Mengenal Apa Itu MySQL dan Memahami Cara Kerjanya

Sumber: www.mysql.com

Apa itu Mysql? MySQL adalah sistem manajemen database relasional SQL bersifat open source yang dikembangkan dan didukung oleh Oracle. Berikut cara kerja dan penjelasan selengkapnya untuk Anda. 

Database pada dasarnya adalah kumpulan data terstruktur yang diatur sedemikian rupa agar mudah untuk digunakan dan diambil kembali. Sebagai contoh, pada situs web WordPress, data dapat berupa berbagai hal seperti tulisan artikel, pengaturan konfigurasi, gambar, dan lain-lain. Seperti yang kita ketahui, sebuah situs website dapat menyimpan berbagai data berskala besar. Oleh karena itulah, MySQL dipergunakan untuk menyimpan dan mengelola data tersebut untuk Anda.

Apa itu MySQL?

MySQL adalah relational database management system (RDBS) berbasis SQL (Structured Query Language). RDBMS sendiri merupakan sistem atau perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola database berdasarkan model relasional. MySQL sendiri ditulis dalam bahasa pemrograman C dan C++ serta dapat bekerja pada berbagai platform seperti Microsoft Windows, Oracle Solaris, AIX, Symbian, Linux, MAC OS, dan lain-lain.

Software atau sistem ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti data warehousing atau aplikasi logging. Meskipun demikian, tujuan paling umum mengapa mySQL digunakan adalah untuk mengelola database website.

Perlu Anda tahu, MySQL dan SQL merupakan dua hal yang berbeda. MySQL adalah salah satu nama merek perangkat lunak RDBMS paling populer yang mengimplementasikan client-server model . Sedangkan SQL atau Structured Query Language adalah bahasa khusus untuk memperbarui, menghapus, dan meminta informasi dari database. Jadi, jika Anda menemukan istilah lain yang menggunakan SQL di dalamnya, seperti Microsoft SQL server atau PostgreSQL maka kemungkinan besar istilah tersebut adalah nama atau merek untuk sistem yang juga menggunakan Structured Query Language syntax.

Baca Juga: 7 Contoh Bahasa Pemrograman Dasar yang Cocok Untuk Pemula

apa itu mysql
Sumber: www.freepik.com/fullvector

Bagaimana Cara Kerja MySQL?

Penting untuk mengetahui apa itu MySQL dengan memahami bagaimana cara kerja sistem tersebut. Pada sistem MySQL secara garis besar terdapat dua konsep yang berjalan di dalamnya yaitu Relational database dan Client-server model.

1. Relational database

Perlu Anda tahu, saat menyimpan data ke dalam database, terdapat beberapa pendekatan yang bisa Anda gunakan. MySQL memilih pendekatan yang disebut Relational database yaitu data akan dipecah menjadi beberapa area penyimpanan terpisah (yang disebut tabel) daripada menggabungkan semuanya menjadi satu unit penyimpanan besar.

Sebagai contoh, saat Anda ingin menyimpan dua jenis informasi yaitu:

  • Pelanggan : data nama, alamat, dan lain-lain.
  • Pesanan : nama produk, harga, pemesan, dan lain-lain.

Jika Anda mencoba menggabungkan semua data tersebut dalam satu unit penyimpanan besar maka kemungkinan besar Anda akan menghadapi beberapa masalah seperti:

  • Data berbeda : data yang perlu Anda kumpulkan untuk pesanan kemungkinan akan berbeda dengan data pelanggan.
  • Duplikat data: setiap pelanggan memiliki nama dan setiap pesanan juga memiliki nama pelanggan. Menangani data duplikat tersebut akan menjadi sulit.
  • Tidak terorganisir: Anda akan kesulitan ketika harus menghubungkan informasi pesanan dengan informasi pelanggan dengan tepat.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, relational database digunakan akan membuat tabel terpisah antara tabel pelanggan dan tabel pesanan.

2. Client-server model

MySQL juga menggunakan client-server model. Perlu diketahui bahwa server merupakan lokasi sebenarnya dimana data Anda berada. Untuk mengaksesnya Anda perlu melakukan “request” dan disinilah Client akan masuk. Jadi, dengan menggunakan SQL, client akan mengirimkan request ke server database untuk memperoleh data yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, terdapat suatu halaman website berbasis WordPress dan user datang mengunjungi web tersebut untuk membaca suatu artikel dan membuka halaman blog . Pada kondisi ini, WordPress akan mengirim beberapa SQL requests ke server database untuk mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan untuk menampilkan artikel blog di web browser user.

Jadi, bagaimana cara kerja MySQL?

Secara garis besar, berikut ini adalah cara kerja MySQL:

  1. MySQL akan membuat dan menyediakan database untuk menyimpan, memanipulasi, serta mendefinisikan hubungan untuk setiap tabel.
  2. Client dapat membuat request dengan mengetikkan pernyataan SQL tertentu di MySQL.
  3. Aplikasi server kemudian akan memberikan merespon dengan memberikan informasi yang diminta dan menampilkannya pada di sisi client. 

Mengapa MySQL Sangat Populer?

Dengan penjelasan yang telah kami sampaikan di atas, Anda tentu sudah dapat memahami apa itu MySQL bukan? Sekarang, mungkin Anda akan bertanya-tanya mengapa sistem ini bisa begitu populer dan banyak digunakan.

Selain mampu mengelola database dengan baik, MySQL juga memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Fleksibel dan mudah digunakan

MySQL bersifat open source dan Anda dapat memodifikasi source code dengan fleksibel. Anda juga bisa mengupgrade layanan ke versi komersial lanjutan untuk mendapatkan lebih banyak fitur. Selain itu, proses instalasi yang perlu dilakukan juga cukup mudah dan sederhana.

  • Memiliki performa yang tinggi

MySQL memiliki performa tinggi sehingga dapat membantu Anda mengelola databse dengan lancar dengan kecepatan optimal.

  • Aman

MySQL menetapkan standar keamanan yang tinggi untuk memastikan data-data dapat tersimpan dengan aman.

Baca Juga: Keunggulan MySQL Database yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Jadi, apa itu MySQL? MySQL merupakan sistem manajemen database yang berguna untuk mengelola database. Sistem ini memiliki banyak fitur dan berbagai kelebihan sehingga sering diandalkan oleh para pengembang website.

Dalam mengembangkan web berskala besar, LOGIQUE Digital Indonesia juga seringkali mengandalkan MySQL ini. Dengan demikian, web dapat bekerja dengan optimal. 

Jika Anda membutuhkan layanan pengembangan website yang komprehensif, Anda dapat menghubungi tim LOGIQUE. Kami tidak hanya akan membantu mengembangkan web perusahaan Anda namun juga akan memberikan berbagai solusi agar bisnis Anda dapat berkembang di era digital. Silakan hubungi kami sekarang juga!

Informasi lebih lanjut mengenai layanan pembuatan website silakan klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts