5 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram yang Bisa Anda Coba

Sumber: pexels.com

Ada banyak cara meningkatkan penjualan di Instagram (IG). Social media ini sudah memfasilitasi pemilik bisnis online dengan berbagai fitur untuk berjualan di platformnya. Dengan strategi marketing dan penggunaan fitur IG yang tepat, Anda dapat menghasilkan lebih banyak penjualan. 

Instagram merupakan platform media sosial untuk berbagai foto dan video. Meskipun demikian, saat ini platform media sosial IG juga banyak dimanfaatkan oleh pemilik bisnis untuk memasarkan produk mereka.

Dengan jumlah pengguna IG di Indonesia yang mencapai kurang lebih 85 juta orang (Sumber: statista.com), para pemilik bisnis berharap dapat menjangkau lebih banyak konsumen di platform media sosial ini. Jika Anda termasuk salah satu pemilik bisnis tersebut, Anda harus memahami bagaimana cara meningkatkan penjualan di Instagram karena persaingan bisnis di jejaring sosial ini sudah semakin ketat. Anda harus bisa meningkatkan brand awareness, menarik calon konsumen, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan Anda.

Sebelum Anda melakukan strategi pemasaran di IG, persiapkan terlebih dahulu “toko online” Anda. Silakan baca informasi tersebut pada artikel berikut: Cara Mengoptimalkan Akun Instagram Untuk Bisnis”

5 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

1. Buat konten yang menarik perhatian semua orang

Perlu Anda ketahui bahwa postingan dengan engagement yang tinggi memiliki kesempatan untuk terus ditampilkan di Instagram. Jadi, jika brand Anda masih baru dan belum memiliki banyak follower, maka trik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan konten-konten yang dapat menarik perhatian banyak users.

Seperti yang sudah Anda ketahui, Instagram adalah visual platform. Para penggunanya akan menyukai konten-konten dengan tampilan visual yang berkualitas. Oleh karena itu, ketika Anda ingin memposting konten produk Anda harus menjadikannya terlihat kreatif, eye-catching, serta mampu menyorot produk yang dipromosikan.

Sebagai contoh, Anda dapat melihat akun IG untuk perusahaan Dunkin Donut berikut. Pada postingan-postingannya, mereka membuat konten yang terlihat menyenangkan, penuh warna, tetap menyorot produk utama, namun tetap sesuai dengan brand mereka.

cara meningkatkan penjualan di Instagram
Sumber: instagram.com/dunkin/

Ketika memposting suatu konten, Anda juga harus memperhatikan caption yang digunakan. Pastikan untuk selalu menggunakan gaya bahasa yang konsisten dan sesuai dengan brand yang Anda promosikan. Anda dapat membaca cara mebuat caption yang menarik pada artikel berikut ini: “4 Tips Membuat Caption Instagram untuk Meningkatkan Engagement”

2. Berikan Instagram giveaway

Instagram giveaway dapat meningkatkan engagement sekaligus cara untuk memperoleh lebih banyak follower baru. Saat bisnis menyelenggarakan giveaway, mereka akan meminta target audiens untuk melakukan sesuatu berkaitan dengan brand mereka dan menawarkan hadiah gratis bagi para pemenangnya.

Beberapa ide giveaway yang umum dilakukan seperti:

  • Meminta users untuk memberikan like, memberikan komentar serta mengikuti akun bisnis Anda.
  • Meminta users untuk menandai (tag) beberapa teman mereka di kolom komentar pada konten yang Anda posting.
  • Membuat kontes dimana users akan diminta untuk membuat postingan unik yang berkaitan brand Anda, kemudian menandai (tag) bisnis serta menggunakan hashtag yang Anda buat.

Trik ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan di Instagram karena mampu meningkatkan brand awareness, engagement, dan jumlah follower. Lagi pula, siapa yang tidak suka dengan hadiah gratis?

3. Bekerja sama dengan influencer di Instagram

Influencer marketing saat ini sedang menjadi strategi pemasaran yang populer di Instagram. Strategi ini dilakukan dengan cara meminta influencer untuk menyampaikan pesan pemasaran yang ingin Anda sampaikan.

Influencer tersebut dapat datang dari kalangan artis, blogger, content creator, atau seseorang yang dianggap populer. Meskipun demikian, agar influencer marketing bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan di Instagram, maka Anda harus memilih influencer yang sesuai dengan brand Anda.

Setidaknya ada 3 pilar yang harus diperhatikan ketika memilih influencer yaitu:

  • Relevance: cari influencer yang relevan dengan bisnis atau niche bisnis Anda.
  • Reach: jumlah potensial audiens juga harus diperhatikan agar pesan pemasaran dapat dijangkau oleh lebih banyak target audiens.
  • Resonance: Anda harus mencari influencer yang dapat menghasilkan engagement yang tinggi terhadap brand Anda. Jika influencer memiliki banyak follower namun tidak dapat menghasilkan engagement, maka strategi pemasaran Anda tidak bisa berjalan optimal.

Baca Juga:  Ingin Berbisnis di Instagram? Lakukan Instagram Marketing Aja

4. Manfaatkan fitur-fitur IG untuk mempromosikan produk

Instagram saat ini sudah menyediakan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Beberapa diantaranya seperti:

  • Instagram Story

Dengan rutin membuat konten IG story, Anda dapat terus berinteraksi dengan para follower Anda. Aktivitas ini dapat menjaga engagement dengan baik . Ketika membuat story Anda bisa bercerita tentang produk yang Anda jual, review pelanggan, me-reposting story yang dibuat oleh follower mengenai produk Anda, membuat game, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan berbagai sticker interaktif di dalam IG story seperti quiz ataupun polling. Pastikan IG story yang Anda buat dapat menarik interaksi follower Anda.

  • IGTV

Jika Anda ingin membuat konten video yang lebih panjang, Anda dapat menggunakan fitur IGTV. Dengan IGTV, Anda bisa menjelaskan lebih banyak hal tentang produk Anda. IGTV juga bisa menjadi media untuk berinteraksi dengan follower Anda. 

  • Instagram Shopping

Instagram Shopping merupakan fitur IG yang memungkinkan Anda untuk bisa memberi tag harga dan nama produk pada foto produk atau story yang mereka posting di Instagram. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mempelajarinya pada artikel berikut:

Cara Membuat Instagram Shopping untuk Toko Online Anda

instagram
Sumber: unsplash.com/@georgiadelotz

5. Gunakan Instagram Ads

Beriklan menggunakan layanan Instagram  Ads juga bisa menjadi cara meningkatkan penjualan di Instagram. Layanan ini dapat membantu Anda untuk memperoleh audiens baru yang lebih tertarget karena Anda dapat mengatur siapa audiens yang ingin Anda jangkau.

Untuk menjalankan iklan ini, Instagram menyediakan beberapa jenis iklan yang dapat Anda pilih. Beberapa diantaranya seperti Photo Ads, Video Ads,Carousel Ads, dan Stories Ads.

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing Otomotif untuk Meningkatkan Penjualan

Kesimpulan

Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan sebagai strategi atau cara meningkatkan penjualan di Instagram. Meskipun demikian, media sosial Instagram akan terus berkembang dengan berbagai fitur dan layanan. Jadi, Anda harus bisa untuk terus berinovasi dengan fitur-fitur tersebut agar bisnis dapat menghasilkan lebih banyak penjualan.

Jika Anda membutuhkan layanan digital marketing lengkap yang mampu membantu bisnis Anda agar tetap bersaing di era digital, Anda dapat menghubungi LOGIQUE. Kami memiliki tim digital marketing profesional yang akan memberikan berbagai solusi agar bisnis Anda bisa terus berkembang.

Silakan hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan detail informasi mengenai layanan digital marketing LOGIQUE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts