanggan yang berada di lokasi lain.

Langkah 5: Review Opsi Add-Ons

Salah satu cara membuat web toko online Anda bekerja dengan lebih optimal adalah menambahkan beberapa fitur atau fungsi baru di dalamnya. Woocommerce akan menyediakan beberapa rekomendasi aplikasi, tools, atau fitur yang bisa dipilih untuk mengoptimalkan toko online Anda.

Langkah 6: Instal plugin Jetpack

Jetpack adalah salah satu plugin WordPress yang berisi kumpulan fitur untuk mengoptimalkan performa web toko online Anda. Beberapa fitur yang ditawarkan dapat meningkatkan keamanan website, sistem analitik, pengaturan tema, dan lain-lain.

Langkah ini sebenarnya opsional. Jika Anda menggunakannya, maka web toko online Anda akan memiliki fungsionalitas yang lebih baik. Namun apabila Anda merasa tidak memerlukan plugin tambahan lain, Anda dapat melewati tahap ini dengan menekan “Skip this step”.

Setelah Anda selesai mengisi beberapa informasi yang ada pada Wizard setup, maka web toko online Anda sudah siap digunakan. Langkah selanjutnya adalah menambahkan produk ke halaman website Anda. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Toko Online

CARA MEMBUAT WEB TOKO ONLINE
Sumber: www.freepik.com/pikisuperstar

Cara Membuat Web Toko Online: Tahap Menambahkan dan Mengelola Produk 

Setelah selesai mengatur toko online Anda, halaman dashboard WordPress Anda akan menampilkan menu baru “Product”. Menu inilah yang akan dapat Anda pergunakan untuk menambahkan dan mengelola produk. 

Untuk menambahkan produk, langkah yang diperlukan yaitu:

1. Tambahkan produk baru

Klik menu Products > Add New.

2. Isi judul dan deskripsi tentang produk.

Buat judul produk serta informasi terkait produk yang Anda jual.

3. Buat kategori produk.

Pada bagian kanan editor pos, Anda kan melihat menu Product Categories. Pada menu tersebut, Anda dapat membuat kategori produk dengan cara menemukan opsi “Add new category”. Setelah itu, pilih kategori yang paling sesuai dengan produk Anda.

Jika Anda ingin menampilkan gambar pada masing-masing kategori, Anda dapat mengaturnya dengan cara: 

Buka dashboard WordPress >> Product >> Categories. Selanjutnya, Anda dapat memilih “edit” pada kategori produk yang ingin Anda isi dengan gambar.

4. Isi product data

Anda dapat mengisi product data yang berada di bawah editor pos. Pada menu ini, Anda dapat mengatur apakah produk yang dijual adalah produk virtual dan memungkinkan untuk didownload. Jika “ya”, maka Anda dapat memilih opsi tersebut, namun jika “tidak” maka Anda dapat mengabaikan opsi tersebut.

Selain itu, pada menu product data, terdapat  opsi “Simple product” untuk mengisi informasi penting lain terkait produk yang dijual, yaitu:

  • General: Anda dapat memasukkan harga normal atau harga diskon.
  • Inventory : Di sini Anda dapat mengelola stok produk yang tersedia. Anda juga dapat memasukkan SKU ( Stock Keeping Unit) produk jika Anda memilikinya.
  • Shipping : Anda memasukkan berat dan dimensi produk, serta mengatur shipping class.
  • Linked Products : menu untuk menambahkan upsell dan cross-sell.
  • Attributes: menu untuk mendeskripsikan karakteristik produk.
  • Advanced: Anda dapat memasukkan catatan pembelian khusus, serta memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kolom ulasan.

5. Membuat deskripsi singkat tentang produk

Di bawah widget product data, Anda akan menemukan section untuk membuat deskripsi singkat tentang produk. Di bagian ini, Anda dapat menyoroti spesifikasi produk dan menambahkan gambar produk. Informasi yang sudah Anda buat ini nantinya akan ditampilkan sebagai penjelasan singkat di katalog produk atau di dalam halaman yang berisisi daftar item produk yang Anda jual. 

6. Set gambar utama produk

Agar produk dapat menampilkan gambar utama, Anda dapat mengupload gambar dengan mengklik menu “Set product image”. Sedangkan untuk menambahkan galeri foto produk, Anda dapat mengupload gambar melalui menu “Add product gallery images”

7. Publish produk Anda

Jika semua data dan informasi sudah siap atau sudah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah mempublish item produk tersebut. Caranya adalah dengan menekan tombol “Publish”.

Cara Melihat Order yang Diperoleh

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat web toko online, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah mengecek order yang masuk di website Anda. Untuk mengetahui informasi tersebut, Anda dapat membuka menu order. Caranya:

Dari halaman Dashboard pilih Woocommerce > Order

Pada section ini, Woocommerce akan menampilkan daftar orderan yang masuk ke toko online Anda.

Baca Juga: Cara Membuat Google Form dan Menambahkannya di Web WordPress

Kesimpulan

Informasi di atas merupakan penjelasan cara membuat web toko online secara mendasar. Di dalam WordPress dan Woocommerce terdapat beragam fitur yang bisa Anda explore lebih lanjut untuk mengoptimalkan performa atau tampilan website toko online Anda.

Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk membuat website e-commerce dengan fungsionalitas yang lebih optimal, Anda dapat menghubungi LOGIQUE Digital Indonesia. Kami memiliki tim web developer yang dapat membantu bisnis Anda untuk mengembangkan website berbasis WordPress. Kami juga mampu mengembangkan web e-commerce menggunakan teknologi terbaru seperti PWA.

Silakan hubungi kami dan konsultasikan apa kebutuhan perusahaan Anda untuk menjalankan bisnis e-commerce. Dengan pengalaman dan profesionalisme yang kami miliki, tim LOGIQUE akan memberikan solusi terbaik untuk bisnis Anda. Klik hubungi kami atau klik layanan pengembangan web LOGIQUE untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts