7 Tips Wawancara Online dengan Sukses di Masa Pandemi

Pada artikel kali ini, LOGIQUE akan berbagai tips wawancara online untuk Anda. Kira-kira apa saja ya yang perlu dipersiapkan agar bisa sukses saat mengikuti proses interview online? Yuk, simak penjelasan kami berikut ini.

Seperti yang mungkin sudah Anda sadari, semenjak pandemi Covid-19 muncul, banyak aktivitas dilakukan secara online. Dengan koneksi internet, orang-orang dapat belajar, bekerja, atau bahkan berbelanja secara digital. Selain itu, pandemi yang terjadi saat ini ternyata juga membawa dampak atau perubahan pada proses rekrutmen di berbagai perusahaan, tidak terkecuali di LOGIQUE Digital Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari atau meminimalisir penyebaran virus di area perkantoran sehingga proses seleksi lamaran hingga wawancara kerja dilakukan secara online.

Pada umumnya, terdapat beberapa aplikasi yang biasanya akan digunakan saat proses interview online seperti Zoom, Google Meet, Skype, atau aplikasi video conference yang lain. Jika Anda ingin dalam proses seleksi ini, maka terdapat beberapa tips wawancara online yang bisa Anda lakukan. Berikut penjelasannya untuk Anda. 

7 Tips Wawancara Online dengan Sukses

1. Memahami bagaimana mekanisme wawancara online

Tips wawancara online yang pertama adalah mengetahui bagaimana mekanisme wawancara online di perusahaan tersebut. Saat Anda menerima undangan untuk mengikuti proses seleksi, jangan sungkan untuk menanyakan hal tersebut kepada Human Resource Department (HRD) yang bersangkutan. Terdapat beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan, seperti:

  • Apa jenis wawancara online yang akan digunakan?

Salah satu jenis wawancara online yang paling umum digunakan adalah video call secara langsung. Meskipun demikian, beberapa perusahaan ada juga yang menggunakan format lain seperti dengan meminta kandidat untuk membuat atau merekam video perkenalan sendiri.

  • Apa aplikasi video conference yang akan digunakan?

Dengan mengetahui informasi ini, Anda dapat menginstal aplikasi tersebut sebelum jadwal interview dilaksanakan. Anda juga dapat mencoba dan mempelajari cara kerja aplikasi tersebut agar proses interview dapat berjalan lancar. 

  • Jam berapa proses wawancara akan dilakukan? 

Mengetahui jam interview dilakukan juga menjadi hal wajib yang perlu Anda ketahui. Pastikan pada jam tersebut, Anda sudah mempersiapkan berbagai hal seperti aplikasi video conference, koneksi yang stabil, pakaian yang rapi, dan lain-lain. Selain itu, apabila Anda melamar pekerjaan dengan sistem remote untuk perusahan yang memiliki zona waktu berbeda, maka Anda perlu mengetahui jam berapa wawancara online tersebut akan dilaksanakan sesuai zona waktu di daerah Anda.

Selain ketiga pertanyaan di atas, Anda dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan lain kepada pihak HRD yang bersangkutan. Agar bisa sukses saat wawancara online, Anda harus benar-benar memahami mekanisme wawancara yang akan dijalankan.

2. Gunakan desktop atau laptop

Tips wawancara online yang selanjutnya adalah memilih perangkat yang bekerja optimal. Ketika perusahaan sudah menjelaskan bahwa wawancara akan dilakukan melalui video conference, maka Anda sebaiknya menggunakan perangkat desktop atau laptop.

Hal tersebut diperlukan karena ketika menggunakan desktop atau laptop, maka Anda akan terlihat lebih profesional. Selain itu, kamera smartphone rentan menjadi kabur karena gerakan sehingga tampilan visual Anda di depan pewawancara menjadi tidak optimal.

Meskipun demikian, jika memang tidak memungkinkan untuk menggunakan desktop atau laptop, maka pastikan smartphone yang akan Anda gunakan dapat bekerja dengan optimal. Anda bisa mempersiapkan penyangga atau tripod, agar kamera dapat menangkap tampilan visual dengan stabil. Pastikan juga perangkat yang dipakai baik desktop atau handphone dapat terhubung dengan koneksi internet yang kuat.

3. Persiapkan perlengkapan dan latar belakang yang netral

Anda perlu memastikan bahwa perlengkapan yang digunakan saat proses wawancara dapat bekerja dengan baik. Jadi, cek kembali kamera dan microphone perangkat Anda. Jika Anda khawatir tidak bisa mendengar pewawancara dengan jelas, sebaiknya Anda mempersiapkan headset atau earbud. 

Selain mempersiapkan perangkat, mengatur latar belakang juga menjadi salah satu tips wawancara online yang perlu Anda perhatikan. Latar belakang yang menampilkan kamar dengan tumpukan pakaian atau tempat tidur yang tidak rapi akan memberikan kesan negatif pada pewawancara.

Oleh karena itu, atur posisi Anda dengan latar belakang yang netral atau kosong. Jika Anda kesulitan untuk menemukan latar belakang yang terlihat profesional, Anda bisa melakukan wawancara dengan latar belakang dinding atau sudut ruang yang netral.

Baca Juga: 5 Tips Membuat CV yang Baik untuk Menarik Perhatian Perekrut

4. Atur pencahayaan dengan baik

Mendapatkan pencahayaan yang sempurna untuk video conference bisa cukup rumit di lingkungan rumah. Untuk mengatasinya, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan seperti:

  • hindari cahaya dari latar belakang
  • gunakan pencahayaan natural jika memungkinkan
  • pastikan cahaya yang digunakan tidak membuat bayangan di kacamata ( jika Anda menggunakan kacamata)

5. Persiapkan outfit terbaik

Melakukan wawancara secara online bukan berarti Anda dapat mengabaikan outfit atau pakaian yang Anda gunakan. Pewawancara akan tetap menilai penampilan Anda meskipun wawancara dilakukan secara digital. Oleh karena itu, persiapkan outfit terbaik Anda untuk menunjukkan profesionalitas dan keseriusan Anda terhadap pekerjaan yang sedang Anda lamar. 

6. Hindari gangguan 

Perlu Anda ketahui, gangguan saat proses wawancara berlangsung dapat muncul secara tidak terduga. Koneksi internet yang mendadak tidak stabil, hewan peliharaan yang mengganggu, atau suara anak-anak yang sedang berteriak. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan serangkaian persiapan untuk meminimalisir gangguan tersebut, contohnya seperti menyediakan koneksi cadangan, menyediakan permen atau snack agar anak-anak bisa tetap tenang, atau yang lain. Anda juga bisa meminta bantuan dari keluarga di rumah untuk memastikan kondisi rumah tetap kondusif saat proses wawancara berlangsung.

7. Mempersiapkan diri dengan berlatih

Tips wawancara online yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah mengasah keterampilan wawancara. Anda dapat mencoba melakukan presentasi atau perkenalan diri dan merekamnya menggunakan kamera smartphone. Setelah itu, Anda dapat memutar dan melihat kembali video tersebut untuk mengetahui apa saja yang masih kurang dan perlu ditingkatkan.

Selain itu, persiapkan diri Anda dengan berbagai informasi terkait perusahaan yang Anda lamar. Hal ini akan membantu Anda ketika pewawancara mengajak berdiskusi dengan topik yang terkait perusahaan tersebut. Jadi, selain berlatih mempresentasikan diri dengan percaya diri, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk menggali informasi mengenai profil perusahaan yang sedang Anda lamar.

Untuk membuka peluang untuk lolos pada tahap wawancara, Anda juga perlu menghindari beberapa faktor atau penyebab gagal interview yang paling umum dilakukan oleh kandidat. Anda dapat membaca informasi tersebut pada artikel berikut:

13 Penyebab Gagal Interview yang Harus Anda Hindari

Kesimpulan

Beberapa tips wawancara online di atas dapat membantu Anda untuk sukses saat proses seleksi. Meskipun demikian, harus tetap Anda ingat bahwa saat perusahaan membuka lowongan kerja, mereka memiliki syarat atau requirement tertentu. Jadi, pastikan juga bahwa profil Anda sesuai dengan kriteria yang sedang mereka cari.

LOGIQUE Digital Indonesia saat ini membuka beberapa lowongan pekerjaan. Silakan cek halaman karir LOGIQUE untuk mengetahui lowongan pekerjaan apa saja yang sedang kami buka saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts