3 Cara Tingkatkan Pengalaman Belanja dengan Teknologi Augmented Reality

Sumber: freepik.com

Teknologi Augmented Reality di E-Commerce sedang menjadi trend. Pelanggan saat ini menginginkan pengalaman berbelanja online yang mengesankan. Oleh karena itulah teknologi Augmented Reality mulai banyak dipergunakan.

Covid-19 telah memaksa berbagai jenis bisnis untuk mengubah cara mereka dalam berinteraksi dengan para pelanggan. Semenjak pandemi ini ada, pemerintah di berbagai daerah menerapkan pembatasan jam operasional untuk mencegah penularan virus sehingga kunjungan pelanggan ke toko offline mengalami penurunan.

Hal tersebut membuat banyak pelanggan beralih menggunakan platform digital untuk berbelanja. Sayangnya, berbelanja secara online memiliki kelemahan seperti keterbatasan untuk melihat dan merasakan produk secara langsung. Oleh karena itulah teknologi Augmented Reality dihadirkan agar pelanggan dapat merasakan pengalaman berbelanja yang lebih real dan lebih menyenangkan. 

Apa Itu Teknologi Augmented Reality?

Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang akan membuat Anda merasa bahwa dunia nyata telah dilengkapi oleh elemen digital seperti teks, gambar, animasi, video, ataupun objek 3D yang dapat bergerak. Teknologi ini akan menciptakan sebuah ilusi bahwa elemen digital tersebut merupakan bagian nyata dari pada lingkungan sekitar Anda. Dengan teknologi Augmented Reality, Anda dapat melihat bahwa dunia nyata dapat dilengkapi dengan benda-benda virtual.

Augmented Reality berbeda dengan Virtual Reality, untuk mengetahui apa perbedaannya, Anda dapat membacanya pada artikel berikut: Augmented Reality VS Virtual Reality. Apa Perbedaanya ?

Contoh Perusahaan yang Menerapkan Teknologi Augmented Reality 

  1. IKEA

Contoh perusahaan terkenal yang sudah menerapkan teknologi Augmented Reality di E-commercenya adalah IKEA. Perusahaan ini membuat sebuah aplikasi mobile yang dapat memvisualisasikan bagaimana item furnitur akan terlihat ketika diletakkan di rumah konsumen.

teknologi audmented reality
Sumber: youtube.com/IKEA
  1. SEPHORA

Perusahaan kosmetik ini memanfaatkan teknologi AR agar konsumen dapat melihat bagaimana produk (lipstik atau eyeshadow )akan terlihat di wajah mereka.  

  1. DULUX

DULUX menggunakan teknologi AR untuk memperlihatkan bagaimana warna dinding akan terlihat dengan berbagai warna yang dipilih oleh konsumen.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Web E-commerce yang Sukses untuk Bisnis

Bagaimana Cara Meningkatkan Pengalaman Berbelanja dengan Augmented Reality di E-commerce?

Teknologi AR memungkinkan pelanggan untuk dapat melihat pratinjau produk di lingkungan mereka sendiri. Meskipun aktivitas berbelanja dilakukan melalui media digital, pelanggan tetap dapat memilih dan menemukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda mampu meningkatkan pengalaman berbelanja online. 

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan teknologi AR yang paling sering digunakan oleh para pemilik bisnis E-commerce:

1. Pratinjau penempatan item produk

Ketika berbelanja secara online, pelanggan terkadang membeli produk yang salah atau tidak sesuai karena mereka tidak dapat melihat produk secara langsung. Mereka juga kesulitan untuk membayangkan bagaimana perabot tersebut ketika diletakkan di rumah mereka.

Contohnya seperti ketika pelanggan membeli sebuah lemari dan ternyata ukuran lemari tersebut tidak sesuai dengan space yang tersedia di rumah konsumen. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat memanfaatkan penggunaan teknologi AR yang mampu menampilkan pratinjau item produk di lingkungan pelanggan.

Teknologi augmented reality
Sumber: youtube.com/SONY

Perusahaan elektronik SONY mengembangkan Envision TV AR App yang memungkinkan pelanggan untuk “mencoba” produk TV SONY di rumah mereka. Melalui aplikasi ini, para pelanggan dapat melihat pratinjau apakah TV yang akan mereka beli sesuai dengan space yang tersedia di rumah mereka. Mereka juga bisa berjalan ke area TV untuk melihat detail TV yang mereka coba. 

2. Mencoba produk secara virtual

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari narvar.com, alasan terbesar mengapa banyak konsumen Amazon mengembalikan produk yang mereka beli adalah karena ukuran atau warna yang salah. Oleh karena itulah, untuk meningkatkan pengalaman berbelanja secara online maka Anda sebaiknya menyediakan fitur yang memungkinkan pelanggan untuk dapat mencoba produk yang Anda jual secara virtual. Fitur ini biasanya akan disediakan oleh para pemilik bisnis E-commerce di bidang fashion atau kosmetik. 

Saat ini sudah ada banyak brand yang menggunakan teknologi AR untuk menghadirkan fitur tersebut. Contohnya seperti perusahaan SEPHORA atau Maybelline yang menggunakan teknologi AR agar pelanggan dapat mencoba warna lipstik, eyeshadow, atau blush on yang paling sesuai.

Selain itu, ada juga perusahaan bernama Warby Parker yang memungkinkan pelanggan untuk mencoba kacamata secara virtual. Dengan fitur ini, pelanggan dapat memilih jenis frame yang paling sesuai di wajah mereka.

3. Membuat user manual yang interaktif

Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang melakukan transformasi digital, saat ini user manual atau buku petunjuk juga mulai dikembangkan dengan implementasi teknologi digital agar lebih menarik dan interaktif. User manual ini dapat membantu pelanggan untuk memahami cara kerja sebuah produk dengan lebih baik karena mampu memperlihatkan berbagai fungsi secara lebih real.

Salah satu contoh perusahaan yang membuat user manual dengan teknologi AR adalah Mercedes Benz. Perusahaan ini mengembangkan aplikasi bernama Ask Mercedes yang memungkinkan pelanggan untuk menjelajahi berbagai fungsi yang ada di kendaraan dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Bisnis Harus Membuat Instagram Stories Filter Sendiri

Kesimpulan

Augmented Reality dapat menjadi salah satu teknologi yang sangat berguna bagi para pemilik bisnis E-commerce di era digital. Teknologi ini dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan sehingga loyalitas pelanggan dapat terus meningkat. 

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan bisnis E-commerce Anda di era digital, silakan hubungi tim LOGIQUE. Kami dapat membantu Anda mengembangkan web e-commerce ataupun aplikasi mobile dengan beragam fitur untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang optimal bagi para pelanggan Anda. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim LOGIQUE atau klik Layanan Pembuatan web e-commerce kami. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kami sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts