Mengulik Fungsi dan Jenis Meta Tags

Meta Tag merupakan tag yang tak terlihat di website Anda yang berfungsi untuk memberikan data tentang website Anda kepada mesin pencarian seperti Google dan ke pengunjung halaman website Anda. Secara sederhana, meta tag akan mempermudah mesin pencarian untuk menentukan konten Anda sehingga mudah dicari oleh calon pengunjung, dan tentu saja hal ini sangat penting dalam strategi SEO Anda.

Anda dapat menempatkan meta tag di bagian <head> dokumen HTML, jadi Anda perlu melakukan coding untuk CMS website Anda. Tingkat kesulitan dan kemudahan ini bergantung pada jenis atau platform website Anda itu sendiri. Misalnya, untuk halaman WordPress, telah disediakan bagian khusus untuk meta tag, misalnya untuk meta description.

 

Pentingnya Meta Tag

Meta tag memberikan informasi lebih detil kepada mesin pencarian tentang situs website Anda dan pengunjung website Anda di SERP (Search Engine Result Pages). Meta tag dapat memberikan highlight kepada bagian-bagian yang paling penting dari konten yang Anda posting sehingga website Anda naik peringkat di situs pencarian.

Algoritma mesin pencarian semakin baik dalam memproses data pengguna sehingga mereka lebih mengenal apa yang pengujung Anda harapkan, dan mereka akan memastikan bahwa website Anda bisa memenuhi keinginan pengunjung tersebut. Fungsi lain dari meta tag adalah supaya informasi mengenai website Anda dapat ditampilkan secara lebih ringkas. Meta tag juga berhubungan dengan struktur halaman website, sehingga website Anda dapat dipastikan memiliki navigasi yang mudah, dan memberikan informasi mengenai halaman-halaman yang penting dan tidak penting atau perlu diabaikan.

Secara umum, terdapat 3 meta tag yang penting untuk Anda kembangkan. 3 meta tag ini merupakan yang relevan dengan SEO karena tidak semua meta tag yang ada berhubungan dengan SEO.

  1. Meta Title

Hal pertama yang paling diperhatikan oleh pengguna di SERP (Seach Engine Result Pages) adalah meta title atau meta judul, dikarenakan judul merupakan cerminan utama dari konten kita dan memberikan gambaran singkat tentang isi konten kita. Meta title yang Anda buat  singkat, jelas dan deskriptif dan usahakan untuk tidak melebihi 55 karakter.

Dalam menuliskan 55 karakter ini, sebisa mungkin Anda dapat memasukkan kata kunci, dan tidak lupa untuk menambahkan nilai pada kata kunci tersebut. Sebab, kata kunci yang tidak jelas akan menghambat penilaian baik Anda dan akan membuat pengunjung website Anda malah menjadi bingung.

Selain itu, karena meta title Anda dinilai oleh pengujung dan mesin pencarian, maka meta title Anda harus dapat dipahami dan masuk akal bagi semua orang. Tips dari kami: gunakan plugin SEO di WordPress seperti Yoast untuk memudahkan penambahan meta title Anda di bagian SEO, dan Anda dapat melihat pratinjau website Anda dari segi tampilan di mesin pencarian.

Alternatif lainnya adalah dengan menambahkan meta title melaui HTML seperti contoh berikut di bawah ini:

<head>

<title> Contoh Judul </title>

</head>

  1. Meta Description

Sama seperti namanya, meta description merupakan deskripsi mengenai konten di halaman website Anda. Di hasil pencarian, meta description akan muncul di bawah meta title. Meta description menjadi hal yang cukup krusial bagi pengunjung untuk memutuskan apakah mereka akan mengunjungi halaman website Anda atau tidak. Poin ini menjadikan meta description sangat penting untuk dioptimalisasi.

Saat ini, Google dapat menampilkan meta description panjang, setelah sebelumnya hanya menampilkan meta description dengan panjang sekitar 150-165 karakter saja. Dan sama seperti meta title, Anda dapat menggunakan Yoast SEO plugin atau menambahkannya di HTML website Anda. Seperti salah satu contohnya di bawah ini:

<head>

<meta name = “description” content = “Ini adalah contoh deskripsi halaman website kami yang menarik, mari berkunjung ke situs kami dan lihat konten lebih banyak. Jangan lewatkan kesempatan langka ini.”>

</head>

  1. Alt Text

Hal lain yang tidak kalah penting dalam SEO saat ini adalah optimalisasi gambar, dikarenakan dapat memperbesar peluang meningkatkan peringkat di mesin pencarian secara visual.

Anda harus dapat memastikan bahwa gambar di website Anda dapat diakses oleh mesin pencarian dan pengunjung Anda. Di sini lah fungsi dari alt text: untuk memberikan alternatif teks pengganti jika gambar tersebut tidak bisa dimuat atau ditampilkan oleh mesin pencarian. Alt text juga dapat memberikan informasi seputar gambar tersebut dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Ada satu hal yang sekiranya perlu untuk diperhatikan: menuliskan kata kunci dalam alt text harus dengan pertimbangan bahwa kata kunci tersebut masuk akal untuk mendeskripsikan gambar tersebut. Sebab, sering kali, penggunaan kata kunci dalam al text malah merusak pengalaman pengunjung alih-alih membantu pengunjung jika gambar tidak bisa dimuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts