Tips Tetap Produktif Selama Kerja dari Rumah

Bekerja dari rumah atau istilah kerennya work from home (WFH) sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia kerja. Sistem kerja ini sebenarnya sudah lama diterapkan oleh banyak perusahaan dengan tujuan untuk menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.

Sistem bekerja dari rumah menjadi populer setelah pandemi Covid-19 melanda dan hingga kini belum diketahui kapan berakhirnya. Dalam pelaksanaannya agar virus tersebut bisa dikontrol penularannya, maka Pemerintah Indonesia memberikan kebijakan kepada seluruh perusahaan agar bisa menerapkan sistem WFH ini selama masa pandemi berlangsung.

Bagi perusahaan yang telah lama menerapkan hal ini tentu tidak akan menjadi sebuah masalah. Namun, bagi beberapa perusahaan yang belum pernah menerapkan sistem kerja ini tentu menjadi tantangan tersendiri agar para karyawan tetap dapat produktif selama melaksanakan sistem bekerja dari rumah tersebut.

Tantangan Bekerja dari Rumah

Bagi beberapa karyawan yang tidak pernah melakukan sistem kerja WFH, tentu akan merasa senang dan merdeka karena tidak adanya atasan atau bos yang mengawasi mereka selama bekerja.

Meski begitu, para karyawan sebaiknya tidak terlena dengan hal semacam itu. Meski pada prinsipnya bekerja dari rumah memberikan kebebasan pada para pekerja dalam bekerja, seperti tidak perlu menggunakan pakaian kantor hingga menentukan tempat yang nyaman dalam bekerja, para karyawan dan pekerja sebaiknya tidak boleh terlena begitu saja.

Baca Juga: Seberapa Efektifkah Bekerja Dari Rumah?

Sebab Anda saat itu sedang bekerja bukan sedang liburan, sehingga segala aktivitas yang terlalu santai sebaiknya dihilangkan karena hanya membuang-buang waktu, dan justru malah merugikan diri Anda sendiri karena dengan begitu hanya menumpuk pekerjaan Anda saja.

Tips Tetap Produktif Saat Kerja dari Rumah

Agar tidak terlalu santai saat bekerja dari rumah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar tetap produktif selama bekerja dari rumah, antara lain yaitu:

1. Disiplin Waktu dan Batasi Bermain Sosmed

Saat bekerja dari rumah, salah satu tantangan terberat saat ini adalah sosial media serta kedisiplinan waktu kerja. Karena itu, dibutuhkan sebuah aplikasi absensi online yang dapat memantau kinerja para karyawan saat bekerja. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Dokodemo-Kerja.

Aplikasi Dokodemo-Kerja selain membuat para karyawan disiplin dalam hal waktu kerja, ternyata juga dapat memantau kinerja karyawan Anda sehingga membuat karyawan dapat tetap produktif dalam bekerja.

Bukan hanya itu saja, dengan Dokodemo-Kerja, HRD juga dapat memantau apakah para karyawan benar-benar bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing atau hanya bermalas-malasan dengan bermain media sosial.

Melalui aplikasi ini, para karyawan juga dapat menentukan jam kerja mereka sendiri sesuai dengan aturan perundang-undangan serta kebijakan perusahaan yang berlaku.

2. Tentukan Skala Prioritas

Dalam bekerja, tentu Anda mempunyai tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan dengan baik. Bahkan tidak jarang karena banyaknya tugas dan tanggung jawab membuat pekerjaan tersebut harus menjadi pekerjaan rumah. Meski begitu, sangat disarankan untuk tidak mencampuradukkan pekerjaan rumah dengan pekerjaan yang sedang Anda tangani.

Baca Juga: Tips untuk Mengurangi Kejahatan Siber Saat Bekerja dari Rumah

Buatlah skala prioritas agar seluruh pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik mulai dari Anda mulai kerja hingga berakhirnya waktu kerja. Selesaikanlah satu per satu pekerjaan dengan baik agar tidak menjadi kendala di masa mendatang.

3. Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Saat bekerja dari rumah, pada umumnya seseorang akan bangun siang hari sehingga melewatkan sarapan. Sebaiknya hindarilah hal tersebut karena membuat hidup Anda menjadi tidak teratur dan seimbang, bahkan justru membuat kesehatan Anda terganggu.

Sebaiknya biasakanlah diri Anda untuk selalu bangun pagi untuk sarapan agar saat bekerja Anda mempunyai energi yang cukup. Selain itu, jangan pernah lupa untuk berolahraga dengan teratur serta tetap menerapkan pola hidup sehat terutama saat Anda bekerja dari rumah. 

4. Buatlah Ruang Kerja yang Nyaman

Agar saat Anda bekerja dari rumah tetap nyaman, sangat disarankan untuk membuat ruang kerja yang nyaman agar Anda tetap bisa fokus dalam bekerja tanpa terganggu hal lain. Tata ruang kerja sesuai dengan keinginanmu agar Anda dapat bekerja dengan nyaman. 

Ruang kerja yang nyaman, selain membuat Anda menjadi lebih fokus juga membuat Anda menjadi lebih kreatif dan mudah dalam mencari inspirasi untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan Anda.

layanan logique

5. Buat Mood Pagi Selalu Positif

Agar tetap semangat saat kerja dari rumah, hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat mood pagi Anda menjadi terus positif. Dengan mood yang terus positif tersebut, akan membuat Anda menjadi semangat dalam bekerja sehingga pekerjaan bisa dapat terselesaikan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar mood pagi Anda tetap positif adalah dengan membaca quotes motivasi atau mendengarkan musik favorit Anda. dengan melakukan beberapa hal tersebut diyakini akan membuat produktivitas kerja seseorang meningkat.

6. Jangan Menunda Pekerjaan

Saat kerja dari rumah, waktu Anda tentu menjadi semakin panjang dan leluasa dalam bekerja. Meski begitu, bukan berarti Anda dapat menunda-nunda pekerjaan Anda. Disiplin dan menentukan skala prioritas merupakan kunci agar seluruh pekerjaan Anda dapat terselesaikan dengan baik.

7. Ceritakan Pekerjaanmu dan Mintalah Pengertian Keluarga

Sistem kerja dari rumah membuat Anda mau tidak mau bekerja didampingi oleh keluarga. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda. Agar seluruh pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, langkah yang paling baik adalah dengan memberikan pengertian kepada seluruh keluargamu.

8. Rehat Sejenak

Layaknya bekerja di kantor, bekerja dari rumah tentu ada titik jenuhnya. Jika titik jenuh itu datang, ada baiknya Anda rehat sejenak keluar dari rumah untuk menghirup udara segar dengan berjalan di sekitaran rumah selama 10 menit untuk sekedar menyegarkan pikiran. Selain itu, Anda juga sejenak membeli beberapa camilan untuk menunjang produktivitas kerja Anda. 

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Kerja dari Rumah

Terdapat beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk dilakukan di rumah. Beberapa pekerjaan tersebut, antara lain yaitu:

1. Reseller

Salah satu jenis pekerjaan yang sangat cocok untuk kerja dari rumah adalah Reseller. Pekerjaan ini tidak memerlukan biaya, Anda hanya perlu menjual kembali produk yang dikirim dari supplier dan menambahkan keuntungan dari setiap produk yang Anda jual. Bahkan Anda juga dapat membuat website reseller untuk menjual barang yang Anda jual tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Remote Working Tools untuk Kerja Remote atau WFH

Beberapa produk yang bisa Anda jual kembali, seperti sepatu, fashion, produk kecantikan, keperluan bayi, dan beberapa produk lainnya.

2. Blogger

Salah satu jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan dengan sistem kerja dari rumah adalah Blogger. Pekerjaan ini sangatlah mudah, Anda hanya membutuhkan sebuah website dan menulis di dalamnya. Jika Anda tidak mempunyai kemampuan dalam membuat sebuah website yang sesuai dengan keinginan Anda, maka jasa pembuatan website dari Logique Digital Indonesia bisa menjadi pilihan Anda.

3. Social Media Admin

Di kalangan millennial, social media menjadi salah satu media terpopuler. Bahkan hampir seluruh anak muda mempunyai akun media sosial. Fungsi dari media sosial, yaitu untuk branding bisnis, memperluas target pasar, menemukan konsumen baru,hingga mendekatkan diri Anda secara langsung dengan para konsumen.

Karena itulah, tugas social media admin menjadi sangat penting untuk memperkenalkan produk Anda secara baik dan tepat sesuai dengan target konsumen yang telah ditentukan. Logique Digital Indonesia siap membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda melalui media sosial ini.

4. Desain Grafis

Jika Anda suka dengan desain grafis, maka jenis pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Beberapa kategori desain yang bisa menjadi peluang untuk dipasarkan, seperti desain kartu nama, desain logo, desain banner, desain sertifikat, desain brosur, dan beberapa kategori desain lainnya.

Logique Digital Indonesia juga bisa membantu Anda dalam membuat segala jenis desain yang Anda inginkan untuk perkembangan bisnis Anda. Kami juga dapat membuat beberapa desain promosi dan desain portofolio untuk produk dan usaha Anda.

5. Youtuber

Jenis pekerjaan ini dalam beberapa tahun terakhir tengah diminati oleh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Pekerjaan ini juga dapat Anda lakukan dari rumah, mengingat tools yang dibutuhkan sangat mudah, yaitu hanya membutuhkan kamera video saja dan menguploadnya di channel Youtube Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts