7 CMS Ecommerce Terbaik untuk Mengembangkan Toko Online Anda

Sumber: www.freepik.com

Cari CMS Ecommerce terbaik untuk Toko Online Anda? CMS Ecommerce merupakan tools yang dapat Anda gunakan untuk mengelola toko online secara efektif dan efisien. Berikut 7 rekomendasi CMS Ecommerce terbaik yang bisa Anda gunakan.

Bisnis Ecommerce saat ini sudah semakin berkembang. Hal ini dapat kita lihat dengan semakin banyaknya platform-platform digital yang dipergunakan untuk menjual layanan atau produk secara online.

Seiring dengan semakin mudahnya akses internet di Indonesia, orang-orang saat ini memang cenderung lebih menyukai aktivitas berbelanja secara online. Jika dibandingkan dengan transaksi konvensional melalui store offline, belanja online dinilai lebih praktis, mudah, dan lebih menghemat waktu ataupun tenaga.

Agar dapat bersaing dengan para kompetitor, sebagai pemilik bisnis tentu Anda perlu mengikuti trend yang sedang berkembang dengan menyediakan kemudahan berbelanja melalui platform digital. Untuk memudahkan Anda, saat ini terdapat beragam CMS Ecommerce yang bisa Anda pergunakan untuk mengelola toko online dengan mudah.

Apa yang Dimaksud dengan CMS Ecommerce?

CMS Ecommerce adalah sistem atau tool yang memungkinkan pemilik toko e-commerce untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten situs web digital tanpa harus menulis kode apa pun. CMS sendiri merupakan singkatan dari Content Management System. Sistem ini juga memungkinkan penggunanya untuk dapat mengubah tampilan atau nuansa toko onlinenya. Contohnya seperti mengubah tata letak halaman produk, membuat banner untuk promosi, atau menambahkan bagian baru di halaman website untuk promosi yang lebih baik.

CMS Ecommerce sendiri tersedia dalam dua kategori utama, yaitu:

1. SaaS

CMS SaaS  adalah solusi berbasis cloud untuk toko Ecommerce yang tidak memerlukan server terpisah. Ketika menggunakan jenis CMS ini, Anda tidak perlu mengunduh sistem, mengelola pembaruan, atau menyiapkan tempat penyimpanan data karena software vendor yang akan menyiapkannya untuk Anda. Untuk menggunakan CMS SaaS ini, Anda perlu membayar biaya berlangganan. 

2. Open source

Ketika menggunakan Open source CMS ini, maka Anda memiliki kontrol penuh atas fungsionalitas web ecommerce Anda. Software open source dapat diunduh secara gratis dan Anda dapat meng-hostingnya sendiri. Itu artinya, Anda perlu mencari hosting, memelihara server, dan menginstal pembaruan software ketika diperlukan.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Web E-commerce yang Sukses untuk Bisnis

7 CMS Ecommerce Terbaik untuk Mengembangkan Toko Online

1. Shopify

Shopify merupakan salah satu CMS Ecommerce SaaS yang populer dan dikenal oleh banyak orang. CMS ini sering dipergunakan oleh pemilik bisnis online kecil atau pemula karena menyediakan antar muka yang sederhana dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Shopify juga dapat menjadi solusi terbaik bagi pemilik bisnis yang tidak mempunyai pengetahuan teknis dan tidak mampu menyewa tim developer sendiri. Meskipun demikian, fitur yang disediakan oleh Shopify cukup beragam tergantung pada jenis paket yang Anda pilih sehingga dapat dipergunakan oleh bisnis besar sekalipun.

Kelebihan Shopify:

  • Cepat dan mudah digunakan
  • Tidak membutuhkan keahlian teknis
  • Aman dan terpercaya
  • Layanan 24/7
  • Mobile friendly

2. Magento

Magento adalah CMS Ecommerce berbasis open source. CMS ini menawarkan berbagai fungsionalitas yang menarik mulai dari fitur pemasaran, search engine optimization, manajemen katalog, chatbots, dan masih banyak lagi. Selain itu, Magento juga menawarkan fleksibilitas bagi para penggunanya. Anda dapat merencanakan untuk membangun ecommerce besar ataupun kecil dengan CMS ini.

Meskipun dapat digunakan oleh berbagai skala bisnis, Magento sering menjadi pilihan bagi perusahaan-perusahaan besar yang mampu menyewa tim developer sendiri. Hal tersebut dikarenakan Magento membutuhkan pemahaman teknis tentang pengembangan website.

Kelebihan Magento:

  • Open source dan gratis
  • Mobile friendly
  • SEO friendly
  • Customizable
  • Powerfull

3. WooCommerce

CMS ecommerce yang selanjutnya adalah Woocommerce. Pada dasarnya, Woocommerce merupakan plugin WordPress berbasis open source yang dipergunakan untuk membangun toko online. Sama seperti WordPress, CMS plugin ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

WooCommerce termasuk salah satu CMS ecommerce yang customizable. Anda dapat menambahkan berbagai fitur ataupun ekstensi untuk meningkatkan fungsionalitas toko online Anda. Jika Anda membangun toko online menggunakan WordPress, maka WooCommerce bisa menjadi solusi tepat untuk Anda. 

Kelebihan WooCommerce:

  • Open source dan gratis
  • Customizable
  • SEO friendly
  • Terjangkau dan fleksibel
  • Aman digunakan

4. BigCommerce

BigCommerce adalah hosted platform yang memungkinkan Anda untuk menjual produk secara online melalui website. Jika Anda memilih untuk menggunakan BigCommerce, maka Anda tidak perlu mengunduh dan menyediakan tempat menyimpan apapun karena CMS ecommerce ini merupakan jenis CMS SaaS.

BigCommerce memiliki berbagai fitur yang berguna bagi toko online Anda. Beberapa diantaranya adalah alat untuk mengelola pengiriman dan pembayaran, optimasi untuk search engine atau SEO, terintegrasi dengan Amazon, eBay, atau situs media sosial, dan lain-lain. Sama seperti Shopify, BigCommerce juga menawarkan paket yang fleksibel. Jadi baik bisnis kecil, menengah, ataupun besar dapat memilih layanan paket yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Kelebihan BigCommerce:

  • Mobile friendly
  • Layanan 24/7
  • SEO friendly
  • Pengaturan yang cepat
  • Mudah digunakan

5. OpenCart

OpenCart merupakan CMS ecommerce open source yang menawarkan beragam template dan plugin untuk pengaturan toko online yang cepat. CMS ini termasuk platform yang ringan dan sederhana sehingga sering digunakan oleh pemula atau bisnis berskala kecil. Meskipun demikian, OpenCart memiliki performa yang cukup baik dan terintegrasi dengan lebih dari 20 gateway pembayaran serta delapan metode pengiriman.

Kelebihan OpenCart:

  • Open source dan gratis
  • Menawarkan platform CMS yang ringan dan cepat
  • Memiliki banyak ekstensi dan modul pihak ketiga

6. PrestaShop

Prestashop adalah CMS open source dengan manajemen data MySQL dan memungkinkan untuk penyesuaian kode backend yang luas. Jika Anda ingin mengembangkan toko online dari awal, maka PrestaShop dapat Anda pergunakan.

Pada dasarnya, PrestaShop cukup mudah untuk digunakan dan diinstal. Meskipun demikian perlu Anda ketahui bahwa untuk mengatur PrestaShop ini, Anda akan membutuhkan sedikit pemahaman terkait pengembangan website.

PrestaShop menyediakan berbagai fitur yang berguna bagi sebuah bisnis. Beberapa diantaranya seperti fitur pengaturan SEO, konfigurasi untuk pengiriman atau shipping, dan bahkan fitur untuk menangani pajak produk.

Kelebihan PrestaShop:

  • Open source dan gratis
  • Back-end yang fleksibel dan mudah dikelola
  • Menyediakan beragam opsi payment gateway

7. AbanteCart 

AbanteCart memungkinkan Anda untuk membuat situs ecommerce untuk menawarkan produk maupun layanan Anda. Melalui platform ini, Anda dapat mengelola beberapa toko dalam satu panel dan memastikan situs Anda dapat bekerja dengan baik pada perangkat seluler ataupun tablet. CMS ecommerce ini bersifat open source serta menyediakan beragam fitur yang berguna seperti menyediakan beragam tema, memiliki fitur untuk shipping/pengiriman, dan lain-lain.

Kelebihan AbanteCart:

  • Open source dan gratis
  • Menyediakan fitur untuk mengelola dan mengkategorikan produk
  • Memiliki fitur untuk manajemen pemasaran
cms ecommerce
Sumber: www.lfreepik.com/pch.vector

Tips Memilih CMS Ecommerce Terbaik untuk Bisnis Anda

Ketika memilih CMS ecommerce mana yang akan dipergunakan, setidaknya terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Mudah untuk digunakan

CMS seharusnya dapat memberikan bantuan dalam mengelola toko online Anda. Jika Anda saat ini sedang memulai bisnis online dan tidak memiliki tim pengembang, maka pastikan Anda memilih CMS ecommerce yang mudah dipasang dan dipergunakan. Selain itu, pastikan fitur-fitur dan cara kerja CMS tidak rumit sehingga Anda tetap dapat memberikan fokus utama pada pengembangan bisnis.

2. Biaya yang perlu dikeluarkan

Mengetahui berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan adalah faktor terpenting yang perlu  dipertimbangkan saat memilih CMS. Perlu Anda tahu, untuk mengelola sebuah toko online, maka  terdapat beberapa fitur dasar yang harus tersedia di dalam CMS, seperti fitur untuk mengatur halaman produk, menambahkan formulir pembayaran, mengelola daftar pesanan, melacak inventaris, dan lain-lain.

Jadi, buat daftar semua platform CMS yang menawarkan fitur tersebut kemudian bandingkan dan lihat opsi maka yang sesuai dengan anggaran Anda. Sebelum memilih, mempertimbangkan juga semua aspek lain yang dibutuhkan untuk membuat toko online baik itu domain, plugin, hosting, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan toko online sesuai dengan budget yang tersedia. 

3. Mudah dioptimalkan untuk memberikan User Experience yang baik

Pembeli saat ini sudah semakin familiar dengan situs web ecommerce. Jika website ecommerce Anda sulit untuk dioperasikan, maka pelanggan dapat keluar dari situs web Anda tanpa melakukan pembelian. Oleh karena itu, pastikan CMS ecommerce Anda memiliki desain fleksibel dan mobile friendly. Beberapa CMS ecommerce juga menawarkan berbagai integrasi dan plugin yang dapat dipergunakan untuk menjalankan promosi di dalam website. Selain itu, untuk memberikan user experience yang baik, maka pastikan juga web ecommerce Anda dapat bekerja dengan cepat.

4. SEO friendly

SEO memiliki peran penting agar web ecommerce Anda menonjol di halaman mesin pencari. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, ketika user membutuhkan sebuah produk/layanan, maka mereka akan mencarinya melalui mesin pencari seperti Google. Dengan memiliki CMS yang SEO friendly maka Anda dapat meningkatkan peluang agar web ecommerce Anda dapat ditemukan oleh pelanggan dengan mudah.

Baca Juga: 7 Strategi SEO untuk Mengoptimalkan Performa Situs Marketplace Anda

5. Keamanan

Karena toko online Anda akan menjadi tempat untuk melakukan transaksi, maka Anda juga perlu memastikan bahwa CMS tersebut menggunakan sistem keamanan yang baik. Sebagai pemilik eCommerce, keamanan data memang harus menjadi prioritas utama. Jika pelanggaran data terjadi, maka reputasi bisnis akan rusak dan pelanggan tidak akan lagi mempercayai layanan Anda.

6. Layanan 24/7

Jika Anda adalah seorang solopreneur atau memiliki tim kecil dengan pengalaman IT yang terbatas, maka pilih platform CMS yang menawarkan layanan pelanggan 24/7. Dengan layanan ini tim pengembang CMS dapat membantu Anda ketika terjadi masalah selama 24 jam non stop. Hal ini perlu menjadi perhatian karena ketika web ecommerce tidak dapat beroperasi maka bisnis akan kehilangan pendapatan.

Kesimpulan

CMS ecommerce merupakan salah satu tool yang diperlukan oleh sebuah bisnis untuk mengelola toko onlinenya. Tool ini menyediakan beragam fitur mulai dari pengaturan katalog produk, pengiriman, dan lain-lain.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis dan membutuhkan bantuan untuk pengembangan toko online, Anda dapat menghubungi tim LOGIQUE. Kami sudah sangat berpengalaman dalam pengembangan web ecommerce berskala besar di Indonesia. Kami juga dapat membantu mengembanakan web ecommerce dengan teknologi terbaru seperti PWA. Silakan hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda. Kami akan selalu siap membantu bisnis Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts