Apa Itu Proxy Server? Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

Sumber: www.pixabay.com

Apa itu proxy server? Proxy adalah suatu sistem yang bertindak sebagai perantara antara klien dan server. Sistem ini dapat melindungi users dari berbagai hal buruk yang ada di internet. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Tidak dapat kita pungkiri, internet memang menghadirkan kemudahan untuk menjalankan berbagai aktivitas. Kita dapat berbelanja, belajar, atau bekerja dengan adanya akses internet. Meskipun demikian, perlu Anda pahami bahwa internet tidak sepenuhnya aman untuk diakses. Ada banyak ancaman cyber hacker yang dapat membuat koneksi Anda menjadi tidak aman.

Sampai saat ini, masih banyak kasus cyber crime yang terjadi di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti kasus penipuan, pencurian data sensitif milik perusahaan, dan lain-lain. Sebagai pengguna internet, tentu kita harus berhati-hati dan melakukan berbagai tindakan preventif untuk menghindari serangan cyber hacker tersebut. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan melindungi jaringan internet menggunakan proxy server. Jadi, apa itu proxy?

Apa Itu Proxy Server?

Pada dasarnya, arti server adalah program atau perangkat yang digunakan untuk mengelola sumber daya jaringan. Server sendiri memiliki beragam jenis dan salah satunya adalah proxy server.

Proxy adalah gateway atau pintu gerbang yang menghubungkan perangkat Anda dengan internet. Ketika Anda menggunakan proxy server untuk mengakses sebuah website, maka lalu lintas internet yang terjadi akan berjalan melalui proxy server ini terlebih dahulu sebelum diteruskan ke alamat website yang Anda minta. Jadi, server proxy akan memastikan bahwa Anda tidak berhubungan langsung dengan situs yang Anda kunjungi di web.

Agar Anda dapat memahaminya dengan mudah, Anda dapat membayangkan perangkat Anda baik itu PC atau smartphone merupakan sebuah rumah dengan alamat atau nomor rumah tertentu (alamat IP). Sebagai pemilik rumah, ketika Anda ingin mengirim pesan tentu Anda tidak ingin jika detail alamat rumah Anda diketahui oleh orang asing, bukan? Di sinilah proxy server berperan. Proxy server ini bertindak seperti tukang pos terpercaya yang dapat menyembunyikan alamat rumah Anda (alamat IP).

Dengan cara inilah, detail Anda akan tetap aman saat menjelajah isi internet. Ketika Anda masuk ke halaman web yang Anda request, maka situs web tersebut akan melihat IP dari proxy server dan bukan IP Anda sendiri.

Cara Kerja Proxy Server

Untuk mengetahui apa itu proxy, ada baiknya jika Anda memahami bagaimana cara kerja server ini. Pada dasarnya proxy server merupakan sistem di internet dengan alamat IP sendiri yang diketahui sistem komputer Anda. Saat Anda mengirim permintaan untuk mengakses sebuah website, permintaan tersebut akan masuk ke proxy server terlebih dahulu. Setelah itu, proxy server akan membuat permintaan web atas nama Anda, mengumpulkan respons dari web server, dan meneruskan data halaman website tersebut kembali ke browser sehingga Anda dapat melihat konten halaman web tersebut.

Saat meneruskan permintaan web Anda, proxy server dapat mengubah alamat IP sehingga web server tidak akan mengetahui lokasi Anda. Meskipun demikian, Anda akan tetap memperoleh konten website yang ingin diakses.

Jenis-jenis Proxy Server

1. Transparent Proxy

Tidak ada perlindungan privasi atau keamanan tambahan di dalam transparent proxy . Saat Anda menggunakannya, web server akan menerima alamat IP Anda yang sebenarnya. Selain itu, transparent proxy juga dapat memberi tahu bahwa Anda terhubung melalui proxy ketika Anda menggunakannya. Jenis proxy ini biasanya digunakan untuk menyaring konten serta caching, dan bukan untuk alasan keamanan.

2. Anonymous Proxy

Apa itu proxy jenis anonymous? Anonymous Proxy tidak meneruskan alamat IP Anda yang sebenarnya. Jadi, ketika Anda menggunakan jenis proxy ini dan mengakses sebuah situs web, maka situs web tersebut akan menerima alamat IP palsu. Meskipun demikian, anonymous proxy tidak dapat menyembunyikan informasi bahwa Anda sedang menggunakan proxy. Dengan demikian, jika terdapat situs web yang menolak akses dari pengguna proxy, maka website tersebut tidak dapat Anda kunjungi.

3. High Anonymity Proxy

High anonymity proxy juga dikenal sebagai elite proxy. Pada dasarnya high anonymity proxy memiliki fungsi yang hampir sama dengan anonymous proxy. Salah satu hal yang membedakan adalah kemampuan high anonymity proxy untuk menyembunyikan penggunaan proxy. Jadi, situs web tidak dapat mendeteksi bahwa Anda sedang mengakses melalui proxy server.

4. Forward Proxy

Forward proxy berada di antara klien dan jaringan eksternal. Proxy jenis ini akan mengevaluasi permintaan keluar dan menyampaikan permintaan tersebut ke sumber daya eksternal. Jika Anda menggunakan forward proxy, maka klien dapat mengakses sumber daya di luar firewall tanpa mengorbankan integritas jaringan pribadi. Biasanya, jenis proxy ini digunakan untuk melewati firewall sehingga user dapat mengunjungi situs web yang diblokir.

5.  Reverse Proxy

Reverse Proxy digunakan untuk mengontrol akses ke server di jaringan pribadi. Jenis proxy ini dapat melakukan tugas otentikasi, cache, dan decrypt data. Reverse proxy juga akan memberikan anonimitas untuk server back-end. 

Selain itu, reverse proxy juga sering digunakan sebagai portal keamanan. Proxy ini dapat menolak akses langsung pengguna di internet ke sistem operasi back-end. Jadi, penggu di internet hanya akan berkomunikasi dengan proxy dan proxy yang akan meneruskannya ke back-end.

Baca Juga: 5 Tips Agar Anda Tetap Aman Ketika Menggunakan Wifi Publik

apa itu proxy
Sumber: www.pixabay.com/kreatikar-8562930/

Apa Saja Fungsi Proxy Server?

Setelah mengetahui apa itu proxy, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa server ini diperlukan. Proxy server tidak hanya menjadi penghubung antara perangkat Anda dengan internet karena terdapat berbagai fungsionalitas yang ditawarkan. Beberapa fungsi proxy server adalah sebagai berikut:

1. Masalah keamanan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika Anda menggunakan proxy server maka alamat IP Anda akan terlindungi. Sama seperti detail rekening bank Anda, alamat IP juga dapat menjadi salah satu informasi sensitif yang perlu Anda jaga.

Saat ini terdapat beberapa jenis ancaman keamanan yang menargetkan alamat IP pengguna internet. Dua ancaman yang paling umum adalah serangan social engineering dan online stalking. Cyber hacker akan menggunakan teknik dan tool canggih untuk mengungkap alamat IP Anda.

Apabila cyber hacker dapat mengetahuinya, mereka dapat melancarkan berbagai jenis serangan atau bahkan menyamar sebagai Anda. Jika hal tersebut terjadi, maka ada beberapa risiko keamanan yang muncul. Cyber hacker dapat mengunduh konten ilegal menggunakan alamat IP Anda, melacak lokasi Anda, meluncurkan serangan DDoS, meretas perangkat yang Anda gunakan, dan masih banyak lagi. 

2. Mengakses konten khusus berdasarkan lokasi

Banyak orang mengenal apa itu proxy sebagai salah satu sistem untuk mengakses suatu konten di wilayah atau region lain. Ya, salah satu fungsi proxy server memang untuk mengakses konten yang disediakan berdasarkan region. Anda tentu mengetahui bahwa terdapat beberapa layanan di internet yang hanya tersedia untuk region atau kawasan tertentu. Dengan proxy server ini, maka Anda tetap dapat mengaksesnya dengan mudah. 

3. Filter konten

Proxy server juga dapat bertindak sebagai filter konten dan memblokir lalu lintas keluar yang tidak diinginkan. Biasanya perusahaan akan mengkonfigurasi proxy server untuk mencegah karyawannya agar tidak mengakses situs web tertentu ketika sedang bekerja. Fungsi server proxy ini juga dapat diaplikasikan oleh para orang tua untuk mengontrol akses internet pada anak-anaknya.

4. Menjaga privasi

Anda dapat menggunakan proxy server untuk menjelajah isi internet secara private karena beberapa server proxy dapat mengubah alamat IP Anda. Dengan cara ini, server tujuan tidak akan mengetahui IP asli Anda sehingga informasi dan kebiasaan menjelajah isi internet yang Anda lakukan akan tetap private. 

5. Menghemat bandwidth dan meningkatkan kecepatan internet

Jika Anda menggunakan layanan proxy server yang baik, maka Anda juga dapat merasakan kinerja jaringan yang lebih baik. Proxy server ini dapat meng-cache situs website dan menyimpan salinan situ web secara lokal. Jadi, ketika Anda mengakses situs web www.contohweb.com, maka proxy akan memeriksa apakah sistem memiliki salinan web tersebut, lalu mengirimkan salinan yang disimpan. Artinya, ketika ada ratusan orang mengunjungi www.contohweb.com secara bersamaan dari proxy server yang sama, maka proxy hanya akan mengirim satu permintaan ke web tersebut. Dengan demikian, Anda dapat menghemat bandwidth dan memperoleh kinerja jaringan yang lebih baik.

6. Mengakses situs web yang diblokir

Proxy server juga memungkinkan penggunanya untuk bisa mengakses situs web yang diblokir. Jadi, jika terdapat suatu situs web yang diblokir di suatu negara, maka proxy server menawarkan layanan pada para penggunanya agar mereka tetap bisa mengaksesnya. Proxy server ini dapat menutupi alamat IP asli sehingga dapat membuat pengguna tampak berada di lokasi negara lain. Jadi, jika situs web diblokir di suatu wilayah geografis, maka Anda tetap dapat mengaksesnya karena terhubung melalui proxy server.

Baca Juga: Domain Name System: Penjelasan Fungsi DNS dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Penjelasan diatas dapat membantu Anda untuk mengetahui apa itu proxy server dengan lebih jelas. Pada dasarnya proxy adalah suatu sistem yang bekerja sebagai perantara antara perangkat Anda dengan internet. Jika digunakan dengan benar, proxy server dapat memberikan berbagai keuntungan bagi para penggunanya seperti memberikan perlindungan privasi, menjaga akses pada data sensitif perusahaan, filter konten, dan masih banyak lagi.

Saat ini sudah semakin banyak layanan proxy server yang bisa Anda gunakan. Meskipun demikian, pastikan Anda menggunakan layanan yang berkualitas dan terpercaya agar data-data Anda benar-benar terlindungi dengan baik. Sebaiknya hindari penggunaan proxy gratis karena pada umumnya terdapat beberapa risiko berbahaya yang akan muncul.

Selain menggunakan proxy server, Anda juga bisa meningkatkan sistem keamanan Anda dengan rutin memeriksa kesehatan jaringan ataupun aplikasi yang Anda gunakan. Anda dapat meminta bantuan dari tim IT security LOGIQUE untuk memeriksa apakah sistem Anda sudah cukup aman dari berbagai serangan hacker yang berbahaya.

Seperti yang kita ketahui, saat ini serangan hacker yang menyebabkan pencurian data sudah semakin sering terjadi. Dengan bantuan, tim ethical hacker profesional dari LOGIQUE, perusahaan Anda dapat melakukan sejumlah tindakan preventif untuk menghindarinya.

Silakan hubungi kami atau kunjungi layanan pentest LOGIQUE untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts