5 Cara Melindungi Akun Instagram dari Hacker. Cek di Sini!

Sumber: Pixabay.com

Jika Instagram menjadi salah satu platform untuk menjalankan bisnis, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara melindungi akun Instagram dari hacker. Saat ini, terdapat beberapa cara untuk melindungi akun IG Anda. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Instagram saat ini memang menjadi salah satu media sosial populer yang banyak dipergunakan. Sampai tahun 2021 ini, diketahui bahwa jumlah pengguna akun IG sudah mencapai 1,074 miliar di seluruh dunia (Sumber: Oberlo.com). 

Saat ini kita menggunakan Instagram tidak hanya untuk berinteraksi dengan keluarga atau teman-teman kita namun juga untuk menjalankan bisnis serta melakukan transaksi secara online. Anda sendiri pasti juga sudah menyadari bahwa sekarang ada begitu banyak online shop yang menawarkan layanan  atau produk mereka di Instagram. Itulah sebabnya mengapa aplikasi Instagram ini sering menjadi target serangan hacker.

Jika akun IG Anda berhasil diretas oleh hacker, tentu hal tersebut akan membawa banyak kerugian baik untuk bisnis maupun pelanggan. Oleh karena itulah, sebagai pemilik bisnis yang menjalankan usahanya di Instagram, Anda harus mengetahui bagaimana cara melindungi akun Instagram dari hacker.

Jika Anda ingin tahu langkah-langkah apa saja yang perlu Anda lakukan, berikut kami sajikan penjelasannya untuk Anda. Tips-tips di bawah ini juga bisa Anda gunakan untuk melindungi akun personal Anda.

5 Cara Melindungi Akun Instagram dari Hacker

  1. Gunakan password yang kuat

Perlu Anda ketahui, hacker memiliki berbagai cara untuk bisa menebak kata sandi yang Anda gunakan. Jadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa akun IG Anda sudah menggunakan password yang kuat. Jika sampai saat ini Anda masih menggunakan password yang lemah, maka peluang untuk terjadinya peretasan bisa menjadi lebih besar.

Untuk membuat password yang kuat, Anda dapat menggunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka, atau pun simbol. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari penggunaan kata sandi yang berkaitan dengan data pribadi Anda contohnya seperti nama panjang atau tanggal lahir. Anda juga harus memastikan bahwa kata sandi tersebut unik dan tidak digunakan untuk akun yang lain.

Cara Melindungi Akun Instagram dari Hacker
Sumber: www.freepik.com/upklyak

2. Aktifkan autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor atau two factor authentication (2FA) merupakan lapisan keamanan untuk akun IG Anda selain password dan username. Ketika Anda sudah mengaktifkan fitur keamanan ini, maka IG akan mengirimkan pesan teks berisi kode numerik ke ponsel Anda. 

Kode tersebut berguna sebagai kode verifikasi. Anda hanya akan diperbolehkan untuk masuk ke akun IG setelah Anda memasukkan kode yang diterima ke dalam sistem. Jadi, jika ada seseorang yang mengetahui username serta kata sandi yang Anda gunakan, maka orang tersebut tetap tidak akan bisa mengakses akun IG Anda karena user tersebut tidak mengetahui kode untuk memverifikasinya.

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka setting di IG.
  • Pilih menu security.
  • Pilih Autentikasi dua faktor
  • Aktifkan text message control agar kode verifikasi dapat dikirimkan ke nomor handphone Anda.

3. Jaga keamanan email Anda

Alamat email yang terhubung dengan akun IG Anda dapat dipergunakan untuk mengakses profil Instagram. Jika seseorang yang memiliki akses ke ID email Anda, maka orang tersebut juga bisa memperoleh semua akses yang terhubung dengan email tersebut tidak terkecuali akun Instagram.

Oleh karena itulah, pastikan email yang Anda gunakan benar-benar aman serta hanya digunakan oleh orang-orang kepercayaan Anda. Untuk meningkatkan keamanan pada email, Anda harus menggunakan kata sandi yang kuat. mengaktifkan autentikasi dua faktor, serta mengenkripsi email.

Baca Juga: 7 Tips Berjualan di Instagram Agar Omset Meningkatkan di Tahun 2021!

4. Cabut akses dari aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan

Cara melindungi akun Instagram dari hacker adalah dengan mencabut akses aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan. Saat ini memang banyak pengguna Instagram yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan kemampuan tambahan pada akun Instagramnya. Contohnya seperti aplikasi untuk menjadwalkan posting secara otomatis, mendownload video Instagram, atau yang lain.

Jika saat ini Anda juga menggunakannya, maka Anda harus memastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar aman dan dapat dipercaya. Hal ini diperlukan karena jika aplikasi tersebut tidak aman dan ditargetkan oleh hacker, maka detail akun IG Anda juga akan terancam. Instagram sendiri juga sudah mengingatkan para penggunanya agar berhati-hati ketika memutuskan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Untuk mengelola aplikasi pihak ketiga, Anda dapat membuka profil IG di komputer Anda kemudian masuk ke menu setting. Setelah itu, klik “Authorized Apps”. Di sini, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang diizinkan untuk mengakses profil Anda. Jika Anda melihat ada aktivitas yang mencurigakan, maka Anda mencabut akses dari aplikasi tersebut.

5. Selalu log out akun Instagram

Anda dapat selalu login ke akun IG jika Anda mengaksesnya dari ponsel atau perangkat Anda. Namun jika Anda mengaksesnya menggunakan perangkat orang lain, maka Anda harus selalu memastikan untuk logout setelah Anda selesai mengaksesnya. Selain itu, sebaiknya Anda tidak mengizinkan perangkat untuk mengingat kata sandi IG, karena orang lain dapat mengakses akun tersebut dengan mudah jika Anda melakukannya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram yang Bisa Anda Coba

Kesimpulan

Itu dia cara melindungi akun Instagram dari hacker. Tips-tips di atas sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan namun bisa membawa dampak besar untuk keamanan akun IG Anda. Dengan sistem keamanan yang baik, maka Anda sekarang dapat fokus dengan berbagai strategi pemasaran di media sosial untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Apabila Anda membutuhkan bantuan atau jasa untuk mengelola akun bisnis IG, Anda dapat meminta bantuan dari tim digital marketing dari LOGIQUE. Kami memiliki tim yang berpengalaman dan mampu memberikan solusi pemasaran yang baik sehingga engagement di akun Instagram Anda bisa jauh lebih meningkatkan.

Silakan konsultasikan kebutuhan Anda bersama kami atau klik layanan digital marketing LOGIQUE untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts