Cara Mengakses dan Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Sumber: www.pixabay

Cara menggunakan Google Keyword Planner cukup mudah. Google Keyword Planner adalah tool gratis yang disediakan oleh Google untuk riset kata kunci. Alat ini cukup sederhana dan mudah digunakan. Berikut kami sediakan cara mudah untuk mengaksesnya.

Dalam proses optimasi SEO, riset kata kunci menjadi salah satu langkah penting yang harus Anda lakukan. Proses riset ini dapat membantu Anda untuk menemukan kata kunci terbaik, relevan, serta banyak dicari oleh para target users Anda di halaman mesin pencari.

Saat ini sudah banyak tools gratis yang dapat digunakan untuk riset kata kunci. Salah satu tool yang banyak diandalkan oleh para digital marketer adalah Google Keyword Planner. Ketika melakukan riset dengan tool ini, Anda dapat mengetahui kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, jumlah rata-rata pencarian yang dilakukan oleh users, serta dapat mengetahui lever persaingan dari kata kunci yang akan Anda gunakan.

Baca Juga: 7 Tips Optimasi Landing Page Untuk Meningkatkan Konversi 

Mengenal Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah tool dari Google yang dapat dipergunakan untuk riset kata kunci. Pada dasarnya, Google keyword Planner ini merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google Ads agar para digital marketer bisa memperoleh daftar kunci yang kuat untuk pembuatan iklan PPC. Meskipun demikian, saat ini Google Keyword Planner juga sering digunakan sebagai tool untuk riset kata kunci selama proses optimasi SEO.

Ketika menggunakannya, para digital marketer akan memperoleh berbagai insight mengenai kata kunci yang akan ditargetkan. Beberapa informasi tersebut seperti kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, volume pencarian kata kunci di halaman mesin pencari, persaingan atau tingkat kesulitan kata kunci agar bisa menduduki peringkat teratas, estimasi bid untuk memperkirakan cost-per-click (CPC), dan lain-lain.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan alat ini, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

Cara Menggunakan Google Keyword Planner tanpa Menjalankan Iklan

Google Keyword Planner sepenuhnya gratis untuk digunakan. Untuk mengaksesnya, Anda perlu mempersiapkan akun Google. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat membuat satu akun baru menggunakan link ini: Create Google Account.

Namun apabila, saat ini Anda sudah memiliki akun Google, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk bisa mengaksesnya. 

1. Buka Google Keyword Planner di Google Ads

Untuk mengakses fitur ini, pastikan Anda sudah login ke akun Google Anda. Setelah itu, buka halaman Google Keyword Planner dengan mengunjungi link berikut:

Google Keyword Planner kemudian klik pada menu “Buka Keyowrd Planner”

Google keyword planner

2. Daftarkan akun Google Ads Anda

Tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk membuat akun di Google Ads. Silakan pilih menu untuk membuat akun Google Ads yang baru.

3. Skip tujuan iklan

Setelah akun Google Ads Anda jadi, Anda akan diarahkan pada halaman dimana Anda harus memilih sasaran atau goals dari bisnis Anda. Karena saat ini Anda hanya ingin mengakses Google Keyword Planner tanpa menjalankan iklan, maka pilih opsi “Beralih ke Mode Pakar” atau “Switch to Expert Mode” yang terletak di bawah opsi goals.

Langkah selanjutnya, Anda akan melihat tampilan untuk memilih goals, namun kali ini Anda bisa melewatinya dengan menekan opsi “Buat akun tanpa kampanye” yang terletak di pojok kiri bawah.

4. Konfirmasi informasi bisnis Anda

Setelah Anda memilih untuk membuat akun tanpa menjalankan kampanye iklan, Anda akan diperlihatkan mengenai informasi bisnis Anda. Pada tahap ini, Anda cukup menekan tombol “Kirim” atau “Submit”.

Jadi, saat ini akun Google Ads Anda sudah selesai dibuat tanpa kampanye dan Anda dapat mulai mengeksplor akun Anda.

5. Pilih tool keyword planner

Fitur Google Keyword Planner dapat Anda temukan di dalam opsi “Tools”. Di dalam menu tersebut, silakan pilih “Keyword Planner”. Di sinilah, Anda dapat melakukan riset kata kunci.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci?

Untuk menemukan kata kunci yang tepat bagi bisnis Anda, silakan klik opsi “Temukan Kata Kunci Baru” di halaman Google Keyword Planner. Di sini akan tersedia dua cara menggunakan Google Keyword Planner untuk riset kata kunci yaitu:

1. Berdasarkan kata kunci

Anda dapat memasukkan kata atau frase untuk melihat performa dari kata kunci tersebut. Di sini Anda juga akan melihat berbagai rekomendasi kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang sudah Anda input sebelumnya.

2. Berdasarkan alamat website

Jika Anda membuka tab untuk melakukan riset berdasarkan situs website, maka Anda dapat memasukkan URL situs web yang ingin Anda teliti. Setelah itu Google untuk memberikan informasi mengenai kata kunci yang relevan dengan website tersebut. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk meneliti kata kunci yang relevan dengan situs web kompetitor Anda. 

Baca Juga: Cara Membuat Google Form dan Menambahkannya di Web WordPress

Kesimpulan

Kata kunci sampai saat ini masih menjadi komponen penting dalam digital marketing. Dengan menargetkan kata kunci yang tepat, bisnis Anda dapat lebih dikenal oleh para target market sehingga bisnis bisa menjadi lebih berkembang.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan proses optimasi SEO atau ingin menjalankan iklan di Google Ads, Anda dapat menghubungi tim LOGIQUE. Kami memiliki banyak solusi pemasaran digital yang mampu membantu bisnis Anda menjadi lebih berkembang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan pemasaran digital marketing kami, silakan kunjungi Layanan Digital Marketing LOGIQUE.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts