Pengertian, Cara kerja dan Contoh Payment Gateway di Indonesia

Sumber: www.freepik.com

Seiring dengan semakin banyaknya web e-commerce di Indonesia, terdapat beberapa contoh payment gateway populer yang sudah banyak dipergunakan. Payment gateway adalah sebuah teknologi yang menjadi jembatan antara bisnis Anda dengan pelanggan. Berikut penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Secara garis besar, payment gateway adalah layanan e-commerce untuk memproses, memverifikasi, menerima / menolak pembayaran yang secara digital. Jika Anda adalah pemilik bisnis e-commerce, teknologi ini dapat membantu Anda dalam menghadirkan proses pembayaran yang aman dan efisien.

Banyak pemilik bisnis yang menggunakan sistem ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya penipuan kartu kredit dalam bisnis E-Commerce. Selain itu, payment gateway juga dapat membuat proses pembayaran menjadi lebih cepat dan mudah. Agar Anda dapat lebih memahami dengan jelas mengenai apa itu payment gateway, berikut kami sajikan penjelasannya untuk Anda.

Apa Itu Payment Gateway?

Payment gateway adalah teknologi yang digunakan oleh penjual atau pemilik bisnis untuk mengotorisasi atau menerima pembayaran dari pelanggan melalui kartu debit/kredit, dompet digital, dan lain-lain. Payment gateway sebenarnya tidak hanya digunakan oleh website e-commerce namun juga berbagai bisnis offline (toko fisik) yang memfasilitasi pembayaran dengan transaksi digital yang aman. 

Cara termudah untuk memahami apa itu payment gateway yaitu dengan memikirkan bahwa payment gateway adalah teknologi aman yang menjembatani proses pembayaran antara bisnis Anda dan pelanggan. Jika Anda bisnis Anda menyediakan layanan pembayaran dengan payment gateway, maka Anda tidak hanya memberikan pelayanan yang lebih baik, namun juga mendorong lebih banyak pelanggan untuk melakukan pembelian karena bisnis Anda dapat mengakomodasi semua metode pembayaran.

Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?

Berikut adalah proses payment gateway bekerja secara garis besar:

  1. Pelanggan memilih produk atau layanan yang ingin mereka beli dan melanjutkan ke proses pembayaran.
  2. Pelanggan memasukkan rincian kartu kredit atau debit mereka di halaman pembayaran. Informasi tersebut kemudian akan diteruskan dengan aman ke payment gateway Anda.
  3. Payment gateway kemudian akan memberi token atau mengenkripsi detail kartu pelanggan serta melakukan pemeriksaan penipuan sebelum mengirim data kartu tersebut ke bank yang mengakuisisi.
  4. Setelah itu, data dikirim dan bank yang mengakuisisi akan mengirimkan informasi dengan aman ke card schemes seperti Visa atau Mastercard.
  5. Card schemes selanjutnya akan kembali melakukan pemeriksaan penipuan dan mengirim data pembayaran ke bank penerbit.
  6. Setelah melakukan screening penipuan, bank penerbit akan mengotorisasi transaksi. Pesan pembayaran yang disetujui atau ditolak akan ditransfer kembali dari card schemes, lalu ke bank pengakuisisi.
  7. Bank yang mengakuisisi mengirimkan pesan persetujuan atau penolakan kembali ke payment gateway yang kemudian mengirimkan pesan tersebut untuk Anda (pedagang). Jika pembayaran disetujui, pengakuisisi mengumpulkan jumlah pembayaran dari bank penerbit dan menyimpan dana tersebut ke dalam merchant account atau akun pedagang Anda. 

Sebagai informasi, menyetorkan dana ke merchant account dikenal dengan istilah settlement. Kapan proses settlement dapat terjadi sebenarnya tergantung pada kesepakatan yang dibuat antara pedagang dengan payment gateway yang mereka gunakan.

  1. Setelah proses tersebut, pedagang dapat menampilkan halaman konfirmasi pembayaran kepada pelanggan.
contoh payment gateway
Sumber: www.freepik.com/freepik

Baca Juga: 3 Keuntungan yang Anda Dapat dari Online Payment Gateway

Contoh Payment Gateway di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk menyediakan pengalaman transaksi digital yang aman dan nyaman, terdapat beberapa contoh payment gateway populer yang sering digunakan oleh para pemilik bisnis di Indonesia. Berikut beberapa diantaranya:

  1. DOKU

Contoh payment gateway yang pertama adalah DOKU. DOKU merupakan penyedia layanan pembayaran online di Indonesia yang dibangun pada tahun 2007. Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan nama NSIAPay, namun pada tahun 2010 perusahaan memutuskan untuk melakukan rebranded  menjadi DOKU.

Sebagai penyedia layanan pembayaran online, DOKU tidak hanya menyediakan sistem payment gateway saja namun juga beragam produk lain seperti:

  • Transfer service: layanan untuk membantu pemilik bisnis dalam melakukan transfer dana berskala besar ke banyak rekening penerima.
  • E-wallet: layanan dompet digital
  • QRIS DOKU: kode QR pada kasir toko yang dapat dipindai oleh pengguna uang elektronik untuk melakukan pembayaran.

Untuk layanan payment gateway, DOKU menawarkan berbagai fitur unggulan untuk kemudahaan transaksi pembayaran digital. Beberapa fitur tersebut seperti:

  • Menyediakan metode pembayaran beragam: DOKU dapat menghubungkan bisnis Anda ke lebih dari 20 bank dan lembaga non-keuangan di Indonesia
  • Sistem pembayaran yang aman: DOKU menyediakan fraud detection agar pembayaran berjalan dengan aman
  • Menyediakan E-Invoice: layanan ini dapat digunakan untuk penagihan langsung ke pelanggan Anda.
  • Integrasi e-commerce CMS: DOKU menyediakan layanan integrasi dengan berbagai platform e-commerce seperti Magento, Shopify, Joomla, dan lain-lain

2. Midtrans

Contoh payment gateway yang selanjutnya adalah Midtrans. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2012 dan sebelumnya dikenal sebagai Veritrans Indonesia. Sama seperti contoh payment gateway yang lain, Midtrans juga menawarkan beberapa pilihan pembayaran mulai dari e-money, kartu kredit/debit, e-banking, atau pembayaran tunai di toko atau gerai.

Dalam memberikan layanannya, Midtrans menjamin bahwa transaksi pembayaran yang terjadi dapat berjalan aman. Midtrans menggunakan teknologi deteksi anomali yang unggul untuk melindungi transaksi Anda. Selain itu, Midtrans juga menggunakan enkripsi AES 256 untuk memastikan bahwa data sensitif terlindung dari pencuri dan akses yang tidak sah.

Sebagai salah satu payment gateway populer di Indonesia, Midtrans kompatibel untuk berbagai platform mulai dari Shopify sampai iOS. Sampai saat ini, Midtrans sudah digunakan oleh 500k merchant termasuk Tokopedia, Gojek, dan perusahaan besar lainnya.

 3. Faspay

Perlu Anda tahu, Faspay termasuk penyedia layanan pembayaran online yang sudah lama ada di Indonesia karena sudah mulai beroperasi sejak tahun 2003. Faspay juga sudah bertindak sebagai sistem integrator untuk sistem mobile banking. Sampai saat ini, Faspay telah membantu transaksi pembayaran online untuk lebih dari 2500 merchant dari berbagai jenis bisnis.

Dalam menyediakan layanan payment gatewaynya, Faspay menawarkan lebih dari 40 metode pembayaran baik itu melalui internet banking, mobile banking, e-money, kartu kredit/debit, dan lain-lain. Untuk memastikan keamanan transaksi, Faspay menggunakan sertifikasi PCI DSS Level I untuk menjamin transaksi menggunakan kartu kredit yang diperbarui setiap tahun.

Selain itu, Faspay juga menginformasikan bahwa mereka memiliki solusi all in one untuk payment gateway. Beberapa solusi yang mera tawarkan seperti:

  • Dapat menerima transaksi pembayaran dengan mudah.
  • Pembuatan faktur online.
  • Distribusi dana secara real time.
  • Pinjaman bisnis yang dapat mencapai Rp 2 miliar.

 4. Finpay

Contoh payment gateway selanjutnya yang dapat digunakan di Indonesia adalah Finpay yang dikembangkan oleh PT Finnet Indonesia. Finpay mulai beroperasi pada tahun 2006 dan bergerak pada penyediaan layanan fintech yang mampu memberikan beragam solusi untuk berbagai jenis industri seperti perbankan, e-commerce, pemerintahan, dan lain-lain.

Seperti payment gateway yang lain, Finpay juga menyediakan berbagai metode pembayaran seperti kartu kredit, debit online, e-money, Virtual Account Bank, Finpay kode bayar, dan metode lain. Mereka menyediakan layanan ini untuk  meningkatkan keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi online. Demi kenyamanan konsumen, Finpay menyediakan dashboard Finpay untuk memantau dan memonitor transaksi yang sedang terjadi secara real time. Selain itu, mobile app Finpay juga memungkinkan penggunanya untuk bisa melakukan pembayaran tagihan seperti listrik, pulsa BPJS, dan lain-lain. 

 5. Espay

Espay menyediakan solusi pembayaran online yang aman dan nyaman. Selain di Indonesia, Espay juga dapat digunakan di beberapa negara yang lain seperti China, Hongkong, Malaysia, India, Jepang, Filipina, dan lain-lain. Jadi, jika bisnis Anda ingin menjangkau target market yang lebih luas, solusi payment gateway dari Espay ini dapat Anda pertimbangkan untuk Anda gunakan. 

Pada tahun 2018, Espay secara resmi telah terdaftar dan mendapat izin dari Bank Indonesia sebagai perusahaan penyelenggara payment gateway . Espay juga sudah mendapatkan sertifikasi dari Kemenkominfo sebagai penyelenggara sistem elektronik.

Espay banyak digunakan di Indonesia karena menawarkan beberapa fitur yang berguna. Beberapa diantaranya seperti:

  • Proses integrasi yang mudah dan cepat

Jika Anda menggunakan platform e-commerce seperti  Magento, PrestaShop, Woocommerce, Oscommerce, Opencart, Zencart, ataupun WHMCS, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan proses integrasi yang rumit. Anda dapat menggunakan plugin dari Espay untuk aktivasi payment gateway.

  • Integrasi B2C2B

Espay memberikan solusi pembayaran B2C2B bagi merchant yang membutuhkan layanan untuk menerima pembayaran dari pelanggan dan juga mampu membantu melakukan pembayaran kepada rekan-rekan bisnisnya seperti supplier ataupun jasa delivery.

  • Settlement online dan real time

Sistem dari Espay dapat secara otomatis memberikan notifikasi secara host-to-host kepada sistem e-commerce Anda. 

  • Menyediakan laporan otomatis

Anda dapat mengakses laporan transaksi untuk keperluan audit trail status rekonsiliasi antara Espay dengan platform e-commerce Anda.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Web E-commerce yang Sukses untuk Bisnis

Kesimpulan

Saat ini ada banyak contoh payment gateway yang bisa Anda gunakan di Indonesia. Perlu Anda ingat, apabila Anda tertarik untuk menggunakan layanan ini maka ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan seperti:

  • Memastikan bahwa payment gateway tersebut sudah mendapat izin dari Bank Indonesia.
  • Cek fitur-fitur yang disediakan. Pastikan layanan tersebut mudah dan praktis untuk digunakan.
  • Penggunaan payment gateway akan berhubungan dengan proses pembayaran serta data-data sensitif pelanggan. Oleh karena itu, pastikan layanan tersebut dapat memberikan sistem keamanan yang kuat dan terpercaya. 

Jika saat ini Anda ingin mengembangkan bisnis online dan ingin membangun website dengan fitur payment gateway di dalamnya, Anda dapat menghubungi LOGIQUE Digital Indonesia. Kami sudah memiliki banyak pengalaman dalam pembuatan website berskala besar dengan fungsi payment gateway di dalamnya. Silakan hubungi tim LOGIQUE untuk mendapatkan detail informasi mengenai layanan kami. Anda juga dapat mengunjungi Layanan Pembuatan Web untuk mendapat info lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts