Aplikasi Penunjang Produktivitas Terbaik 2021

Work life balance barangkali menjadi salah satu jargon yang paling banyak diagungkan millennial pekerja saat ini. Keseimbangan antara durasi serta beban kerja dengan kehidupan lain seperti kehidupan sosial dan menjalani hobby pada umumnya merupakan tujuan utama dari work life balance. Mungkin dalam beberapa tahun ke depan, jenis pekerjaan yang fleksibel dan tidak menuntut seluruh waktu seorang pekerja akan menjadi target pekerjaan yang paling dicari, dan perusahaan akan berusaha untuk mengakomodasi permintaan tersebut dengan mengubah budaya kerja di perusahaan atau organisasi mereka.

Ada beberapa faktor utama yang dapat memperngaruhi produktivitas Anda, seperti fokus, pikiran yang tenang, jadwal kegiatan Anda, hingga ke kondisi kesehatan mental Anda. Namun, yang sering kali terjadi adalah aplikasi-aplikasi penunjang produktivitas yang ada di pasaran malah membuang-membuang waktu Anda dan malah menjadi beban bagi produktivitas Anda. Tetapi Anda tidak perlu khawatir sebab kami telah mengkurasi beberapa aplikasi yang berguna bagi Anda.


Baca Juga: Customer Relationship Management: Pengertian CRM, Fungsi, & Jenisnya

Ada beberapa keuntungan dari menggunakan aplikasi untuk menunjang produktivitas Anda, di antaranya: membuat pekerjaan sehari-hari Anda menjadi lebih efisien, memberitahukan Anda jika Anda terlambat dalam suatu hal, membuat to do list dan jadwal yang baik, dan sebagainya. Jika Anda saat ini masih belum bisa untuk menjalani hidup seimbang antara pekerjaan dan kehidupan Anda – karena alasan target pekerjaan dan produktivitas, mungkin Anda dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat menunjang dan meningkatkan produktivitas Anda berikut ini:

  • Aplikasi untuk Mempertahankan Fokus

Dewo

Dewo merupakan aplikasi berbasis AI yang akan membantu Anda untuk mengetahui pattern produktivitas Anda dan memberikan saran untuk membuat Anda bekerja cerdas. Aplikasi ini juga dapat mengubah mode menjadi “Do Not Disturb” saat Anda sedang memasuki fase fokus Anda sehingga Anda tidak mudah terdistraksi hal lain. Aplikasi ini juga bisa mengatur jadwal meeting Anda untuk menyesuaikan dengan tingkat fokus Anda sehingga meeting Anda menjadi lebih efisien. Meskipun aplikasi ini masih dalam tahap beta, tetapi fitur yang disajikan sangat menjanjikan.

StayFocusd

Stayfocusd hadir sebagai extention di Google Chrome yang berfungsi meningkatkan konsentrasi Anda dengan cara mengurangi distraksi dan membatasi durasi waktu yang Anda habiskan dalam menjelajahi website atau aplikasi tertentu. Aplikasi ini bisa sangat berguna terutama bagi Anda yang mengalami kecanduan akan media sosial dan tidak bisa berhenti mencuri-curi waktu menbuka situs Facebook atau Instagram di sela-sela waktu kerja Anda.

  • Aplikasi untuk Menenangkan Pikiran Anda

Headspace

Aplikasi ini membantu Anda untuk menenangkan pikirkan melalui “olahraga” pikiran yang mudah dipelajari dan meditasi. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menyingkirkan pikiran-pikiran tidak perlu serta mengurangi stress.

  • Aplikasi untuk Custom Notifikasi

Pushbullet

Tujuan utama aplikasi ini adalah untuk membuat notifikasi custom yang akan membantu Anda untuk tetap produktif. Sering kali, Anda mendapat banyak notifikasi tidak penting di perangkat Anda. Dengan memfilter notifikasi menjadi hanya yang penting saja, Anda dapat berhenti membuang-buang waktu untuk melihat notifikasi tak penting dan dapat fokus pada notifikasi yang membutuhkan perhatian Anda. Keunggulan aplikasi ini adalah bisa dihubungkan dengan beberapa perangkat Anda sekaligus.

  • Aplikasi To Do List

Todoist

Berbeda dengan aplikasi atau menu to do list bawaan pada perangkat Anda, Todoist memungkinkan Anda untuk dapat membuat kategori to do list Anda menjadi beberapa subkategori, orang (kontak), atau berdasarkan waktu. Sehingga, Anda dapat melihat overview to do list Anda secara lebih ringkas. Aplikasi ini tersedia untuk Android/iOS, aplikasi web, dan Google Chrome extention.

  • Aplikasi Scanner yang Terintegrasi

Scanbot

Jika Anda sering kali membutuhkan untuk mengetik ulang referensi yang Anda dapatkan di artikel online atau buku, hal tersebut akan membutuhkan banyak waktu. Dengan aplikasi Scanbot, Anda dapat secara otomatis mengubah hasil capture atau tangkapan layar menjadi bentuk word. Tidak hanya tulisan digital, tetapi juga tulisan tangan dapat dideteksi dan diubah menjadi digital, berkat dukungan AI aplikasi ini. Sangat praktis jika Anda ingin mengubah catatan tulisan tangan Anda di buku untuk diunggah ke sebuah tulisan manual di aplikasi Microsoft word, misalnya.

  • Aplikasi untuk Mental Health Support

Wysa

Meskipun bukan aplikasi resmi untuk pelayanan kesehatan mental, tetapi aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup mumpuni di bidang kesehatan mental, denga fitur yang dapat membantu lebih dari 50 masalah kesehatan mental. Aplikasi ini menggunakan fitur chatbot AI yang dapat melayani percakapan Anda dan memberikan exercise-kit untuk membantu Anda menghadapinya. Anda juga tidak perlu khawatir sebab aplikasi ini dibuat berdasarkan metode terapi yang telah teruji. Wysa akan membantu Anda menghadapi masalah Anda dengan berbagai teknik seperti meditasi, percakapan, serta menulis diari.

Kesimpulan

Tertarik untuk mengembangkan aplikasi sendiri ? Silakan hubungi LOGIQUE. Kami akan membantu mengembangkan aplikasi dengan performa yang baik serta tingkat keamanan yang tinggi. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts