Mengetahui Tugas dan Peran Project Manager di Perusahaan IT

Peran project manager dalam perusahaan IT saat ini sepertinya semakin dibutuhkan. Project manager adalah seseorang yang memiliki peran besar dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian dan penutupan proyek secara sukses. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Perusahaan IT Consultant diharapkan untuk selalu bisa menghasilkan solusi yang inovatif serta mampu beradaptasi terhadap berbagai tantangan yang tidak terduga. Perusahaan juga harus bisa membawa pandangan positif untuk sebuah proyek sehingga mampu menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Jika Anda ingin melihat bagaimana kemampuan perusahaan IT dalam menangani sebuah proyek, maka Anda dapat menilai dan melihatnya dari standar Project Management tersebut serta bagaimana cara mereka bekerja.

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini sudah ada banyak organisasi maupun instansi yang melakukan research untuk menentukan standarisasi Project Management yang komprehensif untuk dapat dijadikan sebagai pondasi pengelolaan project di berbagai bidang industri. Dengan mengimplementasikan standarisasi tersebut, maka perusahaan IT diharapkan dapat memberikan peluang besar untuk mendorong keberhasilan proyek.

Peran Project Manager di LOGIQUE

Di LOGIQUE kami memiliki beberapa manajer proyek yang sudah tersertifikasi (PMP) dan diakui secara global sehingga mampu memperkuat pondasi perusahaan dalam mengelola proyek-proyek yang dijalankan. Sebagai perusahaan IT, para project manager tersebut memiliki peran yang sangat penting, yaitu:

1. Memahami kebutuhan pelanggan dan tujuan bisnis

Para project manager akan memulai setiap proyek dengan memahami tujuan bisnis, kebutuhan klien, serta ruang lingkup proyek. Mereka akan mengidentifikasi informasi ini dari para stakeholders dan mendiskusikannya bersama-sama mengenai tujuan atau harapan yang dicapai dari pengerjaan proyek tersebut. 

2. Memberikan konsultasi dan saran strategis untuk mencapai tujuan bisnis

Setelah mengetahui apa tujuan bisnis yang ingin dicapai, maka peran project manager yang selanjutnya adalah memberikan konsultasi serta saran-saran strategis mengenai penggunaan teknologi untuk mencapai tujuan tersebut. Project manager juga akan merekomendasikan strategi, prosedur, dan kebijakan TI dengan melihat kebutuhan perusahaan dan mengevaluasi hasilnya.

3. Berkolaborasi dengan tim Sales untuk membantu proses penjualan

Perlu Anda ketahui bahwa tim sales dan project manager sama-sama saling membutuhkan. Tim sales membutuhkan keahlian teknis dan proses manajemen proyek untuk membedakan perusahaan mereka di mata klien. Sedangkan project manager membutuhkan insight dari tim sales untuk mengetahui apa kebutuhan dan goals bisnis dari para klien. 

4. Menganalisa kebutuhan bisnis dan memberikan estimasi pengerjaan yang diperlukan termasuk pembuatan proposal

Peran project manager yang selanjutnya adalah menganalisa kebutuhan bisnis klien sertha memberikan perkiraan waktu yang realistis. Artinya, project manager harus dapat memberikan perkiraan mengenai jumlah waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan proyek secara keseluruhan. Selain itu, project manager juga bertanggung jawab dalam pembuatan proposal.

5. Membuat inisiasi jadwal pengembangan, rancangan penggunaan resource, dan project budget terhadap proyek

Project manager juga bertanggung jawab untuk membuat inisiasi jadwal pengembangan yang berisi durasi dari semua kegiatan proyek serta membuat resource planning untuk perencanaan pengalokasian tugas. Selain itu, project manager juga akan membantu membuat project budget yaitu perkiraan anggaran yang perlu dikeluarkan agar pengembangan proyek dapat diselesaikan sesuai dengan scope dan time line yang ditentukan.

6. Melakukan manajemen proyek untuk mendapatkan hasil yang berkualitas secara tepat waktu dan sesuai dengan budget

Project manager akan memantau kemajuan proyek, mengorganisir tim, dan memastikan proyek dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal dan anggaran yang sudah ditetapkan. Project manager juga akan memeriksa bahwa proyek berjalan efisien dengan sumber daya yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

7. Berkomunikasi secara profesional dengan klien, tim proyek, dan management selama proyek berjalan

Project manager bertanggung jawab atas keberhasilan suatu proyek. Oleh karena itu, mereka perlu memastikannya dengan terus berkomunikasi secara profesional dan teratur dengan klien, tim proyek, stakeholder, dan pihak management.

Dengan rutin berkomunikasi, maka project manager akan mengetahui status pengerjaan proyek, hambatan yang perlu segera diselesaikan, serta menjamin bahwa proyek masih berjalan sesuai dengan rencana dan goals yang ingin dicapai.

Ketika sebuah perusahaan berkembang, maka tanggung jawab dan peran dari setiap orang yang bekerja di dalamnya juga akan turut serta berkembang. Seorang project manager di perusahaan IT dapat membantu mengurangi beban pengerjaan proyek dengan berbagai skill yang dimilikinya seperti mampu menyusun  prioritas pekerjaan, mampu memfasilitasi komunikasi klien dengan karyawan, serta mampu memecahkan masalah.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi tentang bagaimana LOGIQUE dalam memanage project, Anda dapat mengunjungi halaman Layanan Project Management yang kami sediakan untuk para klien. Saat ini LOGIQUE juga sedang membuka kesempatan bagi Anda para profesional muda yang ingin mendapatkan peluang untuk memanage berbagai project berskala nasional ataupun internasional. Bergabungkan bersama kami! Untuk informasi lebih lanjut mengenai lowongan ini, silakan kunjungi atau klik Lowongan Consultant/PM Lead di LOQGIUE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts