Apa yang Dimaksud dengan Search Engine? Pengertian dan Cara Kerja

Sumber: www.freepik.com

Apa yang dimaksud dengan search engine? Pengertian search engine adalah sebuah program yang digunakan untuk mencari informasi di web browser atau internet. Cara kerja search engine yaitu dengan mencari & memahami konten di internet untuk menjadi jawaban relevan bagi setiap pertanyaan yang diajukan.

Search engine atau mesin pencari adalah suatu program yang digunakan oleh users untuk mencari informasi melalui web browser atau internet. Tool ini sengaja diciptakan untuk memahami dan menemukan isi konten di internet sehingga dapat menyediakan jawaban yang paling relevan untuk setiap pertanyaan yang Anda ajukan di dalam search engine.

Sampai saat ini sudah ada banyak search engine populer yang dapat Anda gunakan seperti Google, DuckDuckGo, Yandex, Qwant, Privacy Wall, Bing, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, dari sekian banyak search engine yang ada, Google masih menjadi mesin pencari paling populer yang digunakan banyak orang. Jadi, apa yang dimaksud dengan search engine?

Agar Anda dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan search engine, artikel berikut akan memberikan penjelasan secara mendalam. Berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Search Engine?

Search engine adalah alat berbasis web yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan informasi di dalam World Wide Web (www). Ketika seorang user memasukan kata kunci / frasa / pertanyaan di dalam search engine, tool ini akan mencari hasil dari dalam database-nya. Tool ini kemudian akan mengurutkan dan membuat daftar hasil jawaban secara berurutan menggunakan algoritma pencarian yang unik. Daftar inilah yang disebut dengan Search Engine Results Page  ( SERP ).

Search engine atau mesin pencari juga dapat dikatakan sebagai mesin penjawab. Itulah apa yang dimaksud dengan search engine. Mereka hadir untuk menemukan, memahami, dan mengatur konten internet untuk menawarkan hasil yang paling relevan dengan pertanyaan yang diajukan oleh pencari. Oleh karena itulah, banyak pemilik bisnis melakukan sejumlah teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk menawarkan layanan atau produk mereka. Dengan SEO, website perusahaan dapat muncul di daftar halaman pertama hasil pencarian sehingga akan ada lebih banyak users atau calon pelanggan yang mengunjungi web perusahaan.

Secara garis besar, fungsi utama dari search engine adalah:

  • Mengumpulkan sejumlah besar informasi atau konten yang ada di internet
  • Menyimpan dan mengurutkan informasi yang sudah dikumpulkan secara sistematis
  • Menyajikan informasi atau hasil dari pencarian yang dilakukan user berdasarkan data yang sudah dikumpulkan

Perlu Anda pahami, search engine berbeda dengan web browser. Web browser adalah tempat Anda mengakses berbagai hal di internet. Anda harus menggunakan sebuah web browser untuk dapat menggunakan search engine.

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Dari penjelasan sebelumnya, mungkin Anda sudah memahami dan mengetahui apa yang dimaksud dengan search engine. Namun bagaimana cara kerja tools ini?

Perlu Anda tahu, setiap search engine akan menggunakan rumus algoritma kompleks yang berbeda untuk menampilkan hasil pencarian. Jadi, masing-masing search engine akan memiliki pendekatan sendiri untuk menampilkan hasil pencarian. Oleh karena itu, sebuah search engine belum tentu dapat menyediakan hasil yang sama dengan search engine yang lain.

Secara garis besar, search engine bekerja melalui 3 tahap utama yaitu:

1. Crawling

Tahap pertama yang akan dilakukan oleh search engine adalah crawling atau perayapan. Pada tahap ini mesin pencari akan menggunakan suatu program yang disebut dengan spider, bot, atau crawler untuk menjelajah isi internet. Konten yang ditemukan oleh program crawler ini dapat beragam mulai dari halaman website, gambar, video, PDF, dan masih banyak lagi. Konten-konten tersebut dapat ditemukan oleh crawler dalam bentuk link atau tautan.

Jadi, crawler mesin pencari akan mulai meng-crawling beberapa halaman website kemudian mengikuti berbagai link yang ada pada halaman web tersebut untuk menemukan URL yang lain. Dengan cara ini, crawler dapat menemukan berbagai konten baru lalu menambahkannya ke dalam daftar index.

Pada tahap ini, crawler mesin pencari pada umumnya akan meng-crawling situs web dengan mengunduh file robots.txt yang berisi aturan mengenai halaman mana yang harus dan tidak boleh dirayapi mesin pencari. Selain itu, crawler mesin pencari juga akan menggunakan sejumlah algoritma dan aturan untuk menentukan seberapa sering suatu halaman harus dirayapi ulang dan berapa banyak halaman di sebuah situs website harus diindeks. 

2. Indexing

Sebuah situs web harus diindeks terlebih dahulu agar dapat ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari. Jadi, setelah tahap crawling, search engine atau mesin pencari akan memulai tahap indexing. Pada tahap ini search engine akan menganalisis, menyimpan, dan mengatur konten yang telah ditemukan selama proses crawling ke dalam database.

Google sebagai search engine terbesar saat ini melakukan proses indexing dengan menganalisis konten yang ditemukan. Konten yang dianalisis mencakup konten tekstual, tag dan atribut konten utama, seperti <title> tag dan atribut alt, gambar, video, dan lainnya.

Perlu diingat bahwa proses crawling dan indexing merupakan proses berkelanjutan yang berlangsung berulang kali untuk menjaga database tetap segar.

3. Ranking

Langkah terakhir adalah penentuan ranking dimana search engine akan mengurutkan hasil pencarian di SERP. Apa yang dimaksud dengan search engine ranking? Jadi di tahap ini users akan melakukan pencarian di halaman search engine. Setelah itu, search engine merespon dengan menjelajahi data indeks yang sudah dimiliki untuk konten yang sangat relevan dengan kueri yang diinput oleh users. Kemudian, search engine tersebut akan menampilkan hasil pencarian mulai dari yang paling relevan hingga yang paling tidak relevan.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, masing-masing search engine memiliki rumus algoritma yang berbeda-beda. Jadi, ketika menentukan ranking, setiap mesin pencari ini akan menganalisis beragam sinyal serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peringkat.

Sebagai contoh, pada search engine Google terdapat beragam faktor yang dipercaya mampu mempengaruhi web ranking di SERP. Beberapa diantaranya seperti pagespeed, penggunaan keyword yang relevan, website yang aman, dan masih banyak lagi. Oleh karena itulah, banyak pemilik website yang membangun situs web mereka dengan memperhatikan berbagai faktor tersebut agar search engine machine seperti Google dapat menampilkan website mereka di peringkat paling atas SERP. 

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)? Mengapa  dibutuhkan Pemilik Website?

Selain dapat digunakan oleh users untuk mencari berbagai informasi, search engine juga dapat dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk mempromosikan situs website mereka. Oleh karena itulah, para pemilik website melakukan serangkaian teknik Search Engine Optimization atau SEO pada website mereka. Jadi, apa yang dimaksud dengan Search Engine Optimization?

Search Engine Optimization adalah proses untuk mengoptimalkan kinerja suatu halaman website untuk membantu meningkatkan visibilitas web tersebut pada hasil pencarian mesin pencari. Melalui teknik ini, suatu halaman website dapat menduduki peringkat yang tinggi di SERP sehingga website dapat memperoleh lebih banyak web traffic atau kunjungan.

Perlu Anda ketahui, meskipun search engine dapat menampilkan jutaan hasil pencarian, namun pada kenyataannya sebagian besar users hanya akan mengunjungi hasil pencarian di halaman pertama search engine. Karena alasan inilah pemilik website terus melakukan beragam strategi SEO agar website mereka mendapat web ranking yang tinggi. Dengan demikian, bisnis atau pemilik website dapat mempromosikan konten terkait layanan atau produk bisnis pada users atau calon pelanggan yang melakukan pencarian.

Perlu Anda ingat bahwa apa yang dimaksud dengan Search Engine Optimization adalah strategi digital marketing untuk jangka panjang. Anda membutuhkan beberapa waktu agar website memperoleh web ranking yang tinggi di search engine. Selain itu, meskipun saat ini ada beragam jenis search engine yang dapat digunakan, pada kenyataanya optimasi SEO lebih banyak dipraktikan untuk mengoptimalkan pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google. Hal ini dilakukan karena sampai saat ini Google masih menjadi search engine terbesar dan terpopuler yang digunakan oleh sebagian besar orang untuk mencari informasi. 

apa yang dimaksud dengan search engine
Sumber: www.freepik.com/storyset

Jadi, Mengapa SEO Penting?

Jika disimpulkan, SEO penting untuk dilakukan oleh pemilik website atau bisnis karena beberapa alasan, yaitu:

  • SEO meningkatkan web ranking atau visibilitas

Mayoritas pengguna mesin pencari cenderung mengklik saran teratas di halaman hasil mesin pencari (SERP). Dengan SEO, web Anda dapat memiliki peluang untuk memperoleh web ranking yang tinggi sehingga web traffic juga akan semakin meningkat.

  • SEO dapat meningkatkan user experience

Situs web yang dioptimalkan dengan baik tidak hanya membawa dampak positif pada hasil pencarian namun juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience.

  • Lebih unggul dari kompetitor atau pesaing bisnis Anda

Melihat saat ini sudah semakin banyak bisnis yang menawarkan layanan atau produknya melalui website, maka optimasi SEO memberi Anda peluang untuk dapat lebih unggul dari para kompetitor.

  • Membangun kepercayaan pelanggan

Saat ini sebagian besar user mencari informasi melalui internet atau mesin pencari. Dengan melakukan optimasi SEO, maka web Anda akan memiliki kinerja yang baik serta konten yang berkualitas. Dengan demikian, ketika users menemukan website Anda, maka mereka dapat lebih mempercayai layanan Anda. 

Baca Juga: 9 Cara Optimasi SEO untuk Meningkatkan Website Ranking di Google

7 Contoh Search Engine Populer yang Digunakan Banyak Orang

1. Google

Anda mungkin dapat memahami apa yang dimaksud dengan search engine setelah melihat Google. Ya, Google sampai saat ini memang menjadi search engine terpopuler yang paling banyak digunakan oleh user di berbagai dunia. Anda pasti juga sudah pernah menggunakan search engine ini untuk mencari informasi tertentu. 

Selain menjadi search engine terbesar dan terpopuler, Google juga menjadi situs web yang paling banyak dikunjungi. Setiap harinya, ada miliaran pengguna yang mengandalkan Google untuk menemukan berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Di websitenya, Google menginformasikan bahwa search engine mereka mulai dikembangkan pada tahun 1995 oleh Sergey Brin dan Larry Page ketika mereka masih menjadi mahasiswa yang belajar di Universitas Stanford. Google kemudian resmi dirilis pada tahun 1998.

Ketika mengembangkannya, pendiri Google ini memiliki ide bahwa situs website yang direferensikan oleh situs web lain memiliki value yang lebih tinggi daripada yang lain. Oleh karena itulah website tersebut berhak mendapatkan peringkat yang tinggi di SERP.

Kesuksesan Google tentu hadir karena berbagai inovasi yang telah mereka lakukan. Banyak orang mempercayai bahwa kesuksesan Google berasal dari keinginan dan kemampuannya untuk memberikan hasil pencarian yang berkualitas lebih tinggi untuk setiap pengguna. Mesin pencari ini dapat memahami maksud penelusuran yang dilakukan oleh users dan menemukan situs web paling akurat, relevan, dan  cocok untuk setiap keyword atau kueri. Kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama dari bisnis inti mereka. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor yang membuat Google lebih menonjol dari para  persaingan.

Ketika users menyukai hasil pencarian yang mereka temukan, users akan merasa puas dan kembali menggunakan search engine ini. Untuk menjaga kepuasan dan kepercayaan pelanggan, Google juga terus meningkat layaknya seperti dengan :

  • Terus memperbarui algoritma pencarian mereka (teknologi dan proses untuk mengumpulkan informasi yang relevan)

  • Fokus pada pengguna seperti memahami apa yang mereka maksud serta cara memuaskan mereka. 

Dengan kesuksesan yang mereka miliki, saat ini Google menjadi lebih dari sekadar mesin pencari. Perusahaan ini telah mengembangkan beragam perangkat lunak lain seperti Gmail, Google Contacts, Google Calendar, Google Docs Editors, Google Meet, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking?

2. Microsoft Bing

Search engine populer selanjutnya adalah Bing. Search engine ini dikembangkan pada tahun 2006 oleh Microsoft dan pada Oktober 2020 yang lalu, secara resmi Bing telah berubah nama menjadi Microsoft Bing.

Seperti yang kita tahu, Microsoft merupakan salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang teknologi. Sampai saat ini, Bing sudah cukup populer dan digunakan oleh banyak users di berbagai negara. Meskipun demikian, kepopuleran Bing masih belum bisa mengalahkan Google. 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan search engine ini, Anda dapat mengunjungi bing.com. Dari segi tampilan, Anda akan melihat bahwa search engine Bing akan menyuguhkan layout dengan fotografi yang indah. Berbeda dengan Google yang selalu konsisten dengan desain yang simple dan minimalis. Selain itu, ketika menggunakannya Anda dapat menyaring hasil pencarian ke dalam tab yang berbeda seperti gambar, video, peta, dan berita.

Apabila dibandingkan dengan Google, Bing menyediakan fitur pencarian video yang jauh lebih baik. Bing tidak hanya akan menyediakan daftar video yang disorot dengan thumbnail kecil namun menawarkan daftar thumbnail besar. Selain itu, Microsoft Bing memungkinkan penggunanya untuk dapat memutar video secara langsung dari halaman Bing. Anda bahkan dapat membuat daftar playlist video berdasarkan hasil pencarian yang disajikan oleh Bing.

Secara keseluruhan, baik Bing ataupun Google dapat bekerja dengan baik untuk pencarian sederhana. Namun untuk penelusuran lanjutan atau pencarian yang spesifik, Google dapat memberikan hasil yang lebih baik.

3. Yahoo

Yahoo adalah penyedia layanan web yang diluncurkan pada tahun 1995. Sampai saat ini, Yahoo menjadi platform digital tertua dan secara konsisten menjadi salah satu situs web yang populer. Yahoo sendiri menawarkan beberapa layanan, beberapa diantaranya adalah search engine website dan layanan email. Jadi,  apa yang dimaksud dengan search engine Yahoo?

Yahoo search adalah  mesin pencari yang dikembangkan oleh Yahoo dan sebenarnya didukung oleh mesin pencari Bing milik Microsoft. Jadi hasil pencarian dari kedua mesin pencari tersebut mungkin akan sangat mirip.

Untuk menggunakan search engine dari Yahoo, Anda dapat mengunjungi search.yahoo.com. Search engine dari Yahoo ini memiliki tampilan yang sangat sederhana bahkan lebih minimalis daripada Google. User harus memasukkan kueri atau keyword terlebih dahulu untuk bisa menggunakan fitur filter untuk hasil pencarian yang ditampilkan. Jadi, user harus melakukan pencarian terlebih dahulu agar bisa menyaring hasil jawaban yang diberikan seperti informasi berupa gambar, video, berita atau yang lain. 

4. Baidu

Baidu didirikan pada tahun 2000 dan merupakan mesin pencari paling populer di Cina. Search engine ini memiliki pemahaman yang baik tentang bahasa dan budaya lokal di Cina. Dengan search engine ini, pengguna di Vina dapat melakukan pencarian dengan keyword tertentu dan mendapatkan jawaban yang relevan sesuai kebutuhan pengguna lokal. Seperti yang kita tahu, bahasa Cina adalah bahasa yang kompleks meskipun demikian algoritma pencarian di Baidu dapat bekerja dengan baik untuk memahami maksud pencarian penggunanya.

Perlu Anda ketahui, meskipun Baidu dapat diakses dan digunakan oleh seluruh pengguna di berbagai wilayah dunia, namun Baidu tersedia dalam Bahasa Cina. Selain itu, Baidu juga akan menyensor hasil pencarian dan konten lainnya sesuai dengan peraturan Tiongkok.

apa yang dimaksud dengan search engine
Sumber: www.freepik.com/yanalya

5. Yandex

Yandex adalah search engine paling populer di Rusia yang didirikan pada tahun 1997 oleh Arkady Volozh, Arkady Borkovsky dan Ilya Segalovich. Nama tersebut berasal dari frasa “Yet Another iNDEXer.”

Pada awalnya, Yandex tersedia hanya dalam bahasa Rusia di yandex.ru, namun sekarang Yandex sudah menyediakan versi bahasa Inggris global di yandex.com. Selain bekerja sebagai search engine, Yandex juga menawarkan layanan penyimpanan cloud. Jadi, users dapat mencari file yang mereka simpan pada bilah pencarian Yandex.

Seperti search engine yang lain, fungsi Yandex adalah untuk membantu user menemukan informasi yang mereka butuhkan. Users cukup mengetik kueri pencarian, menekan enter dan hasil pencarian akan ditampilkan. Dari hasil penelusuran tersebut, Anda juga dapat melihat gambar, video, dan jenis hasil penelusuran yang lain.

Salah satu fitur menarik yang disediakan oleh Yandex adalah tombol pencarian untuk Google dan Bing. Jadi, jika Anda tidak puas dengan hasil penelusuran yang ditampilkan, Yandex akan memberikan opsi pada users untuk melakukan pencarian pada search engine machine yang lain.

6. Ask

Ask adalah search engine yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen di California dengan nama asli Ask Jeevers. Perusahaan kemudian memutuskan untuk menghapus “Jeeves” dari namanya pada tahun 2006 dan search engine ini resmi berganti nama menjadi “Ask.”

Para pendiri Ask merasa bahwa users melakukan pencarian dengan mengajukan sebuah pertanyaan daripada mencari satu kata atau beberapa kata. Jadi, dengan menggunakan Ask.com ini, Anda dapat melakukan pencarian dalam bentuk pertanyaan untuk menemukan hasil atau jawaban yang relevan. 

Ketika Anda mengunjunginya, Anda akan menemukan berbagai informasi yang disediakan dalam bentuk artikel. Informasi tersebut disediakan oleh Ask dalam beberapa kategori yaitu Culture, travel, dan entertainment, Tampilan beranda ini tentu sangat berbeda dengan Google yang mengutamakan desain yang minimalis.

Ketika Anda melakukan suatu pencarian, Ask dapat menampilkan beragam informasi. Meskipun demikian, search engine ini tidak menyediakan filter penyaringan yang memungkinkan users untuk mencari info dalam bentuk gambar ataupun video. 

7. DuckDuckGo

DuckDuckGo merupakan search engine yang mengutamakan privasi pengguna. Jika Anda adalah orang yang sangat ingin menjaga privasi selama melakukan pencarian online, maka search engine ini dapat Anda gunakan.

DuckDuckGo didirikan pada tanggal 29 Februari 2008 oleh Gabriel Weinberg. Ketika menawarkan layanannya, DuckDuckGo tidak akan melacak aktivitas penggunanya. Jadi, search engine ini tidak akan mengumpulkan informasi pribadi, cookies, bahkan alamat IP users juga akan disembunyikan.

Kelebihan DuckDuckGo:

Selain mampu menjaga privasi penggunanya, DuckDuckGo juga dapat diandalkan untuk mendapatkan hasil pencarian yang tidak bias. Ketika menyajikan hasil penelusuran, DuckDuckGo akan menghindari filter bubble dimana pencarian akan dipersonalisasi berdasarkan informasi tentang pengguna seperti perilaku klik atau riwayat penelusuran sebelumnya. Jadi, saat users melakukan suatu pencarian, DuckDuckGo dapat memberikan jawaban yang tidak terpengaruh dengan background penggunaannya. Oleh karena itulah, Duckduckgo dapat diandalkan untuk mencari informasi untuk sebuah topik penelitian yang mudah terpengaruh oleh bias politik maupun budaya. 

Jika dibandingkan dengan Google, DuckDuckGo hanya menampilkan sedikit tampilan iklan di dalam hasil penelusurannya. Beberapa iklan yang ditampilkan pada search enginE ini pun hanya berdasarkan kata kunci yang diinput oleh users dan bukan dari pelacakan profil pribadi atau riwayat pencarian.

Meskipun sangat baik dalam menjaga privasi pengguna, namun untuk beberapa orang beranggapan bahwa DuckDuckGo terkadang tidak nyaman digunakan.  Seperti yang kita tahu, ketika melakukan pencarian, users menyukai search engine yang mampu memberikan jawaban yang relevan dengan kueri yang mereka input. Karena DuckDuckGo ini tidak akan mengingat profil penggunanya maka jawaban yang diberikan kadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh users. 

Sebagai contoh, ketika Anda mencari info dengan kueri “rumah makan Jepang”, pada search engine Google, sistem dapat mengetahui lokasi pengguna dan memberikan rekomendasi rumah makan terdekat di wilayah pengguna. Namun ketika Anda menggunakan DuckDuckGo untuk melakukan pencarian dengan kueri yang sama, maka informasi yang diberikan adalah info secara general.  Jika Anda ingin lebih memahami apa yang dimaksud dengan search engine DuckDuckGo, Anda dapat membaca penjelasan selengkapnya pada artikel berikut : Mengenal Duckduckgo Search Engine. Apa Saja Kelebihannya?

Kesimpulan

Dari penjelasan dan contoh-contoh yang sudah kami berikan, Anda dapat memahami apa yang dimaksud dengan search engine. Secara garis besar, search engine adalah suatu sistem atau tools berbasis website yang digunakan untuk membantu users untuk melakukan pencarian mengenai berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Sampai saat ini, ada beragam search engine yang bisa Anda gunakan yaitu Google, Microsoft Bing, Yahoo, Baidu, Yandex, Ask, dan DuckDuckGo. Meskipun demikian, Google masih menjadi search engine terpopuler yang digunakan oleh sebagian besar orang. Itulah sebabnya mengapa banyak pemilik bisnis melakukan beragam strategi optimasi SEO agar website mereka dapat menduduki peringkat pertama saat user melakukan pencarian untuk kueri tertentu di Google.

  • Peran penting SEO

Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan search engine, Anda dapat lebih memahami fungsi penting dari SEO.  Jika Anda adalah pemilik bisnis yang mengelola website tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan untuk mengaplikasikan sejumlah teknik SEO. Strategi ini dapat membawa bisnis Anda lebih unggul karena mampu meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Seperti yang kita ketahui, users atau calon pelanggan pada umumnya akan melakukan pencarian informasi mengenai suatu produk atau layanan melalui search engine Google. Dengan memastikan website sudah memiliki visibilitas yang baik di halaman SERP, maka Anda membuka peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Jika Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan search engine dan membutuhkan jasa SEO untuk mengoptimalkan performa web Anda, maka Anda dapat mencari jasa SEO profesional yang Anda percaya. Saat ini sudah ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan SEO, salah satu perusahaan profesional yang menyediakan layanan tersebut adalah LOGIQUE Digital Indonesia. LOGIQUE merupakan perusahaan web developer yang memiliki banyak layanan. Selain mampu mengembangkan website ataupun aplikasi, kami juga memiliki tim SEO profesional yang selalu up to date dengan info-info terbaru mengenai algoritma Google.

Dengan skill dan pengalaman yang sudah kami miliki, LOGIQUE sudah membantu banyak perusahaan untuk meningkatkan web ranking di SERP Google. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan kami, Anda dapat menghubungi tim LOGIQUE. Tim ahli kami akan dengan senang hati membantu. Anda juga dapat membaca informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, dengan mengunjungi atau klik Layanan SEO LOGIQUE

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts