Pemilihan jenis font untuk logo perlu dilakukan secara teliti karena logo dapat menunjukan identitas bisnis. Berikut kami sediakan beberapa rekomendasi jenis font untuk pembuatan logo modern.
Seperti yang sudah kita ketahui, logo memiliki peran penting bagi sebuah bisnis. Logo dapat menarik perhatian, membedakan bisnis Anda dengan kompetitor, menumbuhkan loyalitas, serta mampu menunjukkan profesionalisme bisnis Anda. Saat ini juga sudah semakin banyak aplikasi logo maker yang dapat digunakan untuk membuat logo online. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk menyediakan sebuah logo untuk bisnis Anda.
Ketika membuat sebuah logo, Anda perlu memikirkannya dengan matang agar logo dapat bekerja secara efektif untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. Saat membuat sebuah logo, selain warna dan bentuk, font juga menjadi elemen terpenting yang dapat digunakan untuk mengekspresikan kepribadian bisnis atau brand Anda. Itulah sebabnya mengapa sebagian besar brand modern akan sangat berhati-hati ketika memilih jenis font untuk logo mereka.
Untuk memudahkan Anda dalam pembuatan logo, berikut ini kami informasikan beberapa jenis font untuk mendesain logo modern dan minimalis.
Table of Contents
7 Jenis Font untuk Logo yang Modern dan Minimalis
1. Helvetica Now
Helvetica Now adalah jenis huruf Swiss klasik murni yang didesain ulang untuk digunakan pada desain modern. Dari proses perubahan tersebut, Helvetica Now menjadi jenis font dengan desain yang lebih nyaman dan mudah untuk dibaca.
Helvetica Now dirancang oleh Max Miedinger, Charles Nix, Jan Hendrik Weber, dan diterbitkan oleh Monotype.Sampai saat ini, Helvetica Now family tersedia dalam 48 weight mulai dari light micro sampai extra black display.
Helvetica adalah salah satu tipografi yang paling terkenal dan sering digunakan. Saat ini ada banyak brand terkenal yang menggunakan jenis font ini di dalam logo mereka. Beberapa diantaranya seperti Panasonic, Jeep, dan American Airlines.
Anda dapat melihat huruf tersebut di sini.
2. Proxima Nova
Proxima Nova dirilis pada tahun 2005. Font ini merupakan hasil pembaruan dari Proxima Sans yang sudah di-discontinued. Jenis font Proxima Nova memiliki bentuk yang menggabungkan proporsi modern dengan tampilan geometris. Sebagai orang juga menganggap bahwa Proxima Nova adalah gabungan desain font Futura dan Akzidenz Grotesk.
Brand terkenal yang menggunakan Proxima Nova sebagai jenis font untuk logo adalah Spotify, BuzzFeed, dan NBC News.
Anda dapat melihat huruf tersebut di sini.
Baca Juga: 5 Jenis Font Populer untuk Mempercantik Desain UI Website
3. FF Din
FF DIN dirancang oleh desainer Belanda Albert-Jan Pool dan diterbitkan oleh FontFont. Perlu diketahui, FF Din merupakan jenis huruf san-serif dengan desain yang lebih modern.
Biasanya, FF din akan dipakai sebagai jenis font untuk pembuatan desain packaging, editorial, poster, papan reklame, dan tentu saja logo atau branding. Meskipun tampilanya terlihat formal, namun font ini dapat menunjukkan otoritas dan kepercayaan. Itulah sebabnya mengapa FF Din menjadi salah satu jenis font untuk logo yang populer digunakan.
Anda dapat melihat huruf tersebut di sini.
4. Nexa
Saat ini, Nexa menjadi salah satu jenis font yang paling dikenal. Font ini sengaja dikembangkan untuk readability yang baik untuk motion graphics, web, print, dan logo bisnis.
Nexa font family menyediakan 9 weights dan 36 fonts. Secara keseluruhan, family font ini memiliki desain yang bersih dan lugas. Font ini dapat bekerja dengan baik untuk pembuatan logo ataupun untuk heading dengan beragam jenis ukuran.
Anda dapat melihat huruf tersebut di sini.
5. Cera Pro
Cera Pro memiliki jenis font yang berani dan bulat serta menjadi merupakan salah satu font paling terkenal dalam Cera font family. Font Cera Pro ini dirancang oleh Jakob Runge dan diterbitkan oleh TypeMates.
Jika Anda ingin menimbulkan kesan lembut, unik, dan tebal, maka Cera Pro bisa menjadi jenis font untuk logo bisnis Anda. Biasanya font Cera Pro ini banyak digunakan pada logo untuk majalah atau salinan headline pada situs website.
Anda dapat melihat huruf tersebut di sini.
6. TT Norms Pro
TT Norms Pro adalah jenis huruf san serif yang memiliki tampilan geometris serta memiliki proporsi karakter klasik. Font ini menjadi salah satu jenis huruf sans serif terlaris yang pernah dirilis.
Biasanya TT Norms Pro akan dipergunakan untuk penulisan teks dalam larik besar, headline, logo, ataupun website. Selain itu, TT Norms Pro juga dianggap sebagai satu-satunya sans geometric yang modern, universal, dan sangat diperlukan untuk berbagai kebutuhan desain.
Anda dapat melihat huruf tersebut di sini.
7. Avenir Next
Avenir Next dirancang oleh Adrian Frutiger, Akira Kobayashi dan diterbitkan oleh Linotype . Anda dapat menggunakan jenis font ini untuk pembuatan logo bisnis Anda.
Perlu Anda ketahui, font Avenir Next merupakan salah satu jenis huruf san serif terbaik yang banyak digunakan untuk berbagai proyek desain. Karena tampilannya yang rapi, lugas, serta mudah untuk dibaca, Avenir Next dapat digunakan untuk pembuatan logo mulai dengan tampilan yang ringan sampai berat.
Anda dapat melihat huruf tersebut di sini.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Logo Maker untuk Membuat Logo Online
Kesimpulan
Dari bergama jenis font di atas, Anda dapat memilih salah satu font yang dapat menunjukkan karakter dari bisnis Anda. Font yang dipilih dengan baik dapat menekankan keunggulan dari brand Anda, sedangkan font yang tidak sesuai justru dapat menimbulkan asosiasi yang buruk dan merusak kepercayaan. Oleh karena itu, gunakan font yang mampu mencerminkan identitas brand serta hindari penggunaan font yang terlalu banyak. Dengan demikian, logo Anda akan lebih mudah diingat dan dikenali oleh para pelanggan Anda.
Jika Anda membutuhkan layanan pemasaran digital untuk meningkatkan brand awareness, Anda dapat menggunakan layanan kami. LOGIQUE menyediakan beragam strategi pemasaran digital yang mampu mendorong bisnis Anda menjadi lebih berkembang dan lebih dikenal.
Silakan hubungi kami atau klik layanan digital marketing LOGIQUE untuk mendapatkan info lebih lanjut.