Dampak Positif dari Transformasi Digital pada Sistem HR LOGIQUE

Penggunaan sistem HR sudah terbukti banyak membantu tim HR LOGIQUE dalam mengelola karyawannya. Sistem ini juga memungkinkan karyawan kami untuk bisa bekerja secara fleksibel sehingga mereka bisa terhindar dari stress dan memperoleh work life balance yang lebih baik.

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini teknologi sudah semakin maju dan digunakan oleh berbagai bidang industri termasuk bidang human resource. Kemajuan teknologi tersebut telah mengubah cara tim HR LOGIQUE dalam mengelola tenaga kerjanya sehingga karyawan dapat bekerja dengan lebih produktif meskipun dari jarak jauh (kerja remote).

Tim HR di LOGIQUE memang telah mengadopsi digitalisasi dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan cara yang lebih modern. LOGIQUE mengembangkan sistem HR bernama Dokodemo-Kerja dan Nippo agar proses ataupun pekerjaan yang perlu diselesaikan dapat dikerjakan dengan cara yang lebih efektif dan efisien untuk semua pihak baik itu karyawan ataupun pihak management perusahaan (staff HR).

Secara garis besar, Dokodemo-Kerja adalah aplikasi absensi online yang dapat bekerja pada perangkat desktop ataupun mobile. Sedangkan Nippo adalah sistem untuk penilaian kinerja karyawan.

Berikut penjelasan mengenai penggunaan sistem HR Dokodemo-Kerja dan Nippo di LOGIQUE.

Mengapa LOGIQUE Melakukan Transformasi Digital pada Sistem HR ?

Secara garis besar, terdapat beberapa alasan mengapa LOGIQUE melakukan transformasi digital pada sistem HR dan mengembangkan Dokodemo-Kerja ataupun Nippo untuk mengelola karyawan. Berikut beberapa diantaranya:

1. LOGIQUE adalah perusahan pengembangn sistem terkemuka

Sebagai perusahaan pengembang sistem terkemuka di Indonesia, LOGIQUE memiliki kemampuan untuk mengembangkan berbagai sistem termasuk sistem HRIS. Oleh karena itulah, LOGIQUE menerapkan penggunaan teknologi agar proses pengerjaan tugas-tugas HR dapat berjalan secara digital dan lebih modern.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, penggunaan teknologi dapat membantu mempermudah berbagai aktivitas mulai dari bekerja, belajar, berbelanja, dan lain-lain. Oleh karena itulah, sistem HR dikembangkan oleh LOGIQUE agar tim HR dapat menyelesaikan tugas-tugas mereka secara efektif dan efisien.

2. LOGIQUE ingin mengembangkan profesionalisme karyawan

Alasan yang kedua adalah karena LOGIQUE ingin mengembangkan rasa profesionalisme untuk masing-masing karyawan. Hal ini dibutuhkan karena rasa profesionalisme dapat mendorong karyawan untuk memiliki etos kerja yang tinggi, dapat berfikir secara logis, serta memiliki motivasi yang tinggi.

3. LOGIQUE ingin menerapkan sistem kerja yang fleksibel

LOGIQUE ingin mengembangkan sebuah sistem yang memungkinkan karyawannya untuk dapat bekerja secara fleksibel atau bekerja secara remote. Oleh karena itulah dibutuhkan sebuah sistem yang mampu memonitor produktivitas karyawan meskipun mereka bekerja dari jarak jauh.

Selain itu, sistem HR ini juga dikembangkan karena LOGIQUE ingin agar sistem kerja fleksibel yang diterapkan dapat menciptakan work life balance yang baik untuk karyawannya. Di perusahaan-perusahaan lain, banyak karyawan yang tidak bisa menghadiri acara-acara penting atau harus meninggalkan hobi mereka karena harus bekerja. Berbeda dengan LOGIQUE, dengan bantuan sistem HR ini, karyawan dapat mengatur jam kerjanya sendiri sehingga jadwal kerja mereka tidak bertabrakan dengan aktivitas atau keperluan pribadi mereka serti jadwal menjemput anak sekolah, pergi ke gym, atau yang lain.

Baca Juga: 5 Jenis Flexible Work Arrangement yang Bisa Diterapkan di Perusahaan

Awal Mula Pembuatan Sistem HR Dokodemo-Kerja dan Nippo

Sebelum mengembangkan sistem HR bernama Dokodemo-Kerja dan Nippo, LOGIQUE menggunakan mesin absensi konvensional yang menggunakan fingerprint karyawan. Dari mesin tersebut, tim HR akan menghitung jam masuk dan jam pulang karyawan secara manual. Selain itu, setiap bulannya tim HR juga masih harus menghitung total jam kerja masing-masing karyawan dan tugas tersebut akan membutuhkan cukup banyak waktu. Evaluasi untuk setiap karyawan juga dirasa sulit untuk dilakukan secara objective karena pada waktu itu cara untuk memberikan penilaian kinerja karyawan juga masih manual.

Melihat kondisi tersebut, LOGIQUE sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang pengembangan sistem memutuskan untuk mengubah sistem konvensional menjadi sistem digital baik itu untuk absensi ataupun penilaian kinerja karyawan. Selain itu, LOGIQUE juga ingin mengembangkan sebuah sistem yang memungkinkan karyawannya untuk dapat bekerja secara remote (remote working). Oleh karena itulah, untuk menunjang sistem kerja tersebut maka dikembangkanlah Dokodemo-Kerja (alat absensi online).

Selain itu, LOGIQUE juga ingin agar penilaian kinerja karyawan dibuat dalam bentuk digital serta dapat dilakukan secara lebih objective. Sistem ini juga memungkinkan tim HR untuk memahami bagaimana performance masing-masing karyawan sehingga setiap karyawan dapat memiliki jenjang karir yang lebih jelas untuk kedepannya. Maka dibuatlah sebuah sistem penilaian kinerja bernama Nippo.

Bagaiamana Cara Kerja Dokodemo-Kerja dan Nippo ?

Dokodemo-Kerja

Dokodemo-Kerja merupakan aplikasi absensi karyawan yang dikembangkan untuk mengontrol kinerja dan kedisiplinan karyawan. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkan tim HR maupun karyawan dalam mengelola produktivitas selama bekerja. Beberapa fitur tersebut seperti:

1. Kelola absensi karyawan

Dengan sistem ini, baik karyawan ataupun tim HR dapat melacak apakah karyawan datang terlambat atau tepat waktu.

2. Pengajuan cuti dan izin

Tim HR dan karyawan dapat mengelola pengajuan cuti dengan mudah melalui aplikasi ini.

3. Melacak total jam kerja

Fitur ini memungkinkan tim HR untuk dapat melacak berapa jam karyawan bekerja selama satu hari atau 1 minggu.

Untuk mengetahui cara kerja aplikasi ini secara lebih detail, Anda dapat membacanya pada artikel berikut:
Dokodemo Kerja : Aplikasi Absensi Karyawan untuk WFH & Kerja Remote

Nippo

Nippo merupakan sistem atau aplikasi untuk laporan harian karyawan. Dengan sistem ini, tim HR dapat mengetahui tugas-tugas apa saja yang sudah dikerjakan oleh karyawan selama mereka bekerja. Beberapa fitur yang disediakan seperti:

1. Evaluasi kinerja karyawan

Fitur ini dipergunakan untuk memberikan penilaian kepada karyawan berdasarkan tugas-tugas yang sudah mereka kerjakan.

2. Info statistik untuk masing-masing proyek

Melalui fitur ini, tim HR dapat mengetahui seberapa besar kontribusi karyawan untuk masing-masing proyek.

3. Pengeluaran proyek berdasarkan jam kerja yang dipergunakan

Sistem HR ini dapat mengkalkulasikan total jam kerja dari pengerjaan suatu proyek. Dengan demikian, tim HR dapat menganalisis apakah ada suatu proyek yang terlalu banyak memakan waktu kerja karyawan.

Untuk mengetahui fitur-fitur lain yang disediakan oleh sistem penilaian ini, Anda dapat mengunjungi official websitenya di www.nippo.id

Apakah Dampak Positif yang LOGIQUE Peroleh dari Sistem HR Tersebut?

1. LOGIQUE dapat menerapkan sistem kerja fleksibel yang jarang dimiliki oleh perusahan-perusahaan lain.

Beberapa diantaranya seperti jumlah core time harian yaitu 6 jam perhari, karyawan dapat menentukan jam masuk kerja, dan lain-lain.

2. LOGIQUE dapat menerapkan sistem kerja remote untuk para karyawannya.

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, LOGIQUE tidak membutuhkan banyak penyesuaian kembali karena sebagian besar karyawan sudah terbiasa dengan sistem kerja remote atau WFH.

3. Dapat memangkas biaya operasional perusahaan

Karena sebagian besar karyawan bekerja dari rumah, maka perusahaan dapat memangkas biaya operasional. Budget yang sebelumnya digunakan untuk operasional kantor kemudian dapat dialihkan untuk bonus karyawan.

4. Sistem HR tersebut telah membantu tim HR untuk menjaga produktivitas karyawan meskipun mereka bekerja secara fleksibel atau remote working.

Bahkan diketahui bahwa beberapa karyawan memiliki produktivitas yang jauh lebih baik ketika mereka bekerja di rumah.

5. Masing-masing tim leader dapat memberikan penilaianan secara objective dan transparan.

Baca Juga: Fitur Baru Dokodemo-Kerja 2.1.3: Pengelolaan Keterlambatan, Cuti, & Absensi yang Mudah

Kesimpulan

Selain LOGIQUE, sudah banyak perusahan-perusahaan lain yang dapat merasakan manfaat dari penggunaan Dokodemo-Kerja dan Nippo. Dengan sistem ini, perusahan dapat menghasilkan work life balance yang baik, meningkatkan produktivitas karyawan, penilaian kinerja yang objective, dan masih banyak lagi.

Selain itu, saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote atau WFH. Oleh karena itulah, Dokodemo-Kerja dan Nippo dapat menjadi sistem yang diandalkan sebagai remote working tools untuk menjaga produktivitas karyawan.

LOGIQUE saat ini juga masih terus membuka kesempatan kepada Anda yang memiliki skill di bidang IT untuk bergabung bersama tim kami. Anda dapat bekerja dengan sistem kerja remote yang fleksibel di LOGIQUE. Beberapa lowongan kerja yang kami sediakan seperti :

1. Lead PM
2. Lead BA
3. QA Engineer

Jika Anda ingin bekerja dengan budaya yang modern dan fleksibel, silakan kunjungi atau klik halaman karir LOGIQUE dan temukan posisi yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan Hubungi Kami!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts