Cara Membuat Whatsapp Bisnis dan Mengoptimalkannya

Sumber: www.pixabay.com

Cara membuat Whatsapp Bisnis cukup sederhana dan mudah. Berikut kami sajikan penjelasannya untuk Anda.

Sampai saat ini, Whatsapp masih menjadi aplikasi chat populer yang digunakan oleh banyak orang di dunia. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari backlinko.com, saat ini pengguna aktif aplikasi chat ini sudah mencapai 2 miliar pengguna di seluruh dunia. Oleh sebab itulah, Anda dapat memanfaatkan Whatsapp untuk menjalankan strategi digital marketing Anda.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, Whatsapp adalah aplikasi chat yang gratis, mudah digunakan, serta memiliki beragam fitur chat yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang lain. Melihat kepopuleran aplikasi ini, banyak perusahaan yang menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Hal inilah yang mendorong WhatsApp untuk mengembangkan aplikasi WhatsApp Business yang ditujukan secara khusus untuk para pemilik bisnis.

Sejauh ini usaha kecil sebenarnya sudah cukup banyak yang menggunakan aplikasi WhatsApp biasa untuk menjalankan bisnis atau memberikan dukungan pelanggan. Meskipun cara tersebut berhasil, namun dengan membuat profil bisnis maka sebuah perusahaan dapat menawarkan lebih banyak kredibilitas kepada para pelanggannya.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, berikut kami sediakan cara membuat Whatsapp Bisnis untuk Anda.

Apa Itu Whatsapp Bisnis ?

Melalui official websitenya, Whatsapp menjelaskan bahwa Whatsapp Bisnis adalah aplikasi gratis yang tersedia di Android ataupun iPhone dan dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan dari para pemilik usaha kecil. Whatsapp Bisnis memudahkan perusahaan untuk bisa interaksi bersama pelanggannya yaitu dengan menyediakan berbagai tools untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat. 

Aplikasi Whatsapp Bisnis ini juga didesain agar dapat memberikan feel dan fungsi yang sama seperti WhatsApp Messenger yang digunakan oleh banyak orang. Jadi, aplikasi Whatsapp Bisnis ini juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal yang biasa Anda lakukan pad Whatsapp Messenger seperti mengirim pesan atau mengirim foto.

Secara garis besar, Whatsapp Bisnis memiliki beberapa fitur utama, seperti:

  • Profil bisnis: fitur untuk mencantumkan informasi penting berkaitan dengan profil bisnis Anda seperti alamat perusahaan, email, dan situs web.
  • Label: fitur untuk mengatur dan menemukan obrolan atau pesan Anda dengan mudah.
  • Messaging tools: fitur atau tools untuk merespons pesan dari pelanggan dengan cepat.

Baca Juga: WhatsApp Business Resmi Dirilis, Ini Fitur-fitur Canggihnya

cara membuat whatsapp bisnis
Sumber: www.pixabay.com/@antonbe

Cara Membuat Whatsapp Bisnis

Setelah Anda mengetahui apa itu Whatsapp Bisnis, berikut kami sediakan cara membuat Whatsapp Bisnis langkah demi langkah.

Langkah 1: Download Aplikasi Whatsapp Bisnis

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi Whatsapp bisnis. Jika Anda adalah pengguna Android maka Anda dapat mengunduhnya dari Play Store, namun jika Anda adalah pengguna iOs maka Anda bisa mendapatkannya di App Store.

Langkah 2: Daftarkan Akun WhatsApp Bisnis Anda

Tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat akun Whatsapp Bisnis. Pada tahap ini, Anda akan ditanya apakah ingin menggunakan nomor WhatsApp pribadi sebagai nomor bisnis atau mendaftarkan nomor baru. Kami menyarankan, agar Anda menyediakan nomor baru atau nomor khusus untuk mengelola dan menjalankan bisnis Anda.

Jadi, di tahap ini, Anda dapat memilih untuk menggunakan nomor yang lain. Setelah memasukkan nomor baru, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi berupa enam digit acak ke nomor yang Anda gunakan.

Langkah 3: Lengkapi Profil Bisnis Anda

Setelah akun Whatsapp Bisnis selesai Anda buat, maka langkah selanjutnya adalah melengkapi profil bisnis Anda. Caranya adalah dengan membuka menu Settings > Business Settings > Profile. Di sini Anda dapat mengubah atau melengkapi profil bisnis dengan gambar profil, display name, kategori, deskripsi bisnis, alamat, email, atau website. Pastikan data yang Anda isi benar dan sesuai dengan profil bisnis Anda yang sebenarnya.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Whatsapp Bisnis

Mengetahui bagaimana cara membuat Whatsapp Bisnis memang sangat membantu, namun jika Anda tahu bagaimana cara mengoptimalkannya tentu hal tersebut akan jauh lebih bermanfaat untuk bisnis Anda. Berikut kami sajikan cara Mengoptimalkan penggunaan Whatsapp Bisnis:

1. Gunakan away massage untuk membalas pesan pelanggan

WhatsApp Bisnis memungkinkan Anda untuk mengatur “away messages” saat Anda tidak beroperasi. Anda dapat mengatur fitur balasan otomatis di mana kontak akan diberitahu bahwa Anda tidak tersedia saat ini. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

Klik Settings > Business tools > Away message

Di sini, Anda dapat mengaktifkan fitur send away message dan mengedit pesan yang akan dikirim. Setelah itu, atur jadwal pengiriman pesan serta tentukan siapa saja penerima yang dapat memperoleh pesan otomatis tersebut. 

2. Gunakan fitur quick reply untuk membalas dengan cepat

Quick reply adalah fitur yang dapat Anda gunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pelanggan. Anda cukup menekan ‘/’ pada keyboard untuk memilih balasan cepat yang sesuai dan mengirimkannya ke pelanggan. Berikut langkah untuk mengaktifkannya:

Klik Settings > Business tools > Quick Replies

Pada menu ini, silakan klik ikon plus (+) untuk membuat balasan cepat yang baru. Pada kolom shortcut atau pintasan, Anda dapat mengisi shortcut yang akan digunakan untuk membalas pesan dengan cepat. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat pesan untuk membalas pesan dengan cepat untuk pertanyaan terkait daftar harga layanan maka Anda dapat membuat shortcut berupa /harga.

3. Membuat label pelanggan

Whatsapp menyediakan fitur label yang dapat Anda gunakan untuk “menandai” pelanggan. Fitur ini dapat membantu Anda untuk dapat memahami tahap komunikasi yang sedang terjadi dengan pelanggan. Selain itu, label juga dapat memudahkan Anda untuk menemukan obrolan atau pesan pelanggan.

Sebagai contoh,  Anda dapat melabeli suatu percakapan sebagai “pelanggan baru”. Dengan demikian, ketika pelanggan tersebut menghubungi Anda kembali maka Anda dapat mengetahui siapa pelanggan tersebut. Anda juga dapat membuat label berupa “feedback pelanggan” untuk memudahkan Anda dalam mengumpulkan testimoni pelanggan.

Berikut cara untuk mengaktifkan fitur label ini:

Ketuk dan tahan pesan atau chat > Klik menu Label > Anda dapat menambahkan label yang sudah ada atau membuat label baru.

Untuk menemukan pesan yang sudah Anda labeli, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Buka layar Obrolan Anda > Opsi lainnya> Label > ketuk label.

Baca Juga: Perbedaan Whatsapp dan Telegram. Mana yang Lebih Baik ?

Kesimpulan

Cara membuat Whatsapp bisnis sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Sekarang, Anda sudah mempunyai tools perpesanan dengan fitur-fitur yang menarik untuk mengoptimalkan layanan bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menjalankan strategi pemasaran digital seperti social media ads atau optimasi SEO, Anda dapat menghubungi LOGIQUE. Kami menyediakan layanan digital marketing profesional untuk membantu bisnis Anda berkembang. Klik layanan Digital Marketing LOGIQUE untuk informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts