Apa yang Dimaksud dengan Cloud Computing? ( Penjelasan & Contoh )

Sumber: www.freepik.com

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan cloud computing? Cloud computing adalah istilah untuk delivery layanan komputasi baik itu server, servers, storage, databases, networking, software, analytics, dan intelligence melalui internet (cloud). Berikut kami sediakan penjelasan selengkapnya mengenai apa arti cloud computing.

Inovasi dalam teknologi digital terus bergerak dengan cepat sehingga mau tidak mau Anda akan terdorong untuk mengikuti trend yang sedang berkembang agar bisnis yang Anda jalankan tetap dapat relevan dan bersaing dengan kompetitor yang lain. Salah satu transformasi digital yang banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia adalah penggunaan layanan cloud computing. 

Sebelumnya, sebagian besar orang yang ingin menggunakan suatu aplikasi atau sistem perlu mengunduh sistem tersebut ke dalam komputer atau server fisik di gedung mereka. Namun dengan layanan cloud computing, orang-orang tidak lagi perlu repot-repot mengunduh beragam aplikasi yang dibutuhkan. Sebaliknya, dengan cloud computing ini, Anda dan pengguna yang lain dapat menggunakan layanan yang sama secara online dari mana saja.

Sampai saat ini layanan cloud computing sudah digunakan oleh berbagai jenis bisnis dan telah membawa berbagai kemudahan. Jadi, apa yang dimaksud dengan cloud computing ini? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Penjelasan Mengenai Apa yang dimaksud dengan Cloud Computing

Apa yang dimaksud dengan cloud computing? Cloud computing adalah proses delivery layanan komputasi yang mencakup server, storage, database, networking, software, analytics, dan intelligence melalui internet atau cloud. Teknologi ini disebut dengan istilah cloud computing karena informasi yang diakses oleh users dapat ditemukan dari jarak jauh yaitu di “cloud” atau secara virtual. Jadi ketika Anda menggunakan cloud computing maka Anda akan menyimpan dan mengakses data melalui internet dan bukan dari hard drive komputer Anda.

Dengan sistem cloud computing ini, Anda dapat menjalankan aplikasi, menyimpan, serta mengolah data secara virtual dengan jaringan internet yang terhubung pada server. Selain itu, semua data dan informasi yang dimiliki akan tersimpan dalam satu server dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan jaringan internet.

Sampai saat ini, cloud computing sudah digunakan oleh berbagai jenis bisnis. Sebagai contoh, perusahaan pembuatan video game menggunakan layanan cloud untuk menghadirkan online game yang dapat digunakan oleh jutaan pemain di seluruh dunia. Cloud computing juga digunakan untuk pengembangan sistem CRM dimana data pelanggan dapat dikumpulkan dari berbagai sumber ke dalam satu sistem. Dengan layanan ini, maka perusahaan dapat mengakses informasi terkait pelanggan dimanapun dan kapanpun mereka mau. 

Jenis-jenis Layanan Cloud Computing

Layanan cloud computing tersedia dalam berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berikut ini adalah beberapa jenis cloud computing yang bisa Anda pergunakan:

  1. Software as a Service (SaaS)

Software as a Service (SaaS) adalah layanan cloud computing untuk aplikasi perangkat lunak yang dihosting di cloud dan dapat Anda gunakan melalui browser web, klien desktop khusus, atau API yang terintegrasi dengan desktop atau operating system di seluler Anda. Jadi, pengguna dapat mengakses aplikasi perangkat lunak tanpa perlu mengunduh, menginstal, atau menyimpan perangkat lunak tersebut dan berbagai komponennya di perangkat atau hard drive mereka.

SaaS ini juga dikenal sebagai perangkat lunak berbasis cloud atau cloud applications.  Sebagian besar perangkat lunak yang menggunakan layanan SaaS ini berbasis langganan dengan biaya tahunan atau bulanan.

2. Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service (PaaS) adalah solusi cloud computing yang menyediakan on-demand environment (sesuai permintaan pelanggan) untuk  mengembangkan, menguji, menjalankan, dan mengelola aplikasi perangkat lunak. Dengan PaaS, maka penyedia cloud akan menghosting semuanya mulai dari servers, networks, storage, operating system software, middleware, serta database di pusat data mereka. 

PaaS disediakan secara khusus agar tim developer dapat membuat website atau aplikasi seluler dengan cepat. Layanan ini juga disediakan agar tim developer tidak perlu mengkhawatirkan terkait infrastruktur server, storage, network, dan databases yang dibutuhkan dalam proses pengembangan.

3. Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan cloud computing yang memberi perusahaan komputasi fundamental, network, virtual machines, storage, operating system, dan infrastruktur lainnya. IaaS menjadi model layanan komputasi yang paling umum karena menawarkan infrastruktur mendasar. Layanan ini menawarkan juga basis pembayaran sesuai pemakaian. 

Baca Juga: Manfaat Cloud Hosting untuk Para Pengguna Internet

 

apa yang dimaksud dengan cloud computing
Sumber: www.freepik.com/starline

5 Penyedia Layanan Cloud Computing Terpopuler

Setelah Anda memahami apa yang dimaksud dengan cloud computing, mungkin Anda tertarik untuk menggunakannya. Saat ini, terdapat berbagai penyedia layanan cloud computing yang dapat menjadi penolong bagi para pemilik bisnis kecil, menengah, maupun besar.

Dengan adanya provider atau penyedia layanan cloud computing, perusahaan bisa lebih fokus ke urusan core business-nya seperti mengembangkan software aplikasi layanan, melakukan kegiatan marketing, produksi dan distribusi barang, mengembangkan dan mengoperasikan layanan, dan kegiatan penunjang usaha. Mereka tidak lagi perlu membangun dan berinvestasi pada infrastruktur IT cloud computing sendiri karena mereka dapat menyerahkan urusan tersebut ke penyedia cloud computing.

Penyedia layanan cloud adalah perusahaan pihak ketiga yang menawarkan platform, infrastruktur, aplikasi, atau layanan penyimpanan berbasis cloud. Daripada Anda harus membeli, memiliki, dan memelihara pusat data fisik dan server sendiri, Anda dapat mengakses layanan teknologi, seperti daya komputasi, penyimpanan, dan database, sesuai kebutuhan dari penyedia layanan cloud computing. Berikut adalah 5 provider cloud computing paling populer yang bisa Anda gunakan.

1. Amazon Web Services (AWS)

Amazon Web Services atau AWS adalah cloud web hosting platform dari Amazon yang menawarkan solusi yang cepat, fleksibel,  andal, dan hemat biaya. Banyak orang beranggapan bahwa AWS saat ini menjadi pemimpin dalam komputasi public cloud dan telah menjadi pemain kuat untuk teknologi AI, database, dan machine learning.

Sebagai pemimpin dalam cloud computing, AWS menawarkan lebih dari 200 layanan dengan fitur yang lengkap. Beberapa layanan tersebut seperti Amazon EC2, Amazon Simple Storage Service (S3), web application firewall (WAF), VPN, Key Management Service (KMS), dan masih banyak lagi. Dengan ratusan produk ataupun layanan yang ditawarkan, AWS dapat memberi ANda berbagai solusi untuk kebutuhan cloud computing di perusahaan Anda.

2. Microsoft Azure

Microsoft Azure merupakan platform cloud computing yang diluncurkan oleh Microsoft di Bulan Februari 2010. Saat ini, Microsoft Azure menjadi penyedia layanan cloud computing yang berkembang dengan cukup pesat. Bahkan, sebagian besar orang beranggapan bahwa Azure merupakan kompetitor head-to-head dengan AWS karena memiliki performa yang sama baik. 

Azure menawarkan solusi untuk pengembangan, penyimpanan data, manajemen layanan, dan solusi hosting. Azure memiliki lebih dari 200 produk dan layanan dalam memenuhi kebutuhan pelanggannya akan cloud computing. Beberapa layanan atau produk yang mereka sediakan seperti virtual machines, Aure SQL, Azure Cosmos DB, Content Delivery Network, VPN Gateway, dan masih banyak lagi.

3.  Google Cloud Platform (GCP)

Google Cloud Platform juga menjadi salah satu provider cloud computing populer yang banyak digunakan. GCP memiliki beragam produk atau layanan untuk membantu Anda menyelesaikan semua jenis tantangan bisnis dengan mudah. Mirip dengan AWS dan Azure, Google Cloud Platform juga menawarkan layanan serupa untuk berbagai kategori. Contohnya seperti layanan komputasi, storage, security, database, AI, dan lain-lain.

4. Alibaba Cloud

Alibaba Cloud didirikan pada tahun 2009. Pada awalnya, Alibaba Cloud dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem e-commerce Alibaba sendiri. Namun seiring dengan perkembangannya, layanan Alibaba Cloud saat ini ditawarkan dan dapat digunakan untuk publik.

Alibaba saat ini berbasis di Singapura dan menjadi pemain kuat di Asia. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan cloud computing, Alibaba menawarkan berbagai produk dan layanan. Beberapa diantaranya seperti elastic computing,  networking, database services, security, monitoring and management, middleware, Internet of Things, dan masih banyak lagi.

5. IBM Cloud

IBM Cloud dikembangkan oleh IBM dan menawarkan  layanan cloud computing untuk bisnis. Selain itu, IBM juga memiliki kelebihan dalam memberikan layanan terkait data analytics dan machine learning yang beroperasi dengan platform cloud-nya.

Untuk menunjukkan komitmennya dalam membangun infrastruktur cloud yang mereka miliki, pada tahun 2019 IBM mengakuisisi Red Hat. 

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Hosting, Server, dan Domain

Kesimpulan

Penjelasan diatas dapat memandu Anda untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan cloud computing. Pada dasarnya cloud computing adalah delivery layanan komputasi seperti servers, storage, databases, networking, software,dan lain-lain melalui internet. Dengan layanan cloud computing ini, maka Anda dapat menyimpan menyimpan program atau data melalui internet dan bukan di komputer atau hard drive Anda

Di era serba digital seperti saat ini, sudah semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan layanan cloud computing dan memperoleh beragam manfaat. Beberapa diantaranya seperti:

  • mampu memudahkan Anda untuk dapat bekerja dimana saja,
  • lebih mudah dalam mengelola data,
  • peningkatan kolaborasi tim,
  • dan masih banyak lagi.

Setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan cloud computing, Anda mungkin tertarik untuk menggunakan layanan ini. Jika sampai saat ini Anda belum beralih ke cloud, maka sudah saatnya Anda mencoba menggunakan layanan cloud computing ini. Anda tidak perlu khawatir dengan cara pemesanan layanan ataupun pembayaran karena saat ini sudah banyak perusahaan atau vendor di Indonesia yang akan membantu Anda. Salah satunya adalah LOGIQUE Digital Indonesia.

LOGIQUE menyediakan layanan untuk membantu proses pembayaran bahkan dapat membantu pengembangan sistem berbasis cloud. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi halaman layanan DevOps kami.

Anda juga dapat menghubungi kami langsung melalui telepon atau whatsapp untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari tim ahli kami. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami, tim LOGIQUE akan dengan senang hati membantu dan memberikan solusi untuk kebutuhan Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts