Breadcrumbs Website: Pengertian dan Fungsi Pentingnya bagi SEO

Sumber: unsplash.com

Breadcrumbs adalah navigasi kecil pada sebuah halaman website yang tidak hanya membantu users untuk mengetahui posisinya dalam situs web, namun juga membantu Google mengetahui bagaimana struktur situs Anda. Itulah sebabnya mengapa breadcrumbs memiliki peran penting di dalam sebuah situs website.

Bayangkan Anda berada di sebuah mall besar dan tidak tahu bagaimana cara keluar dari mall tersebut. Anda bahkan tidak tahu sedang berada di lantai apa pada saat itu. Untuk mengatasinya, Anda pasti akan segera membuka floor map atau mall map.

Hal serupa juga akan Anda lakukan jika kondisi tersebut terjadi di dalam sebuah situs website. Ketika Anda menjelajah isi website, Anda akan menggunakan navigasi yang bernama breadcrumbs agar tidak tersesat. 

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas pengertian breadcrumbs website serta fungsi pentingnya bagi SEO. Berikut informasinya untuk Anda. 

Apa Itu Breadcrumbs Website?

Breadcrumbs adalah navigasi berbentuk teks kecil yang berisi link halaman website serta berfungsi untuk menunjukkan di mana users berada di situs website. Pada umumnya breadcrumbs ini akan diletakkan pada posisi atas di halaman website. 

Istilah breadcrumbs ini sebenarnya diambil dari kisah “Hansel and Gretel” yang pergi ke hutan. Mereka kemudian meninggalkan jejak remah roti (breadcrumbs) ke tanah agar mereka tidak tersesat dan dapat menemukan jalan untuk pulang. Istilah tersebut kemudian digunakan sebagai model navigasi web yang dapat Anda lihat di sebagian besar situs website.

Sama seperti fungsi remahan roti pada kisah “Hansel and Gretel”, breadcrumbs website juga dapat membantu  users dalam memahami dan menjelajahi situs secara efektif sehingga mereka tidak akan tersesat. Dari breadcrumbs tersebut, Anda bisa kembali ke halaman-halaman web sebelumnya dengan cara mengklik masing-masing link teks.

Perlu Anda ketahui, selain muncul di halaman website, navigasi breadcrumbs ini juga dapat muncul di halaman hasil pencarian Google. Dengan demikian, ketika user melakukan pencarian di Google maka users dapat melihat gambaran umum mengenai posisi atau struktur halaman website yang ditampilkan.

3 Jenis Breadcrumbs Website yang Paling Banyak Digunakan

Saat ini sebenarnya ada banyak jenis breadcrumbs, namun ada 3 jenis utama yang paling sering digunakan, yaitu:

  1. Breadcrumbs berbasis hierarki

Breadcrumbs berbasis hierarki adalah navigasi yang memberi tahu users di mana mereka berada di dalam struktur website serta menginformasikan alur untuk kembali ke halaman beranda. 

Contoh:

Beranda> Layanan> Jasa Pembuatan Website

2. Breadcrumbs berbasis atribut

Breadcrumbs berbasis atribut adalah navigasi dinamis yang disediakan berdasarkan halaman yang sudah diklik oleh user. Navigasi ini biasanya akan sering Anda jumpai di halaman web e-commerce. 

Contoh:

Beranda> Pakaian Pria> Outerwear> Sweater & Cardigan

 3. Breadcrumbs berbasis history

Breadcrumbs berbasis history adalah navigasi yang akan menunjukkan jejak sesuai dengan apa yang telah users lakukan di dalam situs website.

Contoh:

Beranda> Artikel 1> Artikel 2> Artikel 1> Halaman saat yang sedang dibuka saat ini

Baca Juga: Mengenal Content Pruning Serta Fungsi Pentingnya untuk SEO

Mengapa Breadcrumbs Website Penting untuk SEO?

Selain dapat membantu users, breadcrumbs juga memberikan manfaat untuk proses optimasi SEO halaman web Anda. Berikut beberapa alasannya:

1. Mengurangi bounce rate

Users yang kesulitan ketika mengoperasikan sebuah halaman web kemungkinan besar akan segera keluar dan beralih ke web yang lain. Hal tersebut tentu akan memberikan pengaruh pada bounce rate yang tinggi.

Meskipun saat ini bounce rate tidak menjadi faktor utama yang mempengaruhi peringkat website, namun perlu Anda pahami bahwa tingkat bounce rate yang tinggi dapat memberikan indikasi pada Google bahwa website tersebut memiliki masalah untuk User Experience (UX).

Oleh karena itu, sebaiknya sediakan navigasi breadcrumbs agar user lebih mudah dalam menjelajah isi website dan menemukan info-info yang mereka butuhkan. Kehadiran breadcrumbs juga dapat mendorong users untuk membuka halaman-halaman lain dari situs web Anda.

2. Meningkatkan User Experience

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, breadcrumbs dapat meningkatkan user experience atau pengalaman pengguna. Hal tersebut dapat dicapai karena breadcrumbs menawarkan kemudahan ketika users navigasi situs web dan membantu users untuk menemukan info yang mereka butuhkan dengan cepat. Selain itu, user juga tidak akan lagi merasa khawatir jika mereka tersesat karena mereka tahu posisi hierarki halaman website.

3. Google menyukai breadcrumbs

Terdapat dua alasan mengapa Google menyukai breadcrumbs. Alasan pertama yaitu karena breadcrumbs dapat membantu Google bots selama proses crawling dan indexing. Crawler akan mengidentifikasi breadcrumbs dan menggunakan strukturnya untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah halaman website.

Kemudian alasan yang kedua adalah karena Google akan menampilkan breadcrumbs pada hasil SERP (Search Engine Result Page). Pada gambar di atas, dapat kita lihat bahwa Google menampilkan breadcrumbs di SERP untuk halaman website Royco dengan urutan Ide Resep> Resep nasi goreng sayuran

Google menampilkan struktur breadcrumbs untuk mengkategorikan informasi dari halaman tersebut di hasil penelusuran. Selain itu, breadcrumbs di SERP juga dapat menunjukkan kepada users ke halaman mana mereka akan diarahkan saat mengklik hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google.

Baca Juga: Tips Membuat Desain Menu Navigasi Website yang Baik

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, diketahui bahwa breadcrumbs dapat menawarkan banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan user experience, penambahan breadcrumbs juga dapat membawa pengaruh positif untuk SEO website Anda. Jadi, jika saat ini web Anda belum menggunakan breadcrumbs, maka tidak ada salahnya jika Anda menambahkannya. 

Apabila Anda membutuhkan bantuan untuk mengoptimalkan situs web secara keseluruhan, silakan hubungi LOGIQUE. Kami akan membantu mengembangkan website yang dioptimalkan dengan beragam strategi SEO sehingga web Anda dapat menduduki web ranking yang tinggi di SERP. Silakan klik Layanan SEO LOGIQUE atau hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lanjut.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts