White Hat Hacker: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Harus Dikuasai

Sumber: www.freepik.com

White hat hacker atau juga dikenal dengan istilah ethical hacker adalah seorang peretas yang menggunakan kemampuannya untuk melindungi sistem di perusahaan Anda. Pelajari apa itu white hat hacker pada artikel kami berikut ini. 

Saat ini terdapat beberapa jenis hacker yang ada di dunia dan white hat hacker merupakan salah satu diantaranya. Tidak seperti hacker pada umumnya yang dikenal jahat dan sering membawa kerugian, white hat hacker ini justru dibutuhkan oleh para pemilik perusahaan. Mereka memiliki kemampuan untuk melindungi sistem Anda sehingga data sensitif di perusahaan tidak akan terakses oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jadi, sebenarnya apa itu white hat hacker? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa Itu White Hat Hacker?

Pada dasarnya, hacker merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengeksploitasi kerentanan pada suatu sistem atau jaringan untuk memperoleh akses tidak sah ke dalam sistem tersebut. Meskipun demikian, ada beberapa jenis hacker yang melakukan tindakan hacking untuk tujuan yang baik. Salah satunya adalah white hat hacker atau dikenal juga dengan istilah ethical hacker. 

Jadi, white hat hacker adalah hacker bersertifikat yang memiliki keahlian dalam bidang keamanan cyber dan menggunakan kemampuan tersebut untuk melindungi sistem di perusahaan, organisasi, ataupun pemerintahan. Mereka adalah pakar keamanan cyber yang melakukan peretasan untuk mengidentifikasi apakah sebuah sistem sudah memiliki tingkat keamanan yang baik atau celah keamanan yang rentan disusupi oleh hacker jahat yang lain (black hat hacker). 

Baca Juga: Apa Itu Hacker? Jenis-jenis Hacker yang Perlu Anda Ketahui 

Apa Tugas White Hat Hacker?

Perusahaan biasanya akan menggunakan jasa white hat untuk menguji sistem informasi mereka. White hat kemudian akan menjalankan pemindaian mendalam di dalam jaringan untuk mencari malware, mencoba meretas sistem informasi menggunakan berbagai metode yang biasanya digunakan black hats, bahkan mencoba menipu staf perusahaan agar mengklik tautan yang mengarah ke serangan malware.

Tindakan-tindakan tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa baik tingkat keamanan di dalam sebuah perusahaan. Jika mereka menemukan kerentanan, mereka akan memberikan berbagai solusi perbaikan sistem. Jadi, secara garis besar tugas white hat hacker adalah menemukan kerentanan pada sistem sebelum black hat hacker menemukannya.

Ketika menjalankan tugasnya, white hat akan menggunakan berbagai tools dan berbagai langkah, seperti:

  • Meneliti target yang akan diretas.
  • Memindai jaringan dan sistem target dengan berbagai vulnerability scanners
  • Merencanakan serangan yang mencakup eksploitasi kerentanan perangkat lunak, kerentanan sistemik, atau manipulasi sosial.

Untuk beberapa kasus, white hat hacker akan menduduki beberapa jabatan di perusahaan seperti:

  • Penetration tester
  • Cybersecurity analyst
  • Information security analyst
  • Intrusion detection analyst
  • IT security engineer
  • IT security administrator
  • Network security analyst
white hat hacker
Sumber: www.freepik.com/jcomp

Mengapa White Hat Hacker dibutuhkan Perusahaan?

Ada beberapa alasan mengapa peran white hat hacker sangat penting dalam sebuah perusahaan.

1. Membantu meningkatkan keamanan sistem

Teknologi berkembang dengan cepat dan sebagian besar perusahaan sudah mengadopsi inovasi baru untuk mengoptimalkan tugas mereka sehari-hari dengan bantuan platform digital. Sebagian besar perusahaan saat ini juga sudah menggunakan platform digital untuk memasarkan produk ataupun layanan mereka. Hal tersebut membuat perusahaan rentan menjadi target serangan cyber crime karena hacker mengincar data-data sensitif yang tersimpan di dalamnya.

Oleh sebab itulah, sebuah perusahaan perlu merancang strategi yang matang untuk meningkatkan keamanan sistem yang mereka gunakan. Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan jasa ethical hacker atau white hat hacker karena mereka memiliki beragam solusi untuk menghindari serangan dari sudut pandang seorang hacker. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, white hat memiliki pengetahuan dan skill yang mendalam terkait keamanan cyber serta mampu melakukan pengujian secara rutin untk memastikan keamanan sistem selalu dalam kondisi optimal. Dengan bantuan white hat hacker, Anda dapat memahami infrastruktur IT Anda dengan baik serta melihat kelemahan dan risiko keamanan secara keseluruhan. Dengan demikian, Anda dapat memastikan perusahaan dapat terhindar dari berbagai serangan cyber yang mengincar akses tidak sah.

2. Melindungi data perusahaan

Di era modern seperti saat ini, data adalah aset berharga milik perusahaan yang harus dijaga. Anda mungkin pernah mendengar beberapa perusahaan di Indonesia yang menjadi korban serangan data breach atau pencurian data. Serangan ini dilakukan oleh para hacker dengan sengaja membobol sistem sehingga data-data sensitif milik perusahaan atau pelanggan dapat terakses.

Hacker memang tidak mudah menyerah, mereka akan terus mencari cara untuk dapat meretas sistem keamanan pada aplikasi atau website. Jika sebuah sistem dapat terakses oleh piahk yang tidak sah, maka data-data yang tersimpan di dalamnya dapat dipergunakan oleh hacker untuk melakukan sejumlah tindakan yang merugikan seperti melakukan penipuan, menggandakan kartu kredit, atau bahkan pemerasan. Tidak jarang, data sensitif yang berhasil dicuri oleh para hacker juga akan diperjual-belikan di dalam dark website untuk mendapatkan uang. 

Salah satu penyebab mengapa data breach sering terjadi adalah karena adanya kerentanan pada suatu sistem. Hacker akan memanfaatkan kerentanan tersebut untuk masuk ke dalam sistem. Karena alasan inilah, sebuah perusahaan membutuhkan white hat hacker untuk melakukan penetration testing secara rutin. Penetration testing dapat membantu perusahaan menemukan celah keamanan agar bisa segera ditambal atau diperbaiki sebelum black hat hacker menemukannya dan mengakses data-data penting di dalamnya. 

Baca Juga: Data Breaches 2020: 5 Kasus Pelanggaran Data Terbesar Selama 2020

3. Melindungi reputasi perusahaan

Sistem keamanan yang buruk dan lemah tidak hanya akan merugikan perusahaan namun juga pelanggan. Reputasi perusahaan yang sudah dibangun selama bertahun-tahun  bisa saja berubah secara drastis menjadi buruk karena kekecewaan pelanggan terhadap sistem keamanan yang buruk. Akibatnya, perusahaan akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan sehingga bisnis tidak akan berkembang.

Untuk menjaga keberlangsungan bisnis, maka sebuah perusahaan membutuhkan pakar keamanan cyber yaitu white hat hacker. Mereka dapat melakukan Vulnerability Assessment untuk mengetahui berbagai informasi mengenai kelemahan keamanan pada IT environment di perusahaan. 

Perlu Anda pahami, selain membantu perusahaan terhindar dari serangan cyber, bekerjasama dengan white hat hacker juga dapat membantu perusahaan untuk terhindar dari denda atau tuntutan hukum jika pelanggaran data terjadi.

Bagaimana Cara Menjadi White Hat Hacker?

Ethical hacking tidak hanya membutuhkan kemampuan problem solving namun juga keterampilan komunikasi yang kuat, kecerdasan, kemampuan untuk beradaptasi, pengambilan keputusan, dan kuat di bawah tekanan. Untuk menjadi white hat hacker profesional, Anda harus memiliki motivasi yang kuat serta mengetahui pengetahuan mendalam terkait keamanan cyber.

Jika saat ini Anda sudah memiliki pengetahuan dasar mengenai jaringan komputer, Anda dapat mengikuti beberapa program training untuk bisa menjadi white hat hacker profesional yang bersertifikat. Beberapa diantaranya seperti:

1. Certified Network Defender (CND)

Untuk menjadi hacker, penting bagi Anda untuk mempelajari berbagai komponen jaringan, traffic, topologi jaringan, kebijakan keamanan, dan berbagai konsep jaringan dasar lainnya. Selain itu, Anda juga harus memahami dengan baik dasar-dasar pertahanan jaringan. Dengan mengikuti program training ini, Anda akan mempelajari banyak hal, yaitu:

  • VPN
  • Berbagai protokol jaringan
  • Konfigurasi firewall
  • Analisis dan pemindaian kerentanan, dan masih banyak lagi.

2. Certified Ethical Hacker (CEH)

White hat profesional memahami berbagai tools dan teknik hacking secara mendetail. Anda perlu belajar berbagai hal mengenai network scanning, vulnerability assessment, system hacking, cryptography, SQL Injection, IoT hacking, dan berbagai konsep penting yang lain. Untuk mempelajarinya Anda dapat mengikuti  program Certified Ethical Hacker dari EC- Council yang dirancang secara khusus untuk membangun keterampilan dan pengetahuan Anda sebagai white hat hacker / ethical hacker. 

3. EC-Council Certified Security Analyst (ECSA)

EC-Council Certified Security Analyst atau ECSA merupakan lanjutan sertifikasi keamanan untuk melengkapi Certified Ethical Hacker (CEH). Di sini, Anda akan mempelajari metodologi yang tepat untuk melakukan penetration testing, seperti:

  • Network penetration testing
  • Web application penetration testing
  • Wireless penetration testing
  • Cloud penetration testing
  • Database penetration testing
  • Social engineering penetration testing

Program ECSA dapat memperluas pengetahuan Anda mengenai berbagai tools dan dan teknik peretasan ke tingkat berikutnya. 

4. Licensed Penetration Tester (LPT)

Untuk memastikan kredibilitas Anda sebagai seorang white hat hacker, Anda dapat mengikuti Licensed Penetration Tester (LPT). Program LPT merupakan program  untuk tingkat ahli yang dirancang untuk menguji konsep dan teknik penetration testing Anda. Pada program ini, Anda akan diuji dengan berbagai tantang yaitu:

  • OS vulnerabilities exploitation
  • Host-based application exploitations
  • Multi-level pivoting
  • Privilege escalation
  • RFI/LFI
  • SQL injection
  • SSH tunneling, dan lain-lain

Kesimpulan

White hat hacker adalah hacker yang melakukan peretasan pada sistem dengan tujuan yang baik. Mereka menawarkan kemampuan dan pengetahuannya untuk melindungi sistem perusahaan agar terhindar dari serangan-serangan cyber yang dilakukan oleh black hat hacker.

Dengan bekerja sama dengan white hat hacker bersertifikat, Anda dapat memastikan bahwa perusahaan telah mempraktikkan teknik keamanan sistem terbaru. Selain itu, white hat hacker juga mengetahui berbagai teknik peretasan. Oleh karena itu, mereka dapat mengetahui kerentanan pada sistem sebelum dieksploitasi oleh black hat hacker.

Dari penjelasan kami di atas, Anda tentu sudah dapat memahami pentingnya cyber security di dalam sebuah perusahaan. Dengan keamanan sistem yang baik, perusahaan dapat terhindar dari berbagai serangan cyber dan kerugian finansial.

Jika Anda membutuhkan bantuan dari white hat hacker, Anda dapat menghubungi tim LOGIQUE. Kami memiliki tim ethical hacker profesional bersertifikat yang menguasai beragam teknik hacking. Kami juga memiliki pengetahuan, skill, dan tools yang canggih untuk membantu meningkatkan keamanan sistem Anda.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ini, silakan kunjungi atau klik layanan penetration LOGIQUE. Anda juga bisa menghubungi kami untuk mendapatkan penjelasan secara langsung. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts