Mengenal Peran Penting Key Opinion Leader dalam Pemasaran

Sumber: www.freepik.com

Selama beberapa tahun terakhir, Key Opinion Leader (KOL) menjadi strategi penting dalam digital marketing. Strategi ini secara efektif dapat meningkatkan brand awareness serta mendorong lebih banyak penjualan.

Anda tentu pernah membeli sebuah produk atau menggunakan suatu layanan atas rekomendasi seseorang baik itu teman ataupun keluarga.  Word of Mouth memang dinilai cukup efektif dalam memengaruhi seseorang untuk melakukan sebuah tindakan karena opini tersebut datang dari orang yang dipercaya.

Berdasarkan konsep tersebut, saat ini banyak bisnis yang memanfaatkan strategi Key Opinion Leaders untuk memengaruhi lebih banyak orang dengan jangkauan yang lebih luas. Jika Anda saat ini belum tahu apa yang dimaksud dengan Key Opinion Leaders, maka artikel berikut dapat memberikan informasinya untuk Anda. Silakan simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Key Opinion Leader (KOL)

Key Opinion Leader adalah seorang ahli yang memiliki pengetahuan mendalam serta pengalaman yang tinggi terkait bidang tertentu dan pendapatnya dianggap berpengaruh bagi suatu industri. Contoh KOL untuk beberapa industri seperti: 

  • Kesehatan: Dokter
  • Kuliner : Chef
  • Kosmetik : Make Up Artist 

KOL saat ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan untuk membuktikan bahwa produk/layanan yang mereka tawarkan memiliki kualitas yang baik dan diakui oleh seseorang yang ahli pada bidang tersebut. Di era digital seperti saat ini, KOL pada umumnya memiliki platform social media yang diikuti oleh banyak orang. Oleh karena itu, ketika Key Opinion Leader menyampaikan opini, informasi, atau saran mengenai sebuah produk maka mereka dapat membangun kepercayaan dari banyak konsumen terhadap produk tersebut.

Selain itu, KOL juga memiliki pengikut atau follower yang sesuai dengan bidangnya sehingga pesan yang mereka sampaikan dapat dijangkau oleh target market yang tepat. Dengan cara inilah, sebuah perusahaan dapat memanfaatkan KOL untuk meningkatkan brand awareness dan mendorong lebih banyak penjualan pada suatu produk.

Baca Juga: 8 Strategi Promosi Produk Paling Efektif di Era Digital

Key Opinion Leader VS Influencer

Meskipun terlihat hampir sama, namun perlu Anda ketahui bahwa Key Opinion Leader berbeda dengan influencer. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Key Opinion Leader adalah seseorang yang ahli pada suatu bidang dan opininya dianggap valid karena pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Sedangkan influencer merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain melalui platform media sosial.

Jadi, KOL melakukan pekerjaan yang tidak terikat dengan media sosial. Meskipun demikian, tidak menutup jika KOL juga aktif di salah satu media sosial seperti Instagram, Youtube, atau yang lain.

Jika dilihat dari sisi target audiensnya, KOL memiliki target yang jauh lebih spesifik dibandingkan influencer. Para chef tentu akan dipercaya banyak orang jika mereka memberikan rekomendasi terkait bidang kuliner dan bukan bidang lain seperti kesehatan atau kosmetik. Berbeda dengan influencer yang pada umumnya dapat mengulas berbagai hal dan merekomendasikan produk dari berbagai bidang industri seperti kuliner, fashion, dan masih banyak lagi.

Itulah sebabnya, mengapa KOL jauh lebih efektif dalam menjangkau target market yang spesifik. Mereka juga mampu meningkatkan brand awareness karena informasi yang mereka sampaikan dianggap valid.

Baca Juga: 7 Tips Berjualan di Instagram Agar Omset Meningkatkan di Tahun 2021!

key opinion leader
Sumber: www.freepik.com/user18526052

Keuntungan Menggunakan Key Opinion Leader dalam Pemasaran

1. Menjangkau target market yang tepat

KOL memiliki kelompok audiens yang lebih spesifik dan homogen. Dengan bekerjasama dengan KOL, maka pesan pemasaran yang ingin Anda sampaikan dapat dijangkau oleh target market yang tepat sesuai dengan niche bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjual produk makanan, maka gunakanlah jasa KOL dari orang-orang ahli di bidang kuliner seperti chef atau food blogger yang sudah dikenal oleh banyak orang. 

2. Meningkatkan engagement

Karena KOL mampu menjangkau target audiens dengan tepat maka akan ada lebih banyak engagement yang akan Anda peroleh. Pesan yang mereka sampaikan dapat dijangkau oleh pelanggan yang benar-benar tertarik dengan niche bisnis Anda.  Dengan demikian, KOL secara efektif dapat membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan pada bisnis Anda. 

Meskipun demikian, perlu Anda ingat bahwa ketika memiliki seseorang untuk menjadi KOL bisnis Anda maka gunakanlah KOL yang aktif berkomunikasi dengan kelompok audiensnya. Jika tidak, maka kecil kemungkinan untuk bisa meningkatkan engagement dengan baik.

3. Mendorong lebih banyak penjualan

Sama seperti influencer, KOL juga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi seseorang. KOL dapat membantu memperkenalkan suatu produk atau layanan perusahaan sehingga akan ada lebih banyak konsumen baru yang mengetahuinya. Hal tersebut pada akhirnya akan membangun kepercayaan konsumen dan mendorong lebih banyak penjualan. 

Selain itu, perlu Anda ingat bahwa saat ini sebagian besar konsumen lebih mempercayai Word of Mouth daripada iklan berbayar. Jika strategi Word of Mouth tersebut disampaikan oleh seseorang yang memang benar-benar ahli pada bidangnya tentu akan ada lebih banyak orang yang akan mempercayainya.

Kesimpulan

Strategi pemasaran saat ini sudah semakin berkembang. Ada baiknya jika Anda mengikuti tren yang sedang berkembang untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Meskipun demikian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk menggunakan strategi Key Opinion Leader ini. Beberapa diantaranya seperti:

  • Pilih KOL yang relevan dengan bisnis Anda
  • Pastikan KOL memiliki engagement yang tinggi di platform media sosial
  • Pastikan KOL memiliki reputasi yang baik (online maupun offline)

Di era digital, konsumen cenderung untuk mencari informasi terkait suatu produk/layanan melalui media internet. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa KOL untuk mempromosikan bisnis Anda di media digital. 

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan pemasaran, Anda dapat menghubungi LOGIQUE. Kami memiliki berbagai strategi pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis Anda. Silakan hubungi LOGIQUE sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts