8 Strategi Promosi Produk Paling Efektif di Era Digital

Sumber: www.freepik.com

Strategi promosi produk memegang peran penting untuk mendorong lebih banyak penjualan. Tanpa rencana yang baik, pelanggan dapat beralih ke kompetitor meskipun produk Anda memiliki lebih banyak keunggulan.

Ketika perusahaan memiliki suatu rencana untuk merilis produk baru, maka mereka harus memiliki strategi promosi yang matang agar produk tersebut dapat diterima dan laku dipasaran. Kualitas produk memang menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Meskipun demikian, jika promosi tidak dilakukan dengan strategi yang matang maka penjualan produk dapat mengalami penurunan atau bahkan kerugian.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari publicity.com, Profesor Harvard Business School Clayton Christensen mengatakan bahwa setiap tahunnya terdapat lebih dari 30.000 produk baru diluncurkan namun 80% diantaranya mengalami kegagalan. Biasanya kegagalan tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti:

  • kurangnya pemahaman tentang pasar
  • kurangnya pemahaman akan pembeli
  • tidak ada komunikasi yang baik
  • serta strategi pemasaran produk yang tidak efektif

Agar kondisi tersebut dapat Anda hindari, pada artikel kali ini, kami akan menginformasikan strategi promosi yang baik di era digital. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Apa yang dimaksud dengan strategi promosi?

Strategi promosi adalah pendekatan yang dilakukan untuk menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan target audiens mengenai suatu produk.

Tujuan dari strategi promosi ini adalah untuk menciptakan brand awareness, mengajak orang untuk mencoba produk, memberikan informasi, mempertahankan pelanggan setia, meningkatkan penggunaan akan suatu produk, mengidentifikasi pelanggan potensial, bahkan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian untuk produk atau layanan yang lain. Perlu Anda ketahui, strategi promosi (promotion) ini menjadi salah satu elemen penting dalam konsep 4P Marketing Mix

Marketing Mix sendiri merupakan kumpulan variabel pemasaran yang digabungkan dan dikendalikan oleh sebuah perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target audiens. Variabel tersebut (4P) terdiri dari beberapa elemen penting yaitu:

  • Product (produk) yaitu sesuatu yang dapat dijual oleh sebuah perusahaan baik itu berbentuk jasa, layanan, barang, atau produk digital. 
  • Price (harga) yaitu biaya yang harus dikeluarkan oleh target pelanggan agar bisa menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan
  • Place (tempat) yaitu lokasi dimana pelanggan dapat menemukan, menggunakan, mengakses atau membeli produk yang disediakan seperti toko, pabrik, website, media sosial, atau yang lain.
  • Promotion (promosi) yaitu cara untuk mempromosikan produk Anda agar dapat menjangkau target market sehingga dapat menghasilkan penjualan.

Peran dan Tujuan dari Strategi Promosi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, promosi atau promotion merupakan salah satu bagian dari 4P Marketing Mix. Elemen ini memegang peranan penting dari strategi pemasaran untuk dapat menjangkau target audiens dan  memperoleh brand awareness.

Strategi promosi yang baik dapat membantu perusahaan untuk dapat mencapai yaitu konsep AIDA yaitu menarik perhatian target (Attention), menciptakan minat pada produk dan layanan Anda (Interest), membangkitkan keinginan atau permintaan (Desire), dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian (Action). 

Berikut penjelasan akan empat peran utama dari strategi promosi yang Anda jalankan:

1.Attention

Strategi promosi dapat membuat target audiens menaruh perhatian terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Agar dapat memperoleh perhatian dan awareness yang diharapkan, maka Anda harus mengidentifikasi siapa target audiens Anda, apa pesan pemasaran yang ingin disampaikan, serta bagaimana cara untuk menjangkau target audiens tersebut.

2. Interest

Strategi promosi kemudian dapat mendorong ketertarikan terhadap produk atau jasa Anda. Ketika Anda memberi informasi mengenai keunggulan, fungsi, atau fitur dari produk yang ditawarkan, biasanya pelanggan akan mulai memiliki ketertarikan pada produk yang Anda jual.

3. Desire

Selanjutnya, strategi promosi yang baik mampu membangkitkan keinginan atau ketertarikan pada produk yang Anda jual. Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, pelanggan terkadang masih ragu-ragu karena adanya produk lain dari kompetitor atau masalah harga. Oleh karena itu, Anda harus bisa menonjolkan kelebihan yang dimiliki oleh produk. Anda dapat menginformasikan selling point, menampilkan testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya, memberikan diskon, atau yang lain. 

4. Action

Promosi mampu mengajak target audiens untuk melakukan tindakan. Ketika mereka sudah yakin dengan kualitas atau kelebihan dari produk yang Anda promosikan, pada akhirnya audiens akan segera melakukan tindakan untuk melakukan pembelian.

8 Strategi Promosi Paling Efektif di Era Digital

Strategi promosi yang dilakukan di era digital sering memanfaatkan teknologi dan keberadaan koneksi internet. Strategi ini dikenal dengan istilah strategi digital marketing. Berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan:

1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) adalah penggunaan iklan berbayar untuk memasarkan bisnis Anda di halaman hasil mesin pencari atau search engine results pages (SERP). SEM juga dapat diartikan seperti membeli ruang di bagian atas pada hasil pencarian di Google. Jadi, ketika menggunakan strategi ini, maka website Anda dapat ditampilkan di posisi atas di SERP Google untuk pencarian kata kunci tertentu.  

Jika Anda memilih untuk melakukan strategi pemasaran ini, maka Anda hanya akan diminta untuk melakukan pembayaran ketika iklan yang Anda pasang diklik atau dibuka oleh target audience. Itulah sebabnya mengapa, SEM juga dikenal sebagai bagian dari strategi pemasaran Pay Per Click (PPC).

SEM dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam menjangkau target audiens karena Anda dapat menargetkan kata kunci tertentu, lokasi, minat pengguna, dan perilaku pengguna. Untuk menggunakan strategi promosi ini, Anda harus registrasi terlebih dahulu di Google Adwords. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih kata kunci yang ingin Anda targetkan. Ketika terdapat calon pelanggan melakukan pencarian dengan kata kunci yang Anda targetkan, maka website Anda dapat ditampilkan oleh Google di halaman pertama.

Di LOGIQUE, ketika menjalankan strategi pemasaran SEM, kami terlebih dahulu akan melakukan analisa mendalam seperti memahami produk yang ditawarkan, melihat peluang atau potensi market yang tersedia, dan lain-lain. Melalui analisa tersebut, iklan dapat berjalan secara efektif dan efisien karena dapat menjangkau target audiens yang tepat.

2.  Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses meningkatkan visibilitas website di search engine result page (SERP) secara organik atau tidak berbayar. SEO dapat mendorong lebih banyak penjualan produk karena strategi ini akan membantu website Anda agar bisa menduduki peringkat tertinggi di halaman mesin pencari. 

Melihat banyaknya konsumen saat ini yang akan menggunakan Google untuk mencari informasi, layanan, atau pun produk maka optimasi SEO dapat membuka peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Ketika konten Anda menempati peringkat yang tinggi di halaman hasil mesin pencari, Anda tidak hanya akan mendapatkan banyak web traffic, namun juga brand awareness yang lebih baik.

jasa SEO
Sumber: freepik.com

Ketika menjalankan strategi promosi ini, terdapat beberapa metode yang akan dilakukan yaitu:

  • On Page SEO

On Page SEO yaitu strategi optimasi  untuk membantu Google dalam memahami isi web dan memberi peringkat pada konten yang Anda buat. Strategi on page SEO seperti mempublish konten yang relevan dan berkualitas tinggi, optimasi judul, HTML tags (title, meta, and header), memastikan web memiliki otoritas dan kepercayaan yang tinggi, dan lain-lain.

  • Off Page SEO

Off Page SEO yaitu proses optimasi yang dilakukan tidak secara langsung di website Anda. Contohnya seperti penggunaan backlink.

  • Technical SEO

Technical SEO yaitu strategi optimasi untuk mempengaruhi pengindeksan dan perayapan situs oleh Google. Contohnya seperti memastikan website mobile friendly, mempercepat speed website, memperbaiki masalah duplikat konten, dan masih banyak lagi.

Jika dilakukan dengan benar, strategi promosi ini dapat meningkatkan peringkat website Anda sehingga bisnis dapat memperoleh lebih banyak web traffic dan pada akhirnya akan mengahsilkan leih banyak penjualan.

3. Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah proses memasarkan dan mempromosikan produk melalui social media. 

Saat ini, social media memang menjadi bagian penting dari strategi promosi bisnis. Dengan menggunakan berbagai platform social media yang ada, bisnis Anda akan terbantu untuk bisa terhubung dengan pelanggan, brand awareness yang lebih baik, serta mendapatkan prospek dan penjualan yang lebih tinggi. 

Sama seperti mesin pencari, untuk menjangkau target audiens di social media, Anda dapat menggunakan cara organik atau berbayar.

  • Social Media Marketing Organik

Social Media Marketing organik mengacu pada pembuatan konten gratis baik itu foto, stories, video, meme, teks, dan lain-lain yang dibagikan ke semua pengguna di feed mereka. Untuk meningkatkan interaksi atau engagement, maka konten yang disediakan harus menarik, memiliki value, dan unik. Selain itu, Anda juga harus memahami siapa target audiens Anda agar konten yang dibuat sesuai dengan minat mereka.

Anda dapat membaca bagaimana cara meningkatkan engagement di social media melalui artikel berikut:

5 Cara untuk Meningkatkan Social Media Engagement

  • Social Media Marketing Berbayar

Social Media Marketing berbayar adalah metode menampilkan iklan atau pesan pemasaran bersponsor di platform media sosial. Facebook Ads dan Instagram Ads merupakan beberapa contoh dari strategi pemasaran ini.

Salah satu kelebihan dari iklan berbayar ini adalah Anda mempunyai kendali dan mengatur siapa yang akan melihat iklan tersebut. Setiap platform social media menawarkan fitur agar iklan dapat ditargetkan secara spesifik seperti demografi, minat, ataupun hobi dari target pelanggan. Dengan demikian promosi produk yang Anda jalankan dapat dijangkau oleh target market secara tepat sasaran.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar strategi promosi ini bisa berhasil dijalankan, yaitu:

  • Buat audiens Anda terkesan dengan tampilan visual dari konten yang Anda bagikan.
  • Bagikan konten di waktu-waktu optimal dimana audiens aktif pada platform social media tersebut.
  • Lakukan interaksi secara konsisten dengan audiens Anda.
  • Tambahkan Call to Action di setiap konten yang Anda bagikan
  • Pastikan konten Anda mudah untuk dibagikan

4. Email Marketing

Strategi promosi selanjutnya adalah email marketing atau email subscription. Strategi ini dianggap sebagai jenis pemasaran digital yang populer dan efektif. Melalui email marketing, Anda dapat mengirim pesan untuk mempromosikan produk atau layanan, mendapatkan feedback, membangun hubungan dengan pelanggan, menginformasikan promo atau diskon, dan masih banyak lagi. 

Untuk menjalankan strategi promosi ini, maka langkah pertama yang perlu Anda persiapkan adalah membangun list penerima email. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan alamat email dari para pelanggan. Beberapa diantaranya seperti:

  • Dengan meminta alamat email melalui formulir pop up di website
  • Memberikan penawaran insentif agar pelanggan mau melakukan subscription pada email Anda
  • Menyertakan Call to Action pada artikel blog website agar pelanggan mau mendaftarkan email untuk mendapat info atau update terbaru dari perusahaan.

5.  Influencer Marketing

Influencer marketing adalah cara mempromosikan produk atau jasa dengan memanfaatkan influencer untuk menyampaikan pesan pemasaran. Biasanya, influencer tersebut datang dari kalangan artis, blogger, content creator, ataupun orang populer untuk niche tertentu. Mereka akan menggunakan akun social media yang dimiliki baik itu Facebook, Instagram, Youtube, dan lain-lain, untuk menyampaikan promosi atau pesan pemasaran.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari mediakix.com, 80% marketer mengatakan bahwa influencer marketing ini merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan produk. Ada beberapa alasan mengapa strategi ini dianggap efektif yaitu:

  • Dapat membantu membangun kepercayaan dan mampu memperluas jangkauan pemasaran
  • Influencer dapat mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan konsumen
  • Pesan pemasaran dapat dijangkau oleh target market yang tepat

Meskipun, influencer marketing ini merupakan cara efektif untuk mempromosikan produk namun dalam menjalankannya Anda juga harus tetap mengatur strategi yang tepat. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan influencer marketing dengan baik, Anda dapat membaca penjelasannya pada artikel berikut ini:

Mengenal Strategi Influencer Marketing yang Marak di Indonesia

6. Viral Marketing

Viral Marketing adalah strategi promosi yang dilakukan dengan menyediakan konten iklan yang menarik serta memiliki peluang besar untuk viral dan tersebar luas dalam waktu yang cepat. Saat menjalankan strategi ini, Anda akan mengandalkan audiens untuk menyebarkan konten iklan tersebut secara sukarela. Itulah sebabnya, mengapa viral marketing ini juga sering dikaitkan dengan istilah Word of Mouth (WOM) atau dari mulut ke mulut.

Untuk menjalankan viral marketing ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Cari tahu siapa target audiens Anda dan platform social media yang paling sering mereka gunakan.
  • Sediakan konten yang sesuai dengan target audiens dalam bentuk video. Perlu Anda ketahui, konten video dapat membuat audiens Anda merasa lebih terlibat jika dibandingkan dengan konten gambar ataupun teks.
  • Anda dapat menyederhanakan pesan pemasaran agar dapat memahaminya dengan mudah.
  • Ciptakan daya tarik emosional dari konten video tersebut.
  • Video harus unik dan berisi konten tidak terduga agar audiens tertarik untuk berbagi video tersebut dengan rekan-rekannya
  • Agar konten video mudah untuk disebarluaskan, maka Anda harus mengizinkan audiens untuk dapat membagikan konten atau pesan dengan mudah, 
  • Memungkinkan audiens untuk dapat menyematkannya, serta konten juga harus mudah untuk diunduh.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Promosi Bisnis Anda

7. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi promosi di media digital yang dilakukan dengan membuat dan memasarkan konten bermanfaat untuk target audiens. Tujuan dari penggunaan content marketing adalah untuk membangun loyalitas merek serta meningkatkan konversi.

Berbeda dengan viral marketing yang dilakukan agar konten dapat tersebar luas dalam waktu cepat, content marketing ini dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan berkelanjutan. Dengan melakukan strategi ini, maka Anda dapat menumbuhkan minat pengguna pada produk atau jasa yang ditawarkan sehingga perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

Ada banyak jenis content marketing yang bisa Anda pilih. Beberapa diantaranya seperti:

  • Blogging
  • Video
  • Podcasting
  • Webinars
  • Social media posts
  • dan masih banyak lagi.

Ketika memilih tipe content marketing yang akan dipergunakan, Anda harus melihat kembali goals bisnis yang ingin dicapai. Jika tujuan Anda melakukan promosi adalah untuk mengarahkan lebih banyak web traffic, maka Anda dapat menggunakan blogging. Namun jika tujuan atau goals yang ingin dicapai adalah untuk lebih terhubung dengan para target audiens Anda maka social media post bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda lakukan.

Selain itu, perhatikan juga siap target audiens Anda. Dengan demikian, maka content yang Anda persiapkan dapat menjangkau target audiens yang tepat dan mendorong engagement yang lebih baik. 

Baca Juga: Cara Membuat Blog dengan 8 Langkah Mudah. Cek di Sini!

8. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah proses dimana afiliasi akan mendapatkan komisi untuk memasarkan produk seseorang/perusahaan. Afiliasi biasanya hanya akan mencari produk yang mereka sukai, kemudian mempromosikan produk itu dan mendapatkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan yang telah mereka lakukan.

strategi promosi
Sumber: freepik.com/vectorjuice

Di era digital seperti saat ini, affiliate marketing banyak dilakukan dengan menggunakan media digital. Sebagai contoh, Anda meminta writers atau bloggers untuk menulis konten mengenai produk Anda dengan link yang mengarah ke halaman produk. Ketika ada penjualan yang datang dari situs web blogger/ writers tersebut, maka mereka akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan.

Selain melalui blogger, affiliate marketing ini juga sering dilakukan dengan memanfaatkan influencer. Jadi, perusahaan akan bekerjasama dengan influence dan memberikan mereka kode promo. Setelah itu, influencer akan mempromosikan produk atau layanan Anda dan membujuk audiens untuk melakukan pembelian dengan kode promo yang telah Anda berikan. Setiap kali audiens menggunakan kode promo tersebut, maka Anda akan membayar mitra afiliasi untuk setiap penjualan yang dihasilkan.

Program ini sama-sama menguntungkan kedua pihak, baik dari sisi perusahaan ataupun mitra afiliasi yang Anda gunakan. Selain itu, kelebihan lain dari promosi ini adalah Anda hanya perlu membayar afiliasi ketika terjadi penjualan. 

Langkah-langkah untuk Membangun Strategi Promosi

Agar berbagai strategi promosi yang Anda jalankan dapat memberikan hasil yang memuaskan, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Berikut informasinya untuk Anda:

1. Tetapkan tujuan promosi Anda

Menetapkan tujuan atau goals sangat penting untuk dilakukan sebelum menjalankan promosi. Dengan menetapkan goals, maka strategi promosi Anda akan menjadi lebih terarah dan Anda dapat terus termotivasi untuk dapat mencapai tujuan atau goals tersebut.

Ketika menetapkan tujuan bisnis, Anda dapat menentukannya dengan metode SMART. Dengan metode ini,  maka tujuan bisnis Anda akan menjadi lebih jelas, spesifik, serta memungkinkan untuk bisa dicapai.

SMART Goal adalah singkatan dari 5 kriteria yang dipergunakan ketika menentukan goal di perusahaan yaitu Specific: Goal harus bersifat spesifik (specific) dan jelas.

  • Measurable: Goal harus measurable atau dapat diukur.
  • Achievable/ Attainable: Goal harus dapat dicapai.
  • Realistic: Goal memungkinkan untuk dapat dicapai berdasarkan kemampuan, sumber daya, serta waktu yang tersedia.
  • Timebound: Pencapaian goals harus dibatasi dengan waktu.

Anda dapat membaca penjelasan selengkapnya mengenai metode SMART ini pada artikel berikut:

Mengenal SMART Goal, Strategi Pintar Untuk Menentukan Tujuan Bisnis

2. Buat rencana anggaran

Ketika membuat rencana anggaran, penting untuk tetap menyeimbangkan anggaran dan tujuan yang ingin dicapai. Tentukan berapa banyak anggaran yang perlu dikeluarkan untuk setiap promosi yang akan dijalankan. Meskipun Anda memilih promosi online dengan biaya rendah namun Anda harus tetap melakukan perencanaan anggaran agar promosi tidak mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dari dana yang tersedia.

3. Tentukan siapa target market atau target audiens Anda

Dengan mengetahui secara tepat siapa target market Anda, maka Anda dapat mempersempit target pasar Anda sehingga mampu mengurangi biaya promosi. Selain itu menentukan siapa target market juga akan membantu Anda dalam menerapkan langkah-langkah promosi yang lebih efektif. 

4. Tentukan jenis promosi yang akan dilakukan

Berdasarkan target audience serta anggaran dana yang telah dipersiapkan, Anda dapat memilih jenis promosi apa yang akan Anda pergunakan. 

5. Tinjau strategi promosi

Setelah Anda menjalankan strategi promosi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan peninjauan akan kinerja dari strategi tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat mengetahui strategi mana yang berhasil dijalankan dan terus mengoptimalkannya.

Selain itu, melacak kinerja promosi juga dapat membantu Anda untuk bisa melakukan koreksi dengan cepat ketika terjadi kesalahan. Jika Anda melihat kesalahan atau error di awal promosi berjalan, tentu Anda akan lebih mudah untuk memperbaiki dan menyesuaikan strategi Anda kembali sehingga kegagalan besar dapat dihindari. 

Kesimpulan

Sebuah bisnis atau brand tentu akan sangat sulit untuk berkembang jika orang-orang tidak mengenal layanan atau produk yang ditawarkan. Oleh karena itulah, strategi promosi harus dilakukan untuk memperkenalkan produk dan layanan Anda.

Dari informasi di atas, Anda dapat memilih dan menentukan strategi promosi mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Pastikan untuk selalu membangun rencana strategi promosi terlebih dahulu sebelum mulai menjalankannya agar strategi dapat berhasil untuk dijalankan. Ketika Anda berhasil menjalankan strategi promosi dengan tepat, maka produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat dijangkau secara luas sehingga bisnis Anda memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan.

Di LOGIQUE, sebelum menjalankan strategi promosi, tim digital marketing kami akan melakukan analisis mendalam mengenai target audiens, serta service atau produk yang ditawarkan. Dengan demikia, maka result dari strategi yang dijalankan akan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh klien.

Jika saat ini Anda membutuhkan bantuan dalam mempromosikan atau memasarkan produk Anda, tim digital marketing kami selalu siap untuk membantu. LOGIQUE memiliki layanan untuk optimasi SEO, paids ads, serta social media service. Kami juga berpengalaman dalam pengembangan konten berkualitas untuk meningkatkan brand awareness.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, silakan klik Layanan Digital Marketing LOGIQUE atau hubungi kami. Tim LOGIQUE akan dengan senang hati untuk membantu. 

Feradhita NKD
Feradhita NKD

https://www.logique.co.id/blog/author/feradhita/

Hai! Saya adalah content writer berpengalaman dengan minat mendalam di dunia teknologi. Saya senang menjelajahi tren terbaru di dunia IT, pentest, keamanan siber, dan menerjemahkan informasi teknis menjadi tulisan yang menarik. Dengan fokus pada kebutuhan audiens dan penggunaan bahasa sederhana, saya berusaha menyajikan informasi kompleks dengan cara yang mudah dipahami.

Related Posts