Cara Membuat Blog dengan 8 Langkah Mudah. Cek di Sini!

Sumber: www.pixabay.com

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara membuat blog pribadi bagi para pemula. Saat ini blog memang menjadi salah satu sarana favorit untuk berbagi informasi. Sebagian besar website perusahaan pun saat ini juga sudah menyediakan halaman blog untuk menarik lebih banyak visitor.

Salah satu cara paling efektif untuk membangun brand awareness sekaligus menyediakan konten yang bermanfaat untuk para target audiens adalah dengan menyediakan halaman blog. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari hubspot.com diketahui bahwa blog menjadi salah satu media utama yang digunakan dalam strategi konten. Selain itu, berdasarkan info dari oberlo.com, sebanyak 60 % konsumen mengatakan bahwa postingan blog pada sebuah website menjadi konten yang berharga pada tahap awal proses pembelian.

Itulah sebabnya, mengapa sampai saat ini blog masih memiliki peran penting untuk bisnis Anda. Tidak heran jika sebagian besar content marketer mengatakan bahwa konten blog menjadi strategi pemasaran inbound yang diprioritaskan.

Jika saat ini Anda ingin memulai blogging dan ingin membuat blog untuk pribadi, kami akan memberikan panduannya untuk Anda. Namun sebelum kami informasikan cara membuat blog, ada baiknya jika Anda memahami apa itu blog terlebih dahulu. Hal ini perlu kami jelaskan karena beberapa orang beranggapan bahwa blog sama dengan halaman website.

Apa itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis situs website. Hal yang membedakan blog dengan jenis situs web yang lain adalah konten di halaman blog yang rutin diperbarui dan ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik.

Situs website lain pada umumnya bersifat statis dimana konten tidak akan sering diperbarui. Berbeda dengan blog yang bersifat dinamis dimana konten akan sering diperbarui. Sebagian besar website besar bahkan akan menerbitkan artikel baru setiap hari.

Meskipun blog dan website berbeda, namun perlu Anda pahami bahwa blog ini bisa menjadi bagian dari situs website yang lebih besar. Para pemilik bisnis pada umumnya akan membuat halaman tersendiri khusus untuk halaman blog di dalam websitenya. Melalui blog tersebut, pemilik bisnis dapat berbagi informasi dan mengedukasi para pelanggan mereka. 

Baca Juga: Fungsi Blog untuk SEO : Mengapa Website Membutuhkannya ?

5 Pilihan Platform untuk Membuat Blog (Blogging Platform)

Blogging platform dapat digunakan untuk membuat, menerbitkan, serta mengelola konten blog Anda di internet. Saat ini terdapat beberapa platform untuk membuat blog, yaitu:

1. WordPress.org

WordPress.org adalag blogging platform gratis yang memungkinkan Anda untuk bisa membuat blog dalam waktu yang cepat. Saat ini, WordPress memang menjadi blogging platform paling populer dan terus berkembang. Untuk menggunakan WordPress.org yang Anda butuhkan adalah nama domain serta web hosting. Itulah sebabnya mengapa WordPress.org juga disebut sebagai WordPress yang di hosting sendiri.

Beberapa keunggulan dari WordPress.org adalah:

  • Gratis, open source, dan mudah digunakan.
  • Anda dapat menambahkan beragam plugin WordPress 
  • Anda memegang kendali penuh akan blog Anda.
  • Tersedia beragam tema gratis ataupun premium.
  • Selain dapat digunakan untuk membuat blog, WordPress.org dapat digunakan untuk membuat toko online sendiri

2. WordPress.com

Jika WordPress.org Anda kelola dan Anda hosting sendiri, maka WordPress.com menawarkan layanan hosting blog dasar untuk Anda. Ketika Anda memilih untuk menggunakan blogging platform ini, maka halaman blog Anda akan memiliki alamat seperti Nama situs web gratis Anda terlihat seperti ini: https://contohblog.wordpress.com.

WordPress.com juga memiliki beberapa kelebihan. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Mudah digunakan dan dikelola
  • Tidak membutuhkan banyak persiapan

3. Wix

Wix juga bisa menjadi blogging platform untuk para pemula. Platform ini menyediakan fitur drag and drop sehingga memudahkan pengguna dalam pengembangan blog. 

Selain itu, Wix juga gratis untuk digunakan. Namun perlu Anda ketahui bahwa akun gratis akan menampilkan branding dan iklan WIX di dalam situs Anda.

Beberapa kelebihan dari Wix seperti:

  • Terdapat beragam template
  • Tidak membutuhkan keterampilan untuk coding
  • Mudah dan cepat digunakan

4. Blogger

Blogger adalah layanan blog gratis dari Google. Platform ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh Pyra Labs namun di tahun 2003 Blogger diakuisisi oleh Google. Cara membuat blog dengan Blogger cukup menyiapkan akun Google. 

Beberapa kelebihan dari Blogger adalah:

  • Gratis
  • Mudah digunakan dan dikelola tanpa keahlian teknis

5. Weebly

Weebly hampir sama dengan Wix. Blogging platform ini juga menggunakan fitur drag and drop untuk pengembangan halaman blog. 

Kelebihan Weebly adalah:

  • Mudah digunakan, bahkan cenderung lebih mudah daripada Wix
  • Memiliki beragam tema yang responsif
cara membuat blog
Sumber: unsplash.com/@glenncarstenspeters

Cara Membuat Blog dengan 8 Langkah yang Mudah

Setelah Anda mengetahui beragam blogging platform yang bisa digunakan. Sekarang, kami akan menginformasikan bagaimana cara membuat blog pribadi untuk Anda.  Berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan.

Langkah 1: Tentukan Niche Blog Anda

Cara membuat blog dimulai dengan menentukan apa niche blog Anda. Niche blog merupakan topik atau tema tertentu yang akan Anda targetkan. Jadi ketika membuat konten untuk blog Anda, maka konten yang Anda sediakan akan berkaitan dengan topik tersebut. 

Anda dapat memilih topik yang Anda sukai namun harus Anda pastikan bahwa topik tersebut diminati oleh banyak orang. Hal ini perlu menjadi perhatian karena topik populer yang diminati oleh banyak orang akan memiliki lebih banyak peluang untuk dikunjungi users.

Untuk memastikannya, Anda dapat menggunakan tools dari Google seperti Google Trend atau Google Keyword Planner. Melalui tools ini, Anda dapat melihat apakah niche yang Anda pilih saat ini merupakan topik populer dan sering dicari oleh banyak orang di internet.

Selain itu, perhatikan juga peluang atau potensi monetisasi dari niche tersebut. Cari tahu apakah sebelumnya sudah ada blog dengan niche yang Anda pilih yang memasang Google Adsense di dalamnya. Cari tahu juga apakah niche blog yang akan Anda gunakan memiliki peluang untuk mendapat tawaran kerjasama endorsement atau produk review. Jika ya, maka Anda dapat menggunakan niche tersebut.

Langkah 2: Pilih blogging platform

Pada bagian sebelumnya, kami sudah menginformasikan bahwa saat ini terdapat beberapa platform untuk membuat blog. Anda dapat memilih salah satu platform yang sudah kami rekomendasikan di atas. Namun pada contoh kali ini, kami akan menggunakan WordPress.org sebagai contoh.

Langkah 3: Pilih nama domain untuk situs blog Anda

Karena pada contoh kali ini kami memilih blogging platform WordPress.org, maka Anda dapat bebas memilih dan menentukan nama domain yang akan digunakan. 

Jika Anda kesulitan dalam menentukan nama domain yang tepat, Anda dapat mengikuti tips dari LOGIQUE untuk memilih nama domain pada artikel berikut : Tips Untuk Memilih Nama Domain Website Anda

Perlu Anda ingat bahwa domain website akan dipergunakan untuk jangka yang panjang. Jadi, Anda harus dapat memilih dan menentukan nama domain yang benar-benar sesuai dengan bisnis atau niche Anda sebelum mendaftarkannya.

Langkah 4: Pilih layanan web hosting dan daftarkan nama domain Anda

Setelah Anda menentukan nama domain yang akan digunakan, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain tersebut. Anda dapat menggunakan jasa domain registrar di Indonesia untuk membantu proses pendaftaran nama domain.

Selain itu, Anda juga membutuhkan web hosting. Anda harus memilih layanan web hosting yang terpercaya karena Kualitas web hosting akan memberikan pengaruh pada fungsionalitas dan kinerja situs blog. Jadi pastikan, Anda memilih layanan web hosting profesional yang dapat menjamin blog Anda bisa terakses selama 24/7 non stop.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada banyak provider web hosting. Bahkan tidak sedikit dari provider tersebut yang memberikan paket web hosting sekaligus domain gratis untuk layanannya. 

Langkah 5: Instalasi WordPress

Langkah atau cara membuat blog yang selanjutnya adalah melakukan instalasi WordPress di akun hosting Anda. Masing-masing provider hosting pada umumnya memiliki tahap-tahap yang berbeda. Meskipun demikian, provider hosting akan menggunakan standar cPanel sehingga tahapan-tahapan yang perlu dilakukan kurang lebihnya akan sama.

Berikut langkah-langkah instalasi WordPress

  • Silakan masuk ke akun cPanel hosting Anda.
  • Masuk ke halaman admin dan pilih aplikasi auto installer. Contoh auto installer yang sering digunakan adalah Softaculuos.
  • Temukan menu WordPress di dalamnya dan klik install.
  •  Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan pengaturan pada instalasi WordPress Anda. Di sini, Anda dapat melihat sebuah form yang perlu diisi seperti software setup dan site setting. Melalui software setup, Anda dapat memilih nama domain website yang akan dipergunakan.
  • Pilih tema WordPress yang ingin digunakan dan klik install.

Jika Anda kesulitan dalam proses instalasi WordPress ini, jangan ragu untuk menghubungi provider web hosting yang Anda gunakan. 

Langkah 6: Desain dan sesuaikan kembali tampilan blog Anda

Setelah WordPress berhasil terinstal, maka saat ini adalah saatnya untuk mendesain ulang blog Anda karena blog masih menggunakan tampilan default. WordPress menyediakan ribuan tema yang bisa Anda gunakan. Untuk mengubahnya Anda cukup membuka dashboard WordPress dan mengklik Appearance >> Themes >> Add New >> Pilih tema yang diinginkan >> klik “install”. 

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan kembali tampilan blog dengan memasang logo, menghapus konten post bawaan dari WordPress, membuat kategori blog, dan lain-lain.  

Langkah 7: Tulis dan publikasikan konten Anda di blog

Saat ini WordPress Anda sudah memiliki teman dan tampilan yang Anda inginkan. Maka langkah selanjutnya adalah menyediakan konten di dalam WordPress tersebut,

Secara garis besar, WordPress memiliki dua jenis konten yaitu pages dan posts. Pages merupakan halaman website yang bersifat statis. Pages bisa Anda gunakan untuk membuat halaman beranda, kontak, tentang kami, dan lain-lain. Sedangkan posts adalah halaman untuk menampilkan konten blog Anda. Jadi di sinilah tempat Anda dapat membuat artikel, berita, atau berbagi info. 

Cara Membuat Page

  • Buka menu Pages dari admin area di WordPress
  • Klik tombol “Add New”
  • Isi title page sesuai dengan nama halaman yang ingin Anda buat
  • Isi deskripsi page. Anda dapat mengisi deskripsi menggunakan text, image, ataupun video.
  • Klik “publish”

Cara Membuat Blog Post

  • Buka menu Post dari admin area WordPress
  • Klik tombol “Add New”
  • Buat konten untuk blog Anda.
  • Klik “publish”

Langkah 8: Optimalkan konten blog Anda dengan optimasi SEO

Sebagai pemilik blog, tentu Anda ingin agar konten yang Anda buat dapat menduduki peringkat tertinggi di halaman mesin pencari. Oleh karena itulah, Anda perlu melakukan strategi optimasi SEO pada konten yang Anda buat. Beberapa strategi yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Melakukan riset kata kunci untuk konten atau artikel yang akan diposting
  • Memastikan kata kunci terdapat pada judul dan heading di artikel

Selain itu, saat ini WordPress memiliki plugin bernama Yoast SEO yang bisa membantu proses optimasi yang Anda lakukan. Yoast dapat membantu Anda untuk mengontrol judul artikel, mengelola meta description, menentukan kata kunci, mengelola sitemap, dan masih banyak lagi. Untuk menambahkan plugin ini, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Buka menu Plugins di admin are WordPress
  • Pilih “Add New”
  • Cari plugin Yoast SEO di bagian pencarian.
  • Klik “instal now”

Baca Juga: Bikin Blog Bisnis Tapi Tidak Berkembang? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Kesimpulan

Dengan adanya beragam blogging platform yang ada saat ini, Anda dapat membuat blog dengan mudah. Dengan memiliki halaman blog, maka saat ini Anda memiliki media atau tempat untuk berbagai informasi ataupun berita.

Agar blog dapat menarik lebih banyak pembaca, maka Anda harus memastikan bahwa konten yang Anda sediakan berkualitas serta sudah menerapkan teknik SEO di dalamnya.

Jika perusahaan Anda sudah memiliki website dan membutuhkan bantuan dalam menyediakan konten blog berkualitas, Anda dapat menghubungi tim LOGIQUE. Kami memiliki tim digital marketing yang mampu menyediakan konten SEO friendly sehingga halaman blog Anda dapat memperoleh visibilitas yang lebih baik di halaman Google. Silakan hubungi kami atau klik layanan optimasi SEO LOGIQUE untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts