Tips dan Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Sumber: www.pixabay.com

Tips dan cara membuat website menggunakan WordPress berikut ini akan membantu bisnis Anda tetap eksis di platform digital. WordPress merupakan Content Management System (CMS) gratis yang memiliki banyak fitur canggih. Berikut kami informasikan cara untuk mengembangkannya.

Saat ini, memiliki sebuah website menjadi kebutuhan sebagian besar orang. Website tidak hanya dapat digunakan oleh pemilik bisnis untuk menjual produknya, namun juga dapat digunakan oleh masyarakat umum lainnya seperti mahasiswa atau pekerja freelance untuk menampilkan portofolio atau karya mereka. Untungnya, saat ini sudah banyak web builder gratis yang memudahkan proses pengembangan website salah satunya adalah WordPress.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan database MySQL. WordPress memungkinkan pengembangan website untuk sisi backend dan front end. Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan web sendiri dengan mudah.

Beberapa contoh jenis situs website yang dapat dikembangkan menggunakan WordPress adalah:

  • Situs web blog atau web personal
  • Web E-commerce
  • Web portofolio
  • Direktori bisnis
  • Situs web lelang
  • Web untuk podcast
  • dan masih banyak lagi

Cara Membuat Website Menggunakan WordPress

Berikut ini adalah step by step cara membuat website menggunakan WordPress:

1. Pilih domain name terbaik untuk situs web Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan nama domain yang akan dipergunakan oleh website. Nama domain atau domain name merupakan alamat situs website Anda di internet contohnya seperti contohnamadomain.com.

Meskipun saat ini terdapat beragam jenis ekstensi domain yang tersedia seperti .com, .net, .org, atau yang lain, namun ketika memilih nama domain WordPress menyarankan kepada penggunanya untuk menggunakan ekstensi .com. Hal tersebut diungkapkan oleh WordPress karena .com sudah banyak dikenal oleh users, mudah diingat, serta dapat dipercaya.

Perlu Anda ingat, domain website akan dipergunakan untuk jangka panjang. Jadi, tentukan nama domain Anda dengan tepat sebelum Anda mendaftarkannya.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Domain yang Perlu Anda Ketahui

2. Daftarkan nama domain dan web hosting

Setelah Anda menentukan nama domain untuk web WordPress, maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain tersebut agar bisa Anda gunakan. Di Indonesia, saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan layanan untuk pendaftaran domain (domain registrar). Anda dapat memilih salah satu perusahaan tersebut untuk membantu proses pendaftaran domain name.

Selain itu, Anda juga perlu membeli web hosting untuk menyediakan space untuk menampung situs web Anda di World Wide Web. Dengan membeli web hosting, maka konten situs web Anda seperti HTML, CSS, ataupun file gambar akan ditempatkan di server agar dapat dilihat secara online. Pastikan paket web hosting yang Anda beli memiliki layanan untuk auto install WordPress.

3. Install WordPress di akun hosting Anda

Langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress di akun hosting Anda. Jika Anda membeli hosting dengan layanan auto install WordPress, proses pemasangan WordPress dapat dilakukan dengan mudah. 

Perlu Anda ketahui untuk menginstal WordPress masing-masing hosting provider memiliki tahap-tahap yang berbeda. Namun sebagian besar penyedia hosting menggunakan standar cPanel sehingga proses atau tahapan untuk menginstal WordPress dapat dilakukan dengan tahapan yang hampir sama. Berikut langkah-langkah untuk memasang WordPress:

  • Masuk ke akun cPanel hosting.
  • Setelah masuk ke halaman admin, Anda dapat mencari aplikasi auto installer dan masuk ke dalam menu tersebut. Contoh auto installer yang sering digunakan adalah Softaculuos.
  • Cari WordPress dan klik install.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah form yang perlu Anda isi seperti software setup dan site setting. Di dalam software setup tersebut, Anda dapat memilih nama domain yang akan dipergunakan untuk website Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan selama proses install WordPress ini, jangan ragu untuk menghubungi provider hosting yang Anda gunakan untuk mendapat bantuan.

4. Pilih tema WordPress 

Step atau cara membuat website menggunakan WordPress yang selanjutnya adalah memilih tema. Untuk memperlihatkan tampilan website WordPress yang menarik, Anda dapat memilih atau menginstall tema di dalamnya.

WordPress memiliki beragam tema. Anda dapat mencoba ‘mendemonstrasikan’ masing-masing tema tersebut untuk menemukan tema mana yang paling sesuai dengan vibe yang ingin Anda tampilkan.

Untuk memasang tema WordPress gratis, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke WordPress dashboard.
  • Arahkan kursor ke Appearance lalu klik Themes.
  • Setelah masuk ke dashboard untuk tema, klik tombol Add New. 
  • Cari tema yang sesuai dengan bidang industri atau vibe yang Anda inginkan.
  • Jika Anda sudah menemukan tema yang sesuai, klik install di bawah tema untuk mengunduhnya.
  • Setelah beberapa menit, sebuah tombol akan muncul di bawah tema yang bertuliskan Activate. Klik tombol tersebut untuk mengaktifkan tema.

5. Tambahkan content website didalamnya

Setelah website Anda terinstal dan memiliki tema di dalamnya, maka langkah selanjutnya adalah menyediakan content di dalamnya. Website tanpa content tentu tidak akan menarik bagi users atau target audiens Anda.

Secara garis besar, WordPress sendiri memiliki dua tipe content utama, yaitu :

a. Pages

Page adalah halaman website yang bersifat statis seperti halaman tentang kami, kontak, privacy policy dan lain-lain. Untuk menambahkan halaman baru di dalam website Anda, berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Buka menu Pages dari admin area WordPress, kemudian pilih tombol Add New
  • Isi title sesuai dengan nama halaman yang Anda inginkan, contohnya seperti “home”.
  • Isi deskripsi halaman home web Anda menggunakan content berupa text, gambar, atau video.
  • Setelah content halaman home sudah Anda isi, maka tahap selanjutnya adalah menekan tombol “publish” untuk menayangkan halaman tersebut di situs web Anda

b. Posts

Posts merupakan content yang akan ditampilkan pada bagian blog website. Dengan content ini, Anda dapat  berbagi artikel, berita, atau info-info terbaru seputar bisnis atau perusahaan Anda. Content yang ditampilkan pada bagian blog ini akan muncul dengan urutan terbalik sehingga postingan terbaru akan ditemukan pada bagian paling atas.

Untuk membuat blog posting, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan. 

  • Buka menu Post dari admin area WordPress, kemudian pilih Add new.
  • Buat content artikel atau berita yang ingin Anda posting.
  • Jika content sudah selesai Anda buat, Anda dapat menekan tombol publish untuk menayangkan artikel tersebut di halaman web Anda.
cara membuat website menggunakan wordpress
Sumber: www.pixabay.com/pixelcreatures

6. Install WordPress plugin

Pada tahap ini sebenarnya Anda sudah selesai membuat website menggunakan WordPress. Namun Anda dapat menggunakan konfigurasi tambahan untuk meningkatkan performa situs web Anda yaitu dengan menginstal plugin WordPress.

Plugin WordPress adalah perangkat lunak yang berisi sekelompok fungsi yang dapat ditambahkan ke dalam situs WordPress Anda. Plugin ini dapat memperluas fungsionalitas baru ke situs web WordPress seperti untuk mengubah layout website, menambahkan fitur-fitur toko online, optimasi SEO, anti spam, dan masih banyak lagi.

Beberapa plugin WordPress populer yang sering digunakan oleh pemilik web adalah:

  • Yoast SEO yaitu plgin untuk meningkatkan SEO on page pada halaman website.
  • WooCommerce yaitu plugin E-commerce untuk mengembangkan toko online melalui WordPress.
  • Jetpack yaitu plugin untuk customize tema website dan meningkatkan keamanan web.
  • W3 Total Cache yaitu untuk mengelola cache website.
  • WPForms yaitu plugin untuk membuat formulir yang dapat digunakan oleh pengunjung website untuk berlangganan email, melakukan pemesanan secara online, pembayaran, dan dan lain-lain.

Cara Memasang Plugin WordPress:

  • Login ke WordPress dashboard
  • Buka menu plugin
  • Gunakan search bar untuk mencari plugin yang ingin Anda install
  • Setelah Anda menemukan plugin yang Anda inginkan, klik tombol install.
  • Setelah plugin selesai terinstal, klik tombol Activate Plugin.

7. Pastikan website WordPress Anda aman digunakan

Cara membuat website menggunakan WordPress yang sukses juga perlu memperhatikan sisi keamanannya. WordPress merupakan CMS popular yang banyak digunakan orang di berbagai belahan dunia. Tidak heran jika web ini sering menjadi target serangan dari para hacker.

Meskipun demikian, perlu Anda ingat bahwa WordPress dikembangkan oleh para developer profesional. Mereka terus melakukan pembaruan untuk meningkatkan sistem keamanan CMS WordPress. Sebagai pengguna, terdapat beberapa langkah keamanan yang bisa Anda gunakan, yaitu:

a. Update WordPress dan plugin yang Anda gunakan.

WordPress adalah perangkat lunak open source yang dipelihara dan diperbarui secara berkala. Secara default, WordPress secara otomatis akan menginstal pembaruan kecil namun untuk pembaruan besar, Anda perlu melakukan update secara manual. Selain itu, Anda juga harus memperbarui plugin-plugin WordPress yang Anda install di dalamnya.

b. Gunakan password dan kata kunci yang kuat

Pastikan admin WordPress Anda menggunakan password yang kuat. Artinya, password tidak menggunakan kosakata sederhana yang singkat dan mudah untuk ditebak. Sebaiknya, Anda menggunakan password panjang dengan kombinasi alfanumerik di dalamnya. Penggunaan password yang kuat juga perlu Anda aplikasikan pada akun hosting Anda.

c. Lakukan backup secara rutin

Dengan melakukan backup secara rutin, Anda dapat memulihkan website Anda dengan lebih cepat ketika web berhasil di retas. Saat ini sudah banyak plugin WordPress yang bisa membantu Anda melakukan backup dengan mudah.

d. Gunakan security plugin

Cara membuat website menggunakan WordPress dengan aman dapat dilakukan dengan menggunakan security plugin di dalamnya. Hal tersebut dapat menjauhkan website dari serangan cyber seperti malware. Salah satu plugin yang bisa Anda gunakan adalah Sucuri Security plugin.

Anda juga bisa menginstal plugin Web Application Firewall untuk memantau dan memfilter lalu lintas yang masuk ke web Anda.

e. Gunakan SSL/https

SSL (Secure Sockets Layer) adalah protokol yang mengenkripsi transfer data antara situs web Anda dengan browser pengguna. Enkripsi ini akan melindungi website dari berbagai indikasi pencurian data.

Setelah Anda mengaktifkan SSL, situs WordPress Anda akan menggunakan HTTPS. Anda juga akan melihat tanda gembok di sebelah alamat situs web Anda ketika dibuka melalui browser. Untuk mengaktifkannya, Anda dapat menghubungi penyedia hosting yang Anda gunakan.

Baca Juga: Tips Meningkatkan SEO WordPress Pada Situs Web Anda

Kesimpulan

Cara membuat website menggunakan WordPress di atas dapat Anda pergunakan untuk membangun eksistensi bisnis Anda secara online. Dengan memiliki website,  layanan, produk, atau bahkan karya-karya Anda dapat dilihat oleh banyak orang. Meskipun demikian, Anda perlu untuk terus meningkatkan kualitas konten serta melakukan optimasi SEO agar web yang Anda kembangkan dapat lebih mudah ditemukan di halaman mesin pencari Google. Selain itu, perhatikan juga sisi keamanan website agar terhindari dari berbagai ancaman cyber yang sering terjadi.

Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara membuat website menggunakan WordPress dan membutuhkan bantuan untuk mendesain atau melakukan modifikasi secara keseluruhan pada halaman WordPress Anda, silakan hubungi LOGIQUE

Kami dapat membantu Anda untuk mengembangkan website berbasis WordPress yang memungkinakn untuk kustomisasi. Kami juga dapat mendesain website, melakukan optimasi SEO, serta memperbaiki keamanan website Anda. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau klik Layanan LOGIQUE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts