Cara Membuat Google Form dan Menambahkannya di Web WordPress

Sumber: freepik.com

Dengan mengetahui bagaimana cara membuat Google Form, Anda dapat menyediakan sebuah formulir untuk mengumpulkan feedback atau data pelanggan. Berikut kami informasikan panduan membuat Google form secara lengkap untuk Anda.

Google Form atau Google Formulir merupakan alat yang sangat berguna dari Google. Google memang selalu memberikan layanan ataupun tools yang bermanfaat bagi para penggunanya. Salah satunya adalah tool bernama Google Form ini.

Melalui Google Form, Anda dapat membuat survei, kuis, serta mengumpulkan info-info penting dari para responden. Bagi sebuah bisnis, Google Form tentu dapat Anda manfaatkan untuk mengumpulkan berbagai insight yang berguna dari para pelanggan sehingga bisnis dapat jauh lebih berkembang.

Mendengarkan feedback dari para pelanggan memang dapat menjadi langkah penting agar produk atau layanan Anda mampu memenuhi kebutuhan mereka. Dengan membuat formulir Google ini, Anda dapat mengumpulkan saran dan ide-ide baru dari para pelanggan. 

Oleh karena itulah, berikut kami sediakan penjelasan lengkap mengenai cara membuat Google Form dengan mudah. Namun sebelum kami informasikan bagaimana cara membuat Google Form, berikut kami jelaskan apa itu Google Form untuk Anda.

Apa Itu Google Form?

Google Form adalah layanan atau alat dari Google yang digunakan untuk membuat berbagai formulir online secara gratis. Google Form ini merupakan  bagian dari Google Workspace (kumpulan tools untuk produktivitas users dari Google seperti Gmail, Drive, Docs, Meet, dll).

Para pemilik bisnis biasanya akan menggunakan formulir ini untuk mengumpulkan data statistik mengenai para pelanggan atau klien mereka. Meskipun demikian, Google Form juga dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan lain seperti membuat kuis, mengumpulkan email, membuat formulir pendaftaran, melakukan survei, pemungutan suara, dan masih banyak lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa formulir online yang disediakan oleh Google Form ini akan berbasis website. Jadi, Anda dapat dengan mudah membagikan link formulir tersebut dengan para responden Anda. Selain itu, formulir juga memiliki desain yang responsif sehingga dapat diakses oleh para responden di berbagai ukuran layar perangkat.

Setelah formulir online tersebut diisi, data-data yang Anda peroleh kemudian akan dikumpulkan dengan rapi ke dalam Google Spreadsheet. Google Formulir tersebut juga dapat menunjukkan ringkasan tanggapan dari responden dalam bentuk grafik atau bagan. Meskipun saat ini sudah banyak tools untuk membuat formulir, namun Google Form tetap dapat Anda andalkan untuk membuat formulir online secara gratis. Itulah sebabnya mengapa sampai saat ini masih ada banyak orang yang mencari cara membuat Google Form.

Baca Juga: Tips dan Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Apa Saja Template yang disediakan Google Form?

Google menyediakan cara membuat Google Form dengan mudah melalui beragam template yang disediakannya. Template formulir tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan baik itu untuk bisnis, pendidikan, atau untuk personal. Berikut beberapa jenis template yang tersedia.

Template untuk personal:

  • Contact Information: meminta informasi kontak dari responden.
  • Find a Time: meminta pendapat mengenai jadwal pertemuan atau diskusi.
  • RSVP: formulir untuk meminta respon mengenai kesanggupan responden untuk suatu acara.
  • Party Invite: untuk membuat undangan pesta.
  • T-Shirt Sign Up : formulir mengumpulkan info size T-Shirt para responden
  • Event Registration: registrasi suatu event.

Template untuk perusahaan:

  • Event feedback: meminta feedback mengenai suatu event yang diadakan oleh perusahaan.
  • Order form: formulir untuk mengisi detail pesanan pelanggan
  • Job application: formulir untuk mengirim lamaran pekerjaan
  • Time off request: pengajuan cuti karyawan
  • Work request: formulir permintaan untuk layanan maintenance atau perbaikan seperti untuk listrik, pipa saluran air, dll.
  • Customer feedback: permintaan feedback mengenai sautu layanan atau produk dari perusahaan.

Template untuk pendidikan:

  • Blank Quiz: membuat kuis bersisi soal-soal mata pelajaran
  • Exit ticket: formulir penilaian guru mengenai seberapa baik para siswa dalan memahami mata pelajaran mereka di kelas. 
  • Assessment: formulir untuk mendokumentasikan kesiapan akademik para siswa
  • Worksheet: daftar tugas yang harus diselesaikan oleh siswa
  • Course Evaluation: survei singkat di akhir sebuah kursus.

Apa Kegunaan Google Form untuk Bisnis?

1. Membuat survei pelanggan

Seperti yang kita ketahui, pelanggan adalah aset berharga untuk sebuah bisnis. Jadi, penting bagi sebuah bisnis untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh para pelanggan dari bisnis Anda. Oleh karena itulah, Google Form dapat Anda manfaatkan untuk melakukan survei pelanggan sehingga Anda dapat mendapat insight yang berguna untuk perkembangan bisnis Anda.

Anda dapat membuat kuesioner dengan tampilan profesional untuk menggali berbagai informasi mengenai pelanggan Anda. Contohnya dengan membuat kuesioner yang berisi pertanyaan tentang penggunaan produk, demografi pelanggan, atau skala kepuasan pelanggan.

2. Mengumpulkan saran pelanggan

Dengan mengetahui bagaimana cara membuat Google Form, Anda dapat mengkustomisasinya menjadi formulir untuk mendapatkan berbagai saran dari para  pelanggan. Di era digital ini, Google Form dapat Anda gunakan seperti kotak saran. Anda dapat membuat formulir online dari Google Form untuk meminta saran, feedback, atau mengumpulkan ide-ide baru dari pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan.

3. Mengumpulkan email pelanggan

Jika Anda menjalankan strategi digital marketing melalui email marketing, maka Google Form ini juga dapat Anda manfaatkan untuk mengumpulkan email pelanggan. Anda dapat membuat formulir online tersebut dan sediakan link pada website agar para web visitor Anda dapat meninggalkan email mereka. 

Selain itu, Anda juga bisa meminta alamat email pelanggan dengan mudah pada event perusahaan dengan Google Form ini. Anda cukup membuat formulir sebelum acara dan siapkan formulir tersebut pada iPad atau perangkat Anda. Pengunjung event kemudian dapat mengisi form tersebut, dan data email akan tersimpan secara otomatis pada spreadsheet Anda. 

4. Sebagai formulir untuk mencatat pesanan produk

Jika Anda memiliki website untuk menjual produk secara online, maka Google Form juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat catatan mengenai pembelian produk pelanggan.

 

cara membuat google form

Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Setelah Anda memahami apa itu Google Form serta kegunaannya untuk pemasaran bisnis, berikut penjelasan mengenai cara membuat Google Form dengan mudah dan sederhana. Perlu Anda pahami bahwa pembuatan Google Formulir ini membutuhkan akun Google. Jadi, jika Anda belum memiliki akun Google, maka Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah akun Google Anda siap, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Membuat Google Form Baru

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses Google Form terlebih dahulu. 

Terdapat dua cara untuk mengaksesnya:

1.Anda dapat membuka Google Drive lalu klik tombol “New” yang terletak pada bagian kiri atas layar. Setelah itu, pilih menu “Google Forms”.

Google Drive >> New >> Google Forms

2. Anda juga bisa membuat formulir dengan membuka “website Google Forms” kemudian pilih  “Go to Google Forms” kemudian klik menu “Start a new form”.

Website Google Form >> Go to Google Forms >> Start a new form 

Melalui cara ini, Anda dapat memilih template formulir gratis yang sudah disediakan oleh Google. Silakan pilih salah satu template yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun jika Anda tidak ingin menggunakan template tersebut, Anda dapat memilih opsi “Blank” untuk membuat formulir baru sendiri.

Langkah 2: Isi Judul dan Deskripsi Formulir

Setelah formulir kosong terbuka, maka langkah selanjutnya adalah mengisi judul dan deskripsi formulir. Sebagai contoh, kami akan membuat formulir dengan judul “Survei Kepuasan Pelanggan”. Selanjutnya isi deskripsi formulir pada form description yang sudah tersedia.

cara membuat google form

Langkah 3: Buat Daftar Pertanyaan yang Anda Butuhkan

Sekarang, Anda dapat membuat daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan kepada para pelanggan. Google Form sendiri menyediakan beberapa jenis jawaban yang bisa Anda gunakan, seperti:

  • jawaban multiple choice
  • checkboxes
  • short answer
  • paragraph
  • linear scale
  • date
  • dan masih banyak lagi

Untuk memilih jenis jawaban yang akan Anda gunakan, silakan gunakan tombol drop down yang ada di samping kanan pertanyaan. Berikut kami berikan contoh pembuatan pertanyaan untuk beberapa jenis jawaban.

Jawaban Multiple Choice

Klik menu drop down >> Multiple choice

Isi pertanyaan yang ingin Anda ajukan. Setelah itu, sediakan jawaban yang ingin Anda pilih oleh responden.

cara membuat google form

Anda dapat menggunakan fungsi “add option” untuk memberikan pilihan jawab. Anda juga bisa menggunakan “add other” yang memungkinkan responden untuk mengisi jawaban mereka sendiri ketika opsi pilihan tidak sesuai dengan jawaban yang ingin mereka berikan.

cara membuat google form

Untuk membuat pertanyaan baru lainnya, Anda dapat menggunakan simbol + yang ada pada bagian menu di sebelah kanan.

 

Jawaban Linear Scale

Klik menu drop down >> Linear scala

Isi pertanyaan Anda kemudian tentukan skala jawaban yang ingin dipergunakan. Pada contoh kali ini, kami menggunakan skala 1 sampai 5. Setelah itu isi label 1 dan label 5 dengan keterangan yang dapat memberikan informasi kepada pelanggan mengenai skala terendah (paling buruk) ke skala tertinggi (paling baik).

Jika Anda memiliki pertanyaan yang wajib diisi, silakan klik toggle icon Required yang ada pada bagian bawah pertanyaan. Dengan memilih tombol required menjadi aktif, maka pertanyaan yang diajukan akan memiliki tanda bintang berwarna merah. Artinya, pelanggan diwajibkan untuk mengisi jawaban pada pertanyaan tersebut. Jika pelanggan mengirim survey tanpa mengisi jawaban tersebut, Google Form akan mengirim pemberitahuan kepada pelanggan berbunyi “This is a required question” pada pertanyaan yang wajib mereka isi.

Langkah 4: Sesuaikan Tampilan Formulir (optional)

Google Form menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan tampilan formulir sesuai dengan brand perusahaan Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan menu “Customize Theme” dengan simbol paint palette yang berada pada bagian atas formulir. 

Pada menu tersebut, Anda dapat memasukkan gambar di Google From header, mengubah warna tema dan background, serta memilih jenis font yang sesuai dengan perusahaan Anda. Untuk melihat bagaimana tampilan formulir online Anda, silakan gunakan simbol mata yang tersedia di samping menu “Customize Theme”.

Langkah 5: Simpan dan Bagikan Formulir Online Anda

Cara membuat Google Form yang selanjutnya adalah menyimpan formulir yang sudah Anda buat.  Untuk melakukannya, silakan klik tombol “Send” dibagian kanan atas formulir seperti pada gambar berikut:

cara membuat google form

Setelah itu, Anda akan melihat beberapa pilihan cara untuk berbagai formulir tersebut. Beberapa cara yang tersedia adalah:

  • Email

Anda dapat mengirim survei atau formulir secara langsung melalui email. Anda cukup mengisi alamat email yang dituju kemudian klik tombol send.

  • Link

Anda dapat berbagi formulir dengan membagi link yang tersedia. Jika link formulir terlalu panjang, Anda dapat memilih menu “Shorten URL” agar link menjadi lebih singkat. Setelah itu, copy link URL tersebut dan Anda dapat membagikannya ke berbagai platform atau ke responden Anda. 

  • Embed HTML

Embed HTML merupakan rangkaian kode yang dapat Anda ke dalam halaman web. Untuk melakukannya, kami akan memberikan penjelasannya di bawah.

  • Facebook dan Twitter

Anda dapat berbagi formulir melalui media sosial Facebook dan Twitter

Baca Juga: Tips Meningkatkan SEO WordPress Pada Situs Web Anda

Bagaimana Cara Memasang Google Form di WordPress?

Meskipun saat ini WordPress menyediakan berbagai plugin WP untuk membuat formulir, namun beberapa pemilik web masih memilih untuk menggunakan Google Form dan menyematkannya ke dalam web WordPress.

Hal tersebut dilakukan karena terkadang perusahaan membagikan formulir atau survei ke beberapa berbagai platform seperti melalui website, email, atau media sosial. Dengan Google Form ini, semua respon yang diperoleh akan tersimpan pada satu lokasi yang sama yaitu di dalam Google Drive. Selain itu, dengan menyematkan Google Form maka Anda tidak perlu menggunakan plugin tambahan sehingga kecepatan web tidak akan terpengaruh.

Berikut cara membuat Google Form terpadang di web WordPress Anda.

1. Klik Tombol Send

Setelah formulir online Anda selesai dibuat, klik tombol “Send” di bagian atas Google Form, kemudian pilih opsi Embed HTML pada tab dengan simbol <>.

2. Copy kode HTML

Pada opsi tersebut, Anda akan melihat kode embed HTML dari formulir online. Jika Anda ingin mengubah ukuran formulir, Anda dapat mengedit lebar dan tinggi bidang pada opsi Width dan Height yang tersedia. Setelah Anda selesai mengatur ukuran bidang formulir, klik tombol “copy” untuk menyalin kode tersebut.

  1. Tambahkan kode embed Google Form ke WordPress

Selanjutnya, silakan masuk ke situs WordPress dan akses halaman dimana Anda ingin menyematkan Formulir Google Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan formulir ke WP.

  • Menggunakan WordPress Block Editor

Jika Anda menggunakan WordPress Block Editor, pilih “Custom HTML block”. Setelah itu paste kode yang sudah Anda salin sebelumnya pada block editor yang tersedia dan klik “Save”.

  • Menggunakan Classic Editor

Jika Anda menggunakan classic editor, maka Anda dapat membuka tab “text”. Kemudian, paste kode embed Google Form pada tempat yang Anda inginkan. Untuk memastikan bahwa Anda telah menempatkan formulir Google pada posisi yang tepat, Anda dapat menekan opsi preview di dalam posting Anda.  Setelah itu, simpan format tersebut dan klik publish untuk menampilkannya di halaman WP Anda.

Cara membuat google form di wordpress

Pada tahap ini, Anda sudah berhasil menampilkan formulir online di dalam halaman WordPress.

Baca Juga: 8 Plugin WordPress untuk Meningkatkan Performa WordPress Anda

Bagaimana Cara Melihat Jawaban Google Form?

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat Google Form dan responden sudah mengisi formulir tersebut, mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara melihat jawaban Google Form tersebut. 

Perlu diketahui bahwa jawaban yang dikumpulkan oleh Google Formulir hanya dapat dilihat oleh pembuat formulir dan kolaborator yang ditambahkan. Untuk melihat jawaban responden, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Melihat jawaban dari Google Form langsung

  • Buka kembali formulir Anda di Google Forms
  • Pilih tab “Response” yang ada di bagian atas formulir.
  • Setelah tab “Response” terbuka, Anda dapat melihat jawaban responden dengan tiga cara yang berbeda yaitu : Summary, Question, dan Individual.

Jika Anda membuka tab “Summary”, Anda dapat melihat ringkasan jawaban dari semua responden dalam bentuk bagan atau diagram. Sedangkan pada tab “Question” Anda dapat melihat jawaban responden untuk masing-masing pertanyaan. Sedangkan tab “individual” merupakan tempat dimana Anda dapat melihat jawaban dari responden secara individual.

2. Melihat jawaban dari Google Spreadsheet

  • Buka kembali formulir Anda di Google Forms.
  • Pilih tab “Response” yang ada di bagian atas formulir.
  • Setelah tab “Response” terbuka, Anda dapat menekan icon Google Spreadsheet yang terletak di bagian kanan atas. Di halaman inilah, jawaban responden akan ditampilkan dalam format spreadsheet.

Untuk mendapatkan notifikasi email setelah responden mengisi formulir, Anda dapat mengklik ikon tiga titik di bawah tab Response dan pilih “Get email notification for new responses”. Pada menu ini Anda juga bisa mendownload dan mencetak jawaban dari para responden. 

Jika jawaban dari semua responden terkumpul, Anda dapat berhenti memperoleh tanggapan dari responden dengan menekan menu toggle Accepting responses. Setelah Anda menekannya, menu tersebut akan berubah menjadi “Not accepting responses”. Jadi, formulir online atau survei yang Anda bagikan tidak akan bisa lagi diisi oleh responden atau pelanggan Anda.

Hasil survei tersebut kemudian dapat Anda analisis untuk mengukur bagaimana kepuasan pelanggan terhadap layanan bisnis Anda. Jika Anda ingin mengetahui cara mengukur kepuasan pelanggan, Anda dapat membaca penjelasannya pada artikel berikut: “Bagaimana Cara Mengukur Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Bisnis?”

Alternatif Google Form: WP Plugin untuk Membuat Formulir di WordPress

Jika Anda mencari alternatif selain Google Form, saat ini terdapat beberapa plugin WordPress yang bisa Anda gunakan untuk membuat formulir. Beberapa diantaranya seperti:

1. WPForms

WPForms adalah plugin WordPress yang digunakan untuk membuat formulir kontak. Plugin ini termasuk salah satu tool untuk membuat formulir yang cukup mudah digunakan bahkan bagi para pemula. Sejauh ini WPForms sudah digunakan sekitar 4.000.000 situs website. Selain mudah digunakan, WPForms juga memiliki beberapa fitur yang diunggulkan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Pembuatan formulir dengan fitur drag and drop
  • Memiliki pemberitahuan email otomatis ketika responden mengisi formulir
  • Menyediakan beragam template formulir
  • Memiliki desain yang responsif sehingga formulir dapat terlihat dengan baik di perangkat seluler.
  • dan masih banyak lagi

2. Contact Form 7

Contact Form 7 menjadi salah satu plugin WordPress yang sudah lama ada dan banyak digunakan oleh berbagai jenis website. Dengan plugin ini Anda dapat membuat formulir kontak pada halaman WordPress. Beberapa fitur yang diunggulkan adalah:

  • Memungkinkan untuk menyisipkan formulir ke dalam halaman atau postingan apapun menggunakan shortcode.
  • Dapat terintegrasi dengan Google recaptcha untuk mencegah spam.
  • Memiliki banyak ekstensi pihak ketiga untuk menambahkan fungsionalitas tambahan.
  • dan masih banyak lagi

3. Ninja Forms

Ninja Forms adalah plugin pembuatan formulir yang responsif. Setelah Anda menginstal plugin ini, Anda dapat menerbitkan formulir online di dalam halaman web, posting, atau bahkan di sidebar widget.

User interface dari Ninja Forms cukup elegan dan menawarkan pengalaman membuat formulir online yang menyenangkan untuk para penggunanya. Ninja Forms memiliki beberapa fitur yang diunggulkan, yaitu:

  • Pembuatan formulir dengan fitur drag and drop
  • Kompatibel untuk perangkat seluler
  • Proteksi dari spam
  • Menyediakan template formulir
  • dan masih banyak lagi
  1. Quform

Quform adalah plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai formulir dengan cepat dan mudah. Plugin ini dapat digunakan untuk membuat formulir pemesanan atau formulir kontak yang sederhana. Quform memiliki beberapa fitur yang diunggulkan. Beberapa fitur tersebut seperti:

  • memungkinkan untuk membuat formulir yang responsif
  • fitur drag and drop
  • user interface yang mudah digunakan
  • RTL support
  • dan lain-lain

5. Jetpack

Jetpack adalah plugin yang multiguna. Plugin ini berfungsi dengan baik untuk melindungi web WordPress Anda serta mampu digunakan untuk pembuatan formulir kontak. Fokus plugin adalah untuk memberikan keamanan, meningkatkan kinerja website, dan membantu pemasaran. Jika Anda adalah pengguna dasar atau ingin membuat formulir yang sederhana, maka plugin Jetpack dapat membantu Anda untuk mewujudkannya. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah:

  • mudah digunakan
  • mengirim pemberitahuan melalui email ketika ada tanggapan pada formulir
  • anti spam
  • backup data harian
  • unlimited image hosting
  • dapat memindai malware secara otomatis
  • dan lain-lain

Baca Juga: 8 Plugin WordPress untuk Meningkatkan Performa WordPress Anda

Kesimpulan  

Dari penjelasan diatas, Anda dapat mengetahui bagaimana cara membuat Google Form sendiri. Dengan demikian, saat ini Anda sudah bisa menyediakan formulir online untuk berbagai keperluan seperti survei, meminta feedback, dan lain-lain. Formulir tersebut kemudian dapat Anda bagi ke dalam berbagai platform seperti social media ataupun web WordPress untuk mengumpulkan respon dari para pelanggan bisnis Anda.

Meskipun saat ini sudah ada banyak plugin WordPress untuk membuat formulir online, namun capability Google Form tetap dapat Anda andalkan. Tidak heran jika banyak orang mencari cara membuat Google Form ini.  Google sebagai salah satu perusahaan raksasa di bidang teknologi ini memang selalu menyediakan beragam tools dengan performa yang baik seperti Gmail, Drive, Docs, Sheets, Slides, Forms, Sites, dan lain-lain. Jadi, jika Anda ingin membuat survei, kuis, atau formulir kontak, maka Google Form dapat menjadi solusi yang tepat.

Kami harap tutorial cara membuat Google Form ini dapat membantu Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan bisnis atau membutuhkan bantuan dalam pengembangan web berbasis WordPress dengan layanan kustomisasi, Anda dapat menghubungi tim LOGIQUE. Kami akan membantu mendesain, mengimplementasi, serta memperbaiki website WordPress Anda dengan desain dan tingkat keamanan yang jauh lebih baik.

Kami juga dapat membantu melakukan berbagai strategi pemasaran digital agar bisnis Anda dapat jauh lebih maju dan berkembang daripada sebelumnya  Anda tidak perlu khawatir karena tim LOGIQUE dapat bekerja secara fleksibel untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi tim LOGIQUE sekarang juga! Kami memiliki berbagai solusi untuk perkembangan bisnis Anda di era digital.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan-layanan yang kami sediakan, Anda juga dapat mengunjungi halaman layanan LOGIQUE atau klik di sini. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts